Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Pasar Monopoli di Indonesia dan Luar Negeri

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 3 December 2022

Persaingan yang ada di pasar monopoli biasanya tidak sempurna sebab hanya ada satu produsen yang bisa menetapkan harga suatu produk. Contoh pasar monopoli yang paling umum di Indonesia kebanyakan berasal dari perusahaan milik negara.

Bukan rahasia lagi saat perusahaan yang memegang kendali dan mendominasi di pasar monopoli akan memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Meskipun demikian, perusahaan tersebut tidak boleh seenaknya menaikkan harga karena akan menyebabkan masyarakat menunda pembelian.

Ciri-Ciri Umum Pasar Monopoli

Ciri Ciri Umum Pasar Monopoli

Ilustrasi Pasar (Sumber: Pexels.com)

  • Hanya Ada Satu Perusahaan Industri

Hal ini menyebabkan para konsumen tidak punya pilihan lain selain membeli produk dari perusahaan tersebut. Syarat jual beli pun sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

  • Perusahaan Lain Tidak Bisa Turut Serta dalam Industri

Banyaknya hambatan menyebabkan perusahan-perusahaan lain tidak bisa masuk ke dalam industri yang serupa. Perusahaan pemegang pasar monopoli menjadi penyebab utama perusahaan lain tidak bisa masuk ke dalam industri tersebut.

  • Perusahaan Utama di Pasar Monopoli yang Menentukan Harga Suatu Produk

Semua harga produk di pasar monopoli secara penuh ditentukan oleh perusahaan utama sebab perusahaan tersebut merupakan perusahaan satu-satunya yang berada di dalam pasar monopoli.

  • Tidak Begitu Memerlukan Promosi (Iklan)

Di pasar monopoli, strategi pemasaran yang berupa promosi produk tidak begitu diperlukan karena hanya ada satu produsen yang bisa menghasilkan produk. Jadi masyarakat akan membeli produk tersebut dengan harga yang telah ditentukan.

  • Produk di Pasar Monopoli Tidak Bisa Digantikan

Masyarakat tidak bisa menemukan produk pengganti atau produk serupa di tempat lain.

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

1. Monopoli Natural (Alamiah)

Jenis pasar monopoli natural terbentuk saat hanya ada satu penjual di dalam pasar (cakupan pasar kecil). Penjual tersebut berpotensi memperoleh keuntungan yang cukup besar karena hanya penjual tersebut yang bersedia menyediakan barang atau jasa di pasar.

2. Monopoli Berdasarkan Hukum (Legal)

Pasar ini diatur oleh pemerintah, di mana komoditas atau jasa yang ada di pasar hanya boleh dipasarkan oleh satu perusahaan atau penjual.

3. Monopoli Lokal Regional

Pasar monopoli jenis lokal regional terbentuk saat perniagaan produk monopoli terjadi di wilayah atau area tertentu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wilayah, Transaksi, dan Bentuknya

Kelebihan yang Dimiliki Pasar Monopoli

Kelebihan Pasar Monopoli

Ilustrasi Sayuran di Pasar (Sumber: Pexels.com)

Pasar monopoli memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Perusahaan yang ada di pasar monopoli selalu berusaha menumbuhkan efisiensi agar bisa bersaing dengan perusahaan lain yang memiliki produk serupa.
  • Produk dari pasar monopoli selalu dikembangkan melalui penelitian dan pengembangan produk agar menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi sehingga mendapatkan profit yang lebih banyak.
  • Menghasilkan inovasi (produk) baru yang bisa dipatenkan.
  • Kekuasaan perusahaan selalu diawasi dan dikontrol oleh pemerintah.

Kekurangan dari Pasar Monopoli

Selain memiliki berbagai macam kelebihan, pasar monopoli juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Sistem monopoli sangat menentukan jumlah produksi barang yang berdampak pada ketersediaan jumlah barang.
  • Masyarakat atau konsumen jadi bergantung pada perusahaan penghasil produk sebab tidak ada perusahaan lain yang bisa memproduksinya.
  • Munculnya eksploitasi pada pemilik faktor produksi.
  • Sistem monopoli bisa menyebabkan pendapatan yang tidak merata.

Dampak Pasar Monopoli

1. Konsumen Tidak Punya Kebebasan Memilih Produk

Masyarakat atau konsumen tidak bebas memilih produk sesuai dengan keinginannya sebab penawaran produk sepenuhnya dikuasai oleh perusahaan atau produsen pembuat produk.

2. Adanya Kesenjangan dalam Pembagian Hasil Usaha

Pada pasar monopoli, persaingan yang terjadi tidak sempurna sebab hanya ada satu produsen. Berbeda dengan pasar dengan persaingan yang sempurna, perusahaan yang ada di dalam pasar tersebut bisa memperoleh pendapatan jangka panjang secara normal.

3. Kemajuan Inovasi dan Teknologi Terhambat

Pasar monopoli berpotensi menghambat proses produksi dan inovasi produk sebab jika tidak memiliki kompetitor, perusahaan tidak punya motivasi untuk mengembangkan teknologi untuk proses produksi.

Faktor yang Menyebabkan Terbentuknya Faktor Monopoli

Ilustrasi Pasar Ikan

Ilustrasi Pasar Ikan (Sumber: Freepik.com)

1. Hambatan Teknis

Hambatan ini terjadi karena beberapa hal seperti:

  • Tingkat efektivitas yang tinggi menyebabkan perusahaan monopoli memiliki MC dan AC (kurva biaya) yang semakin menurun.
  • Nilai marjinal akan menurun jika skala produksinya semakin besar. Hal tersebut menyebabkan biaya produksi barang (AC) semakin rendah.
  • Perusahaan di pasar monopoli memiliki special knowledge sehingga bisa memproduksi barang secara efisien.
  • Kemampuan kontrol yang dimiliki oleh perusahaan monopoli meliputi faktor sumber daya alam, SDM, produksi, dan lokasi produk.

2. Hambatan Legalitas

Yang dimaksud dengan hambatan legalitas adalah perusahaan yang ada di pasar monopoli dipengaruhi oleh peraturan yang berlaku. Berikut beberapa masalah legalitas yang menyebabkan terbentuknya pasar monopoli:

  • Hak Khusus yang Ditetapkan oleh Undang-Undang

Beberapa BUMN yang ada di Indonesia memiliki daya monopoli karena dilindungi oleh Undang-Undang. Dari beberapa perusahaan tersebut yang tidak efisien tetapi tetap bisa memonopoli karena punya legal monopoly.

  • Hak Cipta (Hak Paten)

Patent right (hak paten) merupakan hak monopoli yang dilindungi oleh hukum karena memiliki special knowledge (kemampuan khusus).

Contoh Pasar Monopoli di Indonesia

  • PT PLN

Perusahaan Listrik Negara

Ilustrasi Listrik Negara (Sumber: Freepik.com)

Menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Pelarangan Monopoli dan Persaingan Bisnis Tidak Sehat, monopoli listrik yang dilakukan oleh PT PLN tidak melanggar ketentuan tersebut.

Meskipun demikian, pelanggaran terhadap persaingan bisnis pernah dilakukan oleh PT PLN saat PT PLN menetapkan tarif dasar listrik terlalu tinggi dan hal tersebut cukup merugikan konsumen. Hal ini menjadikan PT PLN salah satu contoh pasar monopoli.

  • PT Pertamina

Minyak dan gas yang dihasilkan oleh PT Pertamina merupakan contoh produk pasar monopoli yang ada di Indonesia. Monopoli yang dilakukan oleh PT Pertamina merupakan bentuk monopoli natural (alamiah).

Hal tersebut berdasarkan pada UUD 1945 Pasal 33 ayat 2 dan 3, di mana cadangan minyak dan gas harus dikuasai oleh negara demi kemakmuran masyarakat di sektor minyak dan gas dari hulu sampai hilir.

  • PDAM

Monopoli alamiah yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah sesuai dengan hukum monopoli. Distribusi air yang disediakan oleh PDAM untuk masyarakat telah difasilitasi oleh negara.

Contoh Pasar Monopoli di Luar Negeri

Beberapa contoh perusahaan monopoli yang ada di luar negeri yaitu Apple, Microsoft, Amazon, Google, dan Facebook.

Perusahaan-perusahaan tersebut sebenarnya sudah memiliki pesaing, meskipun kekuatannya belum sepadan dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Inilah beberapa contoh pasar monopoli yang dimaksud:

  • Amazon

Amazon

Ilustrasi Aplikasi Amazon Photo by Christian Wiediger on Unsplash 

Amazon disinyalir telah memiliki kekuatan monopoli dan pernah dilaporkan karena menjual produknya sendiri dan produk dari pedagang independen di dalam satu platform.

Di dalam laporan tersebut, ditemukan adanya konflik kepentingan yang membuat Amazon mempunyai insentif untuk memakai data dari para pedagang yang bersaing. Dengan begitu, Amazon bisa memanfaatkan produknya sendiri.

  • Facebook

Facebook memegang kuasa penuh atas monopoli yang terjadi di pasar jejaring sosial. Dominasi Facebook yang terjadi di pasar media sosial diduga mengancam keberadaan media sosial lain yang baru lahir.

  • Google

Contoh pasar monopoli yang terkenal lainnya adalah Google. Layanan yang disediakan oleh Google lebih disukai oleh pengguna smartphone ketimbang pesaingnya.

  • Apple

Anggota parlemen mengemukakan bahwa perusahaan Apple telah melakukan monopoli saat melakukan distribusi perangkat lunak ke produk iPhone. Apple memakai kekuatan monopolinya untuk membebankan harga kepada pengembang di atas harga pasar.

Baca Juga: Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Contoh pasar monopoli tersebut bisa dijadikan pelajaran bagi para pelaku bisnis baru untuk tidak masuk ke pasar monopoli karena telah didominasi oleh perusahaan monopoli. Bila ingin membangun usaha, pilihlah pasar yang belum dimonopoli oleh pihak manapun.

Buat Laporan Penjualan Harian Satu Kali Klik dengan Beecloud

Ternyata jenis-jenis pasar yang berkembang di Indonesia ada banyak. Semuanya memiliki berbagai ciri khas tersendiri tergantung kepada pemanfaatan dan klasifikasi waktu dari pasar tersebut.

Hal terpenting yang terjadi dalam pasar adalah adanya transaksi antara penjual dan pembeli. Sebagai penjual di pasar Anda juga sudah harus melek dengan pencatatan transaksi atau keuangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari uang jualan di pasar dengan uang pribadi tercampur. Apabila uang tercampur dan habis untuk keperluan pribadi maka tidak ada lagi perputaran uang karena tidak bisa kulakan.

Beecloud merupakan software akuntansi yang bisa mencatat keluar/masuk barang dan transaksi (uang) sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok dan pembukuan usaha akan lebih rapi. Beecloud juga bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop.  Selain itu terdapat laporan keuangan yang bisa disajikan melalui Beecloud  yaitu Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.

Bikin Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Ini Dia! Daftar Pemakain Informasi Akuntansi Dalam Dunia Bisnis
Pada dasarnya informasi akuntansi digunakan oleh berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda. Maka dari itu,  sistem informasi akuntansi dirancang khusus […]
Baca Juga
Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran
Pernahkah Anda mendengar istilah tentang surat penawaran? Namun Anda tak perlu khawatir jika sama sekali belum pernah mendengar tentang surat […]
Baca Juga
Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran
Istilah marketing mix banyak digunakan oleh pebisnis. Banyak sekali artikel yang membahas mengenai strategi pemasaran satu ini. Artikel-artikel yang membahas […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu