🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Keuntungan Usaha Jasa dan Tips Menjalankannya

Usaha jasa jauh lebih sederhana dan menguntungkan dibandingkan dengan usaha produk fisik. mari kita bahas usaha jasa (keuntungan)
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 24 March 2023

Tertarik untuk menjalankan usaha sendiri tapi bingung menentukan produk untuk dijual? Usaha tidak melulu tentang menjual produk, Anda bisa mempertimbangkan beberapa usaha salah satunya usaha jasa (keuntungan) yang lebih menguntungkan. Banyak peluang tersedia di sektor ini dan semuanya tampak sangat menjanjikan.

Bisnis jasa merupakan suatu bidang usaha yang menawarkan atau menjual produk dalam bentuk jasa atau pelayanan. Tujuannya sama dengan bisnis yang menjual barang, yaitu untuk meraih sebanyak mungkin keuntungan. Berbagai keuntungan menanti para pelaku usaha yang memilih bidang jasa.

Tapi sebelum terjun langsung ke bisnis pelayanan jasa, pahami dulu seluruh keuntungan dan kerugian yang bisa jadi akan ditemukan sepanjang perjalanan bisnis. Di bawah ini, Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai keuntungan dan kerugian bisnis di bidang jasa.

Keuntungan Usaha Jasa Bagi Pengusaha

Bisnis di bidang jasa akan menjadi bisnis menguntungkan karena permintaan konsumen terhadap jasa semakin meningkat. Seperti berbagai jenis bisnis yang lainnya, bisnis di bidang jasa juga menghadirkan keuntungan bagi para pelakunya.

1. Minim Modal

Pelaku usaha di bidang jasa tidak perlu mempersiapkan modal yang jumlahnya cukup besar. Tapi tentu saja besaran modal yang harus dipersiapkan sebanding dengan skala usaha yang akan dijalankan. Misalnya, kalau bisnis jasa yang akan dijalankan berskala besar, maka modalnya juga akan meningkat.

Usaha Modal Minim

Bisnis sangat berpengaruh pada jenis bisnis yang akan dijalani.

Modal yang diperlukan dalam memulai perusahaan jasa adalah adalah keterampilan, perencanaan yang matang, ide, dan kemauan. Dibutuhkan juga pelayanan yang mampu membuat konsumen merasa puas setelah menggunakan jasa yang disediakan.

2. Tidak Perlu Stok Barang

Produk yang dijual oleh perusahaan jasa berupa layanan sehingga bisnis akan terus berjalan tanpa adanya produk fisik apapun. Selama layanan dan keterampilan pelaku usaha masih tersedia, maka perusahaan jasa bisa terus beroperasi.

Menurut Dailysocial.id Usaha jasa merupakan salah pilihan usaha yang banyak diminati oleh masyarakat. Sektor usaha dipertimbangkan sebagai sektor bidang usaha yang cukup mudah untuk dieksekusi sebagai sumber cuan.

Hal ini sangat menguntungkan karena usaha di bidang jasa akan terasa jauh lebih praktis dibandingkan dengan produk fisik. Usaha dengan produk fisik mengharuskan pelaku usaha untuk mempersiapkan stok barang, baik berupa barang siap jual, barang setengah jadi, atau barang mentah.

3. Bebas Pengendapan Modal

Karena tidak ada stok barang, pelaku bisnis jasa tidak perlu khawatir dengan adanya barang yang belum terjual sehingga menjadi pengendapan modal. Usaha dengan produk fisik memakan biaya yang lebih besar karena adanya pengendapan modal akibat barang-barang tidak langsung laku terjual.

4. Tidak Perlu Gudang dan Distribusi

Usaha apapun di bidang jasa tidak memerlukan gudang atau ruang penyimpanan serupa karena bisnis ini tidak mempunyai stok barang. Hal ini sangat menguntungkan karena biaya sewa atau biaya pembuatan gudang penyimpanan cukup besar.

Distribusi juga bukan kendala bagi bisnis di bidang jasa. Tidak perlu ada pengelolaan distribusi produk fisik, penghitungan jumlah barang, serta pengawasan terhadap perputaran barang. Usaha di bidang jasa jauh lebih sederhana dibandingkan dengan bisnis jual beli produk fisik.

Kerugian Usaha Jasa Bagi Pengusaha

Meskipun kaya akan keuntungan, bukan berarti bisnis di bidang jasa sepenuhnya terbebas dari tantangan maupun kesulitan. Setidaknya, ada dua tantangan yang dihadapi oleh setiap pelaku bisnis di bidang jasa. Kedua tantangan tersebut adalah:

1. Strategi Promosi

Tingkatan Penerapan Strategi

ilustrasi penyusunan strategi bisnis (sumber: Unsplash)

Bisnis jasa perlu bekerja lebih keras untuk mempromosikan jasa yang disediakan. Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis jasa adalah meminta testimoni dari para pelanggan yang bisa menjadi bahan promosi.

2. Mempertahankan Pelanggan

Berbeda dengan bisnis produk fisik, bisnis di bidang jasa mempunyai tantangan tersendiri dalam mempertahankan pelanggan. Pelaku usaha wajib menjaga kualitas jasa serta kepercayaan pelanggan. Jangan sampai pelanggan kecewa dan berpindah ke perusahaan jasa yang lainnya.

Tips Mengembangkan Usaha Jasa

Tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang jasa? Selain memahami kelebihan dan kekurangannya di atas, pahami juga beberapa hal yang akan membantu Anda menjalankan usaha jasa dengan sukses.

1. Tentukan Bisnis yang Tepat

Pilih usaha yang akan dijalankan kemudian pahami seluk beluk bisnis tersebut. Menjalankan suatu bisnis di bidang jasa tidak mudah karena Anda harus siap menjaga kepuasan pelanggan dan tidak membuat pelanggan kecewa.

2. Tentukan Harga Terbaik

Setelah memilih bisnis untuk dijalankan, pastikan untuk menentukan harga yang kompetitif. Bandingkan contoh perusahaan jasa serupa lalu tetapkan harga jasa Anda sendiri. Sesuaikan juga harga jasa dengan kualitas pelayanan yang Anda berikan.

3. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial merupakan sarana terbaik untuk melakukan promosi ke sebanyak mungkin pelanggan. Promosi di berbagai platform media sosial bisa dilakukan dengan gratis tanpa modal sama sekali. Pastikan konten promosi yang diunggah di media sosial tampak mengundang dan menarik.

4. Tanggapi Keluhan Pelanggan

Bisa jadi ada pelanggan yang merasa kurang puas dengan layanan Anda. Usahakan untuk selalu menanggapi keluhan apapun yang diberikan untuk mengembalikan kepuasan setiap pelanggan. Sehingga nantinya pelanggan akan tetap menggunakan layanan Anda.

Menjalankan usaha jasa tampaknya memang sangat menguntungkan. Tapi ada beberapa tantangan yang bisa jadi akan Anda temukan saat menjalankan bisnis di bidang jasa. Ikuti beberapa tips yang ada di halaman ini agar bisnis jasa semakin berkembang.

Sebelum memulai usaha, Anda juga perlu memperhatikan pengelolaan keuangan yang baik. Penggunaan software akuntansi online seperti Beecloud dapat membantu memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda, termasuk mengelola transaksi dengan mudah, memonitor dan menganalisa laporan keuangan perusahaan, menghitung biaya operasional serta menyimpan data keuangan dengan aman.

Beecloud Untuk Pantau Cash Flow Dan Pengambilan Keputusan

 

Dengan Beecloud, Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda, sementara software akan membantu memastikan keuangan Anda selalu teratur dan akurat. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan mengoptimalkan pertumbuhan bisnis Anda.

Artikel Terkait

10 Ide Kerajinan dari Bahan Bekas Beserta Potensinya
Bahan bekas atau sering juga disebut sebagai limbah adalah bahan atau barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya dan
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Karakteristik perusahaan jasa adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Perusahaan jasa memperoleh laba berasal dari pendapatan jasa yang diterima dikurangi dengan
Baca Juga
Perusahaan Jasa: Karakteristik, Contoh, serta Pengelolaan
Perusahaan jasa adalah salah satu jenis perusahaan yang digolongkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Berbeda dengan perusahaan manufaktur atau dagang, perusahaan
Baca Juga
7 Contoh Perusahaan Jasa Berbagai Bidang di Indonesia
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan di berbagai bidang, kini banyak perusahaan jasa yang berkembang. Ada berbagai contoh perusahaan
Baca Juga
Vendor: Pengertian, Jenis, dan Tips Jadi Pebisnis Sukses
Vendor adalah perusahaan yang mempunyai peran besar dalam perekonomian. Ini dikarenakan mereka sebagai supplier yang menyediakan produk atau jasa bagi
Baca Juga
Konsumen Adalah, Definisi hingga Jenis Lengkapnya
Membahas definisi konsumen adalah hal yang menarik, sebab berkaitan erat dengan marketing. Konsumen atau pemakai barang merupakan hal yang tidak
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu