Rincian Biaya Modal Bisnis Minimarket Kecil-kecilan

Monday, 29 July 2019
Rizal Arisona
Rizal Arisona

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bisnis minimarket menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. Sehingga tak heran jika saat ini semakin banyak minimarket di pinggiran jalan. Namun sebelum anda memutuskan untuk membuka bisnis minimarket kecil-kecilan, Anda harus mengetahui rincian biaya modal dari bisnis ini. Karena membuka minimarket yang berdiri di atas kaki sendiri dibutuhkan persiapan yang matang, sehingga berbeda dengan bisnis yang sudah didukung oleh sponsor.

Berikut ini rincian biaya modal bisnis minimarket kecil-kecilan.

1. Lokasi Usaha

Penentuan lokasi usaha merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuka minimarket. Dalam pemilihan lokasi minimarket ini, pastikan berada di lokasi yang strategis. Sehingga mudah sekali diketahui banyak orang dan sebagai lokasi lalu lalang kendaraan.

Selain itu, hal terpenting dalam mencari lokasi minimarket yaitu pastikan lokasi tersebut sangat jarang didirikan minimarket. Sehingga nantinya minimarket Anda bisa menjadi salah satu tujuan konsumen.

2. Desain dan Peralatan Minimarket

Untuk membuka minimarket, desain bangunannya tentu saja berbeda dengan toko atau warung. Pada umumnya desain minimarket ini berupa kaca dan atap aluminium. Selain itu, di dalam ruangan minimarket ini jangan diberikan banyak tiang, karena akan memberikan kesan sempit.

Sedangkan untuk warna tembok sebaiknya dicat menggunakan warna putih dengan daya lampu yang digunakan sangat memadai untuk penerangan. Agar konsumen tidak merasa gerah, siapkan kipas angin atau AC. Agar pelayanan terhadap konsumen bisa semakin cepat, sediakan mesin kasir komputer dan lain sebagainya.

3. Rak Minimarket

rincian modal bisnis minimarket
Gambar 1. Rak Mini Marekt (Sumber: Google.co.id)

Modal lain yang harus dikeluarkan yaitu untuk pembelian rak minimarket Serta peralatan lainnya rak yang dibutuhkan juga terbilang banyak untuk menampung dan memajang berbagai produk yang dijual dengan adanya yang berjajar rapi bisa semakin menarik minat konsumen banyak sekali tipe rak minimarket yang bisa anda pilih dalam hal ini disesuaikan dengan ukuran minimarket serta budget yang dimiliki

Baca Juga: Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan

4. Stok Barang

Dalam membuka minimarket, tentu saja stok barang menjadi hal yang wajib untuk dipikirkan. Sehingga Anda harus menyediakan modal untuk biaya pembelian stok barang. Untuk bisnis minimarket tentu saja stok barang yang dibutuhkan cukup banyak agar barang-barang yang dijual tetap full.

Adapun barang-barang yang bisa dijual meliputi jajanan, makanan cepat saji, peralatan mandi, berbagai make up dan lain sebagainya. Namun untuk setiap jenis barang jangan menyetok terlalu banyak, ditakutkan nanti melebihi masa kadaluarsa.

5. Karyawan

Untuk membuka bisnis minimarket Anda juga perlu menyisihkan modal untuk gaji karyawan. Nah, menyinggung masalah karyawan, Anda harus memilih karyawan yang memiliki sikap jujur, dapat dipercaya dan bisa bekerja dengan tim secara baik. Agar kerja karyawan semakin meningkat, berikan suplemen bonus bagi karyawan jika omset pendapatan perbulan meningkat.

Untuk awal buka, Anda tak perlu membutuhkan banyak karyawan, karena 2 karyawan saja cukup. Hal ini juga untuk mengantisipasi kurangnya keuntungan yang didapatkan.

6. Promosi

Rincian modal yang terakhir yaitu sebagai media promosi. Untuk minimarket pemula, tentu saja promosi perlu dilakukan. Biasanya promosi ini bisa dilakukan menggunakan media brosur yang dilengkapi dengan nama-nama produk serta harganya. Selama masa promosi ini, anda bisa menawarkan berbagai promo menarik seperti potongan harga dan lain sebagainya.

Itulah ulasan mengenai modal awal untuk membuka bisnis minimarket kecil-kecilan. Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk membuka bisnis minimarket, tentu saja Anda akan lebih mudah menyiapkan berapa modal yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bagikan kepada teman-teman yang membutuhkan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :