Logo Bee Web

Inspirasi 11 Ide Bisnis Makanan Sehat yang Lagi Tren

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat, ini menjadi peluang ushaa bisnis makanan yang menarik dan menguntungkan
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 29 August 2019

Industri makanan dan minuman memang tidak akan ada habisnya. Walaupun menu yang sama sudah dijual di berbagai tempat dan gerai makanan atau minuman, tapi tetap saja masih banyak peminatnya alias laris manis. Bisnis makanan sehat bisa jadi solusi.

Jika Anda ingin membuka bisnis makanan sehat, sebaiknya ciptakan sesuatu yang berbeda dari makanan dan minuman lainnya dan bisa menghasilkan omset yang besar. Kini masyarakat semakin peduli dengan gaya hidup mereka. Olah karena itu, tren hidup sehat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tren gaya hidup yang sehat ini dinilai dapat menghindarkan seseorang dari risiko terserang penyakit yang berbahaya dan mematikan. Lalu, apa saja ide bisnis yang bisa Anda dapatkan dari ten gaya hidup sehat ini?

Ide Bisnis Dari Tren Makanan Sehat

ide bisnis katering makanan sehat dan higienis

ide bisnis katering makanan sehat dan higienis (Credit: Freepik.com)

Sesuatu yang unik dan tidak biasa memang tidak pernah sepi peminat. Ini karena banyak orang yang selalu tertarik ingin mencoba hal baru. Solusinya adalah Anda dapat menciptakan bisnis makanan yang berbahan dasar serta cara pengolahan yang sehat.

Selain untuk menyehatkan badan, dalam bisnis ini Anda juga bisa ikut memperbaiki gaya hidup yang kurang sehat. Berikut beberapa ide bisnis dari trend makanan sehat untuk Anda:

1. Bisnis Makanan dengan Menu Fusion Food

Pernah mendengar menu fusion food? Bagi Anda yang belum tahu, menu fusion food adalah menu makanan sehat yang berasal dari campuran dari dua atau lebih menu sehat. Untuk menciptakan makanan dengan menu fusion food tentu memerlukan kreatifitas yang tinggi.

Anda perlu memilih kombinasi makanan yang cocok serta rasanya yang akan disukai banyak orang. Para penikmat makanan dengan menu fusion food ini tidak hanya mementingkan tren makanan sehatnya, tapi juga cita rasa yang cocok di lidah mereka.

Untuk menarik minat pelanggan, Anda juga harus membuat tampilan yang menarik dan enak dipandang. Jika Anda dapat mengkombinasikan semuanya dengan baik, pastilah makanan buatan Anda akan laku keras.

2. Bisnis Makanan dengan Menu Fast Food yang Sehat

Makanan fast food memang tidak pernah sepi peminat. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sangat menyukai makanan fast food. Namun, makanan fast food ini tidak cocok dengan gaya hidup sehat.

Masalah ini bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis yang menguntungkan. Anda dapat menciptakan makanan fast food yang lebih sehat. Anda dapat membuat berbagai pilihan makanan sehat yang dapat disajikan dengan cepat.

Disini, lagi-lagi Anda harus menark minat para pelanggan dengan tampilan yang menggugah selera. Cita rasa yang tinggi serta kandungan nutrisi yang sehat pun harus diperhatikan dalam menyajikannya. Misalnya, Salad dan Sandwich bisa jadi inspirasi Anda dalam bisnis ini.

3. Bisnis Makanan dengan Menu Plant Based

Menu makanan plant based adalah menu makanan sehat yang digunakan untuk mengganti bahan makanan yang kurang sehat, misalnya daging. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging, tentu itu tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Anda dapat menyiasatinya dengan cara menciptakan makanan yang berbahan dasar sayuran namun cita rasanya sama seperti daging. Ide keatif menciptakan makanan sehat yang memiliki cita rasa sama dengan makanan aslinya.

Ini bisa Anda jadikan ide bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membuka gerai makanan sehat yang berbeda dari gerai makan lainnya. Burger dengan daging yang terbuat dari sayuran bisa jadi salah satu inpirasi Anda dalam menjalankan bisnis makanan ini.

4. Bisnis Makanan Organik

Trend Makanan Sehat

Ilustrasi makanan organik dan sehat (Credit: Freepik.com)

Masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan organik yang bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya. Ide bisnis makanan organik dapat melibatkan penjualan berbagai jenis makanan.

Mulai dari buah-buahan, sayuran, daging, hingga produk olahan organik. Fokuskan pada keberlanjutan dan kualitas tinggi untuk menarik konsumen yang peduli akan kesehatan dan lingkungan.

5. Bisnis Jus dan Smoothie Sehat

Minuman sehat seperti jus dan smoothie semakin populer di kalangan mereka yang menjalani gaya hidup sehat. Anda dapat membuka bisnis yang menyajikan berbagai varian jus buah, sayuran, atau smoothie dengan tambahan bahan-bahan superfood lainnya.

Anda juga bisa tambahkan opsi khusus, seperti jus detoks atau smoothie protein, untuk menarik minat pelanggan.

6. Bisnis Makanan Gluten-Free

Banyak orang yang menghadapi masalah intoleransi gluten atau memilih diet bebas gluten untuk alasan kesehatan. Membuka bisnis makanan gluten-free dapat menjadi peluang yang baik.

Sajikan berbagai hidangan, mulai dari roti, kue, hingga makanan berat, yang terbuat dari bahan-bahan bebas gluten namun tetap lezat.

Baca Juga: Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

7. Katering Makanan Sehat

Bisnis katering makanan sehat bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memberikan pilihan makanan sehat dalam berbagai acara, seperti pertemuan bisnis, pesta, atau acara keluarga.

Sediakan menu yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi, dengan opsi vegetarian, vegan, atau pilihan protein tinggi.

8. Toko Salad Build-Your-Own

Salad Makanan Sehat

Contoh salad Build-Your-Own (Credit: Freepik.com)

Ide bisnis dari trend makanan sehat selanjutnya adalah buat salad build your own. Caranya Anda bisa membebaskan pelanggan kebebasan untuk membuat salad sesuai dengan selera mereka dengan membuka toko salad build-your-own.

Sediakan berbagai jenis sayuran, protein, dressing, dan topping lainnya sehingga pelanggan dapat menciptakan salad sehat sesuai dengan keinginan mereka.

9. Bisnis Makanan Beku Organik

Masyarakat yang sibuk sering mencari opsi makanan cepat saji namun tetap sehat. Bisnis makanan beku organik dapat menyediakan opsi makanan siap saji yang sehat dan mudah disiapkan di rumah. Pastikan untuk menonjolkan kebersihan, keamanan, dan kelezatan produk Anda.

10. Warung Nasi Kecil dengan Porsi Sehat

Jangan hanya fokus pada makanan barat, ide bisnis makanan sehat juga dapat diaplikasikan pada makanan lokal. Buka warung nasi kecil yang menyajikan nasi dengan porsi sehat dan lauk yang rendah lemak.

Berikan pilihan lauk yang beragam, seperti sayuran, lauk protein rendah lemak, dan sambal organik.

11. Makanan Ringan Sehat

Bisnis makanan ringan sehat dapat mencakup berbagai produk, mulai dari kacang panggang, granola, hingga keripik sayuran. Pastikan untuk menekankan kualitas bahan baku dan kandungan nutrisi yang baik.

Kemas produk dengan menarik dan berikan informasi yang jelas tentang nilai nutrisi untuk menarik perhatian konsumen yang peduli akan kesehatan.

Beepos Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Food Beverage Fnb

Sekarang saatnya Anda berinovasi dalam industri makanan sehat. Selain ikut menyukseskan tren gaya hidup sehat, Anda pun mendapat keuntungan besar lainnya. Anda dapat menciptakan replika atau tiruan makanan dengan bahan dasar serta cara pengolahan yang sehat. Sudah terpikirkan ingin membuat replika makanan apa?

5+ Ide Jualan Makanan beserta Tips Strategi Jitunya
Ide jualan pada saat ini ada banyak variasi dan salah satu ide jualan yang menguntungkan saat ini adalah ide jualan
Baca Juga
Bisnis Rice Bowl Rumahan: Peluang dan Tips Sukses
Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis rice bowl rumahan? Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis yang mencari peluang baru, menu
Baca Juga
Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Contoh Sederhananya
Menentukan harga jual makanan yang tepat adalah salah satu langkah kunci untuk keberhasilan bisnis kuliner. Harga jual yang terlalu tinggi
Baca Juga
13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian
Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika
Baca Juga
13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga
7+ Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023
Setiap tahunya trend makanan yang lagi viral beragam, mulai dari makanan manis, asin, pedas hingga bercita rasa aneh pun viral.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu