Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Harga Mesin Kasir Minimarket Paling Update

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 23 May 2022

Harga mesin kasir minimarket saat ini memiliki nominal yang beragam dan tentunya ini yang paling dicari para pengusaha yang sedang membangun usaha minimarket.

Mesin kasir adalah sebuah alat yang umumnya digunakan sebagai pencatatan transaksi yang sedang terjadi pada usaha minimarket. Mesin ini menjalankan tugasnya untuk mencatat dan menghitung banyaknya belanjaan pelanggan.

Beberapa pengusaha yang sedang memulai usaha minimarket atau yang sedang merintis, mungkin sedang mencari mesin kasir yang akan digunakan untuk usahanya. Maka itulah mereka juga harus tahu harga yang perlu mereka keluarkan untuk membeli mesin kasir.

Dalam artikel ini akan ada beberapa penjelasan mengenai mesin kasir dan juga sejarahnya sehingga Anda akan mengetahui banyak hal tentang mesin kasir daripada hanya mengetahui harganya saja.

Pengertian Mesin Kasir

Pengertian Mesin Kasir Adalah

Ilustrasi Mesin Kasir Android Portable (Sumber: Pexels.com)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mesin kasir adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan pada usaha yang umumnya adalah minimarket atau supermarket. Mesin ini memiliki sistem yang dapat mencatat segala nominal transaksi yang sedang terjadi antara pelanggan dengan operasional kasir.

Mesin kasir dioperasionalkan oleh karyawan kasir yang dimana dia melakukan input data berupa barang apa saja dan berapa harganya sehingga selanjutnya mesin kasir akan menghitungnya.

Sebenarnya mesin kasir ini hampir sama dengan kalkulator, namun bedanya mesin kasir memiliki sebuah laci untuk menyimpan uang tunai dan juga ada display yang digunakan untuk menunjukkan barang apa saja yang dibeli kepada pelanggan. Serta, mesin kasir sudah memiliki sebuah alat cetak struk yang fungsinya sebagai bukti transaksi.

Asal Mula Mesin Kasir

Asal Mula Mesin Kasir

Ilustrasi Mesin Kasir (Sumber: Freepik.com)

Mesin kasir mekanik pertama kali ditemukan oleh James Ritty dan John Birch setelah Perang Sipil Amerika. James merupakan pemilik salon di Dayton, AS, dan ingin menghapus penggelapan yang dilakukan oleh karyawan.

Mesin kasir Model Ritty mulai ditemukan pada tahun 1879 sesudah melihat alat yang menghitung putaran baling-baling di sebuah kapal uap. Dengan bantuan saudaranya James, John Ritty mematenkannya pada tahun 1883. Itu disebut kasir anti-korupsi ritty, karena memang pada awalnya diciptakan untuk menghentikan pencurian dan penggelapan karyawan.

Kasir awalnya mekanis, tanpa tanda terima. Setiap kali transaksi, karyawan akan menghubungi manajer, menjelaskan tentang penjualan yang sedang berlangsung. Mesin ini tidak lain adalah mesin penambah sederhana seperti kalkulator dengan bel.

Penambahan Fungsi

Jika tujuan awal dari mesin kasir adalah untuk meningkatkan keamanan, ketika ditambahkan gulungan kertas pemilik bisnis dapat membaca tanda terima untuk memeriksa lagi setiap transaksi.

Pada tahun 1906, ketika bekerja di perusahaan mesin kasir nasional, penemu Charles F Kettering mendesain mesin kasir dengan motor listrik.

Desainer, pembangun, produsen, penjual, dan pengekspor mesin kasir terkemuka dari tahun 1950-an hingga 1970-an adalah Gross Cash Register Ltd yang berbasis di London (dan kemudian berbasis di Brighton) yang didirikan oleh Brother Sam dan Henry Gross. Kasir mereka sangat populer selama periode desimalisasi di Inggris pada awal 1971.

Penambahan Pada Mesin Kasir

Seiring berjalannya waktu, mesin kasir berkembang hingga terdapat menambahan yang diantaranya:

  • Laci Uang Tunai: laci kas bekerja secara otomatis dengan bantuan pegas yang dapat dibuka setiap kali transaksi selesai dan petugas perlu menyimpan uang pembayaran sambil memberikan uang kembalian. Namun, mesin ini juga dapat digunakan secara manual dengan kunci mekanis atau kata kunci.
  • Barcode Scanner: Mesin kasir modern dapat dihubungkan ke pembaca kode barcode genggam atau stasioner sehingga pembelian pelanggan dapat dipindai lebih cepat dari apa yang mungkin dilakukan dengan memasukkan nomor ke kasir dengan tangan.Penggunaan pemindai juga berperan membantu mencegah kesalahan yang disebabkan oleh memasukkan file barcode atau harga produk. Di pedagang grosir, pemindai register dapat dikombinasikan dengan skala untuk mengukur produk yang dijual sesuai dengan beratnya.
  • Printer Struk: Kasir sering diminta untuk memberi tanda terima pelanggan setelah pembelian dilakukan. Mesin kasir atau kasir biasanya menggunakan printer termal untuk mencetak tanda terima, meskipun printer dot matrix yang lebih panjang masih digunakan.

Baca Juga: 5 Merk Mesin Kasir Terbaik Untuk Usaha Kecil

Fungsi Mesin kasir dan Pemanfaatannya dalam Usaha Sehari-hari

harga mesin kasir minimarket

Contoh Salah Satu Mesin Kasir

Perhitungan modern di dunia bisnis, terutama di toko adalah menggunakan fasilitas kasir elektronik, yaitu dengan menggunakan mesin. Beberapa fungsi dan keunggulan mesin ini perlu kita ketahui yaitu:

1. Pencatatan Transaksi Lebih Praktis

Kasir yang memiliki bantuan dari mesin akan lebih sederhana, dan ini akan sangat terasa ketika melakukan proses transaksi penjualan. Mesin elektronik ini akan membantu mengintegrasikan sistem transaksi penjualan dengan cash drawer atau laci tunai dalam modul.

Ada tempat untuk menyimpan uang dalam bentuk koin dan ada tempat lain yang dapat digunakan untuk uang kertas sehingga proses memberikan perubahan kepada pelanggan yang membayar juga lebih mudah dengan mesin kasir kasir.

2. Mengeluarkan Struk Penjualan

Dengan keberadaan mesin kasir untuk proses transaksi penjualan, pembeli akan merasa diuntungkan karena mesin ini juga berfungsi untuk mencetak tanda terima penjualan yang berisi barang yang dibeli bersama dengan harga setiap item dan total pembayaran.

Tanda terima ini akan diberikan kepada pelanggan selama proses pembayaran. Setelah struk cetak, ini secara otomatis akan keluar dengan sendirinya.

3. Fungsi Lainnya

Mesin kasir memiliki beberapa fungsi lain yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis, serta catatan laporan laba dan kerugian secara stabil, menyimpan dan mencatat data laporan akhir, dan mencatat semua pajak dalam penjualan.

Tidak hanya itu, mesin kasir ini juga mampu membuat proses transaksi lebih cepat sehingga memproses data yang menjadi lebih optimal. Dengan demikian, baik penjual dan pembeli akan bertransaksi lebih mudah, praktis dan menghemat waktu.

Harga Mesin Kasir Minimarket

Selanjutnya jika Anda ingin mencari tahu mengenai harga mesin kasir minimarket, Anda bisa melihat daftar harganya berikut ini.

Jenis Mesin Kasir Kelengkapan Perangkat Harga Mesin Kasir
Mesin Kasir Manual Mesin kasir manual
Cash register
Rp2jt – 3jt
Mesin Kasir Elektronik Mesin kasir elektronik
Cash drawer
Rp2,5jt – 5jt
Komputer Kasir PC
Cash drawer
Bluetooth printer
Barcode scanner
Rp3jt – 10jt
Mesin Kasir Android Android tablet
Cash drawer
Bluetooth printer
Rp2,5jt – 3,5jt
Self-Kiosk Ordering System Self Kiosk POS device Rp15jt

Rekomendasi Mesin Kasir Minimarket Murah dan Lengkap

Banner Beepos Software Minimarket

Beepos Software Minimarket, Klik Gambar untuk Info Selengkapnya

Selain harga di atas terdapat salah satu sistem kasir yang direkomdasikan untuk usaha minimarket Anda. Karena mesin kasir ini memiliki harga yang murah dan juga memiliki fitur yang sangat lengkap untuk segala kebutuhan minimarket Anda.

Mesin kasir tersebut adalah mesin kasir Beepos Mobile. Jika Anda adalah orang yang suka mengikuti trend kekinian, maka Beepos Mobile sangat cocok untuk usaha Anda karena yang digunakan sebagai kasir adalah sebuah smartphone yang harganya lebih murah dibandingkan mesin kasir lainnya.

Kenapa Beepos Mobile? Beepos memiliki fitur lengkap seperti transaksi lebih cepat dengan smart search, penghitungan otomatis, slip kasir, fitur keamanan ketat, hingga support berbagai macam hardware seperti printer portable.

  • Kasir POS dan back-office sinkron karena 1 database
  • Atur hak akses untuk cegah kasir nakal
  • Stok opname realtime, TANPA tutup toko cukup pakai PDT atau HP
  • Pelayanan kasir sat-set-sat-set karena pakai Full Keyboard
  • Promo yg berjalan OTOMATIS ter-apply ketika customer checkout di kasir
  • 1x klik langsung muncul info harga dan stok barang
  • Setoran direkap per cara bayar Tunai, OVO/Gopay, Debit, Kartu kredit, VoucherCetak Label rak langsung dari sistem
  • Catat kas keluar untuk bayar iuran sampah, sedekah pengamen atau tunawisma

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan […]
Baca Juga
Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk […]
Baca Juga
5 Faktor Fungsi Permintaan dan Rumus untuk Menghitungnya
Dalam ilmu ekonomi, dikenal adanya konsep fungsi permintaan yang menjelaskan korelasi antara jumlah barang atau jasa dengan harga barang atau […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu