Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

7 Unsur-Unsur Manajemen Lengkap dengan Penjelasannya

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 31 October 2022

Selain diterapkan di dalam sebuah perusahaan atau bisnis, manajemen merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manajemen sendiri adalah kemampuan seseorang untuk memanage atau mengatur berbagai hal dengan baik dengan menerapkan unsur-unsur manajemen.

Setiap unsur manajemen tersebut akan membantu seseorang untuk menerapkan aspek ilmu ini dengan baik. Dengan pemahaman yang baik terhadap setiap unsur manajemen tersebut, tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya

Unsur Unsur Manajemen

Ilustrasi Manajemen (Sumber: Freepik.com)

Bicara mengenai unsur manajemen, setidaknya 7 unsur yang perlu diketahui. Unsur ini memikiki peranan yang penting dalam manajemen. Simak ulasan mengenai apa saja unsur manajemen beserta penjelasan unsur tersebut di bawah ini:

1. Man

Unsur manajemen menurut para ahli yang pertama ialah man atau manusia. Manusia menjadi unsur yang paling utama dalam sebuah manajemen. Dengan adanya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan unggul, maka tujuan atau target yang diharapkan bisa tercapai dengan lebih mudah.

Manusia tentu sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan atau pengoperasian. Kemudian karena sifat manusia yang beragam, sebuah manajemen sangat dibutuhkan untuk mengatur dengan tujuan untuk mendapatkan hasil optimal.

Baca Juga: Fungsi dan Pengertian Manajemen

2. Material

Material atau bahan menjadi unsur manajemen selanjutnya. Unsur yang satu ini berfungsi sebagai pendukung kegiatan. Pemilihan material dan bahan wajib diperhatikan dengan bijak sehingga tidak akan menyebabkan kerugian karena material yang tersisa.

Kemudian, manajemen material juga diperlukan dalam pemilihan berbagai bahan berkualitas tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu tips yang bisa dilakukan ialah memilih bahan dari pemasok yang telah memiliki reputasi yang baik.

3. Machine

Unsur Manajemen Mesin

Ilustrasi Manusia Mengoperasikan Mesin (Sumber: Pexels.com)

Machine atau mesin merupakan alat yang digunakan untuk memproduksi sesuatu. Mesin tersebut biasanya berupa peralatan maupun sistem teknologi yang akan mendukung proses agar menghasilkan barang.

Untuk membantu sebuah bisnis ataupun perusahaan untuk mendapatkan hasil maksimal, maka manajemen mesin diperlukan. Misalnya saja dalam pemilihan alat yang efektif yang dapat digunakan untuk waktu yang lama. Pengelolaan standar operasional alat yang digunakan juga tidak kalah penting.

4. Money

Sebuah manajemen yang baik juga memiliki unsur money atau uang yang tepat. Pengaturan unsur yang satu ini perlu dilakukan karena uang menjadi landasan dari berbagai aktivitas. Semua proses pekerjaan tentu akan membutuhkan uang seperti dalam pembelian peralatan ataupun jasa.

Pengelolaan uang dapat dilakukan dengan cara pembuatan anggaran yang cermat dan dikontrol secara rutin. Tidak hanya itu, penggunaan uang bijak juga akan membantu manajemen agar dapat berjalan secara optimal.

5. Method

Method atau metode menjadi unsur manajemen yang digunakan untuk mengatur sebuah proses. Dengan adanya sebuah metode, kegiatan bisnis dalam perusahaan bisa dilakukan dengan baik dan lebih efisien. Oleh karena itu, pemilihan atau pembuatan metode yang tepat adalah hal yang wajib dilakukan.

Salah satu contoh dari metode ialah adanya peraturan di dalam perusahaan terkait dengan jam kerja, jam istirahat, perizinan, dan lainnya. Tanpa adanya sebuah metode, tentu saja perusahaan tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

6. Market

Unsur Manajemen Target Market

Ilustrasi Target Market (Sumber: Freepik.com)

Pasar ataupun market menjadi salah satu dari 7 unsur-unsur manajemen yang wajib diketahui. Unsur ini meliputi strategi, perencanaan, dan pengendalian yang terkait dengan pemasaran. Biasanya, penyusunan strategi pasar mempertimbangkan berbagai hal termasuk target market dan kompetitor.

Teknik pemasaran yang baik akan membantu perusahaan untuk memaksimalkan penjualan barang atau jasa. Dengan adanya unsur ini, sebuah produk yang terjual pun membantu perusahaan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan produk tersebut.

7. Minutes

Ada pula minutes atau waktu yang menjadi unsur yang tidak kalah penting dalam sebuah manajemen. Dalam hal ini, memperhitungkan waktu agar bisa digunakan seefektif mungkin menjadi poin utama dalam pengelolaan waktu.

Minutes ini sangat berkaitan dengan pemanfaatan waktu dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan hasil yang optimal bagi bisnis atau perusahaan. Biasanya, minutes juga berkaitan tenggat waktu yang ada untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Baca Juga: Contoh Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Fungsinya

Kesimpulan

Terdapat 7 unsur-unsur manajemen yang harus diperhatikan untuk membantu mencapai sebuah target yang telah ditentukan. Setiap unsur pun harus dapat dikolaborasikan dengan baik sehingga pengelolaan sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Sebagai seorang pebisnis Anda juga harus tahu penerapan ilmu manajemen dalam perusahaan. Bentuk manajemen dalam satu perusahaan meliputi ; manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen pemasaran, manajemen informasi dll.

Manajemen keuangan merupakan divisi yang mengatur keluar masuknya uang perusahaan/cash flow. Cash flow merupakan darahnya suatu perusahaan. Karena itu mengontrol cash flow suatu keharusan. Jika laporan keuangan Anda masih menggunakan pembukuan manual tentu saja ini akan menjadi masalah tersendiri.

Karena bisa saja data yang disajikan tidak akurat dan tentu saja tidak realtime. Oleh karena itu saran saya gunakan software akuntansi untuk membantu Anda dalam mengontrol laporan cash flow perusahaan.

Banyak sekali software akuntansi yang bertebaran saat ini namun saah satu software akuntansi yang memiliki aftersales yang bagus dan juga bisa direquest sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda adalah Beeaccounting.

Beeaccounting ini adalah Software Akuntansi no 2 di Indonesia dengan harga yang sangat hemat. jika Anda ingin tanya-tanya terlebih dahulu silahkan hubungi customer servicenya di sini. Atau klik gambar du bawah ini!

Banner Fb Ba Ukm

Semoga artikel mengenai pengertian dasar-dasar manajemen ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Apa Itu Manajemen Operasional? Fungsi, Tujuan dan Peran Pentingnya
Selain manajemen keuangan dan pemasaran, peran manajemen operasional sangat penting dalam bisnis. Secara alami, manajemen operasional menentukan jumlah manfaat dan […]
Baca Juga
Balanced Scorecard Adalah: Pengertian dan 4 Perspektif di Dalamnya
Balanced scorecard adalah sistem yang berperan penting untuk mengukur kinerja perusahaan. Berikut ini pembahasan fungsi dan 4 perspektif di dalamnya […]
Baca Juga
5 Langkah Membuat Bisnis Plan Sederhana Beserta Contohnya
Anda mungkin pernah mendengar istilah "bisnis plan" saat bertemu dengan rekan bisnis, tetapi apa arti sebenarnya? Dan seperti apa contoh […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu