Logo Bee Web

13 Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga

Punya modal pas-pasan bulan lagi menjadi kendala, Anda bisa mencoba deretan usaha kecil kecilan ini untuk mendapatkan cuan yang besar.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 16 October 2023

Semua orang bisa menjalankan bisnis, baik mahasiswa maupun ibu rumah tangga, Salah satu solusi yang paling menarik adalah menjalankan usaha kecil-kecilan. Usaha kecil-kecilan tidak hanya memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu.

Tetapi juga dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan jika dijalankan dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 13 usaha kecil-kecilan yang sesuai untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan mereka atau ibu rumah tangga yang ingin memanfaatkan keterampilan dan waktu senggang mereka.

Dari jasa hingga perdagangan, kami akan mengulas berbagai peluang bisnis yang dapat dijajaki dengan potensi dan tantangannya masing-masing. Ada usaha apa saja?

Rekomendasi Usaha Kecil Kecilan untuk Pemula

Berikut beberapa rekomendasi bisnis kecil-kecilan yang bisa dijalankan untuk pebisnis pemula:

1. Catering Rumahan

Bisnis katering rumahan adalah peluang yang bagus karena banyaknya permintaan untuk makanan lezat dalam berbagai acara kecil seperti ulang tahun, pertemuan, atau pesta. Anda dapat memilih untuk fokus pada jenis masakan tertentu atau menawarkan pilihan makanan sehat.

Tantangan dalam bisnis ini adalah persaingan yang ketat di pasar makanan, perlu mengatur waktu dengan baik untuk menghadapi pesanan berbeda-beda, dan menjaga kualitas makanan agar pelanggan selalu puas.

2. Jasa Desain Grafis

Ide Usaha Jasa Desain Grafis Untuk Mahasiswa

Jasa Desain Grafis (Credit: Freepik.com)

Selanjutnya adalah jasa desain grafis, menawarkan jasa desain grafis adalah peluang yang menarik di era digital saat ini. Anda dapat menciptakan logo, brosur, poster, atau konten media sosial untuk berbagai klien.

Meskipun potensi pendapatan cukup besar, Anda harus bersaing dengan banyak desainer lainnya, memiliki keterampilan desain yang kuat, dan menginvestasikan dalam perangkat lunak dan peralatan yang diperlukan.

3. Jualan Online

Berjualan online melalui platform seperti Tokopedia, Shopee, atau Instagram merupakan cara yang populer untuk memulai bisnis dengan modal yang terjangkau. Anda dapat menjual berbagai produk, dari fashion hingga kerajinan tangan.

Tantangannya adalah bersaing dengan banyak penjual online lainnya, menjaga manajemen stok yang baik, dan menguasai seni pemasaran online agar produk Anda dikenal oleh banyak orang.

4. Kursus Online

Dalam era pembelajaran online yang terus berkembang, menjadi instruktur kursus online adalah peluang bisnis yang menarik. Khususnya Anda yang saat ini masih menjadi mahasiswa.

Anda dapat mengajar dalam bidang yang Anda kuasai, seperti bahasa, musik, atau keterampilan komputer. Namun, Anda harus bersaing dengan platform pembelajaran besar, menyediakan konten yang berkualitas, dan memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk menarik siswa.

Baca Juga: 10 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing 2023

5. Penjahit dan Jasa Jahit

Usaha kecil kecilan selanjutnya cocok untuk ibu rumah tangga, yakni membuka usaha jasa. Bisnis jasa penjahit memiliki potensi yang stabil karena selalu ada permintaan untuk perbaikan pakaian, pembuatan pakaian kustom, atau kostum.

Anda akan bersaing dengan penjahit lokal lainnya, jadi penting untuk memiliki keterampilan jahit yang baik, peralatan yang memadai, dan pelayanan pelanggan yang ramah.

6. Jasa Pembersihan Rumah

Ide Usaha Jasa Bersih Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Jasa Bersih Rumah (Credit: Freepik.com)

Dengan kesibukan bekerja, banyak orang mencari bantuan dalam menjaga rumah tetap bersih. Menawarkan jasa pembersihan rumah dapat menjadi bisnis yang stabil. Tantangannya adalah bersaing dengan penyedia jasa lokal, mengatur jadwal pembersihan dengan baik, dan memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas kepada pelanggan.

7. Toko Tanaman Hias

Dalam tren perkebunan yang semakin populer, memiliki toko tanaman hias bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Anda dapat menjual berbagai jenis tanaman dan perlengkapan berkebun.

Sambil memberikan tips perawatan kepada pelanggan. Tantangannya adalah memahami jenis-jenis tanaman dan perawatannya, serta menciptakan strategi promosi yang kreatif untuk menarik pembeli.

8. Jasa Penulisan

Rekomendasi bisnis kecil kecilan dirumah yang menguntungkan adalah membuka jasa penulisan, bisa berupa artikel, copywriter dan lain sebagainya. Konten adalah raja, dan banyak bisnis dan individu mencari penulis untuk menciptakan konten berkualitas.

Anda dapat menawarkan jasa penulisan artikel blog, konten situs web, atau konten media sosial. Tantangannya adalah bersaing dengan penulis lainnya, memiliki kemampuan menulis yang baik, dan memahami kebutuhan klien untuk menghasilkan konten yang relevan dan menarik.

Beecloud Untuk Pencatatan Keuangan Usaha Kecil

9. Jasa Fotografi

Acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau sesi foto keluarga, jasa fotografi profesional selalu dibutuhkan. Bisnis ini memerlukan investasi dalam peralatan fotografi yang baik dan keterampilan editing. Tantangannya adalah bersaing dalam industri yang kompetitif, membangun reputasi sebagai fotografer yang handal, dan menjaga kualitas hasil foto.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya

10. Konsultasi Keuangan

Banyak individu dan bisnis kecil mencari bantuan dalam mengelola keuangan mereka. Sebagai konsultan keuangan, Anda dapat membantu klien membuat anggaran, perencanaan keuangan, dan pengelolaan investasi.

Tantangan dalam menjalankan bisnis ini adalah memahami tata kelola keuangan yang baik, membangun reputasi sebagai konsultan yang terpercaya, dan menyesuaikan solusi keuangan dengan kebutuhan unik masing-masing klien.

Tentu, berikut adalah penjelasan singkat untuk masing-masing dari 3 usaha dagang tambahan:

11. Toko Online Fashion

Toko Online Fashion Adalah Ide Bisnis Di Rumah

Toko Online (Credit: Freepik.com)

Menjalankan toko online fashion memungkinkan Anda untuk menjual berbagai produk fashion seperti pakaian, sepatu, atau aksesori secara daring. Potensi bisnis ini adalah kemampuan untuk menyesuaikan inventaris dengan tren fashion yang berubah dengan cepat.

Anda dapat mengembangkan merek dan gaya unik Anda. Tantangannya adalah persaingan yang sengit, menjaga kualitas produk, serta harus selalu memahami dan mengikuti tren fashion terbaru.

12.Toko Mainan dan Barang Perlengkapan Bayi

Usaha kecil kecilan berikutnya adalah menjual mainan anak-anak, perlengkapan bayi, dan barang-barang parenting adalah bisnis yang menjanjikan, terutama di kalangan orang tua muda.

Anda dapat menawarkan produk berkualitas tinggi dan aman untuk anak-anak, serta memberikan saran dan panduan kepada pelanggan. Tantangannya adalah bersaing dengan toko besar yang menawarkan harga kompetitif, serta perlu memahami dan mematuhi regulasi keselamatan produk anak-anak yang berlaku.

13. Toko Barang Bekas (Secondhand)

Menjual barang-barang bekas yang masih dalam kondisi baik, seperti pakaian, perabotan rumah, atau peralatan elektronik bisa menjadi potensi bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini semakin populer karena harganya yang terjangkau dan dampak positifnya terhadap lingkungan.

Tantangannya adalah menemukan sumber barang berkualitas, mengelola inventaris dengan baik, dan membangun reputasi sebagai penjual barang bekas yang terpercaya. Anda tidak harus membeli produk terlebih dahulu, Anda bisa menjadi perantara antara pemilik barang dan customer.

Kesimpulannya

Sekian informasi tentang rekomendasi usaha kecil kecilan yang bisa dicoba berbagai kalangan. Anda bisa menggunakan software akuntansi online untuk membantu mengelola bisnis yang sudah Anda rintis.

Software ini memberikan banyak keuntungan, termasuk pemantauan real-time, pelaporan yang tepat waktu, penghematan waktu, dan mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pencatatan keuangan.

Namun, penting untuk memilih dengan bijak, mempelajarinya dengan baik, dan menggunakannya secara optimal. Selain itu, penting untuk menjaga keamanan data dan selalu memperbarui software agar dapat mengambil manfaat penuh dari fitur-fitur terbaru.

Dengan dukungan pelanggan yang baik, integrasi yang cerdas, dan analisis data yang canggih, penggunaan software akuntansi online dapat memberikan dorongan besar bagi efisiensi dan kesuksesan bisnis Anda.

7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Importir Adalah: Prosedur & Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peran dan pentingnya seorang importir dalam perdagangan internasional. Importir adalah tokoh kunci
Baca Juga
Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan
Elastisitas permintaan ini biasanya akan muncul akibat adanya harga suatu barang yang berpengaruh terhadap permintaan para konsumen. Apabila harga turun
Baca Juga
Peran dan Tugas Consignee dalam Penerimaan Barang
Consignment atau konsinyasi adalah suatu sistem bisnis di mana pihak yang menyediakan barang (consignor) menyerahkan barang kepada pihak yang akan
Baca Juga
7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Jastip (Jasa Titip)
Memulai bisnis saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional, seperti membuka toko dan mulai berjualan. Saat ini, bisnis bisa
Baca Juga
Ketahui 11 Fungsi Feedback untuk Bisnis Anda
Hasil atau efek yang disebabkan dari penerimaan atau penolakan pesan di dalam proses komunikasi merupakan penjelasan tentang fungsi feedback atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu