Logo Bee Web

5 Aplikasi Penjualan Barang Murah & Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi penjualan barang membantu bisnis menyederhanakan proses penjualan yang rumit. Penerapan catatan aplikasi untuk penjualan barang...
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 19 April 2022

Aplikasi penjualan barang membantu bisnis menyederhanakan proses penjualan yang rumit. Penerapan catatan aplikasi untuk penjualan barang menghindari bisnis dari berbagai masalah seperti proses transaksi lama, catatan pembayaran yang berantakan sampai sulitnya mengontrol ketersediaan stok dan arus barang yang keluar.

Kehadiran aplikasi penjualan barang sangat bermanfaat bagi bisnis, terutama meningkatnya jumlah bisnis online di pasaran. Oleh karena itu, banyak perusahaan penyedia aplikasi penjualan barang sedang berkembang saat ini. Mereka semua menawarkan perangkat lunak penjualan online gratis dengan semua kelebihan dan kekurangan.

Karena itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai aplikasi penjualan yang tentunya perlu Anda ketahui sebagai pemilik bisnis.

Apa itu Aplikasi Penjualan Barang?

aplikasi-faktur-penjualan

Aplikasi Penjualan Barang Beepos (Sumber: Bee.id)

Aplikasi penjualan barang adalah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menyelesaikan transaksi pembelian dan penjualan barang secara instan. aplikasi penjualan ini berfungsi menyederhanakan proses penjualan dengan sistem yang sudah otomatis. Semua proses penjualan lebih cepat dan lebih efisien.

Saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang bergerak di bidang ritel, F&B dan bisnis yang memiliki banyak mitra seperti Coca Cola telah menggunakan penjualan saham dan barang. Mereka menggunakan aplikasi penjualan untuk memantau dan menghitung kinerja penjualan dan mendidik target KPI.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Penjualan Barang?

Perangkat lunak penjualan barang berfungsi untuk mencatat pesanan dan juga semua kegiatan penjualan. Di mana semua pesanan dicatat dan disimpan. Anda dapat menggunakan fata ini untuk mengetahui tren produk mana yang paling diminati.

Selain itu, aplikasi penjualan juga dapat menyimpan informasi dan riwayat transaksi pelanggan dalam database terintegrasi. Ini membuat lebih banyak interaksi pribadi, meningkatkan konversi, dan mendorong kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

Beberapa aplikasi penjualan menawarkan otomasi pekerjaan, pemberitahuan reminder dan laporan keuangan terperinci. Dukungan aplikasi untuk penjualan ini, memudahkan tim penjualan untuk mengelola saluran penjualan mulai dari kualifikasi prospek, peluang manajemen hingga kesepakatan yang dekat tercapai.

Kenapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi Penjualan Barang?

Mengapa Bisnis Ritel Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan ?

Alasan Mengapa Aplikasi Penjualan Penting untuk Bisnis

Pentingnya aplikasi penjualan gratis untuk bisnis dapat menyederhanakan proses penjualan barang yang panjang dan rumit secara otomatis. Semua proses penjualan dapat dimonitor langsung hanya dalam satu dasbor terintegrasi. Ini sangat membantu pekerjaan supervisor dan tim penjualan yang bekerja di lapangan.

Berikut ini adalah alasan lain mengapa bisnis harus menggunakan aplikasi penjualan dan stok barang, diantaranya:

1. Proses Transaksi Lebih Cepat

Sebagian besar aplikasi Catatan Penjualan terhubung dengan sistem otomatis, terutama yang terhubung dengan administrasi seperti catatan pesanan, penghitungan tagihan dan lainnya. Anda dapat dengan mudah mengaksesnya saat dibutuhkan sehingga dapat membantu transaksi pelanggan dalam waktu singkat.

2. Data Lebih Akurat

Aplikasi penjualan akan mencatat dan merekam transaksi mulai dari pemesanan hingga pembayaran secara akurat dan realtime. Anda tidak perlu lagi mencatat secara manual satu per satu di buku, atau pusing menggunakan kalkulator yang memiliki resiko kesalahan yang tinggi.

3. Memudahkan Manajemen Stok

Melalui aplikasi penjualan dan item stok, Anda dapat menemukan jumlah stok bahan baku atau produk dan riwayat pesanan dari supplier secara real time. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah menentukan kapan harus merestock kembali bahan baku dan menghitung harga dasar secara akurat.

4. Memberikan Kepuasan Pelanggan

software penjualan barang membantu bisnis menyediakan layanan cepat, dengan fitur-fiturnya. Misalnya, catatan transaksi, proses pemesanan, hitung total transaksi, dan menerima pembayaran dengan berbagai metode.

Semua proses ini dilakukan secara otomatis dan sangat cepat. Jadi pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan transaksi.

5. Laporan Analisa Bisnis

Aplikasi penjualan barang membantu Anda mulai dari mengatur kegiatan dan melihat kinerja karyawan, ketersediaan stok bahan baku atau produk, melacak pembayaran hingga memproyeksikan keuntungan. Semua laporan ini dapat dilihat dalam satu tampilan dasbor. Ini memudahkan Anda untuk mengembangkan strategi penjualan yang lebih baik.

6. Meningkatkan Penjualan

Aplikasi penjualan memberikan laporan penjualan yang akurat dan data-data realtime seperti produk yang paling laku terjual, waktu ramai pengunjung di toko, dan lainnya. Dari data tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Penjualan Barang?

aplikasi penjualan kasir

Ilustrasi Menggunakan Aplikasi Penjualan Barang

Aplikasi penjualan yang berguna untuk mendigitalkan proses penjualan sehingga dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien. Selain itu masih ada banyak manfaat yang didapatkan oleh bisnis menggunakan aplikasi catatan penjualan ini.

Apa saja manfaat yang akan dirasakan ketika menggunakan aplikasi penjualan?

  • Efisiensi Produksi, Penjualan dan Distribusi
  • Mencatat semua keperluan pelanggan secara otomatis pada sistem, sehingga mudah untuk memahami tren pasar atau kebiasaan belanja prospek yang potensial
  • Mendapatkan wawasan bisnis yang lebih rinci dan akurat melalui channel penjualan
  • Memantau kinerja dan kualitas tim secara teratur
  • Mempercepat dan menyederhanakan proses transaksi penjualan dan pembelian
  • Kelola stok barang secara otomatis
  • Menghemat waktu, energi, dan biaya yang memiliki dampak pada peningkatan produktivitas
  • Pantau dan analisa bisnis lebih mudah dari mana saja dan kapan saja dibutuhkan, hanya dengan menggunakan smartphone
  • Meminimalkan kesalahan manusia yang berisiko merusak bisnis atau pelanggan seperti kesalahan input data, kesalahan perhitungan dan lainnya.
  • Tingkatkan Perusahaan Penjualan dan Penghasilan

Baca Juga: 13 Coffee Shop di Bandung Hits dan Instagramable Buat Santai

5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Barang untuk Bisnis Anda

Saat ini ada banyak varian aplikasi penjualan barang yang ditawarkan untuk membantu operasional bisnis Anda. Sayangnya, tidak semua aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi dari kami:

1. Toast

Toast merupakan aplikasi POS yang dirancang untuk digunakan oleh restoran yang berbasis di Amerika Serikat. Muncul dengan serangkaian fitur ekstensif yang membantu pengguna dalam memperbarui akun mereka sambil meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini secara efektif mengelola sebuah usaha, termasuk stok, pemesanan, dan manajemen pemesanan online.

Alat ini juga menghemat waktu Anda dan meningkatkan kemampuan bisnis Anda, serta membantu perusahaan Anda berkembang.

Aplikasi Penjualan Barang Toast (Sumber: Financesonline.com)

2. Vend

Solusi iPad POS terkemuka, Vend merupakan salah satu aplikasi penjualan populer di kalangan pengusaha ritel. Ia mampu menangani tugas-tugas seperti inventaris, penjualan, dan manajemen pelanggan. Alat yang dapat disesuaikan, Anda dapat menggunakan sistem persis seperti yang Anda inginkan.

Anda dapat menyesuaikan layar untuk membuat semua alat yang dibutuhkan mudah dijangkau saat memilih antara dua jenis metode entri data – dengan layar sentuh atau mouse dan keyboard. Integrasi platform dengan WooCommerce telah memberinya lebih banyak fitur untuk dapat melayani penjual online.

Aplikasi Penjualan Barang Vend (Sumber: Financesonline.com)

3. CybersysPOS

Cybersys POS adalah aplikasi Point Of Sales yang dirancang khusus untuk usaha kecil, apa pun jenisnya. Sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan seperti kedai kopi, restoran, toko perhiasan dan toko peralatan olahraga. Ini sangat fleksibel, dengan pengguna dapat menyesuaikan sistem sesuai keinginan mereka. Produk ini dilengkapi dengan perangkat keras yang mencakup barcode scanner, cashdrawer, dan printer struk dan label.

Aplikasi Penjualan Barang CybersysPOS (Sumber: Financesonline.com)

4. Square

Aplikasi penjualan barang Square adalah aplikasi selanjutnya yang layak untuk dilihat. Anda dapat menggunakan sistem untuk memproses pembayaran langsung dari toko Anda atau saat berada di lapangan karena aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. Ini menawarkan penjualan real-time dan pelacakan stok, bersama dengan manajemen barang belum lagi pemrosesan pembayaran kartu kredit.

Aplikasi Penjualan Barang Square (Sumber: Financesonline.com)

5. Beepos Desktop dan Mobile

Beepos merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih selain dari daftar di atas. Kenapa demikian? Karena Beepos merupakan salah satu produk asli buatan tangan anak Indonesia, yang didesain untuk keamanan dan kecepatan dalam bertansaksi.

Segala fitur telah tersedia mulai dari sistem keamanan, kecepatan penjualan, akurasi pencatatan, pengelola inventaris realtime, laporan keuangan lengkap, hingga integrasi dengan accounting. Anda pasti menginginkan sebuah aplikasi yang tidak hanya menangani penjualan saja, melainkan menangani keuangan pula.

Beepos yang telah terintegrasi dengan akuntansi, dapat memudahkan Anda dalam mencatat segala keperluan keuangan sehingga Anda dapat meminimalisir kerugian dalam bisnis Anda.

Kesimpulan

Aplikasi penjualan barang memudahkan para pengusaha dalam menangani masalah penjualan yang sering dihadapi seperti pencatatan manual, kelambatan transaksi, penulisan struk secara manual, dan masih banyak lagi. Aplikasi penjualan memberikan keuantungan dan juga manfaat sehingga Anda tidak perlu lagi mengalami hal-hal tersebut.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi terbaik dari daftar di atas. Beepos merupakan karya anak Indonesia sangat perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda masih ragu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu karena beepos menyediakan fitur trial.

Coba gratis Beepos sekarang! Info selengkapnya klik gambar di bawah ini!

Aplikasi-Catatan-Penjualan-Harian-Akurat-Langsung-Tahu-Laba-Rugi

 

Aplikasi Kasir Coffee Shop untuk Tingkatkan Penjualan Anda
Aplikasi kasir coffee shop saat ini sudah banyak bermunculan dimana-mana. Mereka semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberi kemudahan
Baca Juga
SPG Adalah: Perbedaan Sales, Jenis, Fungsi dan Tugasnya
Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan menggunakan jasa SPG.
Baca Juga
Contoh Pasar Monopoli di Indonesia dan Luar Negeri
Persaingan yang ada di pasar monopoli biasanya tidak sempurna sebab hanya ada satu produsen yang bisa menetapkan harga suatu produk.
Baca Juga
Transaksi Adalah: Pengertian, Jenis, Metode & Dokumennya
Transaksi adalah salah satu kegiatan manusia yang sejak awal keberadaannya, memenuhi kebutuhan setiap individu dan membutuhkan bukti transaksi untuk menunjang
Baca Juga
5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko
Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke
Baca Juga
Pentingnya Menggunakan Software Perusahaan Dagang
Setiap usaha selalu memiliki beberapa kegiatan operasional untuk menjulang berjalannya usaha. Terutama perusahaan dagang. Banyak sekali bisnis yang saat ini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu