Logo Bee Web

Apa Tugas Pramuniaga? Ini Tanggung Jawab, dan Kualifikasinya

Tertarik menjadi pramuniaga yang handal? Pelajari 7 tugas pramuniaga, mulai dari melayani pelanggan, hingga meningkatkan penjualan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 23 March 2024

Sebagai garda terdepan dalam industri ritel, peran dan tugas pramuniaga cukup penting, mereka bukan hanya sekedar menjual barang, tetapi juga menciptakan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi pelanggan.

Pahami apa saja tugas dan tanggung jawab pramuniaga, untuk mengoptimalkan kinerja baik untuk Anda yang sedang mencari kerja atau pebisnis yang membutuhkan jasanya.

Apa yang Dimaksud dengan Pramuniaga?

Tugas Pramuniaga Toko

Ilustrasi seorang pramuniaga sedang melayani pelanggan (Credit: Freepik.com)

Menurut Suharno dan Retnoningsih (2014) menjelaskan jika pengertian pramuniaga adalah karyawan yang bekerja di perusahaan dagang dan bertugas untuk melayani konsumen, yang artinya seorang pramuniaga akan berhadapan langsung dengan konsumen.

Sedangkan menurut Donassolo dan Matos (2014) seorang pramuniaga tidak hanya sekedar melayani pelanggan, namun juga memiliki sikap dan pengetahuan yang mumpuni dalam melayani.

Sikap ini berkaitan dengan keramahan saat melayani, sedangkan pengetahuan biasanya dikaitkan dengan pemadam produk yang ditawarkan, tata letak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penjualan.

Dari sikap pramuniaga inilah akan tercipta kepuasan pelanggan yang nantinya akan menimbulkan rasa loyalitas yang berkelanjutan dan terus menerus.

Alasan Kenapa Usaha Dagang Perlu Jasa Pramuniaga

Usaha dagang membutuhkan jasa pramuniaga karena:

1. Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Pramuniaga memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan pelanggan yang unggul. Mereka tidak hanya membantu pelanggan dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, tetapi juga memberikan informasi yang akurat tentang produk tersebut.

2. Meningkatkan Pengalaman Berbelanja

Adanya pramuniaga dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan memuaskan bagi pelanggan. Dengan kesediaan untuk memberikan bantuan dan saran, pramuniaga membantu mengurangi kebingungan pelanggan dan memastikan bahwa mereka merasa didukung selama proses pembelian.

3. Promosi dan Penjualan yang Efektif

Seorang Pramuniaga memiliki kesempatan untuk secara langsung mempromosikan produk kepada pelanggan. Mereka dapat memberikan informasi tentang penawaran khusus, diskon, atau produk baru yang mungkin menarik minat pelanggan.

Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis perlu memfasilitasi pramuniaganya untuk menjalankan tugasnya secara profesional agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya dengan menyediakan software kasir online Beepos.

Selain kasir, Beepos juga membantu pramuniaga dalam melacak stok barang, menginformasikan diskon, menyusun laporan penjualan dan masih banyak lainnya. Yuk langganan sekarang juga dan optimalkan bisnis Anda bersama Beepos!

Pakai Beepos Bisa Kontrol Kasir, Secara Realtime Dengan Lebih Menyenangkan

Perbedaan Kasir dan Pramuniaga

Secara garis besar istilah kasir dan pramuniaga adalah dua hal yang berbeda. Dimana perbedaan antara kasir dan pramuniaga terletak pada peran dan tanggung jawab masing-masing dalam lingkungan ritel.

Kasir bertanggung jawab untuk melakukan transaksi keuangan, seperti menerima pembayaran dari pelanggan, memberikan kembalian, dan mencatat penjualan, sementara pramuniaga lebih fokus pada interaksi langsung dengan pelanggan di lantai penjualan.

Pramuniaga membantu pelanggan dalam menemukan produk yang mereka cari, memberikan informasi tentang produk, serta menciptakan pengalaman berbelanja yang positif dan memuaskan.

Meskipun keduanya memiliki peran penting dalam menjalankan operasi ritel, pramuniaga lebih berfokus pada aspek pelayanan pelanggan sementara kasir lebih berfokus pada transaksi keuangan.

Tugas Pramuniaga di Beberapa Usaha

Berikut beberapa kumpulan tugas dan tanggung jawab pramuniaga di beberapa usaha dagang di Indonesia.

#1. Tugas Pramuniaga Toko

Sebelum membahas secara spesifik tugas pramuniaga di beberapa perusahaan di Indonesia, mari kita bahas terlebih dahulu secara general apa tugas pramuniaga toko secara umum.

Mengutip dari laman glints.com yang dilansir dari laman Betterteam dan Live About, ada 11 tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pramuniaga, berikut diantaranya:

  •  Menyapa pelanggan yang datang
  • Melayani pelanggan, seperti membantu mereka untuk menemukan barang di toko.
  • Memeriksa stok barang di cabang lain atau memesan stok baru sebuah produk yang diminta pelanggan.
  • Menjelaskan informasi tentang barang kepada pelanggan
  • Menjawab pertanyaan pelanggan mengenai produk dan layanan toko.
  • Menampung dan menyampaikan keluh kesan pelanggan kepada manajemen.
  • Melacak inventaris toko.
  • Menganalisa kebutuhan dan keinginan pelanggan di toko.
  • Menjelaskan fitur produk dan cara penggunaan kepada pelanggan yang membutuhkan.
  • Menginformasikan diskon dan promosi.
  • Membantu pelanggan melakukan proses pembayaran.

#2. Tugas Pramuniaga Indomaret

Mengutip dari laman popmama.com, ada 10 tugas pramuniaga indomaret:

  • Menata dan merapikan produk di rak.
  • Melakukan pendataan produk.
  • Menjaga kebersihan toko dan produk.
  • Mengemas produk atau hadiah pada event-event tertentu.
  • Menyusun laporan penjualan
  • Memberikan label harga pada setiap produk di rak.
  • Melayani pelanggan yang datang ke toko.
  • Mencapai target penjualan yang ditentukan.
  • Memberikan promosi
  • Cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

#3. Tugas Pramuniaga Toko Baju

Tidak jauh berbeda dengan tugas pramuniaga lainnya, tugas pramuniaga toko baju adalah untuk melayani pelanggan, berikut rinciannya:

  • Membantu pelanggan dalam menemukan ukuran dan gaya yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Memberikan informasi tentang bahan, perawatan, dan harga produk.
  • Menjaga tampilan toko agar tetap rapi dan menarik.
  • Menyusun dan merapikan produk di rak sesuai dengan kategori dan ukuran.
  • Melayani pelanggan dengan ramah dan responsif.
  • Mengelola proses pembayaran di kasir.
  • Menjaga persediaan barang dan memberikan laporan ke staf terkait.
  • Memastikan keamanan toko dengan memantau aktivitas pelanggan.

Kualifikasi dan Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pramuniaga

Apa Tugas Pramuniaga

Pramunaga adalah orang yag langsung berinteraksi dengan pelanggan, oleh sebab itu kemampuan dalam komunikasi sangat diperlukan (Credit: Freepik.com)

Secara garis besar kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi pramuniaga meliputi:

1. Keterampilan Komunikasi

Keahlian pertama adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan ramah, jelas, dan efektif. Komunikasi ini merupakan hal penting yang wajib dimiliki pramuniaga agar mereka bisa berinteraksi dengan nyaman dengan konsumen.

2. Pengetahuan Produk

Berikutnya adalah memiliki pengetahuan yang baik tentang produk yang dijual di toko, termasuk bahan, ukuran, fitur, dan manfaatnya. Pemahaman ini akan sangat membantu pramuniaga dalam menjelaskan produk kepada pelanggan secara langsung.

3. Keterampilan Penjualan

Berikutnya, ahli dan terampil dalam penjualan, keahlian ini sangat membantu pramuniaga dalam mempromosikan produk kepada pelanggan. Apa saja sih yang termasuk dalam keahlian penjualan? Mulai dari mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menawarkan solusi yang sesuai, dan terakhir adalah menutup penjualan dengan sukses.

4. Pelayanan Pelanggan

Selanjutnya, berorientasi pelayanan pelanggan yang tinggi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang positif dan memuaskan kepada pelanggan. Pramuniaga perlu bisa menangani keluhan pelanggan dengan baik dan memberikan bantuan yang diperlukan.

Selain itu, pramuniaga juga perlu memiliki kemampuan untuk tetap tenang dan menghadapi situasi yang menuntut, seperti pelanggan yang tidak puas atau situasi yang sibuk di toko.

5. Kerjasama Tim

Terakhir adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dengan staf toko lainnya untuk mencapai tujuan penjualan dan memastikan operasi toko berjalan lancar.

Dengan memiliki kombinasi kualifikasi dan keahlian ini, seseorang dapat menjadi pramuniaga yang profesional dan ahli di bidangnya. Semoga bermanfaat!

Software Toko Pakaian Solusi Catat Transaksi Lebih Akurat
Software toko pakaian rekomendasi untuk catat transaksi lebih akurat. Hingga saat ini kebutuhan akan software bisnis terus meningkat. Sama halnya
Baca Juga
Tips Akuntansi untuk Anda Pengusaha Bisnis Minimarket
Tips Akuntansi Minimarket - Dalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang
Baca Juga
Apa Itu Aplikasi POS Web, Kelebihan Serta Kekurangannya?
Kemajuan teknologi memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha, Umumnya, usaha ini menggunakan teknologi berupa aplikasi POS versi web. Tujuannya
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang
Baca Juga
Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk
Baca Juga
7+ Langkah Cerdas Menerapkan Strategi Bisnis Minimarket
Strategi Bisnis Minimarket - Bisnis minimarket kini semakin banyak diminati orang. Namun dari setiap pebisnis minimarket perlu mengetahui strategi yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu