Logo Bee Web

Jenis Badan Usaha dan 3 Kategorinya, Apa Saja?

Setidaknya ada 7 jenis badan usaha yang perlu Anda ketahui. ada juga kategori yang terdiri dari berbagai jenis. simak informasinya di sini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 March 2023

Salah satu hal yang wajib dipelajari sebelum mencari tahu berbagai jenis badan usaha adalah pengertian atau definisinya. Badan usaha adalah suatu kesatuan hukum yang memanfaatkan tenaga kerja dan modal untuk mencari keuntungan.

Untuk mendirikan suatu badan usaha, ada beberapa hal yang diperlukan, seperti misalnya jasa dan produk. Beberapa jasa dan produk yang dimiliki oleh pemiliknya akan dijual serta diperdagangkan. Di Indonesia, badan usaha hadir dalam berbagai jenis.

Banyak orang menyamakan hal ini dengan perusahaan. Padahal badan usaha merupakan suatu lembaga dan perusahaan merupakan suatu tempat dimana sebuah badan usaha melakukan pengelolaan berbagai proses produksi.

Jenis-Jenis Badan Usaha

Pengertian dan Jenis Jenis Badan Usaha Di Indonesia image

BU dan perusahaan sering disamakan namun keduanya memiliki pengertian berbeda

Badan usaha sendiri hadir dalam berbagai jenis, seperti misalnya Perum, CV, atau PT. Penting untuk memahami berbagai bentuk badan usaha seperti yang ada di bawah ini.

1. Koperasi

Merupakan usaha yang menggunakan asa kekeluargaan sebagai dasarnya. Organisasi ekonomi yang satu ini dioperasikan demi kepentingan semua anggotanya. Ada yang mengatakan bahwa koperasi merupakan suatu badan hukum serta dibentuk oleh asa kekeluargaan.

2. Yayasan

Merupakan suatu badan hukum dengan tujuan bukan mencari keuntungan melainkan untuk kepentingan kegiatan sosial. Biasanya, yayasan di negara ini bersifat kemanusiaan, keagamaan, dan sosial. Contohnya adalah panti asuhan, panti jompo, panti sosial, dan sebagainya.

3. Usaha Firma

Yang ketiga dari jenis-jenis usaha adalah firma yang berupa kerja sama antara dua orang atau lebih. usaha yang satu ini biasanya menggunakan nama bersama tapi tidak berupa badan hukum. Contoh nama yang sering digunakan dalam firma misalnya Firma Bulan Bintang.

4. Perusahaan Perseorangan

jenis badan usaha perorangan

Mamilih Usaha Perorangan atau Mandiri (Credit: Freepik.com)

Badan usaha yang satu ini didirikan serta dimiliki hanya oleh satu orang. Artinya, pemilik tunggal mempunyai tanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan yang berlangsung di perusahaan tersebut. Contoh perusahaan perseorangan adalah rumah makan, laundry, dan sebagainya.

5. Persekutuan Komanditer atau CV

Merupakan bentuk kerja sama yang terjalin antara dua pihak. Salah satu pihak berperan sebagai pemberi modal sedangkan pihak lainnya berperan sebagai pengelola dan pengatur modal. Pihak pengelola akan disebut sebagai sekutu aktif dan pemodal disebut sebagai sekutu pasif.

6. Perusahaan Terbatas atau PT

Yang satu ini merupakan badan hukum yang dibagi menjadi dua jenis berbeda. Ada PT terbuka dengan sahamnya diperdagangkan di pasar modal serta PT tertutup dengan sahamnya dimiliki oleh keluarga dan tidak diperdagangkan.

7. Persero

Merupakan perusahaan yang dimiliki oleh negara. Sifat persero kurang lebih sama dengan berbagai perusahaan lainnya, yaitu untuk memperoleh sebanyak mungkin laba. Sebutkan jenis-jenis BU milik negara: PT Kereta Api Indonesia, PT PLN, PT Bank Rakyat Indonesia, dan sebagainya.

Jenis Badan Usaha Dibedakan Berdasarkan Kelompoknya

Seluruh badan usaha di suatu negara dikelompokkan berdasarkan tiga jenis berbeda. Ketiga kategori kelompok tersebut adalah:

1. Kegiatan Usaha

Berdasarkan kegiatan usaha yang dijalankan, setidaknya ada lima badang yang berbeda, yaitu ekstraktif, agraris, perdagangan, industri, serta jasa.

a. Ekstraktif

Mengambil yang sudah disediakan oleh sumber daya alam, misalnya hasil laut, hasil hutan, dan sebagainya.

b. Agraris

Suatu usaha yang jenis kegiatannya berkaitan dengan dunia pertanian.

c. Perdagangan

Kegiatan menjual dan membeli barang tanpa memberikan perubahan terhadap bentuk barang tersebut. Misalnya perdagangan beras.

d. Industri

Suatu kegiatan pengolahan bahan baku serta bahan penolong untuk menciptakan barang siap pakai atau bahan setengah jadi.

e. Jasa

Kegiatan penyediaan pelayanan serta kemudahan demi memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah jasa perbankan, angkutan barang, dan sebagainya.

2. Kepemilikan Modal

kepemilikan modal

ilustrasi BU berdasarkan kepemilikan modal

Modal mempunyai peran yang sangat besar dalam mendirikan suatu usaha. Tidak adanya modal berarti suatu usaha tidak bisa berjalan dengan maksimal. Modal usaha sendiri bervariasi, tergantung pemiliknya.

a. BUMN

Menurut KEMENKEU Badan Usaha Milik Negara yang berarti modal dimiliki oleh negara atau pemerintahan dan merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi dalam perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi

b. BUMS

Jenis badan usaha dengan modal perusahaan merupakan milik pihak swasta. Pihak swasta sendiri bisa berupa pihak asing maupun swasta nasional.

c. BUMD

Badan Usaha Milik Daerah, artinya kepemilikan modal usaha ada di tangan pemerintah daerah.

d. Badan Usaha Campuran

Merupakan badan usaha dengan modalnya dimiliki oleh dua pihak berbeda, yaitu pihak swasta dan pemerintah.

3. Wilayah

Globalisasi dalam dunia ekonomi membuat banyak usaha lokal yang bisa berdiri di negara lain. Ada juga usaha dari luar negeri yang mulai masuk dan beroperasi di Indonesia. Ada dua jenis badan usaha berdasarkan wilayah negaranya, yaitu:

a. Penanaman modal asing

Merupakan usaha milik asing yang sudah mulai beroperasi di dalam negeri, atau di Indonesia.

b. Penanaman modal dalam negeri

Perusahaan dengan kepemilikan modal perusahaan dipegang oleh masyarakat negara itu sendiri, atau dalam hal ini oleh masyarakat Indonesia.

Setelah mengetahui seluruh seluk beluk badan usaha, termasuk semua jenisnya, kira-kira usaha mana yang akan Anda pilih? Pastikan untuk mempersiapkan usaha dengan matang agar bisa semakin berkembang dan terhindar dari kerugian.

7 jenis badan usaha yang sudah saya sebutkan diatas pada dasarnya semuanya memiliki tujuan untuk memperoleh profit untuk meningkatkan kesejahteraan perseorangan/ kelompok maupun suatu negara.

Dan untuk dapat menghitung profit atau tidaknya suatu perusahaan maka dibutuhkan yang namanya laporan keuangan. Dan salah satu hal yang harus dilakukan untuk membuat laporan keuangan yaitu mencatat seluruh transaksi penjualan.

Beeaccounting Evaluasi Keuanagan Mudah Akurat Dan Ambil Keputusan Bisnis Tanpa Ragu

 

Untuk memaksimalkan dan mencegah terjadinya kesalahan dalam pencatatan penjualan menggunakan software akuntansi adalah pilihan yang tepat. Beeaccounting merupakan salah satu aplikasi penjualan yang mudah penggunaanya serta laporan yang dihasilkannya pun cepat dan akurat. Anda bisa coba gratis selama untuk mendapatkan pengalaman menggunakan Beeaccounting.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

8 Keunggulan Menggunakan Program Akuntansi Komputer
Program akuntansi komputer adalah topik hangat saat ini. Teknologi dapat segera membuat profesional keuangan lebih efisien dari sebelumnya, atau bahkan
Baca Juga
Purchasing Adalah: Jenis, Proses dan Tugasnya
Purchasing adalah istilah yang cukup umum di perusahaan besar, yang bertugas sebagai pemenuhan bahan baku dan kebutuhan perusahaan lainnya melalui
Baca Juga
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu
Studi kelayakan bisnis adalah salah satu hal penting yang wajib dipelajari sebelum membangun sebuah usaha. Sebab, hanya mengandalkan ide dan
Baca Juga
Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya
Shopee affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut syarat shopee affiliate dan cara
Baca Juga
Pentingnya Stock Opname Untuk Perusahaan
Stock Opname atau disebut juga dengan Stock of Name sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang
Baca Juga
Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tahapannya
Pernah mendengar istilah performance appraisal? Istilah yang sering digunakan untuk penilaian kinerja karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini biasanya kerap
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu