⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Simak tips dan cara menerapkan trategi SEM (Search Engine Marketing) dengan tepat guna membangun awareness dan meningkatkan penjuala disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 March 2023

SEM adalah singkatan dari search engine marketing, strategi pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas merek di hasil halaman mesin pencari seperti Google.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, jika cara dan strategi pemasaran terus berkembang dan mengalami pembaharuan dengan cepat, oleh sebab itu pebisnis juga harus lebih tanggap dan turut belajar memanfaatkan perkembangan zaman.

Tidak usah basa-basi terlalu panjang, berikut tips sukses menerapkan strategi SEM untuk meningkatkan awareness dan angka penjualan:

Cara Sukses Menerapkan Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing

Strategi Pemasaran atau Marketing dalam Bisnis Ada Banyak Jenisnya, Termasuk SEM (Credit: Freepik.com)

Lakukan beberapa tips sukses strategi SEM di bawah ini;

1. Melakukan Analisis Konsumen

Sebelum benar-benar menerapkan strategi SEM alangkah baiknya pebisnis melakukan analisa dan riset konsumen terlebih dahulu. Tidak hanya untuk penerapan strategi Search Engine marketing saha, analisa konsumen sangat berfungsi untuk melengkapi banyak aspek dalam bisnis.

Untuk mengetahui siapa sebenarnya konsumen ideal bisnis Anda, sehingga dengan demikian pemasaran akan lebih mudah dilakukan, pemasangan harga juga akan lebih mudah dicocokkan dengan calon konsumen. Hasilnya, produk yang Anda jual menjadi produk idaman karena benar-benar bisa memberikan solusi kepada mereka.

Dalam menerapkan strategi SEM memahami bagaimana cara melanggan mencari apa yang dibutuhkan adalah poin utamanya. Sederhananya, pebisnis perlu mengetahui apa keyword yang digunakan konsumen ketika tengah mencari sesuatu di mesin pencari.

Dengan mengetahui keyword ini pebisnis bisa menyesuaikan artikel atau iklan yang akan disampaikan dengan menyisipkan kata tersebut. Sehingga, artikel atau iklan bisa muncul di peringkat tinggi mesin pencari dan potensi konsumen akan mengklik iklan juga akan semakin luas.

2. Menerapkan Target Pasar yang Jelas

Setelah melakukan analisis konsumen maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan siapa target pasar yang akan dituju dengan jelas. Dengan ini pebisnis bisa menentukan budget untuk SEM dan menentukan goals yang akan dituju.

Tanpa menentukan siapa target market pasar dengan jelas promosi SEM akan rancu, dan mungkin saja SEM yang Anda lakukan tidak berhasil karena tidak tepat sasaran. Untuk itu, mengenali audience dan menentukan siapa target pasar yang dituju sebelum menerapkan SEM adalah wajib hukumnya.

3. Gunakan Keyword Research Tools

Selanjutnya, apa yang harus dilakukan ketika mencari keyword yang cocok dan relevan dengan ketika konsumen mencarinya di mesin pencari? Anda bisa menggunakan bantuan keyword research tools untuk menemukan keyword yang relevan.

Juga analisa konversi rate dan klik (CTR) dari masing-masing keyword, sehingga Anda bisa lebih mudah melakukan analisa keyword apa saja yang sering dicari dan bagaimana peluang bersaingnya.

Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya

4. Kombinasikan SEM dengan SEO

SEO sendiri merupakan singkatan dari search engine optimization, sebuah strategi yang digunakan untuk membantu sebuah website atau artikel mencapai ke peringkat tinggi mesin pencari tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Berbanding balik dengan SEM yang memerlukan biaya, namun keduanya sistem yang sama berkaitan dengan mesin pencari google. Dalam menerapkan SEM pebisnis perlu melakukan pemahaman secara menyeluruh mengenai frasa keywords begitu juga SEO.

Dengan mengkombinasikan SEO dan SEM, kesempatan artikel atau iklan yang dipasang menampilkan target ideal yang tepat dan berpotensi muncul dihalaman pertama mesin pencari dengan biaya yang lebih murah.

5. Gunakan dan Buat Landing Page

Selain menggunakan keyword SEM juga perlu ditetapkan pada halaman landing page, sehingga perlu dioptimasi. Halaman landing page ini bisa sangat krusial bagi SEM, sebab dari landing page ini konsumen akan membaca iklan.

Jika landing page tidak optimal maka kemungkinan konsumen tidak akan membaca dan langsung menutup halaman. Sehingga, bisa dikatakan jika strategi SEM yang diterapkan tidak berhasil.

Untuk mengoptimalkan landing page, Anda bisa melengkapi halaman landing dengan gambar produk yang menarik, copywriting dan deskripsi produk secara jelas dan enak dibaca.

6. Hubungkan Website dengan Media Sosial

Selanjutnya, adalah meningkatkan engagement pengguna untuk meningkatkan penjualan bahan retensi untuk mendapatkan leads yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan engagement adalah dengan menghubungkannya dengan media sosial.

Dalam hal ini media sosial digunakan untuk media promosi yang nantinya traffic akan kembali diarahkan pada situs web. Dengan menggunakan sosial media juga pebisnis dan konsumen bisa berkomunikasi dengan mudah.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

8. Monitoring pasca SEM di Publish

Setelah iklan SEM diluncurkan langkah berikutnya yang perlu dicoba adalah dengan melakukan monitoring untuk mengetahui seberapa berhasil strategi ini diterapkan dan bagaimana efek yang disebabkan.

Kemudian lakukan analisis apakah keyword yang digunakan susah sesuai dengan kebutuhan konsumen dan berhasil menjaring target audice. Pantau beberapa poin tersebut dalam beberapa bulan dan temukan dimana kesalahannya.

Lalu lakukan evaluasi dan perbaikan, dalam berbisnis konsistensi sangat menentukan seberapa berhasil usaha Anda. Semangat dan terus belajar.

Ingin bisa fokus promosi dan pemasaran pebisnis perlu bebas terlebih dahulu dengan masalah keuangannya terlebih dahulu. Dari keuangan ini pebisnis bisa mengatur budget iklan dan strategi apa yang akan ditetapkan.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, mudah dan dijamin akurasinya. Bisa dicek kapan saja dan dimana saja.

Sekian informasi tentang bagaimana penerapan strategi SEM (Search Engine Marketing) untuk meningkatkan performa bisnis, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!
Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
Mau Jadi Reseller? Begini Penjelasan Lengkapnya
Reseller adalah sebuah usaha yang secara sederhana diartikan sebagai menjual kembali produk dari produsen ke konsumen dengan laba yang ditentukan.
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
Soft Selling: Pengertian, Keuntungan, Cara dan Perbedaannya
Dalam dunia bisnis, teknik penjualan yang digunakan sangatlah penting. Salah satu teknik yang sedang populer saat ini adalah teknik soft
Baca Juga
Dalam Bisnis Sponsor Artinya Apa? Begini Penjelasannya
Istilah sponsor dalam bisnis bukanlah hal baru lagi, istilah ini biasanya dikaitkan dengan proses pemasaran, mengingat dari segi makna sponsor
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu