Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Perbedaan Mesin Kasir Android Mobile dengan Mesin Kasir Konvensional

Dipublish Tgl: Friday, 25 March 2022

Mesin kasir android mobile adalah salah satu alat yang paling penting untuk menjalankan operasional bisnis Anda. Alat tersebut sangat memudahkan anda sebagai pemilik usaha untuk melakukan pendataan, penghitungan, dan juga pelaporan data penjualan produk bisnis Anda sehingga bisa sesuai antara stok yang ada, penjualan produk, nilai omzet, dan stok yang tersedia.

Apa itu Mesin Kasir Android Mobile?

aplikasi kasir android

Menerima Pesanan dengan Mesin Kasir Android

Mesin kasir Android merupakan sebuah alat sistem Point of Sale (POS) berbasis sistem operasi mobile Android yang digunakan untuk menghitung dan mencatat penjualan beserta transaksi lainnya secara elektronik pada gawai Anda dalam suatu bisnis. Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi dan informasi menyebabkan pemanfaatan teknologi gawai menjadi apa saja yang bermanfaat, contohnya menjadi mesin kasir.

Apa yang Dimaksud Mesin Kasir?

Mesin kasir artinya sendiri adalah mesin yang digunakan untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan. Mesin kasir memiliki laci yang dapat ditarik pada bagian bawah mesin, digunakan untuk menyimpan uang tunai. Mesin kasir sebelumnya banyak yang masih konvensional, namun kebanyakan sekarang memakai sistem elektronik.

Mesin kasir secara otomatis akan mencetak struk setelah kasir mencatat nilai dari barang yang terjual, sekaligus mencatat transaksi uang tunai berdasarkan transaksi manual dari penjualan yang dilakukan pada sistem POS. Mesin kasir merupakan alat yang sangat efektif untuk bisnis apapun yang Anda miliki, karena membantu proses penjualan produk bisnis Anda. Ditambah lagi, mesin kasir menyediakan struk untuk pelanggan Anda sebagai bahan referensi terhadap pembelian yang telah dilakukan.

Perbedaan Mesin Kasir Android Mobile dengan Mesin Kasir Lainnya

Apa Perbedaan Mesin Kasir Android dengan Mesin Kasir Lainnya?

Seiring perkembangan teknologi, mesin kasir sudah makin canggih. Dari mesin kasir yang konvensional, kini juga ada mesin kasir yang dapat diatur penggunaanya melalui ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Perbedaan utama yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan mesin kasir Android dibandingkan mesin kasir lainnya adalah penggunaanya yang sangat mudah tanpa harus melakukan banyak hal. Anda cukup mengunduh aplikasi mesin kasir Android dan gawai Anda siap untuk menjalankan program kasir.

Apabila Anda memiliki toko dengan banyak cabang namun kerepotan dengan rekap catatan dan perhitungan penjualan, maka Beepos solusinya. Beepos merupakan aplikasi pos kasir yang terintegrasi dengan sistem akuntansi dan mampu memfasilitasi cek transaksi semua cabang secara online dan real time, sehingga Anda dapat memantau stok tiap cabang bisnis Anda, mengetahui nilai laba dan rugi per cabang, hingga setting promosi semua cabang secara terpusat.

Dengan sistem kasir online ini lah maka semua data yang terekam dalam setiap transaksi jual beli di tiap cabang bisnis Anda, lalu otomatis langsung masuk ke dalam aplikasi Beepos berbasis Android. Anda sebagai pemilik bisnis menjadi mudah dalam memperoleh rekapan penjualan produk bisnis Anda kapanpun, di manapun. Alangkah menyenangkannya jika pembukuan bisnis Anda terintegrasi dengan sangat baik! Anda bisa menggunakannya di berbagai bisnis Anda. 

Apa Fungsi Mesin Kasir?

Penggunaan mesin kasir menimbulkan banyak manfaat, antara lain proses penjualan yang berlangsung cepat serta tepat karena dapat menghilangkan faktor kesalahan penghitungan harga, sehingga pelanggan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu Anda sebagai pemilik bisnis dapat mengetahui produk bisnis Anda yang lakunya lambat (slow moving) serta barang yang lakunya cepat (fast moving), sehingga nantinya data ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan strategi penjualan.

Anda akan mendapatkan laporan penjualan harian yang akurat, sehingga setiap periode tertentu juga dapat disusun laporan penjualan yang dapat digunakan untuk memprediksi penjualan di masa mendatang. Kemudian yang terpenting, mesin kasir berfungsi sebagai pengamanan pada penyimpanan uang tunai hasil omzet. Terdapat pencatatan setiap kali laci terbuka, sehingga dapat dimonitor aktivitas mencurigakan yang tidak sinkron dengan data transaksi.

Apa Saja Mesin Kasir untuk Transaksi?

mesin kasir alfamart

Macam-macam Mesin Transaksi Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Apabila Anda sedang mencari mesin kasir pertama untuk bisnis Anda yang baru dirintis, atau ingin mengganti mesin kasir lama, maka Anda perlu mempertimbangkan berbagai macam model mesin transaksi. Berdasarkan fungsinya yang beragam, ada mesin kasir konvensional dengan mesin penghitung dan laci tempat penyimpanan uang tunai saja. Selain itu, ada juga mesin kasir elektronik menggunakan koneksi internet yang teknologinya jauh lebih maju dan dapat mempermudah aktivitas operasional bisnis Anda sehari-hari.

Terdapat tiga tipe umum mesin transaksi yang lazim digunakan saat ini, yaitu mesin kasir elektronik, lalu sistem Point of Sale (POS), dan Mobile POS dengan sistem operasi Android.

  • Mesin Kasir Elektronik

Ilustrasi Mesin Kasir Elektronik (Sumber: istockphoto.com)

Mesin kasir elektronik digerakkan oleh tenaga listrik arus listrik yang kuat. Saat ini sudah ada alat penyimpan tenaga listrik yang disebut inverter, sehingga dapat menjamin mesin yang membutuhkan tenaga listrik tanpa gangguan listrik mati. Mesin kasir elektronik tidak membutuhkan koneksi internet, dan termasuk yang paling sering ditemui di usaha kecil menengah, dengan laci penyimpanan uang tunai yang hanya terbuka apabila transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir.

  • Mesin Kasir Sistem POS

Ilustrasi Mesin Kasir Sistem POS (Sumber: Istockphoto.com)

Lalu yang kedua adalah sistem POS. POS adalah mesin kasir dengan teknologi yang lebih canggih dibandingkan mesin kasir elektronik. Keduanya termasuk mesin kasir yang tidak memerlukan koneksi internet, namun sistem POS berbasis komputer dan menggunakan software yang membuat Anda sebagai pemilik usaha untuk menyimpan catatan penjualan, informasi data pembeli, dan daftar inventaris stok barang. Mesin kasir POS dapat mencatat seluruh data itu secara lebih detail dan akurat. Melalui data tersebut, bisa dibaca perilaku pembelian pelanggan Anda, sebagai dasar pertimbangan strategi penjualan.

  • Mesin Kasir Android Mobile POS

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos-mobile

Ilustrasi Mesin Kasir Android Mobile Beepos (Sumber: Bee.id)

Kemudian yang terakhir adalah Mobile POS. Mobile point of sale adalah sistem POS yang menggunakan gawai, seperti posel pintar, tablet atau perangkat mobile lainnya. Mobile POS dioperasikan dengan sistem operasi Android. Keunggulannya adalah pilihan penggunaan perangkat yang beragam. Hal ini sangat praktis bagi Anda selaku pemilik bisnis karena dapat membantu Anda untuk mengakses data penjualan produk Anda secara langsung di manapun Anda berada. Selain itu, pada umumnya gawai berukuran lebih kecil daripada alat mesin kasir konvensional, sehingga penempatannya bisa menyesuaikan ukuran layout tempat usaha Anda.

Mesin Kasir Android Portable

Mesin kasir Android Portable merupakan Sistem Point of Sales (POS) yang cocok untuk bisnis Cafe, Kedai Kopi atau Angkringan. Anda sebagai pemilik usaha akan mudah untuk mengelola bisnis anda secara realtime kapanpun, di manapun. Anda bisa memantau data penjualan, data inventarisasi stok produk, dan mengecek omzet harian secara realtime juga.

Dengan Beepos, anda dapat cek transaksi dan omset berdasarkan Channel (GoFood, GrabFood, ShopeeFood) dan jadi tahu mana Channel paling menguntungkan dan siap di scaleup. Dengan menggunakan sistem POS, Anda dapat dengan mudah melakukan proses kendali terhadap semua transaksi yang terjadi. Semua laporan transaksi disediakan dengan cepat, sehingga mempermudah Anda melihat hasil penjualan dan pengambilan keputusan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Coba Gratis Beepos Mobile untuk Usaha Cafe/Angkringan Anda (Sumber: Bee.id)

Mesin Kasir Android Murah

Mesin kasir konvensional memiliki harga yang cenderung lebih mahal bila dibandingkan mesin kasir Android. Harga mesin kasir konvensional umumnya sekitar tiga juta hingga sembilan juta rupiah, tergantung fitur dan fasilitas lain yang tersemat di dalamnya. Berbeda dengan mesin kasir konvensional, mesin kasir modern menawarkan skema harga dengan sistem berlangganan, bukan transaksi sekali bayar.

Di Beepos, mulai dari Rp. 159.200 per bulan Anda dapat mengintegrasikan sistem POS dengan sistem akuntansi anda melalui satu aplikasi yang mudah dan praktis digunakan. Harga tersebut merupakan biaya lisensi aplikasi Beepos, sementara untuk perangkat kerasnya Anda tinggal menggunakan gawai Anda.  Mesin kasir Android terhitung jauh lebih ekonomis bila dibandingkan dengan mesin kasir konvensional.

Kesimpulan

Untuk Anda yang sedang merintis usaha seperti warung kuliner, cafe, angkringan, stand makanan, atau bahkan toko kelontong, mesin kasir Android sangat cocok dengan kebutuhan Anda karena penggunaannya yang praktis dengan harga yang relatif murah. Agar dapat membantu proses penjualan bisnis Anda, Anda dapat menginstall aplikasi Beepos yang akan sangat membantu proses pembukuan pada bisnis Anda, seperti penghitungan uang yang masuk, harga barang, cek stok barang

Kontrol-Bisnis-Retail-Realtime-Beepos

 

Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini
Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis […]
Baca Juga
Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula
Menjamurnya artikel tentang cara jualan mendorong setiap orang ingin berwirausaha. Menjadi pedagang online salah satu yang banyak dilirik. Tawaran peluang […]
Baca Juga
Rekomendasi Kasir Pintar Terbaik untuk Memulai Bisnis
Kasir pintar adalah salah satu aplikasi yang memudahkan transaksi penjualan pada sistem kasir yang terdapat pada usaha minimarket, coffee shop, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu