Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Jasa Konsultan Adalah: Pengertian dan Apa Tugasnya

Dipublish Tgl: Friday, 27 May 2022

Di dunia profesional, jasa konsultan adalah hal yang sangat akrab, karena ada banyak perusahaan atau individu yang masih menggunakan layanan mereka untuk mendapatkan solusi dan jalan keluar untuk bisnis mereka, baik dalam hal kinerja bisnis atau hal -hal lain.

Secara umum, kebanyakan dari kita mengenal konsultan di berbagai bidang, seperti keuangan, pajak, bisnis, hukum, dan masih banyak lagi.

Jadi, apa itu konsultan? Mengapa masih ada perusahaan atau individu yang masih menggunakan layanan mereka? Apa tugas mereka di lapangan? Silahkan simak lebih lanjut artikel ini yang membahas mengenai jasa konsultan mulai dari pengertian hungga tugasnya.

Pengertian Jasa Konsultan Adalah

Jasa Konsultan Adalah

Ilustrasi Jasa Konsultan (Sumber: Pexels.com)

Jasa konsultan adalah pekerjaan yang menyediakan layanan konsultasi di bidang keahlian tertentu, seperti pajak, akuntansi, pemasaran, hukum dan banyak lagi.

Pengertian konsultan dapat ditafsirkan sebagai seseorang yang dapat memberikan instruksi di bidang yang sebelumnya tidak diketahui seseorang. Tapi apa sebenarnya fungsi konsultan di bidang pekerjaan?

Seperti mengutip definisi umum tentang makna konsultan dalam Kamus Indonesia Besar (KBBI), dikatakan bahwa konsultan adalah seorang ahli yang tugasnya memberikan instruksi, pertimbangan, atau saran dalam penelitian, perdagangan, dan sebagainya.Ini juga memiliki makna sebagai penasihat.

Konsultan memang didefinisikan sebagai penolong di bidang tertentu. Tetapi Anda perlu tahu, fungsi konsultan itu sendiri dapat diuraikan menjadi berbagai hal sesuai dengan bidang yang diambil.

Kata konsultan itu sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Inggris, yaitu consultare to deliberate yang memiliki arti mereka yang memiliki tugas memberikan saran dan solusi secara profesional untuk individu atau organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau membuat target yang direncanakan oleh klien mereka untuk dicapai dengan sempurna.

Setidaknya ada dua jenis konsultan, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Konsultan internal adalah mereka yang bekerja di perusahaan yang sama dan mereka dapat memberikan saran sesuai dengan bidang mereka secara profesional dan rinci.

Sementara konsultan eksternal adalah mereka yang berada di luar perusahaan. Mereka akan bekerja untuk klien mereka, baik itu perusahaan atau individu.

Biasanya, tugas utama mereka termasuk menyediakan layanan dalam bentuk rencana dan juga strategi pengembangan yang dibutuhkan oleh klien mereka, mengidentifikasi setiap masalah dan memberikan solusi, serta banyak lagi.

Tips Memilih Jasa Konsultan

Tips Memilih Jasa Konsultan

Ilustrasi Tips Memilih Jasa Konsultan (Sumber: Pexels.com)

Supaya tidak salah dalam memilih jasa konsultan, Anda perlu tahu tips memilih konsultan berikut ini:

  • Tepat Waktu - Apakah klien menerima respons dengan cepat.
  • Kualifikasi Konsultan - Apakah sesuai dengan bidang pekerjaan yang disebutkan.
  • Histori Konsultan - Berapa banyak klien yang telah ditangani.
  • Rincian Kontrak - Apakah kontrak yang berisi layanan, langkah, referensi, dan waktu yang jelas.
  • Referensi Terkait - Mencari referensi tentang konsultan untuk diberikan pekerjaan.

Seorang konsultan menyediakan berbagai layanan untuk bisnis dan individu, keterlibatan konsultan dengan klien akan berubah sebagai prioritas penting dan akan selalu berkembang.

Oleh karena itu, periksa ulang harus dilakukan untuk menjaga kegiatan konsultasi tetap fokus dan tetap terbuka. Maka sangat penting bagi klien untuk mempertahankan tujuan awal konsultasi. Adapun jika ada perubahan arah, itu harus melalui penilaian yang ketat.

Banyak perusahaan mengandalkan konsultan untuk membentuk dan menjalankan sistem manajemen karena konsultan dianggap memiliki pengetahuan yang lebih dekat tentang sistem manajemen, strategi, dan lainnya.

Konsultan menggunakan berbagai alat penting yang dapat membantu memastikan bahwa perusahaan memiliki manfaat terbaik untuk bisnis mereka, serta untuk menarik dan memelihara pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan

Ilustrasi Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan (Sumber: Unsplash.com)

  1. Konsultan tahu bahwa manajemen yang efektif yang dapat diterapkan ke dalam industri atau organisasi, konsultan adalah solusi yang tepat yang mencerminkan keadaan dan aspirasi klien.
  2. Konsultan selalu fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh tugas -tugas lain.
  3. Konsultan memiliki keahlian dari industri dan sektor lainnya.
  4. Konsultan memberikan keterampilan teknis tertentu yang tidak ada di kantor, seorang konsultan dapat mentransfer keterampilan ini ke staf di kantor.
  5. Konsultan memberikan keterampilan manajemen yang setara dengan posisi seorang ahli.

Konsultasi harus mengarah pada nilai -nilai bisnis sebagaimana dibuktikan melalui peningkatan kualitas produk, laba perusahaan atau kinerja karyawan, sehingga klien dapat meningkatkan kemungkinan hasil terbaik dengan konsultan.

Klien harus tahu siapa yang akan melakukan pekerjaan dan juga memahami komitmen waktu dengan konsultan. Konsultan harus setuju untuk mentransfer pengetahuan ke klien dan memastikan bahwa klien diberi briefing tentang pekerjaan untuk mencegah obstruksi atau kurangnya komitmen.

Jenis-Jenis Konsultan

Ilustrasi Jenis Konsultan (Sumber: Unsplash.com)

Adapun berikut ini adalah beberapa jenis konsultan yang juga perlu Anda ketahui:

1. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis tidak hanya terbatas untuk memberikan nasihat kepada klien, tetapi mereka juga harus dapat memberikan solusi atau jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapi oleh klien bisnis mereka, memberikan kegiatan perencanaan, dan juga mengembangkan bisnis klien.

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh konsultan bisnis dapat secara aktif berkomunikasi dalam hal memberikan informasi yang sesuai untuk bisnis kliennya, memahami beberapa aplikasi bisnis yang berguna bagi pengusaha dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kuat.

Selain itu, mereka juga harus dapat membuat strategi dan target untuk jangka waktu yang lama, harus spesifik dan menyeluruh dalam setiap informasi bisnis yang mereka dapatkan, memiliki manajemen waktu yang baik, dan kemampuan lain yang terkait dengan dunia bisnis.

2. Konsultan Pajak

Konsultan pajak adalah mereka yang memiliki tugas untuk menyediakan layanan konsultasi yang terkait dengan berbagai masalah yang terkait dengan pembayar pajak untuk melaksanakan kewajiban dan hak mereka sesuai dengan undang -undang pajak di Indonesia.

Ada kondisi tertentu yang harus dikantongi untuk menjadi konsultan pajak, yang harus lulus ujian sertifikasi dan berbagai kelengkapan lainnya.

Selain itu, badan hukum konsultan pajak juga harus sesuai dengan Nomor Peraturan Menteri Keuangan 111/PMK.03.2014 terkait dengan konsultan pajak. Mereka harus mendapatkan izin yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pajak dan dapat mematuhi Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak atau BSKP.

3. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan adalah mereka yang sangat ahli dan profesional dalam masalah keuangan, yang saran dan solusi dari mereka dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah keuangan, baik masalah keuangan perusahaan maupun individu.

Biasanya, mereka akan membantu klien mereka dalam merencanakan keuangan, target, dan cara untuk mencapainya. Selain itu, mereka juga akan membuat laporan dan posisi keuangan, serta mengelola masalah keuangan klien untuk jangka waktu yang lama.

Untuk menjadi konsultan keuangan yang kredibel, Anda harus memiliki sertifikasi yang merupakan bukti nyata dan profesionalisme pekerjaan Anda.

Setidaknya ada tiga sertifikat yang harus dikantongi oleh konsultan keuangan, yaitu CMA (Akuntan Manajemen Bersertifikat), CFA (Perencana Keuangan Bersertifikat) dan CIA (Auditor Internal Bersertifikat).

Kesimpulan

Jadi, jasa konsultan adalah mereka yang bertanggung jawab memberikan pendapat, saran, nasihat, dan solusi untuk masalah yang dialami oleh klien mereka, baik perusahaan, organisasi, atau individu. Seorang konsultan akan memberikan layanan dalam bentuk perencanaan dan strategi pengembangan di bidang yang ia kuasai, seperti bisnis, pajak, keuangan, sipil, dan banyak lagi.

Akuntansi merupakan hal yang sangat perlu diperlajari bagi semua orang, khususnya untuk yang sedang menjalankan usaha. Tidak heran setiap perusahaan selalu membutuhkan pegawai dengan lulusan akuntansi sebagai konsultan keuangan mereka.

Kalaupun Anda tidak jago akuntansi atau malah gak ngerti sama sekali tentan akuntansi, maka kami punya solusinya. Seperti yang sudah kami singgung di atas, solusi ini begitu ampuh karena Anda akan hanya butuh waktu 5 menit saja untuk membuat laporan keuangan.

Gak Harus Jago Akunting. Deangan software akuntansi berbasis cloud Beecloud, Anda akan dimudahkan dalam membuat segala laporan keuangan yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu ribet untuk membuat beberapa laporan lain-lain karena cukup dengan Anda input kegiatan operasional usaha Anda dalam software akuntansi Beeacloud, maka secara otomatis laporan keuangan yang Anda butuhkan akan terbuat. Mudah kan? Coba gratis Beecloud sekarang!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Banner Beecloud Laporan Neraca

Tingkatkan Bisnis Anda dengan Aplikasi UMKM Ini!
Kabar gembira untuk pemiliki usaha kecil, karena untuk saat ini Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis dengan bantuan aplikasi umkm. […]
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis yang kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif […]
Baca Juga
Apa itu Bill Hotel? Contoh Bill Hotel Manual dan Simpel
Contoh bill hotel manual diperlukan untuk setiap hotel untuk proses pembayaran. Apa itu bill hotel? Saat Anda ingin check-in, hotel […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu