Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Perbedaan Montir dan Mekanik Beserta Tugas dan Kisaran Gaji

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 20 July 2022

Dalam membahas dunia usaha bengkel tentu tidak lepas dengan istilah montir dan mekanik. Apakah Anda sudah mengenal perbedaan montir dan mekanik ? Jika belum maka Anda perlu menyimak artikel kali ini karena akan dibahas tuntas mengenai perbedaan tugas mekanik bengkel dan montir, jobdesc dan perbedaan besaran gajinya.

Apa itu Montir?

Istilah montir dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai orang yang tugasnya memasang dan memperbaiki mesin kendaraan baik pada sepeda motor maupun mobil. Artinya jika ada kendala atau permasalahan customer terkait sepeda motor maupun mobil maka bisa diarahkan ke montir untuk dicari penyebabnya dan dicari solusinya.

Selain itu, montir juga mempunyai peranan penting dalam menjaga performa permesinan baik mesin sepeda motor maupun mobil. Membahas mengenai performa memang sangatlah penting. Jika performa mesin kendaraan bagus maka kinerja mesin juga bisa berjalan optimal.

Memahami Jobdesc Montir

Membahas mengenai jobdesc artinya kewajiban dan tugas dasar dari seorang montir. Montir sendiri memiliki tugas penting yaitu menjaga dan memperbaiki performa mesin kendaran itu sendiri. Mesin sendiri merupakan bagian utama dari sebuah kendaraan artinya jika performa mesin belum optimal maka kinerja dari mesin itu sendiri juga tidak bisa maksimal.

Pekerjaan Montir Hampir Sama dengan Tugas Mekanik Bengkel

Ilustrasi Montir Bengkel Pria Berkacamata (Sumber: Pexels.com)

Oleh sebab itulah perlunya Anda melibatkan montir untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan kendaraan Anda. Dengan hal ini pula, Anda juga semakin nyaman dan aman dalam berkendara baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Baca Juga: 3+ Program Bengkel Terbaik Untuk Usaha Bengkel Anda

Pekerjaan Montir

  • Mendiagnosis Kerusakan

Tugas pertama montir sendiri adalah mampu mendiagnosis kerusakan. Artinya montir tugasnya mencari tahu penyebab kerusakan dari mesin atau komponen kendaraan.

  • Melakukan Perbaikan

Mekanik Melakukan Perbaikan

Ilustrasi Tugas Mekanik Bengkel Melakukan Perbaikan (Sumber: Pexels.com)

Tugas selanjutnya adalah melakukan perbaikan mesin yang mengalami kerusakan. Dengan dilakukan perbaikan tentu menjadi solusi setiap masalah yang customer alami.

  • Menginformasikan Kondisi Kendaraan

Montir juga mampu menginformasikan kondisi kendaraan. Artinya ketika mendianosis kerusakan atau masalah kendaraan maka montir harus menginformasikan pula ke customer tentang kondisi kendaraannya.

  • Pekerjaan Montir Terakhir adalah Mengedukasi Penggunaan

Setelah mengetahui penyebab kerusakan kemudian dilakukan perbaikan maka montir juga bertugas memberikan edukasi kepada customer untuk meminimalkan terjadinya kerusakan yang sama.

4 Keahlian yang Harus Dimiliki Montir

  • Pengetahuan Dasar Mesin Kendaraan

Montir harus memiliki keahlian pertama yaitu pengetahuan dasar mesin kendaraan. Ilmu ini sangat penting karena segala masalah kendaraan tentu ada kaitannya dengan pengetahuan dasar mesin.

  • Perbaikan dan Penggantian Bagian yang Rusak

Montir juga harus memiliki keahlian dalam memperbaiki dan mengganti bagian yang rusak. Dengan adanya keahlian ini tentu segala kendala customer bisa teratasi dengan baik.

  • Penggunaan Komputer

mekanik happy senang

Mekanik Cek Kendaraan Menggunakan Komputer (Sumber: Freepik.com)

Montir juga perlu ahli dalam penggunaan computer. Hal ini dikarenakan ada beberapa bengkel yang menggunaan software untuk manajemen antrian order.

  • Komunikasi

Montir juga harus ahli dalam berkomunikasi termasuk komunikasi dengan customer. Jika komunikasi berjalan optimal tentu customer juga menjadi nyaman.

Apa itu Mekanik?

Membahas mengenai mekanik tentu cakupannya lebih luas. Mekanik sendiri dapat diartikan sebagai ahli mesin. Mekanik juga tugasnya jauh lebih banyak dan menyeluruh daripada montir. Mekanik pun juga memiliki tugas untuk menguji setiap komponen yang ada di kendaraan baik di sepeda motor maupun mobil. Pengujian ini tentunya bertujuan untuk mengetahui komponen yang belum memenuhi standart pemeriksaan dan diperlukan perbaikan atau tidak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?

Memahami Jobdesc Mekanik

Jobdesc atau tugas mekanik bengkel sendiri adalah memperbaiki, menguji setiap komponen dan mengganti komponen yang rusak. Dalam mengganti komponen yang rusak ini tentu diperlukan juga produk baru untuk mengganti komponen yang rusak. Tentunya dalam mengganti produk dibutuhkan pula yang namanya garansi produk agar customer juga lebih yakin dan percaya dengan bengkel Anda. Selain itu, mekanik juga berperan penting dalam menjaga performa setiap komponen kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil.

Tugas Mekanik Bengkel

  • Perawatan Rutin Kendaraan

Mekanik mampu memberikan perawatan rutin kendaraan Anda agar performa kendaraan selalu terjaga dengan baik.

  • Mendiagnosis Kerusakan

Mekanik bertugas mencari tahu penyebab kerusakaan kendaraan atau yang dikenal dengan mendiagnosis kerusakan.

  • Perbaikan Umum dan Khusus

Mekanik mampu melakukan perbaikan secara umum dan khusus yang diberikan untuk beberapa kendala.

  • Membuat Rincian Biaya Perbaikan

Mekanik juga bertugas membuat rincian biaya perbaikan atau lebih dikenal dengan manajemen keuangan.

  • Membuat Jadwal Rutin Pengecekan Kendaraan

Mekanik juga bertugas membuat jadwal rutin untuk pengecekan kendaraan. Hal ini bertujuan agar semuanya bisa berjalan rapi.

8 Keahlian yang Harus Dimiliki Mekanik

  • Perbaikan rem dan penggantian bantalan rem

Mekanik memberi keahlian memperbaiki rem dan mengganti bantalan rem.

  • Ganti oli

Keahlian kedua adalah mekanik mampu ahli dalam mengganti oli.

  • Tes diagnostic

Mekanik juga harus ahli dalam tes diagnostic untuk mengetahui penyebab kerusakan

  • Perbaikan mesin

Pekerjaan Montir Bengkel Memperbaiki Mesin

Ilustrasi Perbaikan Mesin Kendaraan (Sumber: Freepik.com)

Mekanik harus ahli dalam melakukan perbaikan mesin agar performa terjaga.

  • Sistem kelistrikan

Mekanik mempunyai keahlian dalam bidang segi kelistrikan agar lampu dll juga tetap terjaga performanya.

  • Diagnostik dan perbaikan transmisi

Keahlian lain yaitu mekanik harus ahli diagnostic dan memperbaiki transmisi.

  • Penyelarasan roda

Menyelaraskan roda juga menjadi keahlian yang harus dimiliki mekanik.

  • Kebocoran cairan

Mengatasi kebocoran cairan tentu juga menjadi keahlian mekanik juga.

Cara Menjadi Mekanik

  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Bagi Anda yang lulusan SMK sangat bisa menjadi seorang mekanik dengan melewati berbagai tes baik tes tulis maupun tes praktek.

  • Magang

Cara menjadi mekanik bisa Anda capai dengan mengikuti program magang.

  • Sertifikasi

Cara terakhir adalah melalui program keahlian atau sertifikasi.

Perbedaan Montir dan Mekanik

Montir dan mekanik bisa dilihat perbedaan utama dari segi tugasnya. Tugas seorang mekanik jauh lebih menyeluruh daripada montir.

Kisaran Gaji Montir dan Mekanik

Salary Mekanik Bengkel

Ilustrasi Mekanik Bengkel Menerima Salary (Sumber: Pexels.com)

Gaji montir di Indonesia kisaran 4,7 jutaan. Sedangkan untuk gaji mekanik ini bermacam-macam ada yang mekanik sepeda motor ada juga mekanik mobil balap. Tentunya gaji mekanik mobil balap lebih tinggi daripada gaji mekanik sepeda motor. Gaji mekanik bisa mulai 4 juta hingga 60 jutaan/bulan.

Pekerjaan Lain di Bengkel

Adapun pekerjaan lain di bengkel yaitu foreman dan toolman. Foreman tugasnya menanyai pelanggan atas kerusakan kendaraan sedangkan toolman tugasnya merawat peralatan-peralatan yang ada dibengkel.

Mencegah Kesalahan Kerja Bengkel dengan Software Bengkel Beeaccounting

Jika Anda masih bingung untuk meminimalkan dan mencegah kesalahan kerja bengkel maka bisa menggunakan software bengkel dari Beeaccounting. Dengan menggunakan software tentu Anda jauh lebih mudah manajemen bengkel dan mengoptimalkan bengkel. Jika kesalahan kerja semakin kecil tentu customer juga senang dengan pelayanan bengkel Anda. Usaha bengkel Anda juga lebih mudah berkembang dan sukses kedepannya.

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah mengenali perbedaan montir dan mekanik serta besarnya gaji menjadi seorang montir maupun teknisi.

Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada […]
Baca Juga
Apa itu Owner? Tugas Utama dan Bedanya dengan C-Level
Point Penting di Konten Ini Apa itu Owner?Tanggung Jawab Owner1. Memimpin Perusahaan2. Membuat Peraturan Perusahaan3. Mereview Action Plan dan Strategi […]
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu