Logo Bee Web

25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal

Ide jualan bisnis makanan yang laku setiap hari, yaitu: 1. Cilok • 2. Cimol • 3. Seblak • 4. Ayam geprek • 5. Bakso dan masih banyak lagi
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 4 March 2023

Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk memulai bisnis ini Anda harus mempertimbangkan jenis jualan makanan yang laku setiap hari.

Tidak hanya enak, makanan tersebut juga harus memenuhi kriteria praktis dan mudah disajikan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa ide jualan makanan yang bisa menjadi pilihan bisnis makanan laku setiap hari. Simak terus ya!

Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh semua manusia. Ini bisa didapatkan jika Anda memasak atau memilih untuk membeli dari penjual, baik itu online maupun offline.

Ada banyak sekali jenis makanan yang ada di Indonesia, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat sekalipun. Oleh karenanya, bisnis makanan menjadi pilihan terbaik bagi sejumlah orang.

Berikut kami sajikan daftar 25 ide jualan makanan yang pasti laku setiap harinya, antara lain:

1. Tahu Bulat

Pertama, tahu bulat yang diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bentuk unik dengan rasa gurih di luar akan memberikan sensasi nikmat tersendiri. Makanan ini biasanya dijajakan di mobil bak terbuka yang keliling sembari mendendangkan lagu tahu bulat.

2. Nasi Box

Bisnis Nasi Box

nasi box sebagai ide untuk bisnis makanan (Credit: Freepik)

Menjual nasi box atau bekal makan siap saji merupakan salah satu ide jualan makanan yang populer dan laku setiap hari. Nasi box biasanya terdiri dari nasi, lauk, sayuran, dan sambal atau bisa disesuaikan dengan selera serta kebutuhan pelanggan.

3. Martabak

Salah satu makanan yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat. Hingga kini masih ada banyak orang yang terbagi menjadi dua tim, yaitu tim martabak manis atau martabak telur. Keduanya sama-sama nikmat sehingga jika dijual pasti laku setiap hari.

4. Siomay

Makanan tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat. Menjual siomay dengan variasi isian, seperti ikan, udang, atau ayam bisa menjadi pilihan yang menarik dan laku setiap saat.

5. Es Krim

jualan Ice Cream

ice cream menjadi salah satu ide terbaik untuk berbisnis (Credit: Freepik)

Berupa makanan pencuci mulut yang digemari anak-anak maupun orang dewasa dan pasti laku setiap hari. Menjual es krim dengan berbagai varian rasa dan topping bisa menjadi ide jualan yang menarik dan menguntungkan.

6. Bakso

Selanjutnya ada makanan yang bisa ditemui di berbagai daerah dengan ciri khas masing-masing. Menjual bakso sudah pasti laku karena mereka mempunyai banyak peminat. Akan jauh lebih laku lagi jika Anda memberikan inovasi kreatif pada olahan bakso tersebut.

7. Roti Bakar

Makanan populer yang mudah diolah dan membutuhkan modal tidak terlalu banyak. Menjual roti bakar dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, selai kacang, atau telur bisa menjadi salah satu ide jualan terbaik yang laku setiap hari.

8. Kue Cubit

Kue yang sangat hits dan populer di Indonesia. Makanan ini berbentuk bulat kecil dan biasanya disajikan dengan aneka rasa, seperti cokelat, keju, dan stroberi. Kue cubit juga sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima atau pasar malam.

9. Ayam Goreng

Jualan Ayam Goreng

Ayam goreng menjadi top ide bisnis makanan (Credit: Freepik)

Salah satu makanan favorit banyak orang karena rasanya yang kripsi, lezat, dan mengenyangkan. Menjual ayam goreng dengan variasi bumbu dan saus adalah ide jualan terbaik yang sudah pasti akan laku setiap hari.

10. Sate

Ide jualan makanan yang laku setiap hari berikutnya adalah sate. Makanan ini bisa Anda temui dengan mudah dan terdapat beberapa varian yang biasa dijajakan, seperti sate ayam, sate kambing, sate kelinci, hingga sate kuda.

11. Mie Ayam

Jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang karena enak dan cocok dikonsumsi ketika sore atau malam hari. Menjual mie ayam yang menawarkan berbagai topping bisa menjadi ide jualan terbaik.

12. Dessert Box

Makanan penutup yang dijual dalam kemasan box dan berbagai rasa hingga topping. Ini bisa berupa pudding, kue, brownies, cookies, dan lain sebagainya. Inovasi unik sangat diperlukan agar dessert box Anda bisa laku setiap hari.

13. Cilok

Makanan ringan dari tepung tapioka yang dicampur bumbu dan air. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bola kecil dan direbus. Cilok disajikan dengan sambal kacang atau saus lainnya. Harga terjangkau dan mengenyangkan sehingga sudah pasti bisa laku setiap hari.

14. Telur Gulung

Jenis makanan lawas yang hits kembali berupa kocokkan telur ayam, digoreng, dan digulung menggunakan tusuk. Biasanya telur gulung disajikan dengan saus tomat atau saus kecap. Kepopulerannya memungkinkan Anda setiap hari bisa mendapatkan cuan.

15. Gorengan

Bisnis Jualan Gorengan

gorengan menjadi salah satu cemilan yang cocok menemani waktu luang (Credit: Freepik)

Makanan yang sudah pasti laku setiap saat apalagi ketika hujan di malam hari. Ada banyak jenis gorengan yang bisa Anda jual, seperti tahu isi, pisang goreng, tempe goreng, bakwan, lumpia, dan risoles.

16. Kue Basah

Salah satu makanan yang biasa ditemui di pasar tradisional. Ada banyak sekali jenis kue basah, seperti klepon, onde-onde, cenil, lapis legit, lemper, getas, dan lain sebagainya.

17. Ayam Geprek

Makanan super populer berupa ayam goreng yang dipukul-pukul hingga pipih, lalu disajikan dengan saus sambal pedas. Beberapa penjual mungkin menambahkan kerupuk atau sayuran sebagai pelengkap.

18. Makanan Padang

Salah satu makanan khas Sumatera Barat yang terdiri dari nasi dan berbagai macam lauk, seperti rendang, gulai ayam, ayam goreng, dan sayur daun singkong. Walaupun dari daerah Padang, tetapi makanan ini bisa ditemui di hampir semua titik di Indonesia.

19. Bubur

Terbuat dari beras yang diolah hingga menjadi bubur dengan tambahan bahan-bahan lain, seperti ayam, daging sapi, ikan, atau sayuran. Beberapa jenis bubur yang populer di Indonesia, antara lain bubur ayam, bubur kacang hijau, dan bubur ketan hitam.

20. Lalapan

Ide jualan makanan yang laku setiap hari selanjutnya adalah lalapan berisi nasi, sayuran mentah, dan lauk, seperti ayam goreng atau ikan goreng. Beberapa jenis sayuran yang biasanya disajikan dalam lalapan, antara lain kangkung, kubis, dan tomat.

21. Frozen food

Frozen Food

ilustrasi frozen food (Credit: Freepik)

Ini berupa makanan mentah atau yang sudah diolah dan kemudian dibekukan sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Beberapa jenis frozen food yang populer di Indonesia, antara lain siomay, bakso, dan nugget.

22. Cimol

Makanan ringan berbentuk bulat dan terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan lain, seperti bawang putih, daun bawang, dan garam. Sama dengan cilok, cimol juga mudah diolah dan diproduksi dalam jumlah besar sehingga bisa dijual di banyak tempat.

23. Lauk

Ini sudah pasti dicari banyak orang terutama bagi yang tidak sempat masak karena sibuk. Beberapa lauk yang dijual adalah rendang, ayam goreng, ikan goreng, dan sayur asem.

24. Gado-gado

Makanan lezat terdiri dari sayuran rebus, seperti kacang panjang, tauge, hingga kangkung yang disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk. Beberapa jenis gado-gado yang populer di Indonesia adalah gado-gado Jakarta dan gado-gado Betawi.

25. Seblak

Salah satu makanan asal Bandung yang terbuat dari kerupuk basah dan diolah bersama bahan lain, seperti sayuran, telur, hingga mie. Seblak menjadi populer di beberapa tahun terakhir dan banyak dijual di warung-warung pinggir jalan di beberapa kota besar di Indonesia.

Tips Kelola Bisnis Jualan Makanan untuk Pemula

Jualan makanan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika dikelola dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis jualan makanan bagi pemula, antara lain:

1. Buka Bisnis Sesuai Pasar

Sebelum memulai bisnis jualan makanan, tentukan jenis makanan yang ingin Anda jual. Pastikan makanan tersebut sesuai dengan minat pasar dan memiliki potensi untuk laku di pasaran.

2. Promosi di Media Sosial

ide jualan makanan laku setiap hari

ilustrasi mempromosikan usaha di sosial media (sumber: Unsplash)

Media sosial adalah cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis jualan makanan Anda. Buatlah akun media sosial, seperti Instagram dan Facebook untuk menjangkau calon pembeli potensial dan memungkinkan jualan makanan yang laku setiap hari.

3. Buat Resep dan Olahan Unik

Agar bisnis jualan makanan Anda menjadi menarik dan berbeda dari yang lain, buatlah resep dan olahan makanan unik dan berkualitas. Anda bisa melakukan riset untuk menemukan tren makanan terbaru dan mencoba membuat variasi dari olahan tersebut.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi sangat penting dalam bisnis jualan makanan. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pembeli. Misalnya, di dekat kantor, kampus, atau sekolah.

5. Buat Branding yang Menarik

Selanjutnya, buatlah branding yang menarik dan konsisten dengan produk Anda. Mulai dari logo, kemasan, hingga tampilan toko atau gerai.

Menurut Warung pintar, hal yang harus anda perhatikan jika ingin memulai bisnis adalah ketahui cara branding yang bagus untuk berjualan, strategi promosi yang baik, bisa melalui dari mulut ke mulut, melalui media sosial agar terlihat oleh banyak orang.

6. Jaga Kualitas Produk dan Layanan

ide jualan makanan

Pastikan kualitas produk dan layanan tetap terjaga. Ini akan membantu mempertahankan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

7. Pantau Biaya dan Keuntungan

Langkah yang tidak kalah penting adalah pantau biaya dan keuntungan bisnis Anda dengan baik. Melakukan pemantauan keuangan bisnis secara teratur, Anda bisa mengetahui apakah bisnis menguntungkan atau tidak.

8. Tetap Belajar dan Berinovasi

Dalam bisnis jualan makanan, Anda harus tetap belajar dan berinovasi agar bisa bersaing dengan yang lain. Ikuti tren terbaru dan terus cari cara untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda.

KESIMPULAN

Makanan menjadi salah satu hal yang berpotensi untuk menghasilkan banyak cuan. Namun, sebelum memulai, sebaiknya lakukan tips atau cara yang sudah kami sajikan sebelumnya agar bisnis bisa berjalan. Jadi, ide jualan makanan yang laku setiap hari mana favorit Anda?

Oh iya selain fokus mengembangkan bisnis jualan makanan, sebaiknya Anda juga wajib menyiapkan pembukuan keuangannya. Karena banyak pengusaha makanan rintisan malah merugi karena tidak pernah tahu dan tidak pernah pantau keuntungan bisnisnya.

Umumnya mereka hanya fokus ke jualan saja, padahal kontrol biaya dan bahan baku juga penting untuk menghindari kerugian. Oleh sebab itu, penting sekali menyediakan aplikasi pembukuan untuk mencatat pengeluaran, stok bahan baku dan pencatatan omset Anda.

pembukuan bisnis fnb

Contoh aplikasi pembukuan yang cocok untuk bisnis Food and Beverage ini adalah Beepos Mobile. Dengan aplikasi kasir ini, Anda bukan hanya mencatat dan cetak struk penjualan saja. Tapi juga akan tahu laba bersih dari penjualan Anda.

Aplikasi Toko Bangunan Online Mudah Buat Laporan Keuangan
Transaksi yang semakin cepat juga membuka peluang bagi munculnya penggunaan aplikasi toko bangunan online untuk mengelola sistem transaksi lebih cepat.
Baca Juga
Slogan Adalah: Jenis, Ciri, Contoh dan Tips Membuatnya
Slogan merupakan kalimat pendek yang memiliki kekuatan dalam membangun citra merek dan mempengaruhi perilaku konsumen. Sebuah slogan yang baik mampu
Baca Juga
7 Tips Membangun Networking Bisnis untuk Pemula
Dalam dunia bisnis yang begitu dinamis seperti sekarang, networking menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Networking adalah fondasi dari
Baca Juga
Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk
Merek Anda adalah janji dan komitmen Anda kepada pelanggan. Jadi penting bagi Anda untuk membangunnya dengan hati-hati. Sebuah merek tidak
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil
Mencari ide bisnis online untuk pemula, pelajar, mahasiswa dengan modal kecil untung besar dan masih banyak lagi. Silahkan simak artikel
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu