ğŸŽ‰ Promo Year End Sale Disc. upto 30%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee

Kasir Minimarket yang Penting Untuk Anda Ketahui dan Pelajari

Seseorang yang terlihat selalu stand by di depan mesin kasir minimarket ternyata memiliki tugas yang sangat penting.
Penulis: Dhea Forekha
Dipublish Tgl: Monday, 30 May 2022

Kasir minimarket selalu stand by di depan mesin kasir dan membantu dalam urusan transaksi ketika kita mengunjungi minimarket. Merekalah yang orang sebut sebagai kasir minimarket. Tugas kasir minimarket sangat penting saat proses transaksi jual beli antara gerai dan pembelinya.

Para kasir minimarket biasanya memiliki kualifikasi khusus, salah satunya adalah mereka yang familiar untuk urusan hitung menghitung. Hal ini karena seorang yang bertugas di bidang kasir adalah seorang yang menjadi ujung tombak dalam urusan keuangan pada proses transaksi jual beli.

Terlebih lagi, seorang kasir minimarket harus berhadapan langsung dengan para pelanggan atau pembeli. Banyak lowongan pekerjaan di posisi ini mensyaratkan calonnya adalah orang yang energik dan tidak mudah bosan.

Sepertinya tidak bijak kalau artikel ini terlalu melebar di awal. Karena itu, mari kita bahas tuntas pembahasan mengenai kasir minimarket. Mengenai apa itu kasir, tugas kerjanya, dan juga skill yang perlu orang siapkan jika ingin berkarir menjadi bagian dari profesi ini.

Apa Itu Kasir Minimarket?

Kasi Minimarket Adalah

Ilustrasi Kasir Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Masih banyak orang yang memandang kasir sebagai seseorang yang bertugas menjaga kasir saja. Sebenarnya kasir memiliki makna yang lebih dari itu. Secara umumnya, kasir adalah seorang yang memiliki tugas untuk melayani transaksi pembayaran  yang dilakukan oleh konsumen. Para kasir menjadi perantara konsumen untuk menyalurkan dananya ke mesin kasir. Jenis pembayaran yang kasir minimarket layani tentunya ada yang non-tunai maupun tunai.

Pekerjaan dari seorang kasir itu sejatinya bukanlah hal yang ringan. Anda jangan membayangkan kalau mereka bekerja hanya berdiri di balik meja kasir saja. Anda harus menghilangkan pemikiran tersebut.

Dalam sebuah bisnis yang bergerak dalam hal menyediakan produk seperti bisnis ritel minimarket, seorang karir memang sangat penting perannya. Ini karena tugas yang mengharuskannya berhadapan langsung dengan para pembeli atau konsumen. Konsumen yang membeli harus melewati seorang kasir sebelum akhirnya membawa barang-barang atau produk tersebut.

Hubungan interaksi antara kasir dan konsumen inilah yang akan mempengaruhi berjalannya sebuah bisnis. Oleh karena itu, kasir memiliki sebuah peran yang krusial dalam bisnis. Baik buruknya pelayanan akan menjadi harga mati dari dalam bisnis yang tugasnya dipegang oleh seorang kasir.

Tugas dari Seorang Kasir Minimarket

Kasir Minimarket Memberikan Pelayanan Penjualan

Ilustrasi Kasir Minimarket Melakukan Transaksi (Sumber: Freepik.com)

Apa sih tugas dari seorang kasir yang ada di minimarket-minimarket itu? Ada beberapa daftar di bawah ini mengenai pekerjaan utama yang pasti harus seorang kasir lakukan di tempat kerjanya.

  • Kasir Minimarket Memberikan Pelayanan Penjualan

Anda pastinya sudah tahu kalau tugas dari seorang kasir minimarket utamanya adalah membantu para pelanggan dengan cara melayani proses transaksi jual beli dan memberi bayaran atas barang yang pelanggan beli. Oleh karena itu, mereka harus bisa membangun komunikasi yang ramah dan menyenangkan dengan pelanggan. Tidak hanya itu, seorang kasir harus sangat teliti ketika memeriksa semua pembayaran, mulai dari yang menggunakan metode non tunai maupun memakai uang tunai.

  • Kasir Minimarket Membungkus Barang Belanjaan

Selain menghitung jumlah barang dan pembayaran produk dalam sebuah transaksi jual beli, seorang kasir berkewajiban memberikan layanan pembungkusan atau packing barang-barang tersebut. Seorang yang melakukan tugas ini harus bergerak dengan lebih cepat, tetapi tetap cermat agar barang-barang tetap dalam kondisi baik. Memastikan agar tidak ada satupun yang telah dikemas dalam bungkusan terlewatkan dan harus rapi adalah tugas mereka.

  • Memberikan Layanan Informasi yang Pelanggan Butuhkan

Tugas mereka tidak hanya menghitung, menerima pembayaran, dan setelahnya berdiri kembali di belakang meja kasir. Seorang kasir minimarket juga memiliki peran sebagai sosok informan. Biasanya seorang pelanggan menemukan kesulitan mengenai informasi produk atau letak barang yang ingin mereka beli, maka kasir harus memberikan informasi tersebut. Meskipun banyak pekerjaan di balik meja bayar, kasir harus tetap menyempatkan waktunya untuk menginformasikan jika pelanggan membutuhkannya.

  • Melakukan Pencatatan Transaksi Secara Cermat

Kasir Minimarket Memberikan Layanan Informasi

Ilustrasi Kasir Minimarket Saat Melayani Pembeli (Sumber: Freepik.com)

Sekarang ini memang sudah banyak toko yang memasang software kasir online yang canggih untuk keperluan membantu segala bentuk urusan meja kasir.  Akan tetapi setiap kasir harus membekali dirinya dengan kecermatan saat melakukan pencatatan setiap kegiatan transaksi dengan pelanggan. Bila mesin kasir masih menggunakan versi lama, maka kasir harus hati-hati ketika memasukan jumlah pembayaran yang perlu pelanggan bayarkan agar tidak keliru dan berimbas pada pemasukan minimarket.

  • Kasir Minimarket Menjaga Kebersihan Lingkungan Kasir

Pemandangan kasir yang kotor tentu saja akan memberikan kesan bahwa minimarket tersebut tidak mampu menjaga citranya di depan pelanggan. Apalagi meja kasir akan menjadi tempat persinggahan barang belanjaan pelanggan yang mungkin tidak boleh terkontaminasi dengan banyak kotoran. Karena itulah seorang kasir harus bisa rajin-rajin membersihkan area kerjanya sendiri agar nantinya pantas pelanggan lihat. Area kerja yang bersih juga nanti akan membuat segala aktivitas pekerjaan lebih nyaman.

  • Kasir Minimarket Menyetorkan Pendapatan

Jika minimarket tersebut hanya menerima pembayaran secara tunai, maka seorang kasir haruslah menyetorkan sejumlah uang sebagai perolehan transaksi penjualan kepada pemilik gerai. Tidak hanya uang yang mereka dapatkan, tetapi juga segala bentuk bukti transaksi perlu mereka serahkan kepada pemilik atau atasan.

  • Menyapa Pelanggan dan Melempar Senyuman

Membangun suasana yang lebih dekat dengan pelanggan yang datang menjadi kunci dari kesuksesan sebuah minimarket dalam memberikan pelayanan ke konsumen mereka. Oleh karena itulah, memberikan sapaan serta melempar senyum yang ramah sudah pasti menjadi tugas paling penting yang kasir harus lakukan. Tidak lucu juga jika seorang pelanggan justru mendapatkan wajah suram ketika ingin membayar barang belanjaannya di meja kasir.

Baca Juga: Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai tugas-tugas kasir minimarket. Selain tugas-tugas diatas, seorang kasir haruslah mampu mengoperasikan komputer yang berisi software kasir online yang kini tengah banyak pengusaha pakai seperti BeePos. Software kasir online menjadi kini menjadi poin plus manakala mereka bisa menguasainya!

Jika Anda mencari software kasir terpercaya dan bisa membantu Anda mengembangkan usahanya lebih besar lagi, maka Beepos adalah solusinya. Software yang kami buat merupakan desain bersama dengan kasir yang telah berpengalaman hampir 11 tahun di bidangnya.

Kami dapat memastikan keuangan bisnis yang Anda jalankan akan jauh lebih aman dari manipulasi dan juga kebocoran. Pastikan Anda telah melakukan pilihan tepat untuk bisnis Anda dengan memilih bee.id sebagai partner software kasir minimarket Anda. Selamat mencoba.

Beepos Desktop Minimarket web

Pengertian MVP (Minimum Viable Product), Begini Penjelasannya
Membahas tentang MVP adalah singkatan dari Minimum Viable Product sangat relevan dengan bisnis startup. Istilah tersebut merupakan sebuah strategi pengembangan
Baca Juga
Mengapa Aplikasi Cafe Penting untuk Bisnis Cafe Anda?
Aplikasi cafe hadir karena perkembangan teknologi di dunia sangatlah pesat. Kini banyak sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis di
Baca Juga
Software Penjualan Minimarket Bantu Scale Up Bisnis Para Owner
Memakai software penjualan minimarket merupakan keputusan yang tidak mudah bagi pemilik bisnis minimarket. Bagaimana tidak? Pemilik bisnis ini pasti tidak
Baca Juga
Sistem Penjualan Langsung, Kelebihan dan Kekurangannya
Direct selling atau sistem penjualan langsung adalah strategi penjualan yang memanfaatkan tenaga penjual untuk memasarkan produk secara langsung kepada konsumen
Baca Juga
Jenis-Jenis Software Toko Gratis Terpopuler untuk Usaha Bisnis
Software toko gratis kian hari makin berkembang terutama pada usaha bisnis. Bagaimana tidak, bisnis kecil pun seperti toko kelontong, toko
Baca Juga
Aplikasi Grosir Sembako Terpopuler di Indonesia Harga Mulai Rp. 100rb
Aplikasi Grosir Sembako sangat dibutuhkan untuk mencatat setiap transaksi. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. Sedangkan usaha grosir
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu