🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Delivery Artinya Pengiriman, Ini Contoh dan Fungsinya Bagi Bisnis

Delivery adalah pengiriman barang dari penjual ke lokasi pembeli, baik langsung maupun tidak langsung. Bagaimana contohnya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 26 January 2023

Delivery adalah pengiriman barang dari penjual ke lokasi pembeli, baik langsung maupun tidak langsung. Lantas apa saja jenis, fungsi dan manfaatnya bagi bisnis. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Delivery Artinya

Delivery Adalah

Ilustrasi Penerimaan Barang Setelah Proses Delivery (Sumber: Freepik.com)

Apa itu delivery? Secara arti delivery artinya pengiriman sedangkan delivery order adalah pesanan pengiriman. Keduanya saling berkaitan.

Sederhananya delivery adalah praktek pengirimannya sedangkan delivery order adalah sejenis surat yang digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai paket apa saja yang akan dikirimkan, dengan fungsi hampir sama seperti surat jalan.

Baca juga: 4+ Contoh Surat Jalan Barang, Pengertian dan Kegunaannya

Seperti jenis pengiriman, informasi barang, waktu pengiriman, alamat penerima dan sejenisnya.

Istilah delivery sering kali digunakan dan ditemui pada layanan jual beli online, mengingat penjual perlu melakukan pengiriman barang kepada pembeli yang lokasinya belum tentu dekat dengan penjualan.

Selain bisnis online, praktek delivery juga kerap digunakan pada restoran/ tempat makan dan beberapa bisnis tertentu yang menerapkan layanan delivery.

Contoh Penerapan Delivery Pada Bisnis

Ada beberapa jenis delivery yang diterapkan pada bisnis berdasarkan model pelayanannya, diantaranya sebagai berikut:

1. On-demand Delivery

Jenis delivery pertama adalah On-demand delivery artinya pengiriman barang disesuaikan dengan permintaan. Jenis pengiriman ini biasanya digunakan untuk pengiriman segera setelah pesanan selesai dilakukan.

Seperti yang sering digunakan oleh bisnis restoran, dimana produk makanan ini harus segera dikirimkan oleh penjual kepada pembeli dengan pengemasan dan keamanan khusus.

Guna menjaga kondisi produk agar tetap sesuai dengan standar yang sama ketika pelanggan membeli langsung di restoran atau menggunakan delivery.

Sehingga, sangat perlu bagi penjual untuk memahami standar kemasan makanan yang aman untuk melakukan delivery.

Pelaksanaan delivery tidak hanya bisa dilakukan oleh pihak restoran saja namun bisa memanfaatkan jasa pengiriman pihak ketiga. Seperti aplikasi ojek online populer di Indonesia Grab/ Gojek.

2. Pick-up Mandiri

Delivery

Ilustrasi Penerimaan Barang pada Lokasi Titik Tertentu (Sumber: Freepik.com)

Jenis delivery berikutnya adalah pickup mandiri. Seperti namanya pihak pelayanan akan menawarkan pengguna untuk mengambil barang pesanannya sendiri di lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Artinya jenis pengiriman ini tidak diantarkan secara langsung kepada pelanggan. Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan sistem ini.

Pertama, harga yang ditawarkan cenderung mudah dibandingkan dengan dikirim langsung ke alamat pembeli.

Kedua, sistem pengiriman seperti ini cocok diterapkan pada bisnis yang tidak memiliki jasa pengiriman khusus, namun mereka masih bisa melakukan delivery.

3. Delivery Berbasis Aplikasi

Selanjutnya adalah delivery berbasis aplikasi, sistemnya adalah pelanggan melakukan pemesanan delivery dengan menggunakan aplikasi tertentu. Seperti Gojek/ Grab.

Selain melakukan pemesanan menggunakan aplikasi, delivery berbasis aplikasi juga sering digunakan untuk melayani pengiriman bersifat personal dalam satu kawasan.

Namun tidak menutup kemungkinan delivery ini dilakukan dalam jarak jauh, namun biaya yang ditetapkan tentunya berbeda karena pelayanan nya juga berbeda.

4. Logistik

Selanjutnya adalah logistik, jenis pelayanan pengiriman kali ini sudah dalam jangkauan luas dan bisa mencakup semua hal.

Mulai dari barang, transportasi/ manajemen armada, pergudangan dan sejenisnya. Pengiriman logistik ini juga sering menerima layanan ekspor dan impor.

Keunggulan Menggunakan Delivery pada Bisnis

Pre Order

Delivery Bisa Jadi Solusi Beli Barang Tanpa Perlu Pergi dari Rumah (Sumber: Pixels.com)

Menggunakan jasa delivery bukan menjadi hal baru lagi dalam dunia bisnis, mulai dari resto hingga manufaktur semuanya membutuhkan jasa delivery.

Apa saja keunggulan dari menggunakan jasa delivery? Berikut rinciannya:

1. Praktis

Keunggulan pertama bisnis menggunakan sistem delivery adalah praktis. Praktis ini dalam sudut pandang pembeli. Dimana pembeli hanya perlu memesan di rumah dan produk yang dipesan akan datang.

Sedangkan dalam segi pebisnis, pebisnis bisa praktis tanpa perlu melakukan interaksi langsung dengan pembeli. Namun tidak pada pelayanannya.

2. Jangkauan Luas

Selain praktis, bisnis yang menerapkan sistem delivery berpotensi dikenal masyarakat dalam jangkauan luas lebih cepat daripada yang tidak menggunakan.

Sebab, target market bisnis yang menggunakan sistem delivery lebih terbatas, karena konsumen diluar jangkauan sangat tipis peluangnya untuk melakukan transaksi dengan pebisnis tersebut.

Dan sebaliknya, pebisnis yang menerapkan sistem delivery cenderung memiliki jangkauan luas.

Sebab, pembeli di luar wilayah pun bisa melakukan transaksi tanpa bingung bagaimana produk sampai pada pelanggan karena sudah ada jasa delivery sebelumnya.

3. Meningkatkan Pelanggan Baru

Dengan jangkauan luas, maka potensi mendapatkan pelanggan baru juga meningkat. Berbeda dengan bisnis lokal yang target marketnya terbatas, sehingga pelanggan baru yang muncul sangat minim.

4. Menjadi Media Promosi

Delivery adalah pengiriman barang menuju lokasi penerima, yang sudah tentu memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi.

Melalui kemudahan yang ditawarkan ini mudah menarik perhatian calon konsumen baru di wilayah baru, yang akan menjadikan jangkauan bisnis Anda menjadi luas dan dikenal banyak orang.

Baca juga: 7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Sederhananya, delivery artinya pengiriman, yang diartikan secara luas pengiriman barang dari lokasi a menuju ke lokasi b, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Penerapan delivery pada bisnis bukan menjadi hal baru lagi, karena saat ini konsumen lebih tertarik melakukan transaksi tanpa perlu ke lokasi.

Meskipun terkesan ribet bagi pebisnis, penerapan delivery memberikan banyak keuntungan apalagi dalam segi penjualan. Karena jangkauan pasar lebih luas dibandingkan dengan bisnis yang tidak menggunakan delivery.

Dengan bisnis yang terus meningkat setiap harinya melakukan pencatatan transaksi, cek stok barang sampai membuat laporan keuangan bukan menjadi hal sederhana lagi.

Pakai Beecloud Solusi Lebih Mudah Kontrol Stok Barang Di Toko Dan Gudang Dari Pusat

Sebab itu, sangat direkomendasikan menggunakan software pembantu, salah satunya Software Akuntansi Online Beecloud.

Software ini membantu Anda melakukan kontrol barang dan cabang bisnis tanpa perlu riwa-riwi ke lokasi, melakukan penjualan langsung potong stok dan hpp otomatis tanpa perlu lagi takut tidak klop.

Juga lengkap dengan fitur laporan keuangan, dari laba rugi, neraca, penjualan, pembelian hingga laporan akuntansi. Segera bergabung jadi pebisnis bebas dengan menggunakan Beecloud. Anda pengguna pertama dapat gratis trial dan panduan layanan dari tim Bee.

Supply Chain Adalah? Apa Bedanya Supply Chain Management?
Supply chain adalah rantai pemasok jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Sederhananya, supply chain adalah jaringan pemasok selama untuk proses produksi.
Baca Juga
Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi
Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat
Baca Juga
5 Rekomendasi Printer Kasir Portable
Di tengah-tengah kegiatan bisnis yang semakin giat, printer kasir portable telah menjadi salah satu dari banyak perangkat yang dicari. Dalam
Baca Juga
7 Tips Strategi Penjualan Efektif Tingkatkan Omset 2x Lipat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, strategi penjualan yang tepat menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan. Setiap perusahaan perlu mengembangkan pendekatan
Baca Juga
Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?
Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah
Baca Juga
Mengenal Metode Perpetual, Perbedaan dan Contohnya
Secara umum metode perpetual adalah sebuah metode yang digunakan untuk pencatatan setiap waktu guna menyesuaikan transaksi pembelian dan penjualan dari
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu