🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023

Cari ide bisnis makanan kekinian, berikut rekomendasi untuk Anda. Mulai dari makanan Korea, China, western, lokal ada semuanya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 February 2023

Ingin memulai bisnis dan bingung mau cari ide bisnis makanan apa, simak beberapa rekomendasi di bawah ini. Lengkap dari mulai bisnis makanan kekinian, Korean, western sampai lokal yang dijamin laris dipasaran.

Ide Bisnis Makanan Kekinian Paling Laris

Contoh Produk Frozen Food

Contoh Frozen Food Bisa Jadi Ide Bisnis Makanan Kekinian (Sumber: Freepik.com)

Rekomendasi ini cocok di lidah masyarakat Indonesia, sehingga tidak salah untuk dicoba, berikut selengkapnya:

1. Frozen Food

Ide bisnis makanan pertama adalah frozen food, dimana jenis bisnis ini cocok untuk dijadikan ide bisnis makanan online yang mulai tinggi peminat setelah pandami covid 19.

Ada beragam jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai frozen food, mulai dari makanan ringan dimsum, sosis, bakso sampai pada masakan berat, seperti rendang dan beberapa makanan lainnya.

Bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga yang bisa menyalurkan hobi masaknya menjadi bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan.

2. Cemilan Pedas

Berikutnya adalah ide bisnis makanan ringan dengan cita rasa pedas. Sudah menjadi rahasia umum jika mayoritas masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas, seperti sambal yang selalu hadir sebagai lauk pendamping ketika makan.

Cemilan pedas ini juga menjadi primadona konsumen dari berbagai kalangan. Kini ada banyak sekali jenis cemilan pedas yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis, seperti basreng pedas, mie gulung pedas, keripik pedas dan masih banyak lagi lainnya.

3. Kentang Spiral

Selanjutnya ada kentang spiral sebagai rekomendasi ide bisnis makanan kekinian yang bisa dicoba. Kentang spiral sendiri merupakan jajanan asal Korea Selatan yang digemari masyarakat Indonesia.

Bahannya cukup sederhana, Anda hanya membutuhkan kentang dan bumbu penyedap rasa sebagai bahan dasar pembuatannya. Sehingga, bisnis ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis dengan modal kecil.

4. Corn Dog

Ide Bisnis Makanan Kekinan

Potret Corn dog Varian Mini (Sumber: Freepik.com)

Masih dengan jajanan asal negeri ginseng, corn dog menjadi rekomendasi berikutnya. Corn dog sendiri bisa dikatakan sebagai gorengan karena memang dalam proses pembuatannya corn dog digoreng baru diberikan toping yang beragam.

Dengan bentuknya yang menarik mudah dibawa kemana-mana menjadikan corn dog menjadi makanan yang juga digemari masyarakat Indonesia.

5. Dimsum

Jika sebelumnya adalah makanan dari Korea Selatan, kini beralih pada negara tetangganya yakni China, dengan makanannya yang bernama dimsum.

Seiring berjalannya waktu dimsum memiliki banyak sekali jenisnya, ada yang dikukus ada juga yang direbus dengan bahan dasar yang beragam.

Ide bisnis makanan dimsum ini juga bisa dijadikan sebagai frozen food, yang nantinya bisa dipasarkan secara online.

7. Risol Mayo

Ide bisnis makanan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah bisnis risol mayo. Makanan sejenis lumpia yang memiliki kulit lebih basah yang dilapisi dengan tepung roti.

Dengan isian beragam, bisa telur, daging asap, dan tidak lupa mayonaise sesuai dengan namanya.

Tidak ada isian paten yang ditetapkan untuk risol ini, Anda bisa kreasikan sesuka hati, bisa diisi dengan ayam jamur, lasagna, daging burger, sayuran, rebung dan masih banyak lagi.

6. Baby Crabs

Bisnis Makanan

Buka Usaha Makanan Baby Crabs Modal Kecil Untung Besar (Sumber: Freepik.com)

Ide bisnis makanan selanjutnya masih berasal dari negara tirai bambu, baby crabs makanan street food China yang berasal dari olahan bayi kepiting.

Makanan ini juga sudah menjadi perbincangan banyak orang di media sosial, sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka bisnis ini.

8. Croffle

Rekomendasi bisnis selanjutnya adalah croffle, makanan yang ditemukan oleh Louise Lennox, seorang koki asal Irlandia ini sukses dipasaran Indonesia, dengan cita rasa gurih dan manis secara bersamaan menjadikan croffle banyak diminati masyarakat Indonesia.

Bahan dasar dari croffle sendiri hampir sama dengan cemilan croissant namun dicetak menggunakan alat pencetak waffle. Terdiri dari tepung, garam air dingin, butter, gula, ragi dan susu.

Anda bisa mengoperasikannya dengan menggunakan bahan lainnya, agar bisa dijual dengan harga bersaing.

9. Brownies

Berikutnya ada brownis, meskipun brownies bukan makanan baru di masyarakat Indonesia, eksistensi brownies di pasaran tidak bisa diremehkan. Karena peminatnya masih terus bertambah apalagi dengan varian toping yang semakin beragam.

Untuk bisnis, Anda bisa menjual dengan ukuran kecil (satu gigitan) agar konsumen ketagihan dan Anda bisa memasang harga yang murah, sehingga konsumen tidak merasa terbebani ketika membeli jajanan yang Anda jual.

10. Churros

Churros

Potret Cemilan Churros yang Digemari Berbagai Kalangan (Sumber: Freepik.com)

Selanjutnya ada Churros, Ide bisnis makanan ini cocok dijual menjadi jajanan anak-anak, dengan tekstur renyah diluar dan lembut didalam lengkap dengan toping coklat dan gula halus, yang pastinya disukai anak-anak.

Jajanan asal Spanyol ini dibuat secara sederhana dan cepat, sehingga Anda yang ingin berbisnis makanan churros tidak perlu merasa direpotkan dalam urusan operasional.

11. Dessert Box

Masih rekomendasi ide bisnis makanan manis, dessert box bisa menjadi ide bisnis selanjutnya yang cukup digandrungi oleh masyarakat.

Dessert box ini berisi paduan kue, whipped cream, coklat berlapis-lapis yang dimasukkan dalam sebuah box.

Pemasarannya juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa secara offline atau online, Asalkan Anda bisa menjamin kondisi dessert box Anda aman sampai tujuan dan tidak basi.

Cara Kelola Bisnis Online & Offline Untuk Bisnis Makanan

Ide Jualan

Berikan Pelayanan Baik Solusi Sukses Kelola Bisnis Makanan (Sumber: Freepik.com)

Baik baru saja membantungun bisnis makanan atau sudah melaksanakannya ada 5 hal yang wajib dilakukan, agar bisnis bisa dikelola dengan mudah dan efisien. Berikut diantaranya:

1. Menyiapkan Rencana Bisnis

Setiap bisnis yang dibangun perlu menyiapkan rencana yang matang, selain fokus pada produk yang akan ia jual. Sebab, dalam mengelola bisnis ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan.

Seperti pemulihan struktur bisnis, bagaimana cara mengelola keuangan, siapa target market yang akan dituju, bagaimana melakukan promosi, bagaimana cara menyesuaikan stok, bagaimana pelayanan nanti.

Persiapan awal ini menjadi penentu bagaimana bisnis Anda bisa bertahan ditengah persaingan bisnis yang ketat. Dengan kompleksnya urusan yang diurus pebisnis biasanya mereka cenderung stuck dan tidak bisa berkembang karena terlalu fokus dengan satu masalah saja.

Mengatasi masalah itu, Anda bisa memanfaatkan software kasir cafe Beepos yang bisa membantu Anda mengelola berbagai urusan teknis yang harus kalian urus, sehingga kalian bisa fokus untuk merencanakan bagaimana pengembangan bisnis dimasa depan.

Thumbnailvid Demo Aplikasi Kasir Cafe Shop

Software kasir cafe ini tidak hanya bisa untuk bisnis cafe saja, bisa untuk restoran, franchise dan beragam bisnis lainnya yang produknya berupa makanan dan minuman.

Adapun urusan teknis yang bisa dikelola dengan Beepos meliputi laporan penjualan, stok yang sudah pasti klop dengan data transaksi, hpp otomatis sesuai resep, nota, setting promo dan beragam laporan keuangan yang sudah terintegrasi dengan akuntansi.

Sudah saatnya Anda fokus pada pengembangan bisnis daripada urusan teknis. Cukup gunakan Beepos, bisnis jalan omset lancar.

2. Sigap dengan Perubahan Pasar

Hal kedua, yang perlu diperhatikan adalah perubahan pasar, sikap sigap ini harus dimiliki setiap pebisnis. Sebab, perubahan pasar akan terus terjadi bahkan beberapa tidak bisa diprediksi.

Jika perubahan pasar terjadi, maka Anda perlu melakukan perubahan strategi agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

3. Analisa Kompetitor

Selanjutnya adalah, pebisnis perlu terus menerus melakukan analisa kompetitor. Hal ini tidak bisa hanya dilakukan satu kali saja ketika akan membangun bisnis, tapi dilakukan seterusnya.

Gunanya apa? Agar Anda tahu apa saja yang dilakukan kompetitor untuk mengembangkan bisnis mereka, dan Anda siap untuk melakukan perubahan dan perbaikan, agar tidak kalah saing.

Tentunya, cara yang digunakan adalah cara yang baik. Fokus memperbaiki diri dan jadikan kompetitor sebagai motivasi.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Berikutnya adalah pelayanan yang baik, ini bisa diterapkan untuk jenis bisnis online atau bisnis offline. Karena cara pelayanan akan sangat menentukan kepuasan dari konsumen.

Dimana, jika konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka berpotensi untuk kembali bahkan mempromosikannya dengan sukarela kepada kerabat terdekat mereka.

5. Rajin Promosi

Terakhir adalah promosi, dengan tujuan agar konsumen sadar akan keberadaan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan terbangunnya kesadaran ini konsumen bisa lebih percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

Sekian informasi tentang ide bisnis makanan dan tips pengelolaannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

7 Ide Bisnis Kuliner Pinggir Jalan dan Tips Suksesnya
Mencari tempat sewa untuk membuka bisnis memang terbilang sulit. Belum lagi keterbatasan modal yang dimiliki, sehingga tak heran jika saat
Baca Juga
Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena
Baca Juga
Bisnis Rice Bowl Rumahan: Peluang dan Tips Sukses
Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis rice bowl rumahan? Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis yang mencari peluang baru, menu
Baca Juga
Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks
Apakah kalian tahu Starbucks? Mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu kedai
Baca Juga
17+ Ide Jualan Jajanan Ringan Kekinian, Cocok Jadi Cemilan!
Pengen buka usaha rumahan, usaha sampingan, usaha modal minim untung besar? Jualan jajanan ringan bisa jadi pilihan Anda. Dimana jajanan
Baca Juga
Cara Menghitung Food Cost Bisnis Kuliner dan Contohnya
Food cost adalah aspek kritis dalam manajemen restoran, dengan menghitungnya Anda bisa mengetahui gambaran secara jelas mengenai efisiensi dan profitabilitas
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu