Logo Bee Web

7 Contoh Persaingan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya

Contoh persaingan bisnis sering kali kita temui, seoperti persaingan legendaris antara pepsi dan coca-cola dan masih banyak lagi
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 10 December 2023

Persaingan dalam bisnis adalah sebuah hal biasa terjadi, ada banyak sekali contoh persaingan bisnis yang bisa Anda temukan sehari-hari. Seperti persaingan legendaris antara pepsi dan coca-cola serta masih banyak lagi.

Secara pengertian persaingan bisnis adalah suatu kondisi di mana perusahaan-perusahaan bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar, pelanggan, dan sumber daya yang terbatas.

Oleh sebab itu, menurut Philip Kotler, untuk bisa bersaing dalam bisnis secara berkelanjutan memahami pelanggan menjadi kunci utama keberhasilan nya.

Menurutnya, perusahaan yang berhasil adalah yang dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan baik serta memberikan nilai tambah yang signifikan.

Jenis-Jenis Persaingan dalam Bisnis

Perbedaan Dagang Dan Jasa

Iluastrasi persaingan bisnis secara sehat (Credit: Bee.id)

Sebelum membahas mengenai contoh persaingan bisnis, Anda perlu memahami jenis-jenisnya terlebih dahulu. Berikut tipe-tipe persaingan dalam bisnis dan penjelasannya:

1. Persaingan Generik

Pertama ada persaingan generik, persaingan ini terjadi ketika dua atau lebih perusahaan saling bersaing untuk menarik perhatian dari target pasar atau konsumen yang sama.

Contohnya, di mal ketika toko pakaian anak bersaing untuk mendapatkan perhatian kalangan orang tua sebagai target konsumennya.

Dalam situasi ini, perusahaan harus memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial mereka dengan baik untuk dapat menonjol di tengah-tengah persaingan.

2. Persaingan Bentuk

Berikutnya adalah persaingan bentuk, hal ini bisa muncul ketika dua atau lebih perusahaan memproduksi barang atau jasa yang serupa dan bersaing langsung satu sama lain. Sebagai contoh, kafe-kafé bersaing dalam penjualan kopi susu atau produk sejenis.

Dalam konteks ini, inovasi dalam penyajian produk, kualitas kopi, serta kenyamanan tempat bisa menjadi faktor-faktor penentu. Perusahaan-perusahaan dalam persaingan bentuk perlu memahami pasar dan selera pelanggan untuk menciptakan bisa terus bersaing.

3. Persaingan Industri

Ketiga adalah persaingan industri terjadi ketika perusahaan membuat kelas produk yang sama atau serupa. Sebagai contoh, persaingan antara dua perusahaan yang memproduksi minuman dalam kemasan.

Dalam situasi ini, efisiensi operasional, pengendalian biaya, dan skala produksi dapat menjadi faktor penentu kesuksesan.

4. Persaingan Merek

Terakhir adalah persaingan merek terjadi antara dua perusahaan yang menawarkan produk serupa dengan harga yang relatif sama. Sebagai contoh, dua pedagang sayur-mayur di pasar tradisional bersaing dalam penjualan produk sejenis.

Baca Juga: Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Contoh Persaingan Bisnis Legendaris

Berikut adalah tujuh contoh persaingan bisnis legendaris yang telah menciptakan sejarah dan membentuk industri mereka:

1. Coca-Cola dan Pepsi

Persaingan Bisnis Coca Cola Dan Pepsi

Persaingan Bisnis Coca Cola dan Pepsi (Credit: X/ @senenjayamall)

Contoh persaingan bisnis pertama ada Coca-Cola dan Pepsi, mereka bersaing dalam industri minuman ringan global. Persaingan mereka terbilang legendaris dan mencakup banyak aspek.

Seperti strategi pemasaran, inovasi produk, dan pertarungan merek. Pertama, keduanya berusaha memenangkan preferensi konsumen melalui kampanye iklan kreatif.

Selain itu, mereka terus berlomba untuk menghadirkan penawaran produk baru yang menarik dan mendukung berbagai event besar. Dengan begitu, persaingan ini telah menciptakan sejarah berbagai kampanye ikonik dan strategi pemasaran yang terus berkembang.

2. Grab dan Gojek

Berikutnya ada persaingan antara Grab dan Gojek, sebagai dua pemimpin dominan dalam layanan transportasi dan pengiriman daring di Asia Tenggara, mereka terlibat dalam persaingan bisnis yang cukup kompleks.

Dari segi penetrasi pasar, penawaran harga, dan berbagai layanan terkait seperti pembayaran digital dan layanan finansial. Keduanya terus berinovasi dalam teknologi dan menjalankan strategi kemitraan yang kuat untuk memperluas pangsa pasar.

3. Indomie dan Mie Sedap

Selanjutnya, persaingan sengit antara Indomie dan Mie Sedap terjadi di pasar mie instan Indonesia. Dalam ranah ini, keduanya bersaing untuk memenangkan hati konsumen dengan variasi rasa, inovasi kemasan, dan kampanye pemasaran yang menarik.

Persaingan ini juga melibatkan distribusi yang luas, harga yang bersaing, dan tanggapan terhadap tren konsumen dalam industri makanan cepat saji.

Sehingga, kompetisi antara Indomie dan Mie Sedap memainkan peran kunci dalam membentuk preferensi konsumen di pasar mie instan.

4. Alfamart dan Indomaret

Persaingan Indomaret Dan Alfamart

Ilustrasi Persaingan Indomaret dan Alfamart (Credit: radarselatan.disway.id)

Berikutnya ada Alfamart dan Indomaret, kedua brand ini berkompetisi dalam industri minimarket dan ritel di Indonesia. Dari mulai penetrasi lokasi, variasi produk, dan layanan keuangan.

Selain itu, dua perusahaan ini juga berusaha menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman, harga yang bersaing, berbagai promo untuk menarik pelanggan, bahkan pemilihan lokasi yang bersebelahan.

5. Nike dan Adidas

Contoh persaingan usaha berikutnya ada persaingan sengit antara Nike dan Adidas tidak hanya mencakup bisnis, tetapi juga menjadi ikonik dalam dunia olahraga dan gaya hidup.

Keduanya terus bersaing dalam desain produk, menjalin kemitraan dengan atlet terkenal, dan meluncurkan kampanye pemasaran tak terlupakan. Persaingan ini bukan hanya tentang penjualan, melainkan menciptakan tren global dalam mode dan gaya hidup.

6. McDonald dan Burger King

Kisah bersaingan legendaris selanjutnya antara McDonald's dan Burger King dalam industri makanan cepat saji tidak hanya melibatkan variasi menu, harga, dan kampanye iklan.

Kedua brand ini berhasil menciptakan identitas merek ikonik, berlomba untuk inovasi menu, kenyamanan berbelanja, dan pelayanan efisien.

Persaingan ini membentuk dinamika industri makanan cepat saji yang terus berkembang, memotivasi perusahaan untuk memenuhi selera dan ekspektasi konsumen yang terus berubah.

7. Honda dan Yamaha

Contoh Persaingan melegenda terakhir terjadi antara Honda dan Yamaha dalam industri sepeda motor menjadi pionir inovasi otomotif global. Dalam pertarungan ini, keduanya bersaing untuk mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia.

Dengan fokus pada desain menarik, performa kendaraan, dan pelayanan purna jual unggul. Persaingan ini mendorong revolusi industri sepeda motor ke arah yang lebih efisien.

Termasuk dalam upaya menciptakan teknologi ramah lingkungan, mempengaruhi pasar lokal dan menginspirasi perkembangan global dalam industri sepeda motor.

5 Strategi Dasar Bersaing dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa tips sukses bersaing dalam bisnis:

  • Diferensiasi Produk: Membedakan produk atau layanan untuk menawarkan nilai tambah atau ciri khas unik, menarik pelanggan yang mencari pengalaman atau kualitas tertentu.
  • Kepemimpinan Biaya: Menjadi produsen atau penyedia layanan dengan biaya operasional lebih rendah untuk menawarkan harga yang lebih kompetitif kepada konsumen.
  • Fokus pada Pasar Niche: Berkonsentrasi pada segmen pasar khusus atau niche yang mungkin kurang dilayani, memahami kebutuhan pelanggan untuk memberikan produk atau layanan yang lebih sesuai.
  • Ekspansi Pasar: Memperluas cakupan geografis atau menambah lini produk untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar, dapat melibatkan penetrasi pasar baru atau pengembangan produk.
  • Kerjasama dan Aliansi: Menggandakan kekuatan dengan mitra bisnis melalui kemitraan, joint venture, atau kolaborasi untuk mencapai tujuan bisnis lebih efektif dan mengakses sumber daya yang sulit diakses secara mandiri.

Baca Juga: Diferensiasi Produk: Menciptakan Keunikan yang Memikat Pasar

Dalam dunia bisnis yang dinamis, penerapan strategi yang tepat merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam menghadapi persaingan. Dengan memilih dan mengintegrasikan strategi-strategi sesuai kebutuhan. Sehingga, perusahaan dapat membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan dan ketahanan di pasar.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk analisa dan evaluasi keuangan secara berkala, sehingga mudah untuk melakukan evaluasi usaha. Cek banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Sekian informasi tentang contoh persaingan dalam bisnis dan informasi lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

4 Langkah Mudah Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula
Salah satu hal yang turut mensukseskan bisnis yang sedang Anda bangun saat ini adalah dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik.
Baca Juga
Contoh Surat Keterangan Usaha dan Cara Pengajuannya
Surat keterangan usaha memegang peran sentral dalam mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan berbagai jenis bisnis.Di indonesia sendiri setiap badan usaha wajib
Baca Juga
9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo
Baca Juga
5 Strategi Penetapan Harga Jual Agar Tidak Rugi
Harga bagi pebisnis akan sangat menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan, sedangkan bagi konsumen harga juga menjadi hal yang
Baca Juga
9 Langkah Cara Membuat Marketing Plan Paling Efektif
Menyusun marketing plan atau rencana pemasaran yang baik dan efektif adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda. Dalam artikel
Baca Juga
15 Ide Bisnis Kreatif Kekinian 2023 dengan Modal Kecil
Perkembangan minat dan selera masyarakat membuat banyak inovasi ide bisnis berdatangan. Penyesuaian produk dilakukan agar mampu memenuhi selera dan kebutuhan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu