Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Bagaimana Cara Membangun Partnership, Tugas dan Contohnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 1 September 2022

Sukses bisnis tidak diraih dengan sendirinya. Membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis atau partnership adalah kunci utamanya. Tapi bagaimana caranya agar kerja sama ini berjalan dengan lancar? Mari kita simak beberapa tips berikut ini!

Apa Itu Kemitraan?

Pernahkah Anda mendengar istilah partnership? Partnership adalah kerja sama antara dua atau lebih pihak. Dalam dunia bisnis, istilah ini kerap digunakan untuk menjelaskan hubungan yang saling menguntungkan antara pelaku bisnis.

Ilustrasi Menjalin Kerja Sama Partnership

Ilustrasi Menjalin Kerja Sama yang Sukses (Sumber: Freepik.com)

Tapi, bagaimanakah caranya agar kerja sama terjalin baik dan menghasilkan kesuksesan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Tentukan tujuan dan visi kemitraan Anda secara jelas.

2. Buatlah komitmen yang kuat dan saling menguntungkan.

3. Ciptakan iklim yang harmonis dan positif.

4. Bertindaklah dengan integritas tinggi dan jujur.

Mengapa Kerja Sama itu Penting?

Anda perlu mempertimbangkan berapa banyak usaha yang telah Anda lakukan sendiri dan berapa banyak yang telah Anda kerjakan secara bersama. Partnership memungkinkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak dan mencapai tujuan bisnis dengan lebih cepat.

Kemitraan adalah sebuah konsep yang mudah dipahami. Namun, untuk membangun sebuah kemitraan yang berhasil tidaklah semudah itu. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membangun kemitraan bisnis dengan mitra lain.

Bagaimana Cara Menemukan Partner Yang Tepat?

Bagaimana cara menemukan mitra yang tepat? Pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:

Pertama, pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari mitra bisnis. Apakah Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda dengan penjualan dan pemasaran? Apakah Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda dengan operasi? Mungkin Anda membutuhkan seseorang yang dapat menyediakan dana untuk bisnis Anda.

Pebisnis Wanita Bingung Memilih Partner

Tips Memilih Partnership yang Tepat (Sumber: Freepik.com)

Kedua, lakukan riset. Persempit daftar calon mitra potensial Anda dengan melakukan riset online atau dengan meminta referensi dari orang yang Anda percayai.

Dan akhirnya, jangkau dan mulailah membangun jaringan. Semakin banyak orang yang Anda temui, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan mitra bisnis yang cocok.

Tipe-Tipe Partnership

Ada beberapa tipe partnership yang bisa Anda temukan dan bangun untuk kesuksesan bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tipe tersebut :

1. General Partnership

Kemitraan umum adalah jenis kepemilikan bisnis di mana semua mitra memiliki kepentingan kepemilikan dalam bisnis dan sama-sama bertanggung jawab atas utang dan kewajibannya. Dalam kemitraan umum, semua mitra juga dianggap sebagai agen bisnis. Ini berarti bahwa mereka dapat membuat kontrak atas nama bisnis dan dapat mengikat bisnis dengan kontrak tersebut.

2. Limited Partnership

Perbedaan General Vs Limited Partnership

Tabel Perbandingan General Vs Limited Partnership (Sumber: Differencebetween.net)

Kemitraan terbatas adalah jenis kepemilikan bisnis di mana ada dua jenis mitra: mitra umum dan mitra terbatas. Mitra umum bertanggung jawab atas hutang dan kewajiban bisnis dan memiliki kepentingan kepemilikan dalam bisnis. Mitra terbatas tidak bertanggung jawab atas utang dan kewajiban bisnis dan tidak memiliki kepentingan kepemilikan dalam bisnis.

Sebaliknya, mereka memiliki apa yang disebut "kepentingan kemitraan terbatas" dalam bisnis. Ini berarti bahwa mereka hanya berhak atas bagian dari keuntungan bisnis dan tidak memiliki suara dalam pengelolaan bisnis.

3. Limited Liability Partnership (LLP)

Jenis kemitraan di mana semua mitra memiliki tanggung jawab hukum yang terbatas atas utang dan kewajiban bisnis. LLP memungkinkan mitra untuk memiliki beragam status hukum, termasuk individu, perusahaan, dan organisasi.

LLP memiliki keuntungan yang sama dengan kemitraan terbatas, yaitu bahwa mitra terbatas tidak memiliki tanggung jawab atas utang dan kewajiban bisnis. Namun, LLP memiliki kelemahan yang lebih, yaitu bahwa mitra terbatas tidak memiliki kepentingan kepemilikan dalam bisnis.

Bee Join Partnership

4. Limited Liability Limited Partnership

Jenis kemitraan yang mirip dengan LLP, namun memiliki keuntungan yang lebih. LLLP memungkinkan mitra untuk memiliki beragam status hukum, termasuk individu, perusahaan, dan organisasi. LLLP memiliki keuntungan yang sama dengan LLP, yaitu bahwa semua mitra memiliki tanggung jawab hukum yang terbatas atas utang dan kewajiban bisnis.

LLLP memiliki kelemahan yang lebih, yaitu bahwa mitra terbatas tidak memiliki kepentingan kepemilikan dalam bisnis.

Contoh Kemitraan Yang Berhasil

Memiliki mitra bisnis yang tepat adalah kunci untuk kesuksesan Anda. Tetapi bagaimana caranya memilih mitra bisnis yang tepat? Ini bukanlah perkara yang mudah.

Tips Mitra Usaha Yang Berhasil

Kerja Sama yang Berhasil adalah Tujuan Utama (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mitra bisnis:

  • Pastikan bahwa Anda dan mitra bisnis tersebut memiliki visi dan misi yang sama.
  • Cari tahu seluk beluk perusahaan mitra bisnis tersebut.
  • Jangan ragu untuk bertanya kepada mitra bisnis anda tentang bagaimana mereka mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Strategi Promosi Produk ke Luar Negeri, Efektif untuk Ekspansi Bisnis

Ada banyak sekali contoh partnership antar perusahaan atau bahkan pemerintah, berikut contohnya :

1. Kerjasama dengan perusahaan pemasok produk

2. Kerjasama dengan distributor

3. Kerjasama dengan perusahaan jasa

4. Kerjasama dengan organisasi nirlaba

5. Kerjasama dengan pemerintah

Selain itu, berikut ini adalah contoh kemitraan yang berhasil :

Logo Apple Dan Google

Kemitraan Apple dengan Google (Sumber: Liputan6.com)

  • Google dan Apple: Kedua perusahaan memiliki visi yang sama, yaitu menyediakan produk dan layanan inovatif bagi pelanggan mereka.
  • Microsoft dan IBM: IBM membantu Microsoft memulai industri teknologi. IBM menyediakan perangkat lunak untuk versi awal Microsoft Windows.
  • Facebook dan Instagram: Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012. Kedua perusahaan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Contoh lain ada juga..

Partnership antara Amazon dengan Toysrus

Amazon dengan Toysrus (Sumber: Bizjournals.com)

  • Amazon dan ToysRus: Amazon adalah perusahaan e-niaga yang terkenal di dunia, sedangkan ToysRus adalah pengecer mainan dan produk anak-anak terkemuka. Kedua perusahaan ini bermitra pada tahun 2000 dan telah sukses sejak saat itu.
  • Apple dan Microsoft: Dua perusahaan teknologi terbesar di dunia. Kedua perusahaan ini bermitra pada tahun 1980 dan telah menghasilkan berbagai produk dan inovasi yang sangat berhasil.
  • Coke dan Pepsi: Coke dan Pepsi adalah dua perusahaan minuman terbesar di dunia. Kedua perusahaan ini bermitra pada tahun 1890 dan telah menjadi pesaing yang sangat ketat sejak saat itu.

Pertanyaan Umum Seputar Partnership

1. Bagaimana cara wirausahawan membangun kemitraan agar bisa sukses dalam usahanya?

Gairah adalah kunci dalam hal menemukan mitra bisnis yang tepat. Jika Anda dan calon mitra Anda memiliki hasrat yang sama, akan jauh lebih mudah untuk bekerja sama dan mencapai kesuksesan. Persahabatan juga penting dalam kemitraan bisnis.

Jika Anda dan mitra Anda rukun dan menikmati menghabiskan waktu bersama, kemitraan akan jauh lebih sukses. Jika Anda dan mitra Anda sama-sama memiliki visi yang sama untuk bisnis, Anda akan dapat bekerja sama menuju tujuan bersama.

Perjanjian yang adil dan merata juga penting untuk kemitraan yang sukses. Kedua mitra harus senang dengan pembagian kerja, kontribusi keuangan, dan otoritas pengambilan keputusan agar kemitraan dapat berkembang.

2. Faktor apa saja yang bisa merusak hubungan kerja sama?

Ada beberapa faktor umum yang bisa merusak kemitraan bisnis. Salah satunya adalah perbedaan prioritas. Ketika dua orang atau lebih berkumpul untuk membentuk kemitraan, mereka masing-masing memiliki tujuan dan agenda masing-masing.

Jika agenda-agenda ini berbenturan atau tidak sejalan satu sama lain, maka dapat menyebabkan ketegangan dan konflik dalam kerja sama. Alasan umum lainnya yang membuat kemitraan bisnis gagal adalah kurangnya motivasi. Ketika para mitra tidak menarik beban mereka atau tidak diinvestasikan dalam keberhasilan bisnis, hal itu dapat menyebabkan stagnasi dan akhirnya kegagalan.

3. Bagaimana kerja sama bisa dikatakan berhasil?

Kemitraan yang sukses adalah kemitraan yang dibangun di atas kepercayaan dan rasa hormat. Anda harus bisa mempercayai pasangan Anda untuk melakukan bagian mereka dan Anda harus menghormati pendapat dan ide mereka. Jika Anda bisa membangun fondasi yang kuat seperti ini, kemitraan Anda akan berhasil.

Kesimpulan

Jadi, apa yang telah kita pelajari? Pertama, penting untuk menemukan mitra yang tepat. seseorang yang bisa Anda percayai, yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan Anda dan berkomitmen untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Kedua, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dari kemitraan Anda. Apa tujuan Anda? Apa yang bisa dibawa oleh mitra Anda?

Dan akhirnya, bersiaplah untuk bekerja keras. Membangun kemitraan yang sukses membutuhkan waktu dan usaha, tetapi pada akhirnya akan sepadan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun partnership yang sehat dan menguntungkan.

Rekomendasi Bisnis Rumahan dengan Modal Sedikit
Jika berbicara soal bisnis, ada banyak sekali macam bisnis yang dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu contohnya ada bisnis […]
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Purchase Order dan Tips Mudah Membuatnya
PO adalah singkatan dari Purchase Order. Artinya kita melakukan pemesanan barang kepada penjual namun pengiriman barang akan dikirim ke pembeli […]
Baca Juga
Simak Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu