Logo Bee Web

Manfaat Program Membership untuk Bisnis Anda

Ingin meningkatkan keuntungan bisnis Anda? Pelajari cara efektif membuat program membership atau keanggotaan di sini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 17 May 2023

Artikel ini membahas tentang definisi membership dan keuntungan menjadi keanggotaan dalam hal menjaring data konsumen, meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik daya beli pelanggan, dan memberikan keuntungan tambahan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan menjadi member, penting untuk memahami apa itu membership.

Apa Itu Membership?

Program Membership atau keanggotaan adalah program yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis yang memberikan keuntungan khusus bagi pelanggan yang telah mendaftar atau bergabung dengan program tersebut.

Keuntungan-keuntungan tersebut bisa berupa diskon, promo, akses eksklusif, reward, atau keuntungan tambahan lainnya.

Apa Itu Membership

Sistem membership bisa menjadi faktor mempertahankan pelanggan (Credit: Freepik)

Secara umum, tujuan dari program keanggotaan adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta meningkatkan pendapatan bisnis.

Dengan menawarkan keuntungan eksklusif, pelanggan cenderung lebih loyal dan sering memilih untuk melakukan transaksi dengan bisnis yang telah mereka daftarkan sebagai member.

Keuntungan Membership

Sebagai seorang pengusaha atau pemilik bisnis, menawarkan program keanggotaan bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menawarkan program membership:

1. Menjaring Data Konsumen

Saat pelanggan mendaftar menjadi member, mereka biasanya diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

Data tersebut bisa sangat berguna bagi bisnis Anda untuk melakukan analisis pelanggan, menyusun strategi pemasaran yang tepat, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Untuk membantu Anda mengelola data pelanggan dan memanfaatkannya dengan efektif, Anda bisa menggunakan software POS (Point of Sale) seperti Beepos Desktop.

Tingkatkan Revenue Stream Dengan Customer Loyalty Beepos

Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, Beepos Desktop bisa membantu Anda mencatat data pelanggan, transaksi, dan inventaris dengan efektif.

Selain itu, Beepos Desktop juga dilengkapi dengan fitur analisis data yang membantu Anda memahami pola pembelian dan perilaku pelanggan Anda, sehingga Anda bisa meningkatkan efektivitas program keanggotaan Anda.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menawarkan keuntungan eksklusif, seperti diskon atau promo khusus, pelanggan cenderung lebih loyal dan memilih untuk bertransaksi dengan bisnis Anda daripada dengan pesaing Anda.

Program membership juga bisa membantu meningkatkan engagement dan interaksi antara bisnis dan pelanggan, yang pada akhirnya bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

3. Menarik Daya Beli Pelanggan

Program membership bisa membantu meningkatkan daya beli pelanggan dengan menawarkan reward atau bonus khusus bagi pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau secara teratur.

Keuntungan tambahan seperti pengiriman gratis atau bonus produk bisa menjadi insentif bagi pelanggan untuk memilih melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

4. Memberikan Keuntungan Tambahan bagi Pelanggan

Program keanggotaan juga bisa memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan, seperti akses eksklusif ke produk atau layanan, diskon tambahan, atau reward khusus.

Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi pelanggan dan membantu meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

Tips Mengadakan Promo Membership yang Efektif

Program membership adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Namun, untuk membuat program keanggotaan Anda sukses, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting, salah satunya adalah cara mengadakan promo yang efektif.

Berikut ini adalah beberapa tips mengadakan promo membership yang bisa membantu Anda membuat program membership yang sukses.

1. Berikan Insentif Menarik

Untuk membuat program membership Anda lebih menarik bagi pelanggan, Anda bisa memberikan insentif yang menarik, seperti diskon khusus, promo pembelian berikutnya, atau hadiah gratis.

insentif keanggotaan

ilustrasi pemberian poin untuk repeat order (credit: Unsplash)

Insentif yang menarik bisa membantu Anda menarik minat pelanggan untuk bergabung dengan program keanggotaan Anda.

2. Promosikan Program dengan Efektif

Tidak ada gunanya membuat program membership yang hebat jika pelanggan tidak mengetahuinya. Pastikan untuk mempromosikan program keanggotaan Anda dengan efektif, dengan menggunakan berbagai media seperti media sosial, email, atau iklan digital.

Anda juga bisa memasang poster atau brosur di toko fisik Anda untuk mempromosikan program membership Anda.

3. Berikan Nilai Lebih pada Pelanggan

Program membership yang efektif bukan hanya tentang memberikan diskon atau insentif kepada pelanggan, tetapi juga tentang memberikan nilai tambah pada pelanggan Anda.

Anda bisa memberikan akses eksklusif ke produk baru atau informasi terbaru tentang produk atau layanan Anda. Dengan memberikan nilai tambah pada pelanggan, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai.

4. Ciptakan Pengalaman yang Menarik

Untuk membuat program keanggotaan Anda berhasil, ciptakan pengalaman yang menarik bagi pelanggan Anda. Anda bisa membuat program membership yang interaktif, seperti memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kontes atau program penghargaan.

Anda juga bisa membuat program membership yang personal dengan memberikan kartu keanggotaan yang menarik atau memberikan penghargaan kepada pelanggan yang setia.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa membuat program keanggotaan yang efektif dan membantu meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Contoh Loyalty Membership Card

Terdapat beberapa jenis loyalty membership card yang bisa Anda gunakan sebagai bagian dari program keanggotaan Anda. Berikut adalah beberapa contoh loyalty membership card yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Loyalty Card Berbayar

Loyalty card berbayar adalah jenis loyalty card yang biasanya memerlukan pembayaran untuk bergabung. Keuntungan dari jenis loyalty card ini adalah pelanggan yang mendaftar cenderung lebih loyal dan terikat dengan bisnis Anda karena mereka sudah mengeluarkan uang untuk menjadi member.

2. Loyalty Card Tiering

Loyalty card tiering adalah jenis loyalty card yang memberikan level atau tingkatan keanggotaan yang berbeda dengan keuntungan eksklusif yang berbeda pula.

Kartu Member

Ilustrasi kartu member untuk meningkatkan loyalitas pelanggan (Credit: Freepik)

Keuntungan ini bisa berupa diskon tambahan, akses eksklusif ke produk atau layanan, atau reward khusus.

Dengan memberikan tingkatan keanggotaan, pelanggan cenderung merasa dihargai dan terdorong untuk meningkatkan level keanggotaan mereka.

3. Loyalty Card Berbasis Poin

Loyalty card berbasis poin adalah jenis loyalty card yang memberikan poin untuk setiap pembelian yang dilakukan pelanggan. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan reward atau bonus khusus, seperti diskon atau produk gratis.

Loyalty card berbasis poin bisa membantu meningkatkan daya beli pelanggan dan memberikan insentif bagi mereka untuk terus bertransaksi dengan bisnis Anda.

4. Loyalty Card Engagement

Loyalty card engagement adalah jenis loyalty card yang fokus pada meningkatkan engagement dan interaksi antara bisnis dan pelanggan.

Keuntungan yang ditawarkan bisa berupa akses eksklusif ke konten atau informasi terbaru tentang produk atau layanan Anda, undangan ke event atau promo khusus, atau pengalaman eksklusif lainnya.

5. Loyalty Card Komunitas

Loyalty card komunitas adalah jenis loyalty card yang fokus pada membentuk komunitas pelanggan yang loyal dan terikat dengan bisnis Anda.

Keuntungan yang ditawarkan bisa berupa akses eksklusif ke forum atau grup diskusi online, diskusi eksklusif dengan tim bisnis atau pemilik bisnis, atau event khusus untuk anggota komunitas.

Kesimpulan

Menawarkan program membership bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan pendapatan bisnis Anda.

Dalam menentukan jenis loyalty membership card yang akan ditawarkan, pastikan untuk mempertimbangkan profil pelanggan Anda dan keuntungan yang ingin Anda tawarkan.

Dengan memberikan keuntungan eksklusif dan terus berkomunikasi dengan pelanggan, program membership bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Konsep Ekonomi Kreatif dan Perannya Bagi Bisnis UMKM
Penerapan ekonomi kreatif telah menjadi pusat perhatian di berbagai negara. Konsep ekonomi kreatif adalah sebuah paradigma baru yang menggabungkan elemen
Baca Juga
Prinsip Etika Bisnis untuk Kesuksesan Bisnis Berkelanjutan
Dalam dunia bisnis, prinsip etika bisnis sangat penting untuk diperhatikan karena merupakan seperangkat nilai, prinsip, dan standar yang mengatur tindakan
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
15 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengidentifikasi
Ada cukup banyak faktor kegagalan wirausaha karena menjalankan bisnis merupakan tantangan yang penuh risiko dan tidak semua usaha berakhir dengan
Baca Juga
Contoh Value Proposition, Pengertian, Komponen dan Strukturnya
Proposisi nilai atau value proposition adalah rangkuman esensi dari apa yang membuat suatu produk atau layanan unik dan berharga bagi
Baca Juga
Contoh Usaha Ekstraktif, Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Contoh usaha ekstraktif mencakup berbagai sektor, mulai dari perikanan, pertambangan, kehutanan, hingga pertanian. Usaha ini juga menjadi salah satu sektor
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu