Logo Bee Web

11 Contoh Usaha Kecil di Rumah dengan Modal Pas-Pasan

Ini dia 11 contoh usaha kecil yang bisa di coba di rumah dengan modal pas-pasan, baik untuk sampingan atau kerja utama.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 19 November 2023

Menjalankan usaha sendiri bisa jadi sebuah impian bagi sebagian besar orang, khususnya usaha yang dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan keluarga bahkan pekerjaan utama. Contoh usaha kecil berikut ini bisa jadi ide untuk Anda yang ingin memulai usaha dirumah dengan modal pas-pasan.

Contoh Usaha Kecil dengan Modal Minim

Berikut contoh usaha modal kecil untung besar:

1. Catering Rumahan

Usaha Catering

Ilustrasi bisnis catering (Credit: Freepik.com)

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dibuka di rumah adalah Bisnis katering rumahan melibatkan penyediaan makanan siap saji untuk berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau rapat kantor.

Anda dapat menawarkan menu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Gunakan sistem pembayaran di depan atau DP untuk modal awalnya, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang tinggi untuk memulai usaha ini.

Dengan demikian potensial untuk mendapatkan untung besar juga semakin lebar, terutama jika Anda memiliki keahlian memasak yang baik dan mampu membangun basis pelanggan setia.

Tantangan utama bisnis catering adalah persaingan dengan katering lain, menjaga kualitas dan kebersihan makanan, serta memastikan pengiriman tepat waktu.

2. Pembuatan Kerajinan Tangan

Ide usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah Bisnis kerajinan tangan melibatkan pembuatan produk seperti perhiasan, dekorasi rumah, atau mainan dengan tangan Anda sendiri. Produk ini kemudian dapat dijual secara langsung atau melalui toko online.

Anda bisa memanfaatkan aset lokal untuk dikembangkan menjadi bentuk kerajinan yang bernilai finansial, seperti memanfaatkan eceng gondok, pelepah pisang dan lain sebagainya. Bisnis ini cukup menjanjikan jika Anda dapat menciptakan produk yang unik dan menarik bagi pelanggan. Tantangannya adalah memasarkan produk Anda, bersaing di pasar seni dan kerajinan, serta membangun basis pelanggan.

3. Laundry dan Penjahit

Contoh usaha kecil selanjutnya yang bisa dicoba adalah usaha laundry, sistem kerja  Usaha ini mencakup layanan cuci dan setrika atau jasa penjahitan pakaian. Anda dapat melayani pelanggan individu atau bisnis seperti hotel dan restoran.

Permintaan yang konstan, terutama di daerah padat penduduk dan perkotaan. Namun, tantangannya meliputi persaingan yang kuat, investasi awal untuk mesin cuci, setrika, atau mesin jahit, serta upaya promosi.

4. Bisnis Affiliate atau Dropshipping

Selanjutnya adalah bisnis affiliate, bisnis ini termasuk bisnis yang populer dan banyak dilakukan. Dengan cara kerja  melibatkan promosi dan penjualan produk milik orang lain dengan menerima komisi atau tanpa harus menyimpan stok barang.

Anda dapat memilih produk dari berbagai niche. Potensial untuk menghasilkan pendapatan pasif jika Anda dapat membangun situs web atau platform promosi yang efektif.

Tantangannya termasuk persaingan online yang sengit, perlu keahlian pemasaran digital, dan pemilihan produk yang tepat untuk dipasarkan.

Baca Juga: 10 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing 2023

5. Usaha Online

Jualan Online

ilustrasi pedagang online shop (Credit: Unsplsh)

Jenis contoh usaha kecil yang bisa Anda coba di rumah selanjutnya adalah membuka bisnis online. Usaha ini bisa anda kerjakan lewat HP saja, dimana Anda melakukan pemesanan kepada supplier secara online dan dikirimkan ke pelanggan juga secara online.

Menjalankan dagangan online memungkinkan akses ke pasar yang lebih luas, terutama dengan memanfaatkan platform online.

Potensinya mencakup peningkatan jangkauan dan pelanggan. Tantangannya adalah bersaing dengan banyak penjual online lainnya dan membangun reputasi yang baik untuk memenangkan kepercayaan konsumen.

6. Kelas Online atau Tutoring

Berikutnya membuka kelas online atau memberikan bimbingan privat menjadi peluang usaha kecil yang dapat dijalankan dari rumah. Dengan meningkatnya minat terhadap pembelajaran online.

Khususnya untuk meningkatkan keterampilan pribadi, potensi pertumbuhan bisnis ini cukup besar. Tantangannya terletak pada membangun reputasi sebagai pengajar yang baik dan menemukan cara efektif untuk menjangkau siswa potensial.

7. Penulisan Konten atau Copywriting

Contoh usaha berikutnya jika Anda memiliki kemampuan menulis dan pembahasan SEO Anda bisa menawarkan jasa penulisan konten atau copywriting melibatkan kemampuan untuk menghasilkan tulisan yang menarik untuk situs web, blog, atau materi pemasaran.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan konten online berkualitas, potensi usaha ini cukup tinggi. Namun, persaingan yang ketat di industri ini membuat pentingnya memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan menyesuaikan gaya penulisan dengan kebutuhan klien.

8. Jasa Desain Grafis

Ide contoh usaha kecil berikutnya ada jasa desain grafis, menjalankan usaha kecil di bidang jasa desain grafis membutuhkan keahlian kreatif dalam menciptakan logo, kartu nama, dan materi pemasaran visual.

Dengan pertumbuhan bisnis online yang pesat, potensi penggunaan desain grafis yang profesional semakin meningkat. Meskipun demikian, tantangannya terletak pada persaingan yang ketat, sehingga penting untuk membangun portofolio yang kuat dan mempertahankan kualitas desain yang kreatif.

9. Jualan Barang Second/ Barang Bekas

Berjualan barang secondhand secara online membuka peluang untuk menjangkau konsumen yang menginginkan pakaian terjangkau dan berkelanjutan. Terutama jika Anda memang pada dasarnya memiliki produk berlebih di rumah yang tidak terpakai.

Sehingga daripada menumpung di gudang dan tidak digunakan lebih baik dijual kembali dan menghasilkan uang. Dengan catatan besar, barang yang dijual harus benar-benar dalam kondisi baik dan masih layak.

Potensinya terletak pada kemampuan untuk menarik pasar yang mencari pilihan fashion yang ramah lingkungan. Tantangannya, bagaimanapun, adalah menjaga ketersediaan stok yang menarik dan bersaing dengan penjual lain di pasar online yang sibuk.

10. Jualan Skincare Secondhand

Berikutnya adalah menjalankan usaha jualan skincare secondhand. Secondhand disini bukan berarti skincare yang dijual sudah kadaluarsa atau berbahaya lainnya. Namun berjualan skincare yang sebelumnya sudah digunakan namun dengan penggunaan yang masih sedikit.

Contohnya saja si A tidak cocok dengan toner B, ia ingin menjual kembali toner B kepada orang yang mungkin cocok menggunakannya dengan harga yang lebih murah karena sudah berkurang jumlahnya.

Pastikan juga skincare yang dijual kembali ini memang aman untuk di ‘jual kembali’, dan belum terkontaminasi dengan zat-zat yang berpotensi merusak kandunganya.

11. Buka Toko Kelontong Mini

Membuka toko kelontong mini di rumah dengan modal terjangkau merupakan inisiatif yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari warga sekitar, dengan potensi daya tarik dari kepraktisan dan kemudahan akses.

Cara kerjanya melibatkan pembelian stok awal yang mencakup bahan makanan, produk rumah tangga, dan barang sehari-hari lainnya untuk dijual kepada konsumen lokal.

Tantangannya terletak pada manajemen stok yang efisien agar tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan dan bersaing dengan toko kelontong besar yang mungkin telah mengakar di area tersebut.

Keberhasilan toko kelontong mini bergantung pada ketersediaan produk yang dibutuhkan dan kemampuan untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya

Penutup

Harap dicatat bahwa perkiraan modal usaha dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis, ukuran bisnis, dan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Sebelum memulai usaha kecil-kecilan apapun, penting untuk merencanakan dengan cermat dan melakukan riset pasar untuk memahami persyaratan modal yang tepat untuk bisnis Anda.

Mari tingkatkan efisiensi dan kemudahan dalam pengelolaan bisnis Anda dengan menggunakan Beepos, software kasir online yang tidak hanya menyederhanakan proses transaksi jual beli, tetapi juga terintegrasi dengan akuntansi.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Beepos akan memberikan pengalaman yang lebih lancar dalam melayani pelanggan dan mencatat setiap transaksi dengan detail. Langganan sekarang juga dengan klik banner di atas dan jadikan usaha kecil Anda level up!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang dan Strateginya
Dalam mengelola persediaan perusahaan barang dagang, metode pencatatan persediaan barang dagang yang tepat memiliki peran krusial dalam menjaga keseimbangan antara
Baca Juga
9 Tips Sukses Bisnis Warung Sederhana
Istilah warung sederhana bukan lagi menjadi istilah asing masyarakat Indonesia, bisa berupa bisnis warung kelontong yang menyediakan berbagai produk kebutuhan
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah dan Lengkap
Laporan laba rugi adalah bagian laporan keuangan sebuah bisnis yang didasari oleh rangkuman perolehan dalam satu periode. Sehingga, pebisnis wajib
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko
Baca Juga
Mengenal Strategi Komunikasi Mudahkan Proses Pemasaran
Dalam dunia bisnis strategi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis
Baca Juga
9 Cara Jualan Online Untuk Pemula (Lengkap)
Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula ataupun yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu