🎉 Grand Launching SOM! Dapatkan Diskon 10%
Logo Bee Web

Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya

Email Marketing adalah strategi promosi, simak jenisnya berikut ini dan pahami mana yang cocok untuk bisnis Anda.
Penulis: Rizal Arisona
Daftar Isi
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 19 May 2023

Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis besar email marketing mang digunakan untuk pemasaran.

Namun, ia memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan teknik pemasaran lainnya, simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan memanfaatkan media email, dengan menginformasikan promosi produk, diskon, layanan program dan sejenisnya kepada calon customer. Selain itu, dengan menggunakan email, pebisnis bisa melakukan edukasi dan menjalin hubungan lebih mudah kepada mereka.

Email marketing pertama kali diciptakan pada tahun 1978, yang berhasil menggaet keuntungan sebesar 13 juta dolar dan menjadi metode marketing yang sangat menjanjikan.

Email sendiri merupakan salah satu kontak pribadi calon customer, dan apakah termasuk spam? Tentu saja jawabannya tidak, sebab email marketing berbeda dengan email sapa salam kenalan biasa, yang mana email marketing berisi tentang edukasi dan promosi.

Kini email marketing dapat dikatakan sebagai media promosi yang sedikit ketinggalan zaman dibandingkan promosi media sosial yang menjadi primadona dan idaman para pelaku usaha.

Namun, hasil dari penggunaan email marketing tidak jauh berbeda dengan jenis promosi lainnya. Ada beberapa alasan penting kenapa para pelaku usaha perlu menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran.

Baca Juga: 5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah

Pertama, teknik email marketing cocok digunakan untuk Anda yang ingin membangun hubungan jangka panjang dengan customer. Kedua, ditunggu oleh pelanggan setia dan ketiga adalah memiliki potensi yang besar dalam mengakuisisi konsumen.

Hal ini selaras dengan pendapat dari WRP Digital, yang menyatakan jika akuisisi dengan menggunakan marketing email berhasil mencapai 81% dan lebih unggul dari sosial media marketing dengan pencapaian sebesar 51%.

Selain itu, dalam studi yang dilakukan oleh direct marketing Association, jika Anda mengeluarkan biaya untuk marketing email sebesar 1$ saja, maka potensi keuntungan yang Anda dapatkan bisa sebesar 40$.

Jenis-Jenis Email Marketing

Dalam hal ini pemasaran dengan menggunakan email dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

1.Email Marketing Newsletter

Jenis pertama email marketing adalah Newsletter, seperti namanya email ini memiliki isi seperti koran yang mana isinya berupa informasi menarik yang mungkin saja berguna bagi para customernya.

Newsletter menjadi jenis email primadona yang kerap digunakan para marketer. Meskipun pada dasarnya jenis ini digunakan untuk penulisan konten blog tidak ada salahnya untuk mengirimkan content marketing ini via email.

Untuk frekuensi pengirimannya sendiri alangkah lebih baik tidak terlalu sering dikirim juga jangan terlalu jarang. Mengutip dari Hubspot, jika mengirim content marketing sebaiknya dilengkapi dengan ilustrasi visual yang menarik dan CTA yang kuat.

Agar nantinya customer tertarik hatinya untuk berlangganan atau membeli apa yang sedang Anda tawarkan. Pastikan jangka waktu pengiriman sesuai dengan strategi marketing yang telah disepakati sebelumnya agar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Welcome Email (Email Selamat Datang)

Jenis kedua dari email marketing adalah Welcome Email, seperti artinya jenis email ini dikirimkan kepada pelanggan baru yang baru saya berlangganan atau membeli produk yang Anda tawarkan. Adanya welcome Email ini menjadikan customer lebih emosional dan merasa dihargai oleh Anda selaku pemilik brand.

Lengkapi welcome Email dengan ilustrasi visual yang menarik agar tidak monoton, jangan lupa masukkan informasi tentang branding produk Anda, penawaran khusus, visi misi dan keunggulan dari brand Anda kepada customer.

3. Email Penawaran Khusus

Selanjutnya adalah email pemasaran khusus, email ini digunakan untuk mengajak customer untuk melakukan pembelian dengan cara memberikan promosi diskon dan beragam program loyalty lainnya.

Selain itu, email penawaran ini juga bisa menjadi penyambung customer dengan brand, sebab mereka biasanya akan cenderung menunggu deretan promo terbaru lainnya agar bisa terus berlangganan menggunakan produk Anda.

4. Pengumuman

Keempat ada email pengumuman, isinya apalagi kalau bukan pengumuman atau informasi terkait program, pembaharuan, dan masih banyak lagi lainnya terkait produk yang sedang mereka gunakan.

Dengan adanya email pengumuman ini juga, customer akan lebih tau apa saja pembaharuan yang terjadi sehingga mereka bisa melakukan pembaharuan yang sama agar tidak tertinggal dan bisa mendapatkan keuntungan dari pelayanan brand Anda dengan lebih optimal.

5. Undangan Khusus

Selanjutnya adalah undangan khusus, ditujukan untuk memberitahukan pelanggan terkait pengadaan acara-acara tertentu yang mungkin saja berguna bagi mereka. Selain sebagai pengumuman.

Email undangan khusus ini bisa menjadi jembatan untuk mengenalkan event yang akan dibuat oleh brand Anda. Pastikan untuk menonjolkan apa kelebihan dari event yang diselenggarakan, manfaatnya bagi mereka dengan Copywriting yang menarik agar mereka juga tertarik untuk berpartisipasi.

Email Pemasaran Adalah Strategi Marketing

Email Pemasaran adalah Strategi Marketing (Credit: Freepik.com)

6. Re-Engagement

Secara garis besar, email re-engagement ditujukan untuk audiens yang mulai kehilangan minat terhadap brand Anda. Seringkali, itu termasuk survei, undangan untuk berdiskusi, dan bahkan promosi.

Sebab pada faktanya, marketing email pada dasarnya dirancang untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan merek. Namun, terkadang akan ada beberapa pelanggan yang tidak lagi.

Dengan mengirimkan re-engagement ini diharapkan peluang customer untuk kembali tertarik dengan brand terbuka kembali dan menjadikan mereka untuk berlangganan atau membeli produk yang sebelumnya telah mereka gunakan.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

7. Email Marketing Berisi Review

Selanjutnya adalah email yang berisi tentang review? Kenapa harus review? Sebab dengan adanya review ini biasa seorang akan lebih mudah percaya dengan kualitas yang dimiliki sebuah brand. Karena mereka akan menganggap jika ulasan yang diberikan sesama customer adalah ulasan yang benar adanya dan berhak untuk dipertimbangkan.

Coba kirim email ke audiens Anda untuk memberikan ulasan tentang produk. Kirim email marketing jenis ini ke audiens yang baru saja membeli produk Anda.

Untuk menunjang kesuksesan proses promosi email review ini tidak boleh ada paksaan ketika meminta audiens untuk membuat penilaian yang jujur. Buat mereka mengatakan yang sebenarnya tentang produk atau layanan Anda. Sebab, bisnis tidak hanya tentang keuntungan saja namun juga kepercayaan.

9. Lead Nurturing Email

Jenis email ini ditujukan kepada calon customer yang belum melakukan proses pembelian. Adapun tujuan dari pengiriman email ini untuk mendorong mereka agar sesegera mungkin melakukan pembelian.

Isi dari email juga tidak boleh sembarangan, pastikan mencantumkan keunggulan dan manfaat dari produk, jadikan pain Point penerima sebagai dasar utama pembuatan isi email, agar lebih bisa memahami kebutuhan calon customer dan menimbulkan ketertarikan untuk mereka bisa melakukan pembelian.

10. Progress Email

Kesepuluh ada progress email, jenis email ini biasanya sering digunakan untuk brand yang menawarkan jasa pelatihan atau upgrade skill dan sejenisnya. Berisi tentang ucapan selamat dan apresiasi kepada pencapaian yang sudah didapatkan.

11. Reorder Email

Selanjutnya ada reorder email, biasa digunakan untuk bisnis yang menarikan pelayanan reguler, guna mendorong customer agar melakukan pembelian lebih banyak lagi. Dari jenis email ini juga Anda bisa memberikan deretan penawaran khusus agar customer lebih tertarik melakukan pembelian lagi dan lagi.

12. Transactional Email

Berikutnya ada transactional email, jenis email yang digunakan kepada customer yang sudah melakukan tindakan sebelumnya. Adapun isi dari email ini berkaitan dengan adanya perubahan pada akun mereka, konfirmasi pembayaran, hingga peringatan masa berlangganan. Biasanya jenis email inilah yang paling ditunggu dan dianggap penting oleh customer.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

13. Survey Email

Berikutnya ada survey Email, berisi tentang beberapa pertanyaan yang menanyakan pendapatan atau opini mereka terhadap produk atau pelayanan yang sudah diterima mereka. Email ini cukup berguna bagi pebisnis untuk dijadikan sebagai bahan acuan evaluasi perbaikan di masa yang akan datang.

14. Abandoned Cart Email

Selanjutnya ada abandoned Cart Email, jenis email yang cocok untuk bisnis penjualan barang. Email ini biasanya akan dikirimkan kepada calon customer yang sudah memasukkan produk kedalam list pembelian mereka namun belum melakukan pembayaran.

15.  Email Konfirmasi

Terakhir ada email konfirmasi, hampir mirip dengan email transaksional, bedanya email ini tidak membutuhkan tindakan lanjutan.

Nah, dari 15 jenis email ini mana email yang paling cocok untuk bisnis Anda? Pastikan tidak salah sasaran agar hasilnya memuaskan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika email marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang dilakukan guna mendapatkan keuntungan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

9 Langkah Cara Membuat Marketing Plan Paling Efektif
Menyusun marketing plan atau rencana pemasaran yang baik dan efektif adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda. Dalam artikel
Baca Juga
Marketing Mix Adalah: Elemen, Manfaat dan Komponennya
Dalam era persaingan global seperti saat ini, pemasaran menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan untuk memperoleh keberhasilan dalam
Baca Juga
Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini
Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi
Baca Juga
Mengenal Integrated Marketing Communication (IMC)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. IMC
Baca Juga
Begini Teori Perilaku Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu!
Sebagai seorang pebisnis yang ingin bisnisnya sukses dan memiliki banyak konsumen, wajib tahu teori perilaku konsumen yang akan dijelaskan pada
Baca Juga
11 Tips Copywriting untuk Deskripsi Produk yang Menarik
Deskripsi produk penting untuk dipikirkan sebaik-baiknya karena merupakan kunci utama dalam menarik pembeli. Semakin kompleks sebuah produk, maka Anda semakin
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu