Logo Bee Web

11+ Rekomendasi Usaha Jangka Panjang di Desa

Hidup di desa tidak menutup kemungkinan jadi pengusaha, ada banyak sekali peluang usaha jangka panjang di desa, berikut listnya untuk Anda.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 7 December 2023

Hidup di desa tidak menjadikan Anda terbatas dalam membuka usaha, ada banyak sekali peluang usaha jangka panjang di Desa yang bisa Anda coba kapan saja. Mulai dari usaha jualan barang, menawarkan jasa dan masing banyak lagi lainnya.

Ada beberapa ide usaha yang memiliki peluang cukup baik jika dikelola di desa dalam artikel berikut ini, lengkap dengan tips suksesnya!

Peluang Usaha Jangka Panjang di Desa

Berikut beberapa ide bisnis di desa yang berpeluang untuk dikelola dalam jangka panjang:

1. Toko Kelontong

Ide Usaha Toko Kelontong

Ide usaha jangka panajang di desa yang bisa Anda coba ada toko kelontong (Credit: Freepik.com)

Rekomendasi ide usaha jangka panjang di desa pertama ada toko kelontong, pengertian toko kelontong sendiri adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, dari mulai keperluan rumah tangga, sekolah dan masih banyak lagi.

Bisnis ini cocok di buka di desa, sebab biasanya masyarakat desa cenderung jauh dari toko pusat ketika ingin mendapatkan produk yang mereka butuhkan. Usaha ini bisa Anda buka di depan rumah, sehingga pengelolaannya juga akan jauh lebih mudah.

Keuntungan dari usaha ini cukup banyak, seperti pendapatan yang stabil, peluang kemitraan dengan supplier lokal, dan pilihan belanja yang mudah dijangkau. Namun, tantangannya melibatkan persaingan dengan minimarket besar dan kebutuhan manajemen stok yang efisien.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik toko kelontong dapat fokus pada kebutuhan lokal, memberikan diskon atau paket hemat, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Baca Juga: Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis

2. Bengkel Motor

Selanjutnya, ada bengkel motor, usaha ini desa dapat menjadi ide bisnis yang memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Bisnis ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki keahlian mekanik sebelumnya, sehingga ketika bisnis dijalankan bisa jauh lebih mudah.

Keuntungan membuka usaha bengkel di desa adalah minimnya persaingan, dan tingginya kemungkinan jika usaha bengkel Anda menjadi prioritas masyarakat sekitar ketika ingin memperbaiki kendaraannya.

Sebab, mereka tidak perlu jauh-jauh ketika ingin memperbaiki kendaraan. Meskipun banyak hal yang menguntungkan, bisnis ini juga memiliki tantangan. Sehingga Anda perlu untuk membangun reputasi yang baik, menyediakan layanan yang cepat dan andal, serta aktif dalam promosi lokal.

3. Buka Bisnis Service

Berikutnya ada bisnis service, cangkupan bisnis service cukup luas dan bisa dilakukan untuk apa saja, seperti service HP, service barang elektronik, laptop dan lain sebagainya.

Dengan luasnya cakupan usaha servis Anda bisa menyesuaikan dengan dimana keunggulan Anda dalam menjalankan usaha ini. Memaksimalkan kemampuan dan layanan agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar.

Jika memang diperlukan, Anda bisa menggunakan software service Beeaccounting untuk mengelola operasional usaha lebih baik. Mulai dari catat orderan, cek history, hingga sistem manajemen order yang efektif, klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beeaccounting Service Solusi All In One Usaha Servis Web

4.Usaha Perlengkapan Pertanian

Kemudian, rekomendasi usaha jangka panjang di desa keempat ada bisnis perlengkapan pertanian, usaha ini cocok untuk desa yang mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai seorang petani.

Untuk memulai usaha ini Anda memahami kebutuhan petani lokal, kerjasama dengan supplier terpercaya, pemberian pelayanan konsultasi dan beberapa hal penting lainnya.

Selain itu, bisnis ini juga menguntungkan, mulai dari cakupan pasar yang besar, peluang untuk berkembang dengan pertumbuhan sektor pertanian, dan dukungan terhadap peningkatan produktivitas petani.

Di sisi lain, tantangannya melibatkan persaingan yang ketat dan fluktuasi harga komoditas. Oleh karena itu, pemilik usaha harus pandai-pandai mengenali kebutuhan petani lokal, menawarkan harga yang kompetitif, dan mengikuti perkembangan teknologi pertanian.

5. Usaha Peternakan

Selain pertanian, Anda juga bisa memulai usaha peternakan, usaha ini cukup potensial jika dilakukan di desa, dari mulai lingkungan, hingga sumberdaya pendukung lainnya.

Anda bisa memilih berbagai tipe dan jenis hewan yang akan diternak, apakah pemeliharaan untuk produksi daging, susu, atau produk peternakan lainnya. Bisnis ini cenderung stabil, peluang diversifikasi produk, dan kontribusi pada ekonomi lokal.

Meskipun demikian, tantangannya termasuk modal awal yang besar, risiko penyakit hewan, dan ketidakpastian harga pasar.

Untuk sukses dalam usaha peternakan, pemilik dapat melakukan riset pasar yang cermat, fokus pada jenis ternak yang cocok dengan lingkungan setempat, dan membangun jejaring dengan peternak lain.

6. Bisnis Kerajinan Budaya Lokal

Ide usaha jangka panjang di desa berikutnya ada bisnis kerajinan budaya lokal. Dimana sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia memiliki ratusan budaya bahkan di setiap desanya.

Dari sini, Anda bisa gali mana yang bisa dimanfaatkan dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi bisnis yang menjanjikan dan tentunya mensejahterakan masyarakat sekitar juga.

Anda bisa memulai usaha ini dengan bekerja sama dengan pengrajin lokal, kemudian mulai mengembangkan desain, penggunaan bahan lokal, dan promosi melalui platform online dan offline.

Selain menguntungkan dari segi ekonomi, usaha ini juga dapat menjadi salah satu media untuk menjaga warisan budaya, peluang untuk menarik wisatawan, dan meningkatkan ekonomi kreatif.

Baca Juga: 7 Cara Melestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis

7. Memanfaatkan Aset Lingkungan Sekitar

Usaha Di Desa

Bisnis jangka panjang di desa bisa dilakukan bersama-sama dengan memanfaatkan aset di sekitar (Credit: Freepik)

Kemudian ada usaha yang memanfaatkan aset lingkungan sekitar, hal ini sebenarnya berkaitan dengan rekomendasi usaha sebelumnya. Namun, cakupan peluang bisnis ini lebih luas tidak hanya sebatas kerajinan saja.

Aset ini bisa mencakup sumber daya alam, budaya, dan masyarakat itu sendiri. Bagaimana cara memulainya? Anda bisa memulai dengan melakukan identifikasi, menggandeng stakeholder sekitar, dan mulai menyusun skenario bisnis bersama dengan masyarakat.

Anda bisa menggunakan teori Asset Based Community Development (ABCD) untuk mendukung kelancaran rencana Anda dalam mengembangkan potensi desa.

8. Usaha Kuliner Sederhana (Bakso, Mie Ayam, dkk)

Selanjutnya, usaha kuliner sederhana seperti bakso, mie ayam, dan makanan sejenis dapat menjadi pilihan yang menarik di desa. Pilih jenis makanan yang digemari masyarakat sekitar dan umum digunakan sebagai opsi mereka ketika bosan dengan makanan rumahan.

Untuk memulai usaha ini Anda perlu melakukan riset mengenai resep, bagaimana pengelolaan kualitas bahan baku, dan kreasi dalam presentasi menu.

Dengan permintaan yang stabil, peluang untuk mengembangkan waralaba, dan kemungkinan menjadi destinasi kuliner lokal, usaha ini bisa disebut sebagai usaha yang potensial.

Meskipun begitu, tantangan di industri kuliner, perlunya menjaga konsistensi rasa, dan manajemen persediaan bahan baku yang efisien. Oleh karena itu,terus kembangkan bisnis, konsisten, jika perlu buat menu khas yang membedakan, memanfaatkan media sosial untuk promosi, dan menjaga kebersihan dan keamanan makanan.

9. Buka Pesanan Makanan

Selanjutnya buka pesanan makanan ringan seperti jajanan pasar dan sejenisnya. Masyarakat desa biasanya seringkali mengadakan acara syukuran, arisan, dan sejenisnya yang membutuhkan suguhan makanan.

Dengan membuka jasa ini, Anda bisa membantu pemilik acara dalam menyediakan makanan tersebut. Artinya, usaha Anda dibutuhkan dan sangat potensial untuk dikembangkan tentunya.

Tips sukses jalankan usaha ini adalah konsistensi rasa, kualitas bahan baku, harga yang kompetitif dan pelayayan yang ramah. Jangan lupa untuk terus belajar agar bisnis cepat berkembang.

10. Bisnis Agen LPG

Berlanjut pada ide bisnis lainnya yakni agen LPG di desa, dimana LPG sudah menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari keburuhan masyarakat di Indonesia, sehingga menjadi agel LPG menjadi salah satu ide menarik untuk memulai bisnis.

Anda perlu mendapatkan izin resmi, menyediakan fasilitas penyimpanan yang aman, dan memberikan layanan pengiriman yang tepat waktu, untuk memulai usaha ini, sehingga Abda bisa menjalankan bisnis secara efektif.

Keuntungan dari bisnis ini diantaranya pasar yang stabil, kebutuhan energi rumah tangga, dan peluang untuk menyediakan tabung isi ulang.

Tantangannya termasuk persaingan dengan agen lain, regulasi yang ketat, dan tanggung jawab keamanan yang besar. Untuk menghadapi hal ini, pemilik usaha dapat mengedepankan keselamatan, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan meningkatkan efisiensi distribusi.

12. Warung Sembako

Terakhir, warung sembako di desa dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat setempat. Konsepnya hampir sama dengan toko kelontong, namun lebih  mengarah pada produk sembako saja.

Untuk mencapai kesuksesan, pemilik warung sembako dapat memberikan layanan antar, menciptakan program loyalitas pelanggan, dan menjaga harga yang bersaing.

Dengan strategi yang tepat, usaha sembako dapat menjadi pijakan yang kokoh dalam membangun ekonomi desa yang berkelanjutan.

Nah, itu dia deretan rekomendasi ide usaha jangka panjang di desa yang bisa Anda coba, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang
Baca Juga
Contoh Kemasan Primer, Pengertian, Fungsi dan Jenisnya
Pada dasarnya setiap pelaku usaha wajib memahami apa itu kemasan primer?. Dimana elemen ini berperan sebagai pelindung pertama produk dari
Baca Juga
Syarat dan Cara Lapor Pajak Online untuk Pelaku Usaha
Pemerintah sudah menyediakan cara lapor pajak online untuk memudahkan proses pelaporan hingga pembayaran pajak bagi pengusaha atau individu, melalui layanan
Baca Juga
Fungsi Pengujian Produk, Prosedur, Metode dan Tipsnya
Pengujian produk adalah tahap kritis dalam siklus pengembangan produk yang tidak hanya menjamin kualitas, tetapi juga keberhasilan dan keamanan suatu
Baca Juga
8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar
Mengantongi modal kecil bukan penghalang untuk memulai bisnis. Sebab, banyak pilihan bisnis modal kecil yang keuntungannya menjanjikan seperti usaha di
Baca Juga
5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses
Bisnis rental mobil termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis di bidang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu