Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Nota Kontan: Contoh, Pengertian dan Cara Membuat

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 May 2022

Contoh nota kontan adalah sebuat topik yang paling banyak dicari pebisnis untuk dijadikan sebagai refrensi dalam membuat nota secara mandiri.

Nota wajib hukumnya dalam melakukan transaksi jenis apapun sebagai bukti transaksi. Karena bukti tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu hal terpenting jika ingin mengembangkan bisnis.

Tanpa adanya bukti transaksi, maka pelanggan tidak bisa komplain jika suatu saat nanti produk yang dibeli mengalami kerusakan sebelum dipakai. Itulah mengapa pemilik usaha wajib memberikan nota kontan sebagai jaminan keamanan untuk para pelanggan supaya mereka mau membeli produk kembali.

Apa itu Nota Kontan?

Nota Kontan Adalah

Ilustrasi Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Nota Kontan adalah bukti transaksi pembayaran yang disediakan oleh pemilik bisnis kepada pelanggan mereka. Dengan ini, transaksi dapat diselesaikan tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Jauh berbeda dari catatan kredit dan debit yang masih terkait dengan piutang dan utang antara kedua pihak. Pada nota kontan ini adalah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual ketika pembeli melakukan pembayaran barang yang dibeli.

Nota kontan secara umum dikeluarkan oleh penjual yang diberikan kepada pembeli yang melakukan pembelian langsung. Karena proses pembayaran yang tidak perlu menunggu jatuh tempo, maka bukti pembayaran ini juga disebut nota kontan atau tunai.

Sama seperti jenis nota lainnya, nota kontan ini sebenarnya harus dibuat menggunakan salinan, setidaknya dibuat menjadi dua salinan. Kemudian catatan asli ini akan diberikan kepada pembeli, sedangkan salinan disimpan oleh penjual untuk catatan.

Fungsi Nota Kontan

Nota Kontan ini sendiri memiliki peran serta fungsi penting untuk setiap bisnis. Nota kontan ini umumnya akan digunakan sebagai dokumen referensi ketika perusahaan akan membuat laporan keuangan. Atau dapat dikatakan ini adalah alat untuk memeriksa ulang.

Artinya, ketika perusahaan ingin membandingkan jumlah yang dijual dalam data catatan dengan kondisi di gudang, inilah yang akan digunakan sebagai bukti resmi atau valid dari transaksi.

Nota kontan ini nantinya akan menjadi bukti pembelian yang valid di mana ini akan menjelaskan jika pembeli telah selesai melakukan pembayaran untuk barang yang dibeli. Demikian juga dengan faktur di mana ada informasi tentang pembelian, harga, nama, model, alamat, dan hal penting lainnya.

Jadi secara luas dapat dikatakan jika nota kontan adalah sesuatu yang sangat penting. Di mana Anda harus menyimpannya dengan rapi sehingga akan dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan untuk mendukung laporan keuangan.

Komponen Nota Kontan

Ilustrasi Komponen Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Salah satu faktor penting untuk sukses saat melakukan bisnis, yaitu bukti transaksi.

Dengan bukti transaksi ini, dapat dikatakan secara langsung terkait dengan konsumen dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan sehingga mereka ingin datang untuk membeli produk Anda lagi.

Mengapa seperti itu? Karena jika tanpa bukti transaksi, pelanggan Anda pasti tidak akan dapat mengeluh jika akan ada barang yang diterima dalam keadaan yang rusak. Salah satu yang digunakan penjual adalah nota kontan.

Nota kontan adalah bukti transaksi bagi pelanggan, di mana umumnya bukti transaksi pembayaran ini akan dikeluarkan dan diberikan kepada pelanggan.

Tahukah Anda, jika ada banyak pebisnis yang menggunakan catatan penjualan di kertas atau yang membuatnya secara manual? Misalnya, seperti menggunakan Excel dengan tujuan supaya tidak mudah rusak.

Lalu apa saja kompenen dalam nota kontan ini? Berikut ini adalah daftar komponen-komponen nota kontan, antara lain:

  • Nama perusahaan / nama toko sebagai yang mengeluarkan nota
  • Nomor nota
  • Tanggal transaksi
  • Jenis barang
  • Jumlah barang yang diambil / dibeli
  • Harga unit barang
  • Total harga

Setelah memahami bagaimana komponen nota, sekarang saatnya untuk belajar tentang cara membuatnya dengan cara mudah. Jadi, Anda dapat memasukkan beberapa teks penting pada nota sebagai karakter / ciri khas khusus perusahaan Anda.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Nota Kosong Manual

Cara Membuat Nota Kontan

Ilustrasi Cara Membuat Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Anda juga dapat membeli nota kontan yang juga dapat Anda beli di toko peralatan alat tulis. Nota kontan ini telah siap di mana Anda biasanya hanya perlu mengisi sesuai dengan transaksi yang dibuat nanti. Atau mungkin Anda juga dapat memesan nota kontan untuk dicetak maka mintalah untuk menambahkan logo bisnis Anda.

Semua jenis nota kontan ini akan valid dan akan digunakan sebagai tanda pembayaran yang memiliki stempel bisnis. Namun, jika Anda ingin membuat format nota kontan Anda sendiri, maka Anda dapat menggunakan Microsoft Excel saja.

Berikut ini adalah cara membuat catatan Kontan Anda sendiri menggunakan Ms. Excel, sebagai berikut:

1. Memasukkan Kode Produk

Di sini Anda dapat mengisi kode produk secara langsung tanpa harus menggunakan formula rumus Excel. Kemudian sesuaikan kode yang telah dibuat sebelumnya. Kode produk ini isinya berupa kode produk tertentu yang akan dibeli pelanggan.

Dengan kode ini, itu akan memfasilitasi penjual untuk memeriksa produk yang baru saja ditransaksikan tanpa harus menulisnya sepenuhnya.

2. Masukkan Nama Barang beserta Jumlahnya

Selanjutnya jangan lupa untuk memasukkan nama barang serta jumlahnya. Ini bertujuan untuk memberikan detail barang apa saja yang dibeli dan dijual beserta banyaknya.

3. Gunakan rumus VLOOKUP

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, manfaatkan formula excel VLOOKUP yang kemudian Anda bisa masukkan jumlah barang yang sudah terjual pada kolom jumlah barang.

4. Buat Harga Satuan per Produk

Jika membuat harga satuan per produk pada nota kontan, Anda bisa memanfaatkan rumus yang sudah ada pada Ms. Excel. Ini jauh lebih mudah, praktis dan minim kesalahan.

5. Masukkan Total Harga

Setelah itu membuat jumlah barang yang dijual dengan harga satuan untuk mendapatkan harga total.

6. Kurangkan Total Harga dengan Diskon (Jika Ada)

Ini nantinya akan menjadi nilai total yang harus dibayar oleh pembeli kepada Anda. Jadi, Anda dapat mengetahui harga total keseluruhan jika ada diskon. Namun jika ternyata tidak ada diskon, maka Anda hanya perlu menggunakan formula SUM sebelumnya.

Nota Kontan Contoh

Jika Anda sudah memahami mengenai pengertian, fungsi, komponen, hingga cara membuat nota kontan, maka disini kami akan memberikan contoh nota kontan kepada Anda. Berikut ini contoh nota kontan.

nota kontan contoh

Nota Kontan Contoh

Kesimpulan

Nota kontan adalah salah satu alat yang digunakan sebagai bukti transaksi pada bisnis. Tanpa bukti, pelanggan tidak dapat mengeluh jika barang yang dibeli mengalami kerusakan. Ini sangat penting bagi kesuksesan bisnis karena nota ini memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi kepada pelanggan.

Jika Anda membuat nota kontan sendiri menggunakan excel, maka itu langkah yang lebih baik. Namun jika Anda menginginkan cara yang lebih otomatis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting.

Penting untuk diingat nota kontan sangat penting sebagai buukti transaksi yang sah dan menjadi acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Tanpa adanya nota kontan akan sulit mendapat rincian harga dan bukti pembayaran yang sah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas ada 3 cara mudah untuk membuat nota penjualan. Jika Anda ingin membuat nota yang cepat dan mudah kami sarankan untuk menggunakan software. Software Akuntansi Beeaccounting bisa menjadi solusi cepat Anda. Software ini telah dilengkapi dengan nota penjualan otomatis yang juga terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan dengan dicocokan dengan nota terlebih dahulu. Dengan Software Akuntansi Beeaccounting seluruh data telah sinkron dan mudah untuk digunakan.

Buat Nota Kontan Mudah Dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Cara Memilih Program Akuntansi Online Terbaik Untuk Bisnis
Program akuntansi online dibuat untuk memudahkan aktivitas bisnis. Bisa dibayangkan betapa pusingnya akuntan perusahaan mengelola keuangan tanpa software pembukuan online. […]
Baca Juga
Software Akuntansi Manufaktur; Manfaat dan Fungsi Bee.id
Software akuntansi manufaktur tidak hanya bermanfaat dari segi efektifitas dan efisiensi kerja, namun software tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang […]
Baca Juga
General Ledger: Pengertian, Fungsi, Cara Membuatnya
Apa itu general ledger? General ledger bukan lain adalah buku besar dalam akuntansi. Berikut ini pengertian, fungsi, dan cara membuat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu