🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Definisi SEM Adalah, Simak Ulasan Lengkapnya di Bawah Ini

Strategi SEM adalah kegiatan membeli traffic dengan membayar jasa mesin pencari. dengan tujuan situs akan ditampilkan di hasil teratas
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 9 April 2023

Membahas SEM adalah hal menarik karena terkait dengan strategi pemasaran. Untuk optimalisasi marketing daring, Anda harus memakai bantuan tools. SEM ini akan membantu performa situs menduduki peringkat atas di search engine.

Memang sekilas mirip seperti SEO, akan tetapi ada beberapa perbedaan mencoloknya. Lebih lengkap mengenai definisi dari SEM sampai manfaatnya, kenali lebih lanjut di pembahasan berikut.

Apa Itu SEM (Search Engine Marketing)? SEM Adalah

Strategi Sem

Adanya SEM Berguna untuk mengoptimalkan situs di mesin pencari (Credit: Freepik.com)

Apa itu search engine marketing secara definisi? Salah satu alat untuk pemasaran daring ini merupakan strategi guna meningkatkan visibilitas situs web. Search Engine Marketing adalah kegiatan membeli traffic dari jasa mesin pencari tertentu.

Contoh paling sering dipakai adalah Google yang memiliki fitur ramah pengiklan. Pemasar memakai SEM dengan cara mempersonalisasikan profil target market. Hal inilah yang membuat alat satu ini dianggap efektif untuk kebutuhan pemasaran.

Baca Juga: 5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Perbedaan SEM dan SEO yang Mesti Dipahami

Antara SEM dan SEO sebenarnya sama-sama berjenis strategi search optimization. Walau demikian, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipahami seperti:

1. Strategi Organik

Antara SEM dan SEO bisa dibedakan berdasarkan strategi organiknya. Untuk SEO pengguna tidak perlu keluar budget atau beriklan. Cukup membuat website bisa muncul di jajaran top pencarian.

Sedangkan untuk SEM adalah berbayar dari segi sistem. Anda perlu alokasi khusus jika hendak memakai SEM ini. alokasi dananya dipakai untuk membuat situs web muncul di top search.

2. Letak Hasil Tampilan

Letak tampilan yang muncul di antara SEM dan SEO sebenarnya mudah dibedakan. Untuk SEO muncul dengan jenis pencarian organik. Sedangkan pencarian SEM dianggap iklan, sehingga tampilannya di bagian iklan tersebut.

Cara Analisis SEM untuk Melihat Proses Kerjanya

Cara analisis SEM adalah tidak lepas dari yang namanya algoritma. Lebih lengkap tentang memahami cara analisis SEM secara optimal, ini dia ulasan mekanismenya.

1. Mengedepankan Algoritma

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, SEM bekerja dengan mengedepankan algoritma tertentu. Algoritma ini berkaitan dengan kata kunci yang paling banyak dicari pelanggan. Pebisnis akan dengan mudah melakukan spesifikasi, sehingga strategi pemasaran lebih optimal.

Jika pemilik memakai keyword tepat, maka strategi algoritma berhasil. Pelanggan akan lebih mudah tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.

2. Hasil Pencarian Sesuai Kata Kunci

Kinerja algoritma tertentu ini akan membuat pencarian lebih sesuai dengan kata kunci. Kata kunci yang di dalam produk sesuai, apa yang diiklankan akan muncul di halaman search engine.

Cara ini bisa dianggap seperti gerbang masuknya pelanggan. Pelanggan dari sini akan bertindak lebih lanjut sampai memutuskan untuk membeli produk/layanan.

Jenis-jenis Keyword SEM yang Bisa Dipakai

Search Engine Marketing

Optimasi SEM Perlu Menggunakan Frase Keyword yang Cocok (Credit: Freepik.com)

Jenis kata kunci pada SEM ternyata bisa dibedakan ke dalam beberapa macam. Untuk semakin mudah memahaminya, ini beberapa jenis kata kuncinya.

1. Pencocokan Frasa

Untuk tipe keyword ini menargetkan sejumlah kata yang spesifik. Bisa juga dengan menambahkan kata lain sebelum keyword yang Anda sasar. Misalnya Anda ingin menargetkan periklanan “minuman bernutrisi”.

Untuk pencocokan frasanya bisa dengan “minuman bernutrisi tinggi”, “minuman kaya nutrisi”, dan masih banyak lagi. Kata kunci ini akan membuat hasil pencarian tergolong lebih spesifik.

2. Pencocokan Luas

Variasi kata kunci ini menyasar persamaan, kesalahan ketik yang dinilai cukup umum. Pencocokan luas ini berguna agar SEM menjadi lebih optimal dari segi hasil. Contohnya Anda sedang mengiklan dengan kata kunci “Makanan Sehat”.

Pencocokan luasnya bisa ditargetkan seperti “makanan vegetarian”, “makanan bergizi”, dan masih banyak lagi. Variasi ini akan membuat hasil pencarian lebih mudah ditemukan.

3. Pencocokan Tepat

Salah satu kata kunci dalam SEM adalah pencocokan tepat yang menargetkan secara lebih spesifik. Bahkan targetnya lebih mengarah ke kata kunci yang disasar. Kata kunci ini juga mencakup sinonim, kesalahan ketik, parafrase.

Untuk pengulangan kata juga masuk ke dalam keyword ini. Misalnya Anda ada keyword “Teknologi Digital’. Pencocokan tepatnya bisa ditargetkan seperti “Tech Digital”, “Digital Technology”, dan sebagainya.

4. Negative Keyword

Negatif dalam kunci search engine marketing ini berarti keyword yang tidak ditargetkan. Kata kunci negatif ini adalah perpaduan dari tiga macam keyword yang sebelumnya disebutkan. Akan tetapi dari tiga jenis keyword di atas adalah yang tidak ingin digunakan.

Keyword negatif ini berisi kata-kata yang isinya tidak relevan dengan keyword target. Misalnya untuk kata kunci “gaji pegawai toko” bisa masuk ke dalam negative keyword. Syaratnya jika Anda tidak sedang menjalankan kampanye untuk orang yang memakai jasa tersebut.

Kata kunci negatif ini harus dihindari agar jangan sampai dimasukkan. Hal ini berdampak pada situs Anda yang tidak akan tampil di mesin pencari.

Ini Dia Contoh SEM pada Bisnis yang Bisa Dipakai

Memahami contoh SEM adalah hal yang tidak sulit karena jenisnya sudah sangat banyak. Berikut beberapa produk SEM yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran.

1. Bing

Mesin pencari ini tergolong populer, dengan fasilitas yang memudahkan menargetkan audiens. Bing menyarankan situs untuk diakses pelanggan, jika kata kunci produk/iklannya tepat. Konversi penjualan tentu diharapkan meningkat dengan pemakaian Bing ini.

2. Google Ads

Alat marketing ini memang sangat populer dan langsung terhubung ke laman Google itu sendiri. Otomatis, kesempatan menampilkan produk/jasa Anda lebih besar dan sasarannya luas.

3. Yahoo Gemini

Salah satu contoh SEM adalah Yahoo Gemini yang memang tidak sebanyak dua contoh di atas dari segi pengguna. Walau demikian, alat ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif menarik. Yahoo Gemini ini menawarkan penawaran pencarian sesuai kata kunci secara tepat.

Kesempatan untuk menawarkan produk/jasa di laman ini tentu akan lebih mudah. Bagi pebisnis yang ingin melebarkan sayap pemasarannya, alat ini cocok dijadikan opsi.

Manfaat SEM Bagi Bisnis yang Menarik Dipahami

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

SEM Bisa Menargetkan Pemasaran dengan Lebih Cepat (Credit: Freepik.com)

Mengapa SEM adalah alat yang menarik untuk optimalisasi pemasaran? Hal ini tidak lepas dari berbagai macam manfaat yang dimiliki SEM ini, seperti:

1. Untuk Pemasaran Tertarget

SEM merupakan alat yang berguna memberi peluang pemasar untuk beriklan secara lebih tertarget. Anda bisa menyampaikan iklan langsung kepada audiens secara lebih tepat. Misalnya Anda ingin menjual baju muslim lebaran model sarimbitan.

Audiens akan lebih tertarget karena mereka sendiri yang mencarinya dengan kata kunci tersebut. Demografi audiens juga bisa ditentukan dengan bantuan SEM ini sehingga pemasaran lebih tertarget. Mulai dari lokasi, pangsa pasar, dan sejenisnya bisa ditentukan.

2. Untuk Beriklan dengan Cepat dan Tepat

Untuk memasang iklan di mesin ini sebenarnya sangat cepat jika dibandingkan dengan SEO. SEO sendiri merupakan strategi beriklan akan tetapi waktunya sampai berbulan-bulan. Bahkan ada yang mencapai tahunan baru bisa mendulang hasilnya.

SEM cocok bagi yang mendambakan strategi beriklan secara tepat dan cepat. Terutama para pemilik website baru, dimana hasil cepat sangat diinginkan.

3. Beriklan dengan Anggaran yang Disesuaikan

Anggaran untuk pemasaran dengan SEM adalah fleksibel secara praktek. Budget pemasaran bisa dianggarkan sesuai kebijakan perusahaan. Jika biaya sudah tidak ada, otomatis iklan terhenti, sehingga secara sifat tergolong fleksibel.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Kelebihan Penggunaan SEM yang Bisa Anda Jadikan Pertimbangan

Penggunaan SEM adalah hal yang sebenarnya tepat bagi upaya pemasaran Anda. Hal ini tidak lepas dari berbagai segi kelebihan yang bisa Anda peroleh dari SEM seperti:

1. Jangkauan

Secara jangkauan, SEM adalah alat yang bisa Anda andalkan. Mesin pencari akan menjangkau pelanggan secara sempurna. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pengenalan produk, sehingga potensi closing lebih optimal.

2. Kerja Cerdas Promosi

Kelebihan lainnya adalah dari bagaimana kemudahan promos yang tidak memakan banyak tenaga. Tentu ini merupakan kerja cerdas untuk melakukan upaya promosi. Pengusaha hanya perlu memantau dan rajin evaluasi agar penggunaan SEM kian optimal.

Kekurangan Penggunaan SEM yang Bisa Anda Jadikan Pertimbangan

SEM juga memiliki sejumlah kekurangan yang wajib dipahami. Tujuannya untuk memaksimalkan pertimbangan, agar penggunaannya lebih tepat.

1. Algoritma Mungkin Berubah

Kekurangan pertama dari SEM adalah kemungkinan algoritma yang berubah. Kata kunci yang Anda posisikan bisa jadi tidak efektif lagi karena adanya hal tersebut. Oleh karena itu, Anda harus fleksibel dan cepat tanggap saat terjadi perubahan algoritma.

2. Persaingan Ketat

Selain itu dari segi persaingan di dunia internet juga tergolong ketat. Strategi ini bisa jadi kurang berhasil jika kompetitornya lebih baik performanya. Hal ini memungkinkan produk dan web akan mudah tersingkir.

Kesimpulannya, strategi pemasaran dalam bisnis adalah hal penting dengan berbagai jalan pilihan. SEM adalah salah satu contoh memaksimalkan strategi dalam beriklan. Pemasaran ini bertujuan agar produk lebih dikenal, jangkauan lebih luas.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Yuk scale up bisnis agar lebih kekinian dan mudah dikontrol dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. tinggal klik-klik laporan keuangan langsung jadi dari laba rugi dan laporan akuntansi lainnya.

5 Jenis-Jenis Reklame dan Contohnya Lengkap
Di dunia ini ada banyak sekali jenis jenis reklame yang terpasang di tempat umum, keberagaman jenis reklame berdasarkan tujuan, sifat,
Baca Juga
Mengenal Social Media Marketing: Jenis, Contoh, dan Strateginya
Social media marketing adalah teknik pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan,
Baca Juga
Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi
Jenis jenis iklan secara umum dibedakan menjadi 4 jenis mulai dari jenis iklan berdasarkan isinya, cara penyampaiannya, media dan tujuannya.
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
Segmentasi Pasar Adalah: Syarat, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Segmentasi pasar adalah sebuah strategi pemetaan target konsumen yang dikelompokkan berdasarkan karakter, kebutuhan dan perilaku dengan tujuan segmentasi pasar untuk
Baca Juga
Preloved Artinya: Pengertian, Cara Jual dan Keunggulannya
Preloved artinya menjual barang yang telah digunakan namun masih dalam kondisi layak pakai dan masih terjamin kualitasnya, baik dari kondisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu