🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Kumpulan Ide Usaha Sampingan, Dijamin Banyak Cuan!

Berbagai jenis ide usaha sampingan ternyata berpotensi menghasilkan income cukup besar. Asalkan Anda mampu mengelolahnya dengan benar.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Anda berencana untuk mulai menjalankan usaha sampingan? apa bingung nentuin ide usaha sampingan apa? Alasan setiap orang tertarik mungkin tidak sama. Ada yang karena mengisi waktu kosong, memerlukan uang tambahan, menyalurkan bakat, melihat peluang menggiurkan, dan sebagainya.

Pekerjaan diluar profesi tetap ini sebenarnya bisa berbentuk apapun. Terpenting sesuai dengan tujuan serta kebutuhan. Bagi Anda yang sedang mencari ide usaha, saran di bawah ini mungkin bisa dijalankan.

Daftar Ide Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Berikut beberapa pilihan pekerjaan tambahan yang bisa Anda jalankan dengan santai. Namun, jangan salah, soal pendapatan ternyata patut diperhitungkan. Bahkan tidak jarang yang hasilnya melebihi profesi utama.

1. Membuka Toko Kelontong

Ide Usaha Toko Kelontong

ilustrasi usaha toko kelontong (sumber: Istockphoto)

Jenis ide usaha satu ini tidak ada matinya. Anda tentu sepakat bahwa keberadaan toko kelontong tetap eksis, meski berada di tengah gempuran berbagai jenis retail. Jarak lebih dekat dan harga terjangkau yang menjadi alasan konsumen menyukainya.

Apapun profesi utama Anda, membuka usaha sampingan di rumah adalah pilihan terbaik. Tidak dibutuhkan modal terlalu besar untuk mewujudkannya. Anda tinggal menyulap sebagian ruang kosong sebagai tempat toko.

Selanjutnya, Anda bebas mengisi dengan berbagai keperluan rumah tangga. Beberapa barang yang dijual toko kelontong, antara lain sembako, makanan ringan, minuman, obat-obatan-obatan bebas, dan sebagainya.

2. Mendirikan Kios Pulsa dan Sejenisnya

Ide usaha sampingan selanjutnya adalah kios pulsa, setiap orang yang memiliki ponsel tentu membutuhkan pulsa maupun kuota internet. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha sampingan di desa. Sebab sebagian besar masih menyukai membeli ke kios daripada memakai aplikasi.

Lengkapi produk jualan Anda dengan berbagai menu pembayaran, seperti tagihan listrik, tagihan PDAM, top up voucher game, pesan tiket, dan sebagainya.

Banyak orang pesimis akan laba penjualan yang tidak besar. Padahal, apabila jumlah transaksi cukup tinggi, maka keuntungan Anda juga melimpah. Apalagi, pekerjaan ini bisa dikerjakan sebagai sampingan, tidak terikat waktu maupun target.

3. Jasa Laundry Kiloan

Ide Usaha Laundry

Ilustrasi Usaha Laundry (Sumber: Istockphoto)

Selama ini mencuci mungkin hanya rutinitas melelahkan tanpa menghasilkan apapun. Namun, ternyata bisa dijadikan alternatif usaha sampingan ibu rumah tangga. Secara kemampuan, seorang ibu tentu sudah mahir mencuci sampai menyetrika.

Sebagai permulaan, Anda hanya perlu membeli satu atau dua mesin cuci, timbangan, detergen dan pewangi, setrika sekaligus papannya, serta hanger dan jemuran. Apabila dihitung, jasa laundry tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Menentukan lokasi juga perlu dipertimbangkan. Sebaiknya, Anda membuka usaha laundry ini ditempat yang strategis, seperti kampus dan perkantoran. Dijamin mereka membutuhkan jasa untuk mencuci baju.

4. Menyediakan Bimbingan Belajar

Apakah Anda menyukai dunia pendidikan? Meski tidak berprofesi tetap sebagai guru, Anda masih bisa menyalurkan kegemaran tersebut dengan menjadi tentor bimbingan belajar. Lakukan sepulang Anda bekerja dengan mendatangi siswa maupun tidak.

Silahkan pilih tingkat pendidikan dan pelajaran yang paling dikuasai. Hal ini merupakan usaha sampingan yang menggiurkan. Bayangkan saja, biaya les biasanya mencapai jutaan rupiah untuk beberapa kali pertemuan.

Namun, Anda juga mesti banyak memahami cara membimbing seorang siswa. Mereka tentu akan puas jika hasil belajarnya menjadi lebih baik. Jangan pernah menganggap remeh teknik pengajaran, meski materinya hanya berupa calistung.

5. Agen Travel Haji dan Umroh

Usaha sampingan lain yang tidak kalah menjanjikan adalah sebagai agen travel haji dan umroh. Anda tidak perlu membuka usaha secara mandiri. Tawarkan kerjasama dengan biro perjalanan, selanjutnya tinggal promosikan kepada calon jamaah.

Modal utama yang diperlukan adalah kemampuan marketing yang baik. Anda bisa menawarkannya kepada rekan kerja, anggota pengajian, melalui media sosial, maupun langsung ke rumah-rumah (door to door).

6. Content Creator

Cara Jadi Content Creator

ilustrasi menjadi content creator (sumber: Istockphoto)

Siapa tidak tertarik untuk melakukan hobi yang dibayar? Saat ini ada banyak sekali platform yang bakal mewadahi keinginan tersebut. Anda bebas membuat konten apapun selama tidak melanggar kebijakan media yang bersangkutan.

Menariknya, terkadang orang membuat video mengenai profesi mereka. Ibarat sambil menyelam minum air. Anda akan memperoleh keuntungan dengan merekam aktivitas pekerjaan.

Kreatifitas sangat dibutuhkan apabila Anda ingin mencoba dunia content creator. Mengenai pendapatan, tidak perlu ditanya lagi. Anda bisa memperolehnya dari iklan, berjualan, maupun endorsement

7. Bisnis Reseller Online

Jika selama ini ponsel Anda hanya dipakai untuk menonton film atau membaca gosip, sudah saatnya menyulap menjadi ladang penghasilan. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan santai, bahkan sambil rebahan.

Anda tinggal mencari agen produk, kemudian memasarkan secara online. Biasanya agen tersebut menjual barang-barang fashion dan keperluan rumah tangga. Menariknya, Anda bisa menentukan besar laba tanpa harus menyetok produk.

Tips Kelola Usaha Sampingan Anti Gagal

Berbagai ide usaha sampingan di atas memang potensial untuk mendatangkan profit. Namun, tidak jarang yang berhenti di tengah jalan. Bukan laba yang diperoleh, justru harus tekor dan mengorbankan tabungan. Maka dari itu, ingat beberapa tips berikut ini.

1. Konsisten

Bukan bisnis jika tidak dijalankan dengan penuh ketelatenan. Meski usaha sampingan, Anda tetap harus memegang prinsip pantang menyerah. Jangan sampai baru sebulan berjualan sudah bosan karena sepi pelanggan.

Pasang surut sebuah usaha merupakan perkara wajar. Terpenting, upayakan yang terbaik dalam menghasilkan produk serta memasarkannya.

2. Mencintai Pekerjaan

Jenis usaha sampingan yang menjanjikan sekalipun akan sulit berhasil apabila Anda tidak mencintainya. Sebab, menyukai pekerjaan membuat Anda memiliki energi lebih untuk menjalankan, tidak mudah kendor oleh beragam rintangan.

Sama dengan orang yang terlihat ‘buta’ saat jatuh cinta. Berbagai ide kreatif akan muncul ketika Anda telah mencintai pekerjaan tersebut. Hal ini biasanya terjadi saat Anda membuka usaha yang sesuai hobi.

Jangan hanya terjebak oleh bisnis yang sedang viral. Anda perlu mempertimbangkan apakah bidang tersebut sesuai bakat dan minat? Misal, seseorang yang mudah emosi, tentu sulit berhasil jika memilih usaha sebagai mentor bimbel.

3. Belajar Promosi

Promosi Usaha Sampingan

ilustrasi mempromosikan usaha sampingan (sumber: Istockphoto)

Jalannya sebuah bisnis tentu tergantung promosi yang dilakukan. Bagaimana mungkin produk Anda dikenal orang banyak, jika tidak pernah beriklan? Anda bisa belajar secara mandiri mengenai marketing.

Apapun usaha sampingan yang Anda pilih, teknik marketing yang berlaku sebenarnya sama. Tinggal cari formula terbaik mengenai ilmu pemasaran dari orang-orang ahli yang terbukti menghasilkan.

Apalagi di era digital saat ini, Anda mesti mahir menguasai digital marketing dan advertising melalui media sosial. Jika tidak, produk Anda yang sudah bagus itu bakal kalah dengan pesaing.

4. Menyusun Perencanaan dengan Matang

Kesalahan seringkali dilakukan adalah melupakan perencanaan, karena menganggap bahwa usaha tersebut hanya sampingan. Padahal, bukan tidak mungkin pekerjaan ini yang justru mendatangkan uang lebih banyak.

Gaji Anda sebagai karyawan telah ditetapkan oleh perusahaan. Setiap bulan, besaran yang diperoleh akan sama. Namun, bisnis yang Anda jalankan besar kemungkinan melejit apabila pengelolaannya benar.

Maka dari itu, menyusun program kerja, menghitung biaya peluang, serta berbagai perencanaan lainnya menjadi penting.

Kesimpulan

Menjalankan pekerjaan lain diluar profesi tetap ternyata memberikan banyak keuntungan, mulai dari tambahan profit, aktualisasi diri, dan sebagainya. Anda bebas menentukan berbagai bidangnya sesuai bakat maupun minat.

Paling penting, setiap usaha mesti dijalankan dengan maksimal, bukan sekadar coba-coba. Indikatornya bisa terlihat dari sejauh apa Anda menyusun rencana dan konsisten.

Bagi Anda yang baru memulai usaha, mengelolah kebutuhan terutama soal keuangan bisnis memang tidak mudah. Ada banyak rumus dan konsep ekonomi yang mesti dipelajari.

Namun, saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan Beecloud untuk menjalankan usaha sampingan secara profesional. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Parcel Lebaran Unik Peluang Usaha Menarik
Ragam parcel lebaran unik untuk saat ini sudah semakin bervariasi. Isinya tidak sekadar kue kering aneka jenis yang tentu cenderung
Baca Juga
Pajak Shopee Naik! Simak Penjelasannya Supaya Tidak Rugi
Penerapan pembayaran pajak nyatanya juga berlaku kepada pelaku usaha online yang bergabung dalam situs belanja online shopee. Bagaimana ketentuan pajak
Baca Juga
11 Contoh Usaha Kecil di Rumah dengan Modal Pas-Pasan
Menjalankan usaha sendiri bisa jadi sebuah impian bagi sebagian besar orang, khususnya usaha yang dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan
Baca Juga
5 Kriteria Konsep Diferensiasi Produk dan Contohnya
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diferensiasi adalah proses pembagian atau pembedaan hak dan kewajiban warga negara berdasarkan perbedaan usia,
Baca Juga
13 Rekomendasi Aplikasi Stok Opname Barang Terbaik 2023
Stok opname adalah aktivitas menghitung persediaan barang yang masih tersimpan di gudang untuk dipasarkan nantinya, untuk meningkatkan efisiensi kerja dibutuhkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu