Logo Bee Web

7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat

Bingung cari nama toko yang bagus, menarik dan mudah diingat? Bingung menatur keuangan bisnis juga untuk pebisnis pemula? Cek di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 29 April 2023

Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya akan dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Sebab, pemilihan nama tidak bisa sembarangan, nama toko Anda akan menjadi cerminan dari usaha, branding, dan bagaimana cara dikenal dengan customer. Langsung saja simak selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Fungsi Penting Nama Toko

Nama Toko Mudah Diingat

Fungsi dari nama pada bisnis salah satunya adalah identitas diri (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas tentang tips memberi nama toko yang bagus, alangkah lebih baiknya mengenal terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari nama pada toko, yang mengharuskan pemiliknya selektif dan hati-hati dalam memilih. Berikut penjelasannya:

1. Sebagai Tanda Pengenal

Hal apa yang akan diingat seorang jika dikenalkan dengan sebuah barang atau brand? Pasti namanya. Begitu juga dengan nama toko, yang akan menjadi tanda pengenal bagi customer atau calon customer yang Akan berbelanja.

Dengan nama ini juga pemilik usaha bisa lebih mudah melakukan promosi dan meningkatkan brand awareness toko mereka. Contoh penerapan nama yang sukses adalah nama brand yang sukses menjadi nama benda karena tingginya awareness masyarakat.

2. Mempresentasikan Bisnis/ Usaha

Berikutnya adalah nama toko menjadi media customer menggambarkan bagaimana bisnis Anda. Khususnya jika bisnis Anda fokus menjual satu produk yang sama. Sebut saja seperti toko buku, Anda bisa memberi nama toko dengan unsur-unsur buku didalamnya.

3. Menjadi Pembeda dari Kompetitor

Fungsi dari nama toko berikutnya ada sebagai pembeda dari kompetitor, karena nama adalah identitas dan tanda pengenal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dari nama ini customer bisa membedakan dengan mudah mana toko milik Anda dan mana yang toko milik kompetitor, meskipun menjual produk yang serupa.

Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya

Tips Memilih Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat

Berikut ini deretan tips bagaimana cara memberi nama toko yang bagus dan mudah diingat oleh customer:

Rekomendasi Nama Toko

Simak di bawah ini deretan rekomendasi tips nama toko yang bagus dan mudah diingat (Credit: Freepik.com/ @kjpargeter)

1. Lakukan Riset Sederhana

Langkah awal yang seharusnya dilakukan ketika ingin memberi nama toko adalah melakukan riset. Baik riset mengenai kompetitor maupun tips-tips sekilas mengenai bagaimana pemberian nama yang baik.

Dengan riset juga Anda akan lebih berwawasan dan memahami bagaimana pada pebisnis lain memberi nama pada bisnis mereka. Jika Anda sudah membaca artikel ini Anda sudah melakukan langkah awal ini, hanya perlu lanjutkan membaca untuk mengetahui tips berikutnya.

2. Pilih Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Tips berikutnya dalam memilih nama usaha adalah sebaiknya memilih nama yang singkat dan mudah diingat. Biasanya nama yang singkat akan lebih mudah diingat daripada nama yang terdiri dari banyak kata. Ejaan disini juga perlu diperhatikan.

Semakin sederhana ejaan maka semakin cepat peluang customer mengingat nama toko. Kenapa harus mudah diingat? Sebab, nama yang mudah diingat akan menjadikan customer lebih mudah menemukan toko.

Memudahkan proses promosi sehingga toko bisa lebih mudah pula untuk dikembangkan. Selain itu, nama toko yang rumit terkesan tidak akrab dengan customernya.

3. Pilih Nama Mudah Diucapkan

Selain menggunakan kata singkat agar mudah diingat, pengucapan juga perlu diperhatikan. Sebab nama toko yang mudah diucapkan juga akan lebih mudah untuk diingat, dipromosikan dan dikenalkan.

Mudah atau tidaknya nama toko ketika diucapkan disesuaikan dengan kebiasaan dan bahasa dari masyarakat sekitar. Jika berada di Indonesia Anda bisa menggunakan bahasa sehari-hari atau kalimat sederhana yang tidak harus berasal dari bahasa Indonesia. Contohnya nama ‘Barokah’ yang acap kali digunakan untuk nama toko.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi penggunaan nama berikut ini:

  • Menggunakan kata kunci sesuai produk yang dijual, jika nama toko digunakan di platform online lebih cepat ditemukan sekaligus menjelaskan produk apa saja yang dijual di toko.
  • Menggunakan kata berulang.
  • Maksimal menggunakan 3 kata.

4. Memiliki Makna dan Pesan yang Baik

Identitas dari toko salah satunya adalah nama toko yang bagus, oleh sebab itu penting memperhatikan makna dari penggunaan kata dari nama yang yang akan Anda gunakan. Selain itu, Untuk menarik perhatian pembeli potensial.

Anda dapat menggunakan makna toko online yang bermakna baik. Selain itu juga bisa memilih nama toko online yang mencerminkan kepercayaan atau moto Anda. Anda dapat menggunakan metode berikut ini:

  • Menggunakan nama Anda sebagai nama toko
  • Menggunakan nama berdasarkan moto
  • Menggunakan nama sesuai dengan proses produksinya, contoh media handmade dan lain sebagainya.

5. Gunakan Nama Toko yang Otentik dan Unik

Tips selanjutnya dalam memberi nama toko yang bagus adalah memilih nama toko yang unik dan berbeda. Nama toko tidak hanya sederhana, tetapi juga berisi elemen yang berbeda dari elemen lain.

Sangat tidak disarankan untuk meniru bahkan sudah memodifikasi nama dari sebuah brand yang sudah terkenal sebelumnya. Sebab, penggunaan nama yang tidak otentik ini akan sangat mempengaruhi reputasi bisnis Anda.

Dampak paling sederhana adalah menganggap jika brand Anda adalah tiruan yang memiliki kualitas produk tidak terjamin sehingga customer mereka enggan untuk datang, meskipun pada faktanya tidak demikian.

Perlu dicatat, meskipun sangat direkomendasikan menggunakan nama yang unik tidak membuat Anda menambahkan angka atau tanda-tanda khusus pada nama. Karena akan menyulitkan customer dalam mencari keberadaan toko, terutama untuk toko online.

6. Tidak Menyinggung Pihak Manapun

Berikutnya adalah, se-unik apapun pikiran Anda terkait nama yang akan Anda sematkan pada toko sebaiknya tidak memikirkan hal hal yang dapat menyinggung hati seseorang. Meskipun pemilihan nama yang kontroversial akan mudah menarik perhatian banyak orang namun itu hanya akan terjadi di awal saja dan tidak bisa diterapkan untuk jangka panjang.

7. Pilih Nama Toko Deskriptif

Tips memberikan nama toko yang bagus  berikutnya adalah memilih nama yang bermakna atau deskriptif. Dengan kata lain, nama toko yang Anda pilih harus dapat menggambarkan produk atau jasa perusahaan Anda.

Hal ini dapat menimbulkan kesan yang menarik bagi pembeli. Selain itu, tips ini sangat memudahkan dalam proses promosi, karena nama toko sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dalam hal ini Anda bisa mencobanya dengan mulai mengumpulkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.

Kemudian, mulai memilih salah satu kata kunci yang akan menjadi nama bisnis yang bagus dan cocok agar pembeli mudah mengingatnya.

8. Mudah Dicari Di Mesin Pencari

Tidak hanya untuk toko offline saja, sebab kini toko bisa dibuka juga secara online dengan jangkauan pasar yang lebih luas dan akses yang cukup mudah. Namun, kemudahan ini tidak menjadikan Anda menganggap sepele pemilihan nama toko, karena persaingan juga akan semakin padat.

Untuk itu, nama yang harus Anda pilih sebaiknya nama yang mudah ditemukan di mesin pencari. Tips ini merupakan gabungan dari beberapa tips sebelumnya. Yakni, agar nama toko mudah dicari sebaiknya gunakan kata kunci produk, menggunakan kata yang singkat dan sederhana, serta unik tentunya.

Karena jika Anda membuat website untuk toko online, Anda tidak bisa menggunakan nama domain yang sama dengan kompetitor. Jangan gunakan tanda aneh-aneh atau angka pada nama toko agar mudah ditemukan dan diingat oleh customer.

Penutup

Setelah membuat nama toko yang menarik, bagus dan mudah untuk diingat, langkah selanjutnya adalah memastikan telah memiliki pelayanan yang baik dan cepat juga pengelolaan keuangan yang matang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana?

Suka atau tidaknya pelanggan terhadap toko Anda biasanya dikarenakan oleh bagaimana pelayanan yang mereka terima, semakin cepat maka akan semakin baik pula respon mereka. Sedangkan dari segi keuangan akan menentukan seberapa lama dan sukses bisnis Anda akan berjalan.

Untuk menunjang kedua hal tersebut, Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos yang terintegrasi dengan software akuntansi Beecloud.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Tidak hanya bisa melayani program kasir dan tambahannya seperti setting promo sampai loyalty customer. Pakai Beepos Anda sudah bisa mengatur dan memanajemen keuangan bisnis dari memantau laba rugi sampai laporan akuntansi.

Nah, sekian informasi yang bisa disampaikan terkait tips dalam memilih nama toko yang bagus baik untuk yang offline maupun online. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Mengenal Resiko Usaha Adalah dan Cara Mengatasinya
Dalam dunia bisnis, resiko adalah salah satu faktor yang tidak dapat dihindari. Resiko adalah hal yang harus dipahami dengan baik
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
9 Tips Memilih Supplier Terbaik Agar Tidak Mudah Tertipu
Bagi yang saat ini tengah menjalankan bisnis, tentu sangat penting untuk mencari pemasok atau supplier yang terpercaya. Itulah mengapa diperlukan
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa
Baca Juga
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Faktornya
Menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah hal penting dalam bisnis. Pelanggan yang loyal akan menjadi aset berharga bagi
Baca Juga
11 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Baik
Sebagai pengusaha sudah wajib tahu yang namanya cara mengelola keuangan, dimana kemampuan mengelola keuangan menjadi landasan utama bagi keberlangsungan hidup
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu