🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Rekomendasi Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Di artikel ini akan dibahas 13 ide dan contoh usaha makanan ringan serba 1000 berikut juga tips jualan agar laris pembeli.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Ingin memulai usaha memang terkadang bingung, mau bagaimana? Produk apa yang harus dijual dengan modal sekian dan masih banyak lagi hal lainnya?. Nah, kali Bee akan merekomendasikan contoh usaha makanan ringan serba 1000 cocok untuk jualan di area sekolahan atau kampung.

Bisnis makanan serba seribu ini cukup menjanjikan, tidak hanya di area sekolahan usaha ini juga bisa dititipkan di toko-toko kelontong karena banyak diminati berbagai kalangan. So, simak rekomendasi selengkapnya di bawah ini:

13 Rekomendasi Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Berikut ini contoh usaha makanan serba 1000 yang bisa Anda tiru:

1. Usaha Makanan Ringan Pertama, Keripik Singkong

Contoh usaha makanan ringan serba 1000 pertama yang bisa Anda coba adalah keripik singkong. Anda bisa membuat kripik singkong dari awal proses produksi atau membeli dari tempat lain dan dikemas kembali menjadi lebih kecil seharga seribuan.

Keripik singkon ini merupakan salah satu cemilan khas Indonesia yang cukup banyak digemari. Untuk menambah varian rasa Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu perasa seperti balado, bawang, dan sejenisnya.

2. Keripik Pangsit Goreng

Berikutnya adalah keripik langsung goreng, keripik ini berasal dari kulit pangsit yang kemudian dipotong kecil-kecil, digoreng dan diberi bumbu tambahan. Rasanya yang gurung dan ringan menjadikan keripik pangsit goreng ini digemari banyak kalangan.

Harga mentahan kulit pangsit juga cukup murah, sehingga cocok untuk Anda yang yang sedang mencari ide bisnis untuk besar minim modal. Jangan lupa, karena harganya seribuan Anda perlu membungkusnya menjadi kemasan mini agar tidak rugi.

3. Usaha Makanan Ringan Ketiga, Basreng

Contoh Makanan Ringan Serba 1000 Yaitu Basreng

Gambar Basreng (Credit: Instagram @jajananku.medann)

Basreng atau bakso goreng ini cukup viral saat ini dan digemari banyak orang. Anda bisa memulai bisnis basreng ini dengan mengemasnya menjadi versi mini untuk bisa dijual dengan harga 1000an. Tidak harus membuat dari awal, Anda juga bisa menjadi reseller dari produsen lainnya.

4. Keripik Bawang

Ide usaha makanan ringan serba 1000an selanjutnya yang bisa Anda coba ada keripik bawang, camilan berbahan dasar tepung ini juga tidak kalah populer dengan camilan yang lain. Sekilas mungkin hampir mirip dengan kulit pangsit, bedanya kulit pangsit tidak memiliki aroma dan gurihnya bawang saja.

Keripik bawang ini bisa Anda bentuk menjadi lembaran atau berbentuk stik, bisa disesuaikan dengan kemasan yang akan Anda gunakan. Tidak sedikit pengusaha memilih berbisnis keripik bawang ini karena bahan dasarnya terbilang mudah didapatkan dan mudah juga untuk dijual.

5. Makaroni Goreng Pedas

Selanjutnya contoh usaha makanan ringan serba 1000, ada makaroni goreng. makanan khas Italia sejenis pasta ini juga menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia. Namun, bukan disajikan sebagai pasta seperti di asal negaranya, tapi dijadikan camilan dengan digoreng dan diolah menjadi makanan ala Indonesia lainnya.

Belum lagi jika dikelola menjadi makanan pedas yang akan semakin digemari masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah diketahui jika mayoritas masyarakat Indonesia menggemari makanan bedas. So, tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha ini.

Berikut ini referensi 4 Snack Makaroni Ini Enak Banget

6. Aneka Snack/ Chiki

Selanjutnya, tidak hanya produksi sendiri saja, Anda juga bisa menjadi reseller dari supplier makanan ringan. Banyak sekali jenis makanan ringan yang dijual bebas dalam jumlah besar dengan beragam jenis pula.

Yang bisa Anda lakukan agar bisa dijual seribuan adalah membungkus ulang makanan ringan tersebut menjadi kemasan lebih kecil dan jika ada Anda bisa menambahkan label sebagai tanda pengenal.

7. Usaha Makanan Ringan Ketujuh, Kuaci

Selanjutnya contoh usaha makanan ringan serba 1000, adalah kuaci. Camilan dari biji bunga matahari ini juga bisa Anda coba menjadi ide usaha makanan ringan serba seribuan. Seperti rekomendasi sebelumnya, Anda tidak harus membuat kuaci dari awal. Anda bisa menjadi reseller dari supplier lain dan mengemasi ulang menjadi kemasan lebih mini.

8. Peyek/ Rempeyek

Usaha Makanan Ringan Yaitu Peyek

Foto Rempeyek (Credit: iStockphoto/Tyas Indayanti)

Salah satu usaha makanan ringan serba 1000an yang bisa Anda coba berikutnya adalah rempeyek atau peyek, makanan sejenis kerupuk yang sering dijadikan sebagai pendamping nasi juga bisa Anda coba sebagai ide usaha. Dengan isian yang cukup beragam mulai dari kacang tanah, kacang hijau sampai teri bisa jadi variasi.

Untuk menarik minat konsumen Anda bisa memberikan kemasan yang menarik. Seperti memberikannya label atau sejenisnya. Karena kemasan sendiri memiliki banyak fungsi dan pengaruh terhadap daya beli konsumen. So, pastikan Anda memberikan kemasan yang terbaik dengan harga jual yang menarik pula.

9. Keripik Pisang

Rekomendasi usaha makanan ringan 1000 selanjutnya masih sejenis camilan khas Indonesia yakni keripik pisang. Keripik pisang ini juga bisa menjadi rekomendasi ide usaha makanan ringan seribuan yang patut dicoba.

Anda bisa menggunakan jenis pisang yang cocok digunakan untuk keripik. Seperti pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, pisang siem, pisang kayu dan pisang kapas. Sebab, tidak semua jenis pisang bisa diolah dan enak dijadikan sebagai camilan keripik.

10. Usaha Makanan Ringan Ke-10, Keripik Ubi

Masih sejenis makanan keripik, kali ini berbahan dasar ubi. Bisa ubi ungu atau jenis ubi lainnya. Namun, yang paling sering digunakan adalah ubi ungu. Camilan ini juga tak kalah populer dengan lainnya. Sehingga, bisa dijadikan sebagai ide usaha makanan ringan serba seribuan.

11. Kacang-Kacangan

Selanjutnya adalah kacang-kacangan, sejenis cemilan yang paling umum ada di Indonesia sejak lama. Seperti kacang goreng, kacang kedelai goreng dan sejenisnya. Bisnis ini cukup diminati, dan tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai ide usaha bisnis Anda.

12. Usaha Makanan Ringan Ke-12, Molen Mini

Pisang Molen Ide Usaha Makanan Ringan

Pisang Molen (Credit: Cookpad.com/@nianggie)

Kelanjutannya adalah molen mini. Ide makanan ini tidak bisa seawet rekomendasi sebelumnya. Untuk itu jika Anda ingin memulai bisnis molen ini diusahakan dalam kondisi fresh. Sehingga, konsumen bisa mengonsumsi dalam kondisi hangat dan juga bisa lebih lama tahan lama di tangan konsumen.

13. Lidi-Lidian/ Mie Lidi

Terakhir ada lidi-lidian yang juga dikenal dengan sebutan mie lidi. Jajanan legendaris khas anak SD berbahan dasar tepung ini bisa dicoba sebagai ide bisnis menjanjikan yang bisa Anda coba. Agar bisnis lidi-lidian Anda unik dan memiliki identitas sendiri Anda bisa menggunakan kemasan yang khas, juga cita rasa yang khas sehingga tidak kalah saing dengan kompetitor.

Baca Juga: 25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal

Tips dan Trik Usaha Makanan Ringan Ramai Pembeli

Ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan sebelum dan sesudah memulai bisnis, agar tidak kalah saing dengan kompetitor.

1. Rajin Riset Pasar dan Kompetitor

Tips dan trik pertama yang perlu dilakukan oleh pebisnis agar bisnisnya lancar dan tidak kalah saing dengan kompetitor adalah melakukan riset pasar dan analisa Kompetitor.

Riset pasar ini dilakukan untuk mengetahui dan menentukan bagaimana bisnis nantinya akan dikembangkan. Sedangkan analisa kompetitor dilakukan agar Anda bisa memantau bagaimana pergerakan mereka, sehingga Anda juga bisa melakukan evaluasi.

2. Giat Lakukan Promosi

Selanjutnya adalah giat melakukan promosi. Promosi ini bertujuan untuk menimbulkan awareness kemudian menimbulkan minat konsumen untuk membeli produk yang di jual. Anda bisa melakukan promosi di media sosial baik berupa gambar maupun video singkat. Banyak sekali contoh promosi di media sosial yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

3. Ikuti Perkembangan Bisnis Usaha Makanan Ringan

Selanjutnya adalah mengikuti perkembangan bisnis, meskipun pada awalnya bisnis Anda kecil-kecilan tidak menutup kemungkinan bisnis Anda menjadi bisnis besar yang membutuhkan pengelolaan yang kompleks.

Contoh saja di awal bisnis membeli produk makanan ringan dari supplier untuk kepentingan sendiri kini menjadi distributor barang untuk bisnis orang lain. Caranya mungkin hampir sama dalam pengelolaannya. Namun, kekompleksan tidak bisa disamakan.

Untuk itu, Harus mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan menggunakan software untuk mengelola keperluan operasional distributor Anda.

Tidak ada yang bisa menutup kemungkinan bisnis usaha makanan ringan 1000an Anda menjadi berkembang. Tetap semangat berbisnis, semoga bermanfaat.

4. Mengelola Keuangan dan Produksi

Usaha makanan ringan dapat menjadi bisnis yang menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis ini adalah dengan mengelola keuangan dan produksi secara efektif dan efisien. Untuk membantu mempermudah proses tersebut, pemilik usaha makanan ringan dapat memanfaatkan aplikasi kasir seperti Beepos.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Dengan menggunakan aplikasi kasir ini, pemilik usaha makanan ringan dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan mudah dan akurat, serta memantau stok barang dengan tepat. Selain itu, Beepos juga memiliki fitur untuk menghitung harga pokok produksi (HPP) yang sangat penting dalam mengatur keuntungan dan harga jual makanan ringan.

Dengan demikian, pemilik usaha dapat mengoptimalkan bisnis makanan ringan mereka dan meningkatkan penjualan dengan lebih efektif.

Sistem Kasir: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Minimarket
Sistem kasir minimarket saat ini banyak digunakan para pengusaha agar memudahkan operasional usaha yang dijalankan. Begitu beragam sistem kasir yang
Baca Juga
Program Minimarket Gratis yang Patut Dicoba
Program minimarket dіреrlukаn di toko tеrtеntu аtаu ѕuреrmаrkеt kесіl. Bukаn hаnуа alat уаng bisa mеmbаntu operasional usaha kесіl. Kita mеmbutuhkаn
Baca Juga
Nota Pembayaran: Fungsi, Komponen dan Contohnya
Nota pembayaran merupakan salah satu dokumen penting dalam proses transaksi bisnis. Dokumen kwitansi pembayaran ini digunakan untuk mencatat pembayaran atas
Baca Juga
Aplikasi Kasir Beepos: Bukan Sekedar Aplikasi Biasa
Sedang mencari aplikasi kasir untuk usaha Anda? Kenalan dulu sama Aplikasi Kasir Beepos yuk! Kebutuhan Aplikasi Kasir di Era Serba
Baca Juga
Cara Menentukan Harga Jual: Panduan Lengkap untuk Pebisnis
Menentukan harga jual produk yang tepat merupakan aspek penting dalam menjalankan bisnis. Menetapkan harga akan memengaruhi daya tarik produk atau
Baca Juga
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya
Setiap jenis pasar memiliki karakteristiknya sendiri yang membedakannya dari jenis pasar lainnya. Salah satu jenis pasar yang cukup menarik untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu