⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Cara Mendapatkan Uang dengan Bisnis Modal Kecil

Bisa dicoba cara mendapatkan uang dengan menjalankan bisnis skala rumahan dengan modal terbatas. Dari jualan online, reseller dan lainnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 March 2023

Ada banyak cara mendapatkan uang (bisnis) dengan modal yang terbatas. Di era digital hari ini berbagai peluang usaha terbuka dimanapun Anda berada. Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan menjalankan usaha skala rumahan.

Tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan agar bisnis yang dijalani berhasil. Maksimalkan segala potensi yang dimiliki termasuk gadget yang Anda pegang sekarang. Di bawah ini sudah dirangkum beberapa ide usaha modal kecil yang potensial.

Cara Mendapatkan Uang dengan Bisnis Modal Kecil

Jualan Online

Salah Satu Mendapatkan Uang dengan Cara Jualan Online/ Reseller (Credit: Unsplash)

Di era modern hari ini sebenarnya ada banyak cara cepat dapat uang dengan memanfaatkan internet. Dibawah ini adalah beberapa ide bisnis dengan modal sedikit yang sayang untuk dilewatkan.

1. Jualan Online

Berjualan online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Jika Anda belum memiliki dana untuk membuat e-commerce atau website toko sendiri, Anda bisa berjualan di marketplace ataupun media sosial secara gratis.

Pajang produk apa saja yang Anda jual secara online. Modal berjualan secara online lebih sedikit karena Anda tidak perlu repot memikirkan biaya sewa ruko dan lainnya.

Baca Juga: 9 Cara Jualan Online Untuk Pemula (Lengkap)

2. Menjadi Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari orang lain baik produsen atau supplier dengan harga lebih tinggi sehingga memperoleh laba. Kelebihan jenis usaha ini adalah tidak membutuhkan modal yang besar.

Anda juga lebih bebas mengatur besar laba yang ingin diraih. Berbagai produk seperti fashion, makanan, skincare, hingga kesehatan bisa dijual dengan skema reseller.

3. Bisnis Makanan Ringan

Analisis Swot Pada Bisnis Makanan Ringan

Bisnis Makanan Ringan Bisa Jadi Cara Mendapatkan Uang

Cara mendapatkan uang (bisnis) dengan modal kecil adalah bisnis makanan ringan seperti keripik. Bisnis keripik tidak membutuhkan modal besar karena bahan dasar yang digunakan bisa berupa singkong, pisang, umbi talas, dan lainnya.

Anda bisa mulai bisnis makanan ringan dengan membuat 30 bungkus keripik singkong. Bahan yang dibutuhkan hanya beberapa kg singkong saja. Berikan bumbu dengan rasa unik seperti coklat, gurih, pedas, keju dan sebagainya.

4. Bisnis Busana Pre Order

Bisnis fashion apalagi produksi baju memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun untuk mengakali hal tersebut Anda bisa membuat model pemesanan kaos pre order.

Artinya kaos baru Anda produksi ketika konsumen memesan produk. Sistem ini akan meminimalisir kerugian yang mungkin timbul apabila busana yang diproduksi tidak terjual. Buat batas minimum order agar pesanan bisa naik ke tahap produksi.

5. Jasa Titip

Bisnis jasa titip hari ini semakin populer apalagi semenjak era media sosial menjamur. Jenis bisnis ini sangat populer di media sosial Instagram. Kini orang yang sedang bepergian ke suatu daerah atau negara bisa menawarkan jasa titip beli kepada orang lain.

Pertama-tama Anda menunjukkan jenis produk apa saja yang bisa Anda beli di sana beserta harga barang. Kemudian berikan keterangan fee atau biaya jasa titip. Setiap orang yang ingin titip beli akan langsung mentransfer uang ke rekening Anda sehingga bisnis ini bisa dibilang hampir tanpa modal.

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Barang Bekas

Contoh kerajinan bahan bekas (sumber: Istockphoto)

Bisnis handicraft atau kerajinan tangan menawarkan peluang keuntungan yang cukup besar untuk digeluti. Terutama jika Anda memiliki hobi untuk membuat aksesoris buatan tangan seperti kerajinan tangan sulam, lilin aromaterapi, produk rajutan, buket bunga dan sebagainya.

Kelebihan bisnis kerajinan tangan adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Beberapa produk kerajinan tangan bahkan bisa memanfaatkan barang-barang bekas atau sisa. Kunci sukses bisnis kerajinan tangan adalah produk yang dibuat harus unik sehingga punya value tinggi.

Baca Juga: 10 Ide Kerajinan dari Bahan Bekas Beserta Potensinya

7. Usaha Sewa Barang

Jika Anda memiliki barang yang banyak dibutuhkan oleh orang, maka cobalah membuka usaha penyewaan barang. Beberapa barang seperti drone, kamera, proyektor, sound system, hingga kendaraan banyak disewakan hari ini.

Model penyewaan bisa harian, mingguan atau per berapa jam. Cara mendapatkan uang (bisnis) dengan sewa barang tergolong minim modal dan menawarkan keuntungan cukup besar.

8. Menjual Souvenir

Souvenir sangat banyak dicari untuk acara pernikahan, momen wisuda, penghargaan, perayaan hari besar dan sebagainya. Bisnis souvenir cukup menjanjikan apalagi modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Jenis souvenir yang dijual juga beragam mulai dari rangkaian bunga, kerajinan tangan, dan sebagainya.

9. Bisnis Copywriter SEO

Jenis bisnis minim modal berikutnya adalah bisnis yang menawarkan jasa, salah satunya yakni bisnis copywriter SEO.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi membuat semakin banyak orang membutuhkan jasa penulis lepas untuk mengisi konten pada website ataupun media sosialnya. Bisnis satu ini hanya membutuhkan perangkat seperti smartphone atau laptop dan koneksi internet saja.

10. Bisnis Kue

Cara mendapatkan uang

Ide Bisnis Bisnis Kue, Cocok Untuk yang Hobi Masak (Sumber: Freepik.com)

Hobi masak membuat kue? Bisnis modal kecil selanjutnya yang bisa dicoba adalah bisnis kue. Bisnis makanan memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi seperti kue yang sangat disukai oleh banyak orang.

11. Bisnis Pertanian Organik

Gaya hidup sehat atau healthy lifestyle hari ini semakin populer di tengah masyarakat. Banyak orang mulai menaruh perhatian terhadap kualitas makanan yang mereka konsumsi.

Makanan organik dari sayuran yang tidak disemprot pestisida maupun pupuk kimia semakin digemari. Anda yang memiliki hobi bercocok tanam bisa menjadi pertanian organik sebagai bisnis menjanjikan.

12. Bisnis Sablon Kaos

Cara dapat uang dengan bisnis modal terjangkau berikutnya adalah bisnis sablon kaos. Bisnis sablon kaos adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang menawarkan peluang menjanjikan. Apalagi mengingat potensi industri fashion tanah air yang cukup besar dengan jumlah penduduk hingga ratusan orang.

13. Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemahan cukup menjanjikan pundi-pundi uang yang lumayan besar. Anda bisa menawarkan jasa terjemahan dokumen, artikel dan berbagai teks lainnya. Jasa terjemahan bisa Anda tawarkan di media sosial, website atau situs freelance.

Tips Sukses Bisnis Untung Besar

Konsisten

Konsisten Kunci Penting Kembangkan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Menjalankan bisnis tidak bisa dengan modal semangat saja. Agar sukses dan bisnis berkelanjutan, Anda harus memahami tips mulai berbisnis seperti di bawah ini:

1. Konsisten

Cara mendapatkan uang (bisnis) yang pertama adalah konsistensi. Menjadi seorang pengusaha artinya Anda siap untuk bekerja keras meluangkan segala daya dan upaya. Ketika Anda memilih sebuah peluang bisnis, fokus kembangkan peluang tersebut hingga memberikan hasil yang diinginkan.

Sebaiknya difokuskan pada satu peluang bisnis terlebih dahulu hingga berhasil dan stabil baru kemudian kembangkan peluang lainnya.

2. Memanfaatkan Momen Sebaik Mungkin

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus bisa memanfaatkan setiap momen yang ada sebaik mungkin. Bahkan, seorang pengusaha yang cermat adalah mereka yang mampu menciptakan momen untuk menawarkan produk dan jasanya ke target konsumen.

Momen yang bisa dimanfaatkan seperti hari raya, hari kemerdekaan, momen tahun baru dan sebagainya. Misalnya momen bulan suci Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berbisnis kue lebaran, busana muslim, fashion, dan sebagainya.

3. Memiliki Manajemen Bisnis yang Baik

Tips sukses bisnis untung besar selanjutnya adalah memiliki manajemen bisnis yang baik, mulai dari pengeloaan stok, kemudian pencatatan transaksi, pembukuan alur keuangan sampai laporan keuangan.

Beberapa poin ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, Anda bisa mgatur stok barang di gudang dengan mudah, mencatat setiap transaksi sampai laporan laba rugi dan akuntansi yang bisa dibuat secara otomatis.

Dari laporan ini, Anda bisa memanajemen bisnis lebih mudah, Anda bisa memutuskan apa yang harus dilakukan pada pengembangan bisnis dari laporan keuangan ini. Menggunakan teknologi cloud dan diakses secara online, Anda bisa memantau bisnis dimana saja dan kapan saja.

Anda bisa mencoba berbagai jenis bisnis yang menawarkan peluang cukup menjanjikan. Selain mengetahui jenis bisnis apa yang ingin dijalankan, Anda juga harus memahami tips dan cara mendapatkan uang (bisnis) yang tepat agar sukses.

Artikel Terkait

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Faktornya
Menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah hal penting dalam bisnis. Pelanggan yang loyal akan menjadi aset berharga bagi
Baca Juga
9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
15 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis dan Cara Buatnya
Invoice pembayaran, atau faktur merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi antara pembeli dan penjual. Di dalamnya tercantum informasi
Baca Juga
Memahami Psikologi Warna Sebelum Membangun Brand
Penggunaan warna bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi, emosi, dan tindakan kita. Dalam
Baca Juga
Mengenal Psikologi FOMO sebagai Taktik Pemasaran yang Efektif
Dalam dunia pemasaran, strategi yang efektif menjadi kunci kesuksesan bisnis. Salah satu strategi yang sedang banyak dibicarakan dalam beberapa tahun
Baca Juga
13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu