Logo Bee Web

Marketing Mix Adalah: Elemen, Manfaat dan Komponennya

Marketing Mix adalah gabungan dari beberapa unsur atau elemen yang digunakan dalam rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Dalam era persaingan global seperti saat ini, pemasaran menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan untuk memperoleh keberhasilan dalam menjual produk atau jasa mereka. Salah satu konsep pemasaran yang paling penting adalah marketing mix.

Melalui marketing mix, perusahaan dapat menentukan produk yang akan dijual, harga yang akan diterapkan, tempat distribusinya, dan bagaimana cara mempromosikan produk tersebut ke pasar.

Di artikel ini Anda akan memahami pengertian marketing mix, elemen pemasaran, manfaat dan juga komponen-kompenennya. Itu semua sangatlah penting bagi sebuah perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

Apa itu Marketing Mix?

Marketing Mix adalah gabungan dari beberapa unsur atau elemen yang digunakan dalam rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa.

Ada empat elemen dasar dalam Marketing Mix 4P, yaitu:c

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat)
  • dan Promotion (promosi)

Setiap elemen memiliki peran yang berbeda dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk atau jasa.

Elemen Marketing Mix 4p

pembagian elemen marketing mix (Credit: Istockphoto)

Dengan menggabungkan dan menyesuaikan keempat elemen tersebut, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang efektif untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, Marketing Mix sangat penting bagi setiap perusahaan yang ingin sukses dalam memasarkan produk atau jasa mereka.

Dikutip dari KEMENKOPUKM pada dasarnya, konsep marketing ini akan membantu sebuah bisnis dalam merencanakan strategi pemasarannya dengan tepat. Dengan demikian, suatu produk dapat diterima dengan baik oleh target market yang sudah ditentukan.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

1. Kotler Armstrong

Menurut Kotler Armstrong pada tahun 1997, Marketing Mix adalah sekumpulan perangkat taktis pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar yang diinginkan. Marketing Mix terdiri dari empat elemen, yang juga dikenal sebagai 4P, yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi.

2. Soemarni dan Soeprihanto

Menurut Soemarni dan Soeprihanto pada tahun 2010, Marketing Mix merupakan kombinasi variabel inti dalam sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

3. Dhaimesta dan Irwan

Menurut Dhaimesta dan Irwan pada tahun 2000, Marketing Mix adalah serangkaian variabel yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

4. Sofjan Assauri

Menurut Sofjan Assauri pada tahun 2013, Marketing Mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan inti dalam sistem pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.

Elemen dalam Marketing Mix 4P

Elemen pemasaran Marketing Mix 4p

ilustrasi marketing mix 4P (Credit: Istockphoto)

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam Marketing Mix dengan gaya bahasa yang ringan:

1. Product (Produk)

Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Dalam elemen ini, perusahaan harus memperhatikan kualitas produk, fitur produk, merek produk, serta kemasan produk. Semua faktor ini akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

2. Price (Harga)

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam elemen ini, perusahaan harus menentukan harga yang sesuai dengan pasar dan memberikan keuntungan yang memadai untuk perusahaan.

3. Place (Tempat)

Tempat adalah lokasi atau distribusi produk atau jasa. Dalam elemen ini, perusahaan harus mempertimbangkan lokasi penjualan yang tepat, jenis saluran distribusi yang digunakan, serta manajemen rantai pasokan produk.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah segala bentuk kegiatan yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam elemen ini, perusahaan harus mempertimbangkan strategi pemasaran yang efektif, seperti iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, pemasaran melalui media sosial, dan lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam Marketing Mix. Ketika keempat elemen ini digabungkan dan dikelola dengan baik, perusahaan dapat menciptakan strategi pemasaran yang sukses untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan.

Marketing Mix 7P

Selain Marketing Mix 4P, terdapat juga Marketing Mix 7P yang meliputi tiga elemen tambahan yaitu process, people, dan physical evidence. Berikut penjelasan mengenai masing-masing elemen tersebut:

5. Process (Proses)

Proses mengacu pada serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan dan menyediakan produk atau jasa kepada konsumen. Dalam elemen ini, perusahaan harus mempertimbangkan proses produksi, cara pelayanan pelanggan, sistem pengiriman produk atau jasa, serta proses pengembalian produk jika diperlukan.

6. People (Orang)

People mengacu pada orang-orang yang terlibat dalam pemasaran produk atau jasa, baik itu karyawan perusahaan atau pihak lain seperti distributor atau agen. Dalam elemen ini, perusahaan harus memperhatikan kompetensi karyawan, penampilan dan sikap yang baik, serta kemampuan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence mengacu pada bukti fisik yang menunjukkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam elemen ini, perusahaan harus memperhatikan tampilan toko atau tempat usaha, kemasan produk, serta tanda-tanda atau sertifikasi yang menunjukkan kualitas produk atau jasa.

Dengan memperhatikan ketiga elemen tambahan ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan dan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan meningkatkan daya saing di pasar.

Manfaat Marketing Mix

Berikut adalah penjelasan ringan mengenai manfaat dari Marketing Mix:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan Marketing Mix, perusahaan dapat menghasilkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa mereka dan meningkatkan kesadaran merek.

Meningkatkan Awareness Melalui Marketing Mix

ilustrasi briefing penerapan marketing mix (Credit: Unsplash)

Dengan menempatkan produk di tempat yang tepat, menjual dengan harga yang sesuai, menampilkan produk dengan cara yang menarik, dan mempromosikan produk dengan strategi yang efektif, perusahaan dapat membuat merek mereka dikenal oleh calon konsumen.

2. Membantu Mensegmentasikan Audiens

Marketing Mix juga membantu perusahaan dalam memahami pasar mereka dengan lebih baik dan memecahnya menjadi segmen yang lebih kecil.

Dengan memahami segmen pasar yang berbeda, perusahaan dapat menyesuaikan produk atau jasa mereka untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen yang berbeda.

3. Tampil Menonjol dari Pesaing Anda

Dengan mempertimbangkan keempat elemen Marketing Mix, perusahaan dapat menciptakan strategi pemasaran yang unik dan berbeda dari pesaing mereka.

Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menonjol di pasar dan menarik minat konsumen.

4. Meningkatkan Penjualan dan Profit

Tujuan utama dari Marketing Mix adalah meningkatkan penjualan dan profit perusahaan. Dengan menciptakan produk atau jasa yang menarik, menetapkan harga yang tepat, menjual produk di tempat yang tepat, dan mempromosikan produk dengan strategi yang efektif, perusahaan dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan serta keuntungan mereka.

Selain menggunakan marketing mix, perusahaan juga membutuhkan software akuntansi untuk membantu mengelola keuangan dan memantau kinerja bisnis mereka. Software akuntansi online Beecloud merupakan salah satu software yang sangat tepat bagi perusahaan untuk mencatat transaksi keuangan secara teratur dan akurat, memantau arus kas, serta membuat laporan keuangan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Dengan Beecloud, perusahaan dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola keuangan, meminimalkan kesalahan dalam pencatatan transaksi, dan meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan bisnis.

Komponen Promotion Mix dan Contohnya

Agar promosi dapat dilakukan secara efektif, perusahaan perlu mengenal dan menggunakan komponen-komponen yang terdapat dalam promotion mix. Komponen-komponen tersebut antara lain:

1. Advertising (Iklan)

Advertising adalah komponen dari promotion mix yang menggunakan media berbayar, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan media online untuk menyebarkan pesan tentang produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dan memperkenalkan produk atau jasa secara luas kepada pasar.

Contoh iklan yang populer adalah iklan di televisi atau iklan banner di situs web.

2. Personal Selling (Penjualan Pribadi)

Personal Selling adalah komponen promotion mix yang melibatkan kontak langsung antara penjual dan pembeli, baik itu melalui tatap muka, telepon, atau video call. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa secara lebih detail, dan membujuk calon pembeli agar membeli produk atau jasa tersebut.

Manfaat Marketing Mix Personal Selling

ilustrasi personal selling (Credit: Unsplash)

Contoh personal selling dapat ditemukan pada penjualan kendaraan bermotor atau asuransi, di mana seorang penjual mengunjungi calon pelanggan untuk menjelaskan produk dan memberikan penawaran khusus.

3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Sales Promotion adalah komponen promotion mix yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dengan memberikan insentif kepada konsumen, seperti diskon, voucher, hadiah, dan kontes. Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen untuk membeli produk atau jasa, atau membeli dalam jumlah yang lebih banyak.

Contoh sales promotion adalah diskon 50% di sebuah restoran, atau pembelian dua produk dengan harga satu.

4. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Public Relations adalah komponen promotion mix yang bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan melalui kegiatan promosi non-iklan, seperti konferensi pers, publikasi media, sponsor acara, dan kegiatan sosial. Tujuannya adalah untuk memperkuat citra perusahaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk atau jasa perusahaan.

Contoh public relations adalah kegiatan amal atau sponsor acara olahraga.

5. Direct Selling (Penjualan Langsung)

Direct Selling adalah komponen promotion mix yang melibatkan penjualan langsung dari produsen ke konsumen, tanpa melalui perantara pengecer. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman langsung tentang produk atau jasa kepada konsumen, dan meminimalkan biaya penjualan.

Contoh direct selling dapat ditemukan pada produk kosmetik atau makanan yang dijual langsung ke konsumen melalui konsultan atau agen.

Dari semua elemen mix pada artikel di atas, kira-kira sudah sampai mana anda menerapkannya? Simak artikel bermanfaat lainnya di sini

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Telemarketing Adalah: Tugas serta Peran Pentingnya
Telemarketer yaitu orang yang melakukan pemasaran via telepon dan salah satu tugas telemarketing adalah menawarkan produk atau layanan. Umumnya teknik
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Pengertian dan Jenis Reklame yang Ada di Tempat Umum
Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan sebuah produk, jasa, atau organisasi yang dimiliki adalah dengan membuat reklame.
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang ekonomi yang menopang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Menurut John Howkins, ekonomi kreatif
Baca Juga
Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat
Anda mungkin sudah sering mendengar istilah "brand" yang sering dilontarkan akhir-akhir ini, tetapi apa arti brand adalah sebenarnya? Dan yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu