Logo Bee Web

Bagaimana Cara Kerja Marketing dalam Bisnis?

Bagaimana cara kerja marketing dalam proses pemasaran produk? Pebisnis wajib tahu bagaimana caranya dengan klik artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 14 October 2023

Sebagai pebisnis sudah semestinya tahu bagaimana cara kerja marketing, untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan, namun untuk yang masih belum paham Anda bisa membaca dan mengecek artikel di bawah ini.

Yang akan membahas secara detail mengenai marketing dan cara kerjanya agar pemasaran bisa dilakukan dengan efektif dengan hasil yang maksimal.

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing

Apa itu marketing? (Credit: Freepik.com)

Menurut Philip Kotler, marketing adalah proses sosial yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang diinginkan, dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk dengan nilai kepada orang lain.

Dengan tujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, mengembangkan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut, dan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Dalam prakteknya marketing melibatkan proses pemahaman pasar, segmentasi, strategi promosi, penetapan harga, dan distribusi untuk mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan penjualan, membangun merek, dan menciptakan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis

Alasan Kenapa Marketing Penting dalam Bisnis

Istilah marketing dalam bisnis adalah dua hal tidak bisa dipisahkan, yang mana marketing menjadi pendukung berbagai aspek mulai dari operasional hingga penjualan, berikut 5 alasan penting kenapa marketing penting dalam bisnis:

1. Marketing Membantu Meningkatkan Penjualan

Pertama adalah meningkatkan penjualan, yang mana marketing bisa membantu perusahaan menarik perhatian pelanggan potensial dan mengubahnya menjadi pembeli aktif.

Dengan mengidentifikasi dan menciptakan pasar yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk atau layanannya, yang merupakan faktor penting untuk pertumbuhan bisnis.

2. Membangun Kesadaran Merek

Melalui aktivitas marketing, perusahaan dapat membangun kesadaran merek yang kuat. Kesadaran merek yang baik membantu pelanggan mengenali dan mempercayai produk atau layanan tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menghasilkan penjualan yang berkelanjutan.

3. Menjangkau Target Pasar

Selanjutnya dengan marketing perusahaan dibantu dalam mengidentifikasi dan mencapai target pasar yang tepat. Dengan memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan potensial, perusahaan dapat mengarahkan upaya marketing mereka untuk mencapai orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanannya.

4. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Salah satu aspek penting dari marketing adalah riset pasar. Melalui penelitian ini, perusahaan dapat memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah pelanggan mereka dengan lebih baik. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Bersaing di Pasar

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, marketing adalah alat yang penting untuk bersaing. Perusahaan perlu mempromosikan keunggulan produk atau layanannya, serta menciptakan nilai yang lebih baik bagi pelanggan daripada pesaing mereka. Tanpa strategi marketing yang efektif, sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan pangsa pasar.

Cara Kerja Marketing untuk Pemasaran Produk

Bagaimana cara kerja marketing

Berikut beberapa cara kerja marketing dalam proses pemasaran produk (Credit: freepik.com)

Untuk memudahkan penerapan strategi pemasaran, Anda perlu memahami bagaimana cara kerja marketing, berikut diantaranya:

1. Penelitian Pasar

Sebelum memasarkan produk, langkah pertama adalah melakukan penelitian pasar. Ini melibatkan mengidentifikasi target pasar, memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta menganalisis pesaing. Hasil penelitian ini akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

2. Segmentasi Pasar

Berikutnya adalah melakukan identifikasi segmen pasar yang paling potensial. Ini adalah kelompok pelanggan dengan karakteristik, kebutuhan, atau preferensi serupa. Dengan memahami berbagai segmen pasar, Anda dapat menyesuaikan pesan pemasaran Anda untuk setiap segmen dengan lebih baik.

3. Pengembangan Produk

Langkah berikutnya adalah melakukan pengembangan produk atau penyempurnaan produk yang ada dapat menjadi bagian dari strategi pemasaran. Produk harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memiliki fitur yang membedakannya dari pesaing. Hal ini bersifat kondisional dan tidak harus diterapkan untuk semua bisnis.

4. Penentuan Harga

Berikutnya, Anda perlu memilih strategi penetapan harga yang sesuai dengan segmen pasar Anda, tujuan bisnis, dan biaya produksi. Ini melibatkan pertimbangan antara harga yang bersaing dan margin keuntungan yang diinginkan.

5. Promosi

Selanjutnya adalah melakukan promosi, dimana promosi melibatkan berbagai tindakan untuk menginformasikan dan mempengaruhi pelanggan potensial tentang produk Anda. Ini termasuk periklanan, pemasaran online, promosi penjualan, acara promosi, dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

6. Distribusi

Distribusi adalah sebuah cara produk Anda akan sampai ke tangan pelanggan. Anda perlu memilih saluran distribusi yang paling efektif untuk produk Anda, apakah itu melalui pengecer, distributor, penjualan langsung, atau saluran distribusi lainnya.

7. Evaluasi dan Pengukuran

Setelah produk diluncurkan, penting untuk terus memantau dan mengukur efektivitas strategi pemasaran Anda. Analisis data penjualan, umpan balik pelanggan, dan kinerja promosi dapat membantu Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Dalam proses pemasaran produk, perencanaan dan adaptasi terus-menerus sangat penting. Dengan melakukan langkah-langkah ini dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang sukses produk Anda di pasar dan memaksimalkan potensi penjualan serta profitabilitas.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan manajemen keuangan agar pemasaran bisa dilakukan dengan efektif dengan biaya yang terukur. Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan fitur laporan keuangan dan analisis lengkap. Cek banner di bawah ini untuk dapatkan gratis trial sekarang juga!

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini
Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi
Baca Juga
Internet Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya, Lengkap!
Internet telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan terbesar yang dibawa oleh internet adalah lahirnya internet marketing.
Baca Juga
13 Tips Membangun Personal Branding Penting untuk Bisnis
Dalam era digital seperti saat ini, personal branding semakin menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam dunia yang penuh persaingan,
Baca Juga
Affiliate Marketing: 6 Strategi Meningkatkan Pendapatan
Sekarang, ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, termasuk bekerja sebagai affiliate marketing. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat
Baca Juga
Preloved Artinya: Pengertian, Cara Jual dan Keunggulannya
Preloved artinya menjual barang yang telah digunakan namun masih dalam kondisi layak pakai dan masih terjamin kualitasnya, baik dari kondisi
Baca Juga
Webinar Adalah: 9 Manfaat serta Cara Mempersiapkannya
Semenjak adanya pandemi covid 19, kegiatan online semakin banyak yang muncul dan webinar adalah salah satunya. Kegiatan ini menjadi salah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu