Logo Bee Web

Intip Penyebab Bisnis Ritel Raksasa Walmart PHK Ribuan Karyawannya

Bisnis ritel raksasa asal Amerika Serikat (AS) Walmart lanjutkan proses pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya untuk gelombang kedua
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 10 April 2023

Bee.id - Bisnis ritel raksasa asal Amerika Serikat (AS) Walmart lanjutkan proses pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya untuk gelombang kedua setelah gelombang pertama yang dilakukan setelah pemangkasan prospek labanya pada tahun 2022 lalu, dengan alasan menstabilkan dan memposisikan perusahaan menjadi lebih kuat di masa depan.

“Pembeli berubah, kebiasaan pelanggan berubah, kami harus melakukan restrukturisasi untuk memastikan keselarasan,” ungkap Anne Harfield juru bicara Walmart yang dikutip dari Cnbcindonesia.com (04/08/2022)

Melansir dari Bisnis.com, Reusters menyatakan pada Selasa, (04/04/2023) jika PHK ini akan dilakukan lebih dari 2000 karyawan dari lima gudang besar mereka. 1000 karyawan lebih dari gudang Fort Worth, 600 karyawan dari Pennsylvania, 400 dari Florida dan 200 karyawan dari New Jersey.

Alasan PHK gelombang kedua ini tidak jauh berbeda dengan gelombang pertama sebelumnya, yakni untuk menyesuaikan tingkat staf dengan persiapan kebutuhan pelanggan yang dimasa yang akan datang.

Selain itu, alasan lain juga disampaikan oleh  juru bicara Walmart pada (24/03/2023), jika PHK kali ini dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan shift malam dan lembur akhir pekan yang kerap kali dilakukan dulu, yang tentu saja tidak mudah dilakukan.

“Keputusan ini tidak mudah untuk dibuat, kami bekerja sama dengan rekan yang berdampak (PHK) untuk membantu memahami pilihan karir dan apa yang mungkin tersedia di lokasi Walmart yang lain,” tutupnya.

Mengulik sekilas cerita terkait penyebab PHK karyawan Walmart yang terjadi dari tahun 2022 sampai 2023 tidak lebih karena kepentingan scale up sistem kerja yang kurang efisien selama ini, juga sebagai bentuk proses mereka beradaptasi terhadap perubahan kebiasaan pelanggan yang terjadi.

Karena itu, efisiensi kerja penting dioptimalkan disini, pebisnis sekelas Walmart saja hampir mengalami kolaps sistem kerja mereka yang kurang efisien dan tidak tanggap menanggapi perubahan. Untuk menghindari hal serupa, Anda pebisnis harus tanggap menanggapi perubahan dan perkembangan.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan mengoptimalkan bisnis Anda dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, mudah, untung dan akurat.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Mudah dioperasikan, akurat dalam pembuatan laporan keuangan dan pencatatan transaksi. Sehingga evaluasi bisnis bisa dilakukan dengan lebih optimal bisnis bisa jadi lebih menguntungkan. Jika bisnis Anda bergerak di bidang ritel Anda bisa menggunakan versi kasir online Beepos yang sudah terintegrasi dengan software akuntansi.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Syarat Lamaran Kerja dan 12 Berkas Lamaran Umum Dibutuhkan
Mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap orang, dan untuk dapat diterima bekerja seseorang perlu memenuhi syarat lamaran kerja yang diberikan perusahaan
Baca Juga
Apa itu "Social Distance" dan Pengaruhnya ke Bisnis Kita?
Semenjak penyebaran virus corona, perilaku orang-orang sudah berbeda. Layaknya social distance, mereka melakukannya agar tidak tertular virus corona. Seiiring bertambahnya
Baca Juga
7 Tips Sukses Bisnis Minuman Kemasan
Minuman kemasan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern. Kemudahan dan mobilitas yang ditawarkannya membuat minuman kemasan menjadi
Baca Juga
20+ Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Beserta Tipsnya
Pandemi global tahun 2019 lalu telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana kita bekerja dan menghasilkan pendapatan. Bagi para ibu
Baca Juga
Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis
Secara pengertian contoh hak paten adalah salah satu bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada pencipta atau pemilik inovasi baru dalam
Baca Juga
13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian
Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu