Logo Bee Web

13+ Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan di Tahun 2023

Ada ide usaha modal 1 juta yang menarik, dari jualan produk digital sampe servis elektronik. Wajib baca buat Anda yang mau mulai bisnis.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 11 September 2023

Anda mungkin sedang berpikir, "Bagaimana mungkin saya bisa memulai usaha modal 1 juta?" Tidak perlu meragukan diri sendiri, karena di era yang serba digital ini, peluang untuk memulai bisnis dengan modal terbatas semakin terbuka lebar.

Menggapai kesuksesan dalam dunia bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan tekad dan usaha yang keras, setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih impian finansial mereka. Mari kita eksplorasi beberapa ide usaha yang bisa Anda coba, hanya Dengan usaha modal 1 juta rupiah.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya

1. Reseller

usaha modal 1 juta

Reseller bisa jadi salah satu ide usaha modal 1 juta (Credit; Freepik.com)

Dalam dunia perdagangan, menjadi seorang reseller adalah salah satu cara paling sederhana untuk memulai bisnis dengan modal terbatas. Anda dapat menjual produk dari supplier tanpa perlu memproduksi sendiri.

Anda menjadi penghubung antara produsen dan konsumen, mengambil keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. Pilihlah produk yang sesuai dengan minat Anda dan lakukan riset pasar untuk mengetahui produk yang memiliki potensi tinggi di pasaran. Jangan lupa untuk membangun relasi yang baik dengan supplier Anda.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Berbagai produk sesuai pilihan Anda.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Pembelian produk pertama dan biaya pemasaran.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari selisih harga jual dengan harga beli dari produsen atau grosir.
  • Cara memulai usaha: Cari produsen atau grosir yang menawarkan produk dengan harga kompetitif. Buat akun media sosial atau platform jual-beli online untuk memasarkan produk. Fokus pada konten menarik dan interaksi dengan pelanggan.

2. Dropshipper

Dropshipping adalah variasi dari bisnis reseller. Bedanya, Anda tidak perlu menyimpan stok produk atau mengurus pengiriman. Anda hanya perlu menjual produk kepada pelanggan, dan supplierlah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pelanggan atas nama Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada aspek penjualan tanpa perlu mengkhawatirkan logistik. Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membangun toko online dan memasarkan produk dengan cerdas.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Berbagai produk sesuai pilihan Anda.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Pembelian produk jika ada pesanan dari konsumen.
  • Prospek keuntungan: Selisih harga jual dan harga dari produsen atau distributor.
  • Cara memulai usaha: Temukan pemasok yang menawarkan layanan dropshipping. Buat platform online untuk memasarkan produk. Fokus pada branding dan layanan pelanggan yang baik.

3. Usaha Laundry

Jasa Laundry Juga Termasuk Usaha Kecil

Jasa Laundry Pakaian (Credit: Freepik.com)

Bisnis laundry adalah pilihan yang menarik jika Anda tertarik dengan bidang jasa. Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli mesin cuci dan perlengkapan dasar lainnya.

Menawarkan layanan cuci, setrika, dan lipat untuk pakaian dapat menjadi peluang yang menguntungkan, terutama di daerah yang padat penduduk. Pastikan untuk memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas cucian.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Layanan cuci dan setrika pakaian.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Mesin cuci, peralatan setrika, bahan deterjen, dan biaya promosi awal.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan diperoleh dari biaya layanan yang dikenakan kepada pelanggan.
  • Cara memulai usaha: Tentukan daerah target Anda. Sediakan layanan antar-jemput untuk menarik pelanggan. Promosikan layanan Anda melalui media sosial dan brosur di lingkungan sekitar.

4. Warung Makan

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak atau ingin mencoba bisnis kuliner, membuka warung makan adalah pilihan yang menarik. Anda dapat fokus pada makanan tertentu seperti nasi goreng, mie ayam, atau makanan kekinian seperti bubble tea.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli bahan baku awal dan perlengkapan dasar untuk memulai. Mulailah dengan skala kecil seperti berjualan di sekitar lingkungan Anda atau online melalui platform pesan antar makanan.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Makanan dan minuman.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Bahan baku, peralatan memasak, meja, dan kursi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari selisih harga jual dengan biaya produksi.
  • Cara memulai usaha: Riset terlebih dahulu makanan yang diminati di daerah Anda. Berikan sentuhan kreatif pada masakan Anda. Promosikan melalui mulut ke mulut dan media sosial.

5. Jualan Produk Digital

Jika Anda memiliki keterampilan dalam desain grafis, penulisan, atau pembuatan konten digital lainnya, mengapa tidak memanfaatkannya untuk bisnis? Anda dapat membuat dan menjual produk digital seperti template presentasi, ebook, desain logo, atau musik.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat menginvestasikan dalam perangkat lunak atau alat bantu yang diperlukan untuk menghasilkan produk digital berkualitas.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Produk digital seperti template, e-book, atau kursus online.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Peralatan komputer dan perangkat lunak yang diperlukan.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan besar karena produk digital bisa dijual berkali-kali tanpa biaya produksi tambahan.
  • Cara memulai usaha: Identifikasi keterampilan atau pengetahuan yang bisa Anda bagikan. Buat produk digital berkualitas tinggi. Gunakan platform online untuk menjual produk Anda.

6. Jasa Antar Jemput

Dalam lingkungan yang semakin sibuk, banyak orang mencari solusi praktis untuk masalah mobilitas. Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat memulai jasa antar jemput, baik untuk anak-anak sekolah maupun untuk karyawan.

Pastikan Anda memiliki kendaraan yang aman dan nyaman, serta izin yang diperlukan untuk beroperasi. Anda dapat menawarkan jasa antar jemput harian atau kontrak bulanan.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Layanan antar jemput.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Biaya bahan bakar, pemeliharaan kendaraan, dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari biaya layanan yang dikenakan kepada pelanggan.
  • Cara memulai usaha: Tentukan rute dan jadwal antar jemput. Tetapkan tarif yang kompetitif. Promosikan layanan Anda kepada orang tua murid atau perusahaan di sekitar.

7. Jasa Titip Belanja (Jastip)

Usaha Jasa Titip

Modal 1 juta bisa usaha apa? Bisa coba dengan membuka jasa titip (Credit: Freepik.com)

Dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang tidak memiliki waktu untuk berbelanja sendiri. Inilah peluang bagi Anda untuk menjalankan bisnis jasa titip belanja.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membangun platform online atau cukup memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda akan membantu pelanggan membeli barang yang mereka butuhkan dan mengirimkannya kepada mereka.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Jasa titip belanja barang sesuai pesanan.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Modal untuk pembelian barang dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari selisih harga beli dan harga jual kepada pelanggan.
  • Cara memulai usaha: Tentukan area operasi dan barang-barang yang akan ditawarkan. Tetapkan biaya jasa yang masuk akal. Gunakan media sosial atau platform jual-beli online untuk mempromosikan layanan Anda.

8. Jasa Kursus Online

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu seperti bahasa asing, keterampilan komputer, atau seni dan kerajinan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka jasa kursus online.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membuat materi kursus dan memanfaatkan platform online untuk menyampaikan materi kepada siswa. Ini adalah cara yang efektif untuk menghasilkan pendapatan sambil berbagi pengetahuan Anda.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Kursus online.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Peralatan komputer, platform pembelajaran online, dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari biaya pendaftaran peserta kursus.
  • Cara memulai usaha: Tentukan topik kursus yang akan Anda ajarkan. Buat materi yang berkualitas. Pilih platform pembelajaran online yang sesuai. Promosikan kursus melalui media sosial dan platform pembelajaran.

9. Jasa Desain Logo

Dalam era digital ini, banyak bisnis membutuhkan desain logo yang menarik untuk membangun merek mereka. Jika Anda memiliki bakat dalam desain grafis, Anda dapat menawarkan jasa pembuatan desain logo.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli perangkat lunak desain yang diperlukan dan mulai membangun portofolio Anda. Pastikan desain Anda unik, relevan dengan bisnis klien, dan mengkomunikasikan pesan yang jelas.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Jasa desain logo.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Peralatan komputer dan perangkat lunak desain.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari biaya jasa desain yang Anda tetapkan.
  • Cara memulai usaha: Buat portofolio desain yang menarik. Tentukan tarif yang kompetitif. Promosikan jasa Anda melalui media sosial dan kontak bisnis lokal.

10. Jasa Pembuatan Website

Setiap bisnis saat ini membutuhkan kehadiran online yang kuat. Jika Anda memiliki keterampilan dalam pembuatan website, ini adalah peluang yang menarik untuk dijajaki.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli domain, hosting, dan perangkat lunak yang diperlukan. Pastikan Anda dapat memberikan desain website yang responsif dan fungsional sesuai dengan kebutuhan klien.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Jasa pembuatan website.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Peralatan komputer, perangkat lunak desain, dan biaya pemasaran awal.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan berasal dari biaya jasa pembuatan website.
  • Cara memulai usaha: Buat portofolio proyek website yang sudah Anda kerjakan. Tetapkan tarif berdasarkan kompleksitas proyek. Gunakan media sosial dan kontak bisnis lokal untuk mempromosikan jasa Anda.

11. Jualan Aksesoris atau Pernak-Pernik

Modal 1 juta

Jepit Rambut dari Paduan Cangkang Kerang dan Manil-Manik (Sumber: Instagram/@dnikz.collection)

Jika Anda memiliki minat dalam fashion atau kerajinan tangan, menjual aksesoris atau pernak-pernik bisa menjadi pilihan yang menarik. Anda dapat menciptakan aksesoris unik atau memilih produk yang menarik dari supplier.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli bahan baku dan alat-alat yang diperlukan. Pastikan produk Anda memiliki ciri khas dan daya tarik yang berbeda.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Aksesoris atau pernak-pernik unik.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Pembelian stok barang pertama dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli barang.
  • Cara memulai usaha: Cari atau buat sendiri aksesoris atau pernak-pernik unik. Gunakan platform online untuk memasarkan produk. Fokus pada estetika dan nilai unik produk Anda.

12. Jualan Minuman Kekinian

Minuman kekinian seperti bubble tea, kopi spesial, atau jus sehat semakin diminati oleh banyak orang. Jika Anda memiliki minat dalam industri makanan dan minuman, menjual minuman kekinian bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli bahan baku awal, alat-alat, dan kemasan yang diperlukan. Pastikan minuman Anda memiliki cita rasa yang unik dan menarik.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Minuman kekinian.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Bahan baku, peralatan pembuatan minuman, dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan dari selisih harga jual dengan biaya produksi.
  • Cara memulai usaha: Riset tren minuman kekinian yang sedang populer. Buat variasi minuman yang menarik. Pilih lokasi strategis dan promosikan melalui media sosial.

13. Jualan Makanan Ringan

Makanan ringan adalah pilihan populer untuk dijual karena permintaannya yang konstan. Anda dapat menjual camilan seperti keripik, kue kering, atau makanan ringan lainnya.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli bahan baku, peralatan masak, dan kemasan. Pastikan makanan ringan Anda memiliki cita rasa yang lezat dan kualitas yang baik.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Makanan ringan.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Bahan baku, peralatan produksi, dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan dari selisih harga jual dengan biaya produksi.
  • Cara memulai usaha: Pilih jenis makanan ringan yang akan dijual. Kembangkan resep atau cari pemasok bahan baku. Gunakan kemasan menarik dan promosikan melalui media sosial.

14. Jasa Servis Elektronik

Dalam era teknologi ini, banyak orang menghadapi masalah dengan perangkat elektronik mereka. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perbaikan elektronik, Anda dapat membuka jasa servis elektronik.

Dengan usaha modal 1 juta, Anda dapat membeli alat-alat yang diperlukan dan membangun reputasi sebagai ahli perbaikan. Pastikan Anda memberikan pelayanan yang cepat dan efektif.

  • Produk atau jasa yang ditawarkan: Jasa perbaikan elektronik.
  • Modal awal yang dibutuhkan: Peralatan perbaikan, suku cadang, dan biaya promosi.
  • Prospek keuntungan: Keuntungan dari biaya jasa perbaikan yang dikenakan kepada pelanggan.
  • Cara memulai usaha: Tentukan jenis perangkat elektronik yang bisa Anda perbaiki. Tetapkan tarif perbaikan yang kompetitif. Promosikan jasa Anda melalui bengkel atau media sosial.

Baca Juga: Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Ini List Usahanya

Kesimpulan

Memulai usaha dengan modal terbatas memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan tekad, kreativitas, dan kerja keras, Anda bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Pilihlah ide usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, dan jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru. Setiap langkah kecil yang Anda ambil membawa Anda lebih dekat menuju impian finansial Anda. Ingatlah, usaha modal 1 juta pun memiliki potensi besar jika Anda tahu bagaimana mengelolanya dengan bijak.

Salah satu cara agar bisnis bisa dikelola dengan baik adalah dengan memanfaatkan software akuntansi online Beecloud, dengan fitur pencatatan pembayaran dan pembelian rapi, praktis mudahkan pebisnis dalam manajemen keuangannya. Dilengkapi dengan laporan akuntansi otomatis jadikan bisnis jadi lebih untung, mudah dan efisien. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil
Mencari ide bisnis online untuk pemula, pelajar, mahasiswa dengan modal kecil untung besar dan masih banyak lagi. Silahkan simak artikel
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi
Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sampai
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
Cara Menghitung Biaya Jabatan PPh 21 Paling Mudah dan Praktis
Bingung kenapa slip gaji karyawan dipotong biaya jabatan PPh 21? Bagi karyawan yang baru memasuki dunia kerja, tentu masih bertanya-tanya
Baca Juga
4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Consumer behavior atau perilaku konsumen merupakan studi mengenai organisasi dan individu. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang wajib
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu