🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

20+ Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Beserta Tipsnya

Temukan peluang bisnis yang cocok dengan minat dan bakat Anda dalam dunia usaha untuk ibu rumah tangga. selengkapnya cek disini.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Sunday, 3 September 2023

Pandemi global tahun 2019 lalu telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana kita bekerja dan menghasilkan pendapatan. Bagi para ibu rumah tangga, tantangan tersebut telah membuka pintu peluang baru dalam dunia usaha. Inilah penyebabnya sekarang makin banyak usaha untuk ibu rumah tangga.

Banyak dari mereka yang sebelumnya fokus pada peran sebagai ibu dan pendukung keluarga, kini berusaha menjalankan bisnis sambil tetap menjalankan tugas-tugas rumah tangga.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai ide usaha yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga.

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Inspirasi Usaha Makanan

Ilustrasi usaha ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan di rumah (Credit: Freepik.com)

Ketika berbicara tentang usaha untuk ibu rumah tangga, tidak sedikit yang meragukan kemampuan mereka dalam menghasilkan pendapatan yang signifikan. Namun, kenyataannya adalah banyak ibu rumah tangga yang sukses meraih kesuksesan melalui berbagai bisnis yang mereka dirikan.

Berikut adalah beberapa contoh usaha dengan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Jualan Makanan Ringan/Jajan

Bisnis jualan makanan ringan atau jajan adalah pilihan yang sangat potensial. Anda bisa menjual makanan ringan tradisional atau kue-kue homemade yang memiliki cita rasa unik.

Hal ini bisa menjadi cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari keluarga serta meraih keuntungan dari penjualan kepada tetangga dan teman.

Baca Juga: Toko Kelontong: Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

2. Jualan Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan seperti aksesori, dekorasi rumah, atau pakaian, Anda bisa menjual produk-produk tersebut secara online atau melalui acara lokal.

Kerajinan tangan memiliki nilai artistik yang tinggi, dan banyak konsumen yang tertarik pada produk yang unik dan buatan tangan.

3. Jasa Pijat

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang pijat dan relaksasi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka jasa pijat di rumah. Pijat adalah cara efektif untuk mengurangi stres dan ketegangan pada tubuh, dan banyak orang yang mencari layanan ini untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

4. Jasa Penitipan Anak

Bisnis penitipan anak adalah solusi bagi ibu rumah tangga yang memiliki pengalaman dalam merawat anak. Dengan memberikan lingkungan yang aman dan menyenangkan, Anda dapat membantu orangtua yang sibuk dalam menjaga anak-anak mereka sambil mereka bekerja.

5. Buka Layanan Laundry

Jasa Laundry Pakaian

Usaha laundry bisa jadi rekomedasi usaha di rumah saja (Credit: Freepik.com)

Jika Anda memiliki peralatan dan pengetahuan tentang proses mencuci yang baik, membuka layanan laundry bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Banyak orang yang tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka sendiri.

6. Jualan Online

Rekomendasi selanjutnya usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dari rumah adalah dengan jualan online. Di era digital ini, peluang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah semakin beragam.

Platform online seperti marketplace atau media sosial memungkinkan Anda untuk menjual berbagai produk dengan mudah. Anda bisa menjual barang-barang bekas, produk kerajinan tangan, atau bahkan produk-produk dari produsen lain sebagai reseller.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

7. Dropshipper

Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu menyimpan stok barang. Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk dari pemasok kepada calon pembeli. Setelah ada pesanan, pemasoklah yang akan mengurus pengiriman produk kepada pembeli.

8. Reseller

Sebagai reseller, Anda bisa menjual produk-produk dari pemasok dengan harga yang lebih tinggi. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki jaringan yang luas dan mampu memasarkan produk dengan baik.

9. Penulis Lepas

Jika Anda memiliki bakat dalam menulis, Anda bisa menjual jasa penulisan artikel, konten web, atau konten untuk media sosial. Banyak bisnis membutuhkan konten berkualitas untuk membangun kehadiran online mereka.

10. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian dalam desain grafis, Anda bisa menawarkan jasa desain logo, poster, pamflet, atau materi promosi lainnya kepada berbagai bisnis dan individu.

11. Translator, Jasa Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan dalam berbagai bahasa, Anda bisa menjadi penerjemah atau translator. Banyak perusahaan dan individu membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting.

12. Guru Privat

Jika Anda memiliki keahlian dalam mata pelajaran tertentu, Anda bisa menjadi guru privat. Ini bisa meliputi pelajaran akademis, seni, musik, atau bahkan keterampilan tertentu seperti memasak atau menjahit.

13. Membuat Kerajinan Tangan

Contoh Kerajinan Tangan

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba adala berkreasi dengan barang disekitar dengan menghasilkan kerajinan tangan (Credit: Freepik.com)

Jika Anda memiliki bakat dalam membuat kerajinan tangan, Anda bisa menjual produk-produk kreatif Anda secara online atau melalui acara lokal.

14. Pengusaha Kuliner

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, Anda bisa membuka usaha kuliner seperti jualan makanan siap saji atau katering. Makanan selalu menjadi kebutuhan utama, dan peluang di sektor ini cukup besar.

15. Jasa Laundry

Membuka jasa laundry adalah opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menawarkan layanan mencuci dan menyetrika pakaian kepada tetangga atau teman di sekitar Anda.

16. Jualan Makanan Online

Rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga yang lagi tren dan menguntungkan adalah dengan jualan makanan online. Di era yang serba digital ini, banyak orang mencari makanan lezat yang bisa diantarkan langsung ke rumah. Anda bisa menjual makanan favorit Anda secara online melalui platform pemesanan makanan.

17. Konsultan

Jika Anda memiliki pengalaman dalam bidang tertentu seperti keuangan, pemasaran, atau manajemen, Anda bisa menjadi konsultan yang memberikan saran dan panduan kepada bisnis-bisnis kecil.

18. Fotografi Nikahan atau Event

Jika Anda memiliki minat dalam fotografi, menjadi fotografer untuk acara seperti pernikahan atau event-event lainnya bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Foto-foto tersebut akan menjadi kenangan berharga bagi klien Anda.

19. Editor Video

Dalam dunia konten digital, video memiliki peran yang penting. Jika Anda memiliki keahlian dalam mengedit video, Anda bisa menawarkan jasa editing kepada Youtuber, content creator, atau bahkan individu yang membutuhkan video berkualitas.

20. Tour Guide

Jika Anda tinggal di daerah wisata, menjadi tour guide lokal bisa menjadi opsi yang menarik. Anda bisa membagikan pengetahuan Anda tentang tempat-tempat menarik di sekitar Anda kepada para wisatawan.

21. Buka Layanan Spa

Layanan spa dan perawatan diri semakin populer di kalangan orang yang ingin merelaksasi diri. Anda bisa membuka layanan spa di rumah atau menyediakan jasa pijat dan perawatan kulit kepada pelanggan.

22. Menjadi Food Blogger

usaha ibu rumah tangga

Ilustrasi Food Vlogger (Credit: Freepik.com)

Jika Anda memiliki minat dalam kuliner, menjadi food blogger bisa menjadi cara untuk menghasilkan pendapatan. Anda bisa membagikan resep-resep dan ulasan makanan melalui blog atau media sosial.

23. Youtuber

Jika Anda memiliki keterampilan dalam komunikasi dan keberanian untuk tampil di depan kamera, menjadi Youtuber bisa menjadi pilihan yang menarik. Anda bisa membuat konten video tentang topik yang Anda kuasai dan menghasilkan uang melalui iklan dan sponsor.

24. Bakat Memasak

Berikutnya usaha untuk ibu rumah tangga yang sesuai dengan minat dan bakat, penting untuk memilih usaha yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Ini akan membuat Anda lebih termotivasi dan merasa terlibat dalam usaha yang Anda jalani.

Jika Anda memiliki bakat dalam memasak, Anda bisa membuka usaha katering, jualan makanan, atau bahkan memberikan kursus memasak.

25. Bakat Menulis

Jika menulis adalah passion Anda, Anda bisa menjadi penulis lepas, content writer, atau bahkan menulis buku.

26. Bakat Desain

Jika Anda memiliki bakat dalam desain grafis atau desain interior, Anda bisa membuka jasa desain atau membuat produk-produk desain.

27. Bakat Mengajar

Jika Anda menyukai mengajar, Anda bisa membuka kursus atau pelatihan dalam bidang yang Anda kuasai.

28. Bakat Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, Anda bisa menjual produk-produk kreatif Anda atau bahkan memberikan kursus membuat kerajinan.

29. Bakat Menjahit

Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, Anda bisa membuka jasa jahit-memjahit atau menjual produk-produk fashion buatan sendiri.

Tips Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Ingin Memulai Usaha

Retribusi Adalah

Tips sukses bisnis ibu rumah tangga dari rumah (Credit: Freepik.com)

Memulai usaha tidak selalu mudah, terutama jika Anda memiliki tanggung jawab sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Namun, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memulai usaha dengan sukses:

1. Sesuai dengan Minat dan Kemampuan Anda

Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Ini akan membuat Anda lebih termotivasi dan merasa lebih mudah menghadapi tantangan.

2. Lakukan Riset Pasar Sebelum Memulai Usaha

Sebelum memulai usaha, lakukanlah riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi target pasar Anda. Ini akan membantu Anda dalam merancang produk atau layanan yang sesuai.

3. Buatlah Rencana Bisnis yang Matang

Rencana bisnis yang matang akan membantu Anda mengatur langkah-langkah yang harus diambil dalam menjalankan usaha. Ini juga akan membantu Anda dalam menghadapi situasi yang tidak terduga.

Jangan lupa susun rencana pengelolaan keuangan juga, dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan harga ratusan ribu saja sudah bisa Anda gunakan dan cocok untuk pebisnis pemula. Dilengkapi dengan banyak fitur unggulan mulai dari kontrol stok barang, laporan keuangan, POS dan masih banyak lagi. Cek selengkapnya pada banner di bawah ini:

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

4. Jangan Takut untuk Memulai

Menghadapi ketakutan dan keraguan adalah hal yang wajar ketika memulai usaha baru. Namun, jangan biarkan rasa takut tersebut menghentikan Anda. Percayalah pada diri sendiri dan tetap berani mengambil langkah pertama.

Kesimpulan

Dalam era modern ini, menjadi ibu rumah tangga tidak harus berarti mengorbankan ambisi karier. Dengan berbagai peluang usaha yang tersedia, ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan keterampilan mereka, sekaligus menjaga keseimbangan dengan tugas-tugas rumah tangga.

Mengenai "usaha untuk ibu rumah tangga," pilihan tergantung pada apa yang Anda inginkan dan mampu lakukan. Dengan tekad, kerja keras, dan kreativitas, Anda dapat meraih kesuksesan dalam dunia bisnis, mengukir cerita inspiratif untuk diri sendiri dan keluarga.

Artikel Terkait

13 Rekomendasi Usaha yang Jarang Rugi Untung Besar
Memiliki perasaan takut rugi ketika memulai bisnis rasanya sudah menjadi hal wajar, apalagi untuk pemula yang belum memiliki modal besar
Baca Juga
21+ Ide Jualan Makanan 1000an Paling Laris Untung Besar
Mau buka bisnis makanan tapi bingung modal pas pasan? Berikut ide jualan makanan 1000an dan beberapa franchise makanan murah. Ide
Baca Juga
8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam
Baca Juga
5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura
Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang
Baca Juga
Profesi Aktuaris Adalah, Kualifikasi Hingga Tantangannya
Di dunia keuangan, ada satu profesi yang memiliki peran penting dalam melindungi perusahaan dari risiko keuangan dan membantu perusahaan membuat
Baca Juga
7 Ide Bisnis Kuliner Pinggir Jalan dan Tips Suksesnya
Mencari tempat sewa untuk membuka bisnis memang terbilang sulit. Belum lagi keterbatasan modal yang dimiliki, sehingga tak heran jika saat
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Dalam dunia bisnis, laporan keuangan merupakan landasan vital yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan finansial suatu entitas. Format laporan keuangan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu