Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Barcode Batang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 8 July 2022

Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah barcode batang, bukan? Apalagi, di zaman modern sekarang ini hampir semua toko dan department store telah mengadopsi sistem barcode untuk mempermudah pelacakan produk. Dengan begitu, kegiatan jual beli menjadi lebih mudah dan praktis.

Selain untuk keperluan identifikasi item produk maupun membership, kode batang juga dapat digunakan untuk melacak gerakan, seperti di bandara dan tempat sewa kendaraan. Saat ini, smartphone bisa dipakai untuk membaca barcode untuk menghubungkannya dengan situs tertentu.

Pengertian Barcode Batang

Barcode Batang

Ilustreasi Barcode Batang (Sumber: Freepik.com)

Barcode merupakan kumpulan data optik yang dapat dikenali mesin. Kode batang mengoleksi data berdasarkan lebar dan spasi garis paralel. Hal tersebut pula yang membuat barcode kerap disebut sebagai kode batang. Namun, barcode juga mempunyai bentuk lain, termasuk titik dan persegi.

Kode batang bisa dibaca oleh perangkat lunak pemindai optik, Di Jepang, sebagian besar ponsel umumnya telah dibekali dengan aplikasi scan barcode untuk memindai kode batang.

Adanya barcode tentu memberikan kontribusi besar bagi kehidupan umat manusia. Pasalnya, sekarang pelaku usaha tidak akan merasa kewalahan lagi dalam melacak stok produk. Hanya dengan sekali scan, maka akan muncul produk yang dicari beserta detail harganya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android

Fungsi Barcode Batang

Secara sederhana, kode batang yang dilabelkan pada produk berfungsi membedakan antara jenis produk satu dengan lainnya. Akan tetapi, fungsi paling utama adalah menyimpan segala bentuk informasi yang berhubungan dengan produk maupun barang yang telah diberi label barcode.

Informasi yang tersimpan pada barcode diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama produk
  • Nomor identitas produk
  • Kode produksi
  • Tanggal kadaluarsa produk

Untuk membaca barcode pada kemasan produk, Anda membutuhkan alat bernama barcode scanner. Alat ini akan sangat membantu para pelaku usaha mengetahui informasi yang ada di dalam barcode.

Jenis Jenis Barcode

Ilustrasi Jenis-jenis Barcode (Sumber: Freepik.com)

Barcode dibagi menjadi 5 kategori berdasarkan kegunaannya. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas mengenai jenis-jenis kode batang di bawah ini:

  • Barcode Retail

Kode batang digunakan untuk kepentingan retail. Salah satu contohnya adalah Universal Price Codes atau UPC, yang umumnya dipakai pada produk di supermarket.

  • Barcode Packaging

Sesuai namanya, kode batang ini biasanya dipakai untuk pengiriman barang. Salah satu contoh dari barcode packaging yang paling populer adalah kode batang tipe ITF.

  • Barcode Farmasi

Digunakan untuk keperluan farmasi, khususnya yang berhubungan dengan identifikasi sebuah produk obat-obatan. Contoh dari barcode promosi adalah HIBC.

  • Barcode Penerbitan

Jenis barcode batang penerbitan biasa digunakan untuk keperluan penerbitan. Biasanya, dipakai pada penerbitan sebuah produk, seperti barcode ISSN buku, misalnya.

  • Barcode Non Retail

Kode batang digunakan untuk keperluan non retail. Contohnya, barcode untuk melabeli buku-buku yang ada di suatu perusahaan. Contoh barcode non retail adalah Code 39.

Cara Buat Barcode Batang Online

Cara Buat Barcode Batang Online

Ilustrasi Buat Barcode Batang Produk (Sumber: Freepik.com)

Perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan dalam berbagai hal, termasuk para pemilik usaha yang ingin membuat barcode. Pasalnya, sekarang Anda bisa membuat barcode sendiri secara praktis dan gratis dengan memanfaatkan berbagai aplikasi atau tools online pembuat barcode.

Jika Anda tertarik untuk membuat barcode, di bawah ini adalah beberapa pilihan software yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi:

  • Barcode Generator

Tools online ini bisa dijadikan alternatif pilihan membuat barcode tanpa harus mengunduh aplikasi. Cara membuat kode batang melalui generator barcode juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:

  • Kunjungi situs generator barcode.
  • Pilih jenis barcode yang ingin dibuat.
  • Masukkan barcode sesuai keinginan, misalnya nomor EAN produk.
  • Kode batang akan ditampilkan.
  • Download barcode untuk mencetak atau print dalam bentuk file Excel dan PDF.
  • Barcode Graphics

Tools lain yang dijadikan alternatif pilihan adalah Barcode Graphics. Selain mendukung berbagai macam tipe barcode, Barcode Graphics juga telah memenuhi standar dan tools ini mudah digunakan.

Cara membuat kode batang melalui Barcode Graphics:

  • Pilih salah satu tipe barcode seperti, ISBN, UPC-A, GS1 DataBar Coupon, ITF-14, dan sebagainya.
  • Isi kolom Barcode Data.
  • Input 2-5 data di Supplemental Data (Opsional).
  • Atur detail lain di kolom, Quick Set Magnification, Magnification, dan Bar Width Reduction.
  • Masukkan alamat email aktif.
  • Centang checkbox Setuju Terhadap Syarat & Ketentuan.
  • Download atau kirim barcode.

Baca Juga: 5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko

Kesimpulan

Barcode merupakan sekumpulan kode yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam mengakses berbagai informasi. Saat ini, hampir semua produk sudah ditempelkan barcode.

Anda butuh aplikasi kasir yang bisa membaca barcode dan tersimpan dalam database? Aplikasi kasir Beepos komplit! Barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer nota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman.

Tipe pemindai barcode yang direkomendasikan dengan Beepos adalah tipe atau merk, Sato CG 408, Gprinter GP 1224T dan Zebra GT 820.

Coba gratis Beepos sekarang!barcode-beepos

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital
Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang […]
Baca Juga
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa […]
Baca Juga
9 Elemen Penyusun Bisnis Model Canvas
Berbicara soal rancangan bisnis, ada istilah yang namanya canvas business model. Istilah ini dipakai untuk menyebutkan model atau tipe rancangan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu