Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa Itu PPnBM? Daftar Barang Kena Pajak dan Cara Menghitungnya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 26 September 2022

Ada yang menarik di tahun 2021 lalu, pemerintah menerapkan pengurangan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) khususnya mobil. Sejak itu, istilah pajak yang satu ini menjadi mencuat dan banyak diperbincangkan. Apa itu PPnBM? Barang apa saja dalam daftar wajib dikenakan pajak tersebut?Ā 

Buat Anda yang ingin membeli barang mewah, sepertinya perlu tahu dulu semua seluk beluk perpajakan barang tersebut. Berikut ini, beberapa informasi penting yang bisa menambah wawasan.

Apa Itu PPnBM?

Ppnbm Pajak Untuk Barang Mewah

Ilustrasi Salah Satu Toko Barang Mewah Photo by Dyana Wing So on UnsplashĀ 

Apa yang dimaksud dengan PPnBM? Dari segi artinya, PPnBM memiliki arti salah satu jenis pajak, yang dikenakan kepada wajib pajak dan masuk kategori tidak langsung untuk produk atau jasa tertentu dalam konteks mewah.Ā 

Kagan, 2020 menyebutkannya sebagai pajak yang dipungut atas barang kategori mewah. Merupakan bagian dari pajak jenis penjualan, disebut juga tax tambahan. Biasanya dikenakan untuk produk, jasa tidak esensial bahkan hanya bisa diakses oleh orang super kaya.Ā 

Meskipun tergolong baru, namun ternyata PPnBM sudah lama ada namun proses realisasi pemanfaatannya masih minim.

Baca Juga: Apa Itu PPN: Definisi, Cara Menghitung dan Objek Pajaknya

Kategori Barang Kena PPnBM

Setelah memahami definisi apa itu PPnBM, saatnya Anda perlu tahu juga terkait kategori barang yang dimaksud di dalamnya. Kalau merujuk pada Undang-Undang tentang PPN, pasal 5 ayat 1 disebutkan kalau PPnBM.

Diberlakukan untuk barang dengan beberapa kategori diantaranya:

  • Bukan Kebutuhan Pokok Masyarakat

Jadi deretan barang dan jasa yang masuk daftar wajib kena PPnBM, bukan dari kategori kebutuhan primer dan sekunder.Ā 

  • Hanya Digunakan Kalangan dengan Pendapatan Tinggi

Mewah, memang dikaitkan kepada orang dengan gaji dan pendapatan tinggi karena mereka bisa membeli barang mahal. Dimana barang tersebut tidak mampu dibeli oleh orang yang pendapatannya pas-pasan apalagi kurang mencukupi kebutuhan.

  • Digunakan oleh Kalangan Tertentu Saja

Misalnya, barang yang dipakai oleh sosialitas atau pebisnis skala besar yang harganya tentu fantastis.

  • Digunakan Untuk Memperlihatkan Kelas Sosial

Biasanya berhubungan dengan barang berupa perhiasan dan kendaraan.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa barang yang masuk kategori kena PPnBM diantaranya adalah: mobil mewah, perhiasan mewah dan harganya sangat mahal, apartemen, rumah jenis townhouse, pesawat pribadi.

Kenapa PPnBM Diberlakukan?

Kenapa Ppnbm Diberlakukan

Ilustrasi Penampakan Tokoo Barang Mewah Photo by Dima Pechurin on UnsplashĀ 

Beberapa alasan mengapa PPnBM diberlakukan di Indonesia sudah dikemukakan oleh pemerintah. Sebagai bagian dari upaya memberikan transparansi tentang perpajakan. Apa saja alasannya?

  • Kendali Pembelian Barang Mewah

Dengan adanya PPnBM, orang yang mau membeli barang mewah akan berpikir berulang kali sebelum memutuskan membeli. Selain menggelontorkan uang untuk beli produk mewah, mereka juga harus menyediakan dana tambahan untuk pembayaran pajaknya.

Namun terkadang alasan ini diabaikan, ketika keinginan punya barang mewah sudah benar-benar ingin direalisasikan. Ada juga yang kan berpikir ulang, ketika menyadari harga total yang perlu dibayar ternyata lebih banyak dari harga produk yang dimaksud.

  • Menyeimbangkan Beban Pajak Masyarakat

Masyarakat kalangan menengah ke bawah, punya beban pajaknya sendiri seperti pajak penghasilan dan lainnya. Sedangkan kalangan borjuis dikenakan PPnBM, sebagai bentuk keadilan untuk semua kalangan masyarakat.

Masing-masing kalangan, memiliki standar pajak sesuai kemampuan mereka masing-masing. Tidak ada yang di anak emaskan.

  • Melindungi Produsen Skala Kecil

Ketika orang berlomba membeli produk mewah dan impor, dengan PPnBM pemerintah berupaya melindungi produsen lokal. Mereka tetap bisa menggeliat dan punya pangsa pasar sendiri.

  • Memastikan Keamanan Devisa Negara

Jumlah PPnBM yang fantastis, tentu akan masuk ke dalam pendapatan negara. Dengan begitu, kas pemerintah tetap tersedia, salah satunya dari hasil penagihan PPnBM kepada orang yang tepat.

Cara Menghitung PPnBM

Cara Menghitung Ppnbm

Ilustrasi Seorang Wanita Membeli Produk Mewah Photo by freestocks on UnsplashĀ 

Sebenarnya untuk menghitung PPnBM tidak sulit, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara menghitung supaya nilainya benar saat diterapkan kepada wajib pajak. Tiga cara menghitung yang benar adalah:

  • Menggunakan penetapan dari pemerintah, minimal diberlakukan tarif 10% dari harga produk mewah yang dibeli dan maksimal bisa mencapai 200 persen.
  • Mengacu kepada Undang-undang, yang sudah menjelaskan pengelompokan barang yang kasus kategori mewah atau tidak.
  • Mencoba berkoordinasi dengan pihak DPR, sebagai mitra kerja. Jelaskan detail harga dan jenis barang, kemudian nantinya akan dicarikan solusi berapa PPnBM yang perlu diterapkan.

Baca Juga: EFIN Pajak: Pengertian, Cara Aktivasi dan Solusi Lupa EFIN

Kesimpulan

Jangan girang dulu ketika sudah hampir punya produk mewah, ternyata Anda perlu menerapkan pemahaman apa itu PPnBM. Pelajari lebih detail, supaya saat harus bayar sudah memiliki dana yang cukup.

Sebagai warga negara yang baik hendaknya kita mengindahkan seluruh peraturan yang berlaku. Bayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap orang yang telah memenuhi persyaratan tertentu.

Cara membuat laporan pajak onlineĀ akan lebih mudah dengan beralih menggunakanĀ software akuntansi. Segala bentuk laporan keuangan akan disusun dengan baik serta meminimalisir kesalahan hitung yang kerap terjadi.

Ketika Anda memahami pajak online, laporan seperti SPT tahunan online harus dibayarkan untuk menghindari denda pembayar pajak yang terlambat. Semoga Anda tidak melakukan kesalahan saat melaporkan pajak bisnis Anda. Untuk memfasilitasi pajak pada perusahaan, Anda dapat menggunakanĀ software akuntansi online Beecloud.

Beecloud merupakan salah satuĀ software akuntansi onlineĀ terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan operasional usaha Anda, termasuk untuk melakukan ekspor import e-faktur. Coba gratis software akuntansi online Beecloud sekarang!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Kenali Perbedaan Omzet dan Profit serta Strateginya Untuk Bisnis
Perbedaan omzet dan profit - Tujuan seseorang melakukan bisnis tidak lain adalah untuk mendapat keuntungan atau disebut profit. Sementara itu, […]
Baca Juga
Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia
Seiring berkembangnya teknologi manusia kian diberi kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya saat melakukan pembayaran transaksi online digital. Transaksi digital […]
Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?
Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu