🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi

Resi adalah bukti konkrit dalam pengiriman barang atau paket. Apa pentingnya resi dan bagaimana cara melacak paket dengan nomor resi?
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sampai dimana. Resi adalah nomor yang digunakan untuk melacak barang tersebut. Dimana nomor resi mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pengiriman barang.

Pengertian Resi

Apa Itu Resi Adalah

Ilustrasi Wanita Membawa Resi (Sumber: Freepik.com)

Tahukah Anda mengenai apa itu resi?  Secara umum pengertian resi adalah pengakuan terhadap sesuatu yang berharga telah diberikan kepada pihak lain secara tertulis. Tanda terima ini diperoleh dari penyedia layanan dan diberikan kepada pelanggan.

Selain antara penyedia layanan dan konsumen, resi juga digunakan dalam transaksi antar bisnis. Apalagi pada saat ini sedang berkembang penjualan secara online yang sangat membutuhkan resi. Dalam belanja online resi sering diartikan sebagai tanda pengiriman barang.

Resi adalah nomor unik yang didapatkan dari jasa ekspedisi ketika mengirimkan suatu barang. Dimana nomor unik tersebut nantinya berfungsi sebagai bukti pengiriman oleh pihak ekspedisi kepada customer. Manfaat dari resi adalah untuk melacak status pengiriman barang.

Dengan adanya nomor resi tersebu pengirim barang dapat memantau barang yang dikirim sudah sampai mana. Perananan nomor resi sangat penting karena sebagai bukti bahwa paket sudah benar-benar dikirim. Ketika paket sudah dikirimkan maka pengirim dapat melihat posisi serta status barang.

Baca Juga: Apa itu Tanda Terima Barang? Cara Mudah Membuatnya

Fungsi Nomor Resi

Fungsi Nomor Resi

Ilustrasi Fungsi Resi di Paket (Sumber: Freepik.com)

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa nomor resi mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengiriman barang. Selain itu, resi juga menjadi salah satu aspek penting dalam dunia e-commerce. Adapun beberapa fungsi dari nomor resi sesuai dengan pengertian apa itu resi pengiriman:

  • Identitas Paket

Fungsi nomor resi yang pertama adalah digunakan sebagai identitas dari sebuah paket yang dikirimkan. Dimana adanya identitas paket ini untuk membedakan antara satu paket dengan paket yang lainnya.

Apabila paket terselip atau tidak diketahui keberadaannya, maka dapat dilacak dengan mudah menggunakan nomor resi. Dalam identitas paket biasanya akan memuat nama pengirim, nama penerima, alamat, kontak yang bisa dihubungi, barang yang dikirim, dan jenis jasa.

  • Bukti

Resi dapat digunakan sebagai bukti konkrit bahwa barang telah dikirim. Pengiriman barang ini dilakukan oleh penjual online maupun ekspedisi. Umumnya nomor resi akan langsung diberikan dari ekspedisi ketika barang atau paket siap dikirimkan.

Nomor resi menjadi pegangan bagi pengirim barang dan dijadikan sebagai bukti. Hal ini untuk mengantisipasi apabila barang yang dikirim mengalami kerusakan atau hilang.

  • Melacak Paket

Fungsi nomor resi yang selanjutnya adalah digunakan untuk melacak paket atau barang yang dikirimkan sudah sampai mana. Oleh karena itu, sebaiknya ketika memperoleh nomor resi dari jasa ekspedisi tidak langsung dibuang.

Dengan adanya nomor resi pelanggan dapat mengetahui apakah barang yang dikirim masih berada di gudang ekspedisi atau telah dikirim oleh kurir. Sebagian besar marketplace biasanya telah bekerja sama dengan jasa ekspedisi.

Maka dari itu ketika melakukan belanja online di marketplace akan memperoleh resi secara otomatis dan langsung dapat melihat tracking paket.

  • Mengambil Paket

Mengambil Paket

Ilustrasi Mengambil Paket (Sumber: Freepik.com)

Ketika akan mengambil paket di kantor jasa ekspedisi tentu akan membutuhkan nomor resi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nomor resi menjadi bukti konkrit dan pegangan pengirim.

Seringkali paket yang dikirimkan di rumah tidak sampai karena penerima sedang tidak ada dirumah. Maka dari itu penerima harus mengambil paket atau barang di kantor jasa ekspedisi. Untuk mengambil barang tersebut tentu harus menunjukkan nomor resi dari pengiriman barang.

  • Sebagai Syarat Komplain

Apabila barang yang dikirim mengalami kerusakan maka pihak pengirim dapat melakukan komplain. Akan tetapi, proses untuk melakukan complain ini tidak bisa sembarang, melainkan terdapat syaratnya.

Salah satu syarat yang digunakan untuk komplain pada jasa ekspedisi adalah menunjukkan nomor resi. Hal ini dikarenakan dengan adanya nomor resi ini dapat mengetahui barang atau paket sudah sampai dimana.

  • Memantau Kondisi Barang

Dari sistem pelacakan yang disediakan oleh jasa ekspedisi amka dapat mengetahui posisi paket secara berkala. Bahkan jika paket mengalami gagal kirim atau dikembalikan ke gudang pun dapat diketahui dengan menggunakan resi.

Apabila terjadi sesuatu pada paket yang dikirim maka pelanggan akan dapat langsung mengetahuinya. Dengan demikian pelanggan dapat langsung berkomunikasi dengan jasa penyedia ekspedisi untuk tindakan selanjutnya.

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Sebagian besar pelanggan tentu tidak akan mau jika disuruh menunggu tanpa adanya jaminan bahwa tugas sudah diproses. Sistem tracking yang dimasukkan dalam nomor resi dapat dijadikan sebagai jaminan bahwa paket sudah dikirim.

Dengan demikian memberikan nomor resi kepada pelanggan dapat mengurangi rasa kekhawatiran dan meningkatkan kepercayaan.

  • Sebagai Kontrak

Apa itu resi? Resi sebagai salah satu perjanjian atau kontrak yang mengikat antara penyedia jasa dengan pengirim barang. Dalam dunia e-commerce resi digunakan sebagai kontrak antara pembeli dengan penjual.

Pada dasarnya pembeli terikat secara langsung dengan penjual barang, namun tidak terikat pada perusahaan logistik atau penyedia barang. Dalam hal ini ketika pembeli ingin melakukan komplain maka ditujukan kepada penjual, bukan kepada pengirim.

Cara Melacak Paket Dengan Nomor Resi

Cara Melacak Paket Dengan Nomor Resi

Ilustrasi Kurir Mengantar Paket (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi nomor resi, kini saat untuk memahami bagaimana cara melacak nomor resi. Fungsi yang cukup penting dari nomor resi adalah untuk melacak barang yang dikirim dalam keadaan status apa dan sampai mana.

Dengan adanya nomor resi ini, baik pihak pengirim maupun jasa melakukan pemantauan terhadap barang. Cara untuk melacak paket dengan menggunakan nomor resi cukup mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melacak paket dengan nomor resi:

  • Menyalin Nomor Resi

Langkah yang pertama untuk melacak paket dengan nomor resi adalah dengan mengetahui serta menyalin nomor resi. Keberadaan nomor resi sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai tindakan pada paketan barang, termasuk melacak.

  • Masuk pada Situs Jasa Ekspedisi

Langkah selanjutnya adalah dengan masuk pada situs jasa ekspedisi sesuai dengan nomor resi diterbitkan. Cari menu pilihan untuk melacak status paket atau cek resi pengiriman paket. Selain situs resmi ekspedisi, dapat juga menggunakan situs-situs pihak ketiga.

  • Salin Nomor Resi

Setelah menemukan menu pilihan cek resi pengiriman atau pilihan untuk melacak paket, maka nomor resi yang sudah ada disalin pada kolom menu tersebut. Klik perintah lacak atau semacamnya dan tunggu hingga beberapa saat.

Setelah itu, beberapa informasi mengenai paket akan muncul secara detail, termasuk status paket sampai mana. Beberapa situs akan menampilkan nama dan kontak kurir yang mengantarkan paket serta estimasi pengiriman akan sampai.

Dalam dunia bisnis ekspeksdisi nomor resi mempunyai peranan yang sangat vital. Tidak hanya digunakan sebagai bukti, namun juga digunakan untuk melacak status dan proses pengiriman.

Baca Juga: Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit

Kesimpulan

Resi adalah tanda terima mengenai suatu transaksi pengiriman dalam bentuk tertulis. Peranan resi sangat penting dalam pengiriman barang karena dijadikan sebagai bukti dan alat untuk melacak dan memantau kondisi. Nomor resi diberikan kepada pelanggan ketika barang sudah diterima oleh pihak jasa ekspedisi.

Membuat tanda terima yang efektif sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa yakin bahwa Anda membuat dokumen yang akan membantu tim Anda dan menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang.

Dengan mengetahui apa itu resi, Anda bisa menerapkannya untuk menjadi tanda terima usaha Anda. Tapi, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi beepos untuk mencetak resi secara otomatis.

Di era digital saat ini, pelanggan ingin yang serba cepat, praktis, dan mudah. Karena itu, soal pencatatan transaksi, usaha Anda juga butuh meningkatkan sistem pencatatan nota yang lebih modern dan otomatis. Untungnya, sekarang sudah ada BEEPOS. Mau cek stok barang? Check! Mau bikin nota pembelian, nota penjualan atau resi? Bisa banget! Yuk, nikmati kemudahan BEEPOS sekarang!

Beepos, Buat Nota Pembelian Mudah Integrasi Pembukuan Hanya Pakai Satu Aplikasi

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah dan Lengkap
Laporan laba rugi adalah bagian laporan keuangan sebuah bisnis yang didasari oleh rangkuman perolehan dalam satu periode. Sehingga, pebisnis wajib
Baca Juga
9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2023
Bisnis mulai besar pencatatan keuangan semakin berantakan, sudah saatnya Anda upgrade dengan menggunakan bantuan aplikasi pembukuan usaha untuk manajemen keuangan
Baca Juga
Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online
Baca Juga
Affiliate Marketing: 6 Strategi Meningkatkan Pendapatan
Sekarang, ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, termasuk bekerja sebagai affiliate marketing. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan
Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan strategi pemasaran. Hal ini sangat perlu dilakukan agar usaha Anda bisa berkembang dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu