Pelajari 5 Tips Ini Jika Mau Sukses Bisnis BarberShop

Tuesday, 30 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tips sukses bisnis barbershop – Saat ini, bukan hanya kaum hawa saja yang peduli dengan penampilan mereka, namun kaum adam pun juga turut memperhatikan penampilan fisiknya. Katakanlah, model rambut mereka. Saat ini, berbagai model rambut berkembang di kalangan kaum adam. Mulai dari model rambut bak pemain sepak bola Ronaldo hingga model rambut layaknya artis-aris korea seperti Song Joong Ki.

Sesuai dengan kodratnya, laki-laki selalu memiliki keinginan untuk mencukur rambut mereka ketika dirasa telah panjang atau ingin mengikuti tren model rambut terbaru. Oleh sebab itu, bisnis barbershop memiliki target pemasaran yang luas. Paling lama kaum adam akan kembali mencukur rambut mereka dalam selang waktu dua bulan.

Tertarik untuk mendalami bisnis barbershop? Jika Anda merasa tertarik, cobalah pelajari 5 tips ini jika mau sukses bisnis barbershop!

1. Up to date dengan tren model rambut

Yang membedakan barbershop dengan tempat cukur biasa terletak pada model rambut yang dihasilkan. Oleh sebab itu, Anda harus selalu up to date dengan tren model rambut yang saat ini sedang digemari. Anda dapat selalu memantau perkembangan gaya rambut para artis maupun public figure. Manfaatkanlah juga aplikasi Pinterest atau internet untuk mendapatkan referensi mengenai model rambut yang sedang tren saat ini.

2. Tawarkan servis yang berbeda

Servis yang berbeda akan menimbulkan kesan yang berbeda pula. Untuk itu, berikan servis yang membedakan barbershop Anda dengan barbershop lainnya misalnya creambath, pijat, pewarnaan rambut hingga cukur kumis atau jenggot. Berikan harga paket untuk beberapa servis yang Anda berikan dengan harga yang lebih murah dibanding mereka memilih jasa servis secara satuan.

3. Carilah barber terbaik

Tips sukses bisnis barbershop
Gambar 1: Carilah Barber Terbaik (Sumber: Google.co.id)

Tukang cukur atau istilah kerennya barber memegang peran yang sangat penting terhadap bisnis barbershop Anda. Pilihlah barber terbaik yang telah berpengalaman dalam bidang mencukur rambut dengan berbagai gaya. Selain ahli dalam bidang teknis, dia juga harus memiliki sikap yang baik terhadap pelanggan misalnya, berbicara ramah dan sopan kepada pelanggan serta komunikatif.

Barber dapat bertanya kepada pelanggan mengenai model rambut seperti apa yang pelanggan inginkan. Jika hasilnya sesuai dengan permintaan pelanggan, dapat dipastikan kepuasan pelanggan akan membawanya datang kembali ke barbershop Anda bahkan mereka akan mempromosikan barbershop Anda kepada teman maupun keluarga mereka.

Baca Juga: Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

4. Fasilitas barbershop harus lengkap

Berikan fasilitas yang terbaik kepada pelanggan Anda misalnya, ruangan yang nyaman, kursi yang empuk ketersediaan toilet, televisi, AC, air mineral gratis dan wifi. Namun, fasilitas tersebut juga harus Anda sesuaikan dengan target yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dibanding penghasilan yang Anda dapatkan.

Ketersediaan toilet dan televisi sangat penting bagi para pelanggan ketika mereka harus menunggu antrian untuk mencukur rambut mereka. Televisi akan memberikan hiburan kepada para pelanggan sehingga mereka tidak akan merasa bosan saat menunggu giliran. Saat mereka ingin ke toilet pun, mereka tidak harus pergi jauh karena telah tersedia di barbershop Anda.

5. Berikan promo dan sistem menarik

Saat Anda mengawali bisnis barbershop, cobalah untuk memberikan promo bagi calon pelanggan Anda. Sebagai contohnya, berikan diskon sebesar 20 % kepada 30 pelanggan pertama untuk menarik para pelanggan. Jika bisnis barbershop Anda semakin ramai, Anda juga dapat memberlakukan sistem booking H-1 sehingga pelanggan tidak akan menunggu lama saat akan mencukurkan rambutnya.

Uraian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai 5 tips yang harus Anda pelajari jika ingin sukses bisnis barbershop. Semoga bermanfaat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :