Logo Bee Web

9 Rekomendasi Franchise Murah Cocok Untuk Memulai Usaha

SImak selengkapnya pada artikel di bawah ini rekomendasi bisnis franchise murah dan tips suksesnya, cocok untuk pebisnis permula
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 9 March 2023

Membeli franchise murah termasuk pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Franchise ini tidaklah terlalu besar yakin angkanya hanya sekitar 5 hingga 10 juta saja.

Selain itu membeli Franchise juga terbukti bisa meminimalisir kerugian. Hal itu dikarenakan Anda tidak perlu melalui tekanan berjualan sendiri. Di mana sistem bisnis ini akan mengandalkan model usaha yang telah berjalan dengan sukses.

9 Rekomendasi Franchise Murah 5-10 Juta, Cocok untuk Memulai Usaha

Banyaknya waralaba di tanah air yang sudah membuka kerjasama mitra, menyebabkan untuk membeli Franchise sangatlah. Bahkan proses pembeliannya bisa dilakukan secara online. Adapun 9 rekomendasi Franchise di Indonesia yang cocok untuk memulai bisnis berikut.

Baca Juga: Franchise Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Franchise Bakso Benhil

Potret Bakso Benhil (Sumber: Instagram/ @plgfoodies)

1. Franchise Bakso Benhil (Rp4 Juta)

Rekomendasi pertama usaha franchise murah yang bisa Anda pilih yaitu Bakso Benhil. Diketahui hingga saat ini waralaba bakso Benhil sudah mempunyai lebih dari 72 Mitra yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu wajar mengingat kualitas dari merek dagang ini sangatlah bagus. Bukan hanya itu saja namun bakso Benhil ini juga pernah memperoleh berbagai macam penghargaan seperti top kuliner Indonesia di tahun 2015.

Dalam hal ini bagi Anda yang tertarik dengan bisnis tersebut cukup menyediakan budget sebesar 4 juta saja.

2. Franchise Donat Bakar

Franchise Donat Bakar

Potret Franchise Donat Bakar (Sumber: Instagram/ @donatbakar.lbg)

Donat bakar juga termasuk ke dalam franchise murah yang layak untuk ditekuni. Hal itu dikarenakan waraba satu ini mempunyai banyak sekali keunggulan. Salah satu keunggulannya yaitu mampu membuat produk yang berbeda dengan lainnya.

Perbedaan itu terletak pada proses pembuatannya di mana donatnya dimasak dengan cara dibakar. Selain itu untuk bergabung menjadi mitra donat bakar ini juga sangatlah murah yakin hanya perlu menyediakan modal sebesar 7,5 juta saja.

3. Franchise Mr John Singapore

Mr John Singapore merupakan waralaba yang menjual produk berupa roti dengan berbagai isian di dalamnya. Di Indonesia sendiri produk buatan dari waralaba itu sangatlah diminati karena memiliki cita rasa lezat dan terbukti dapat menggugah selera

4. Franchise Candy Crepes

Pilihan berikutnya usaha franchise murah yang cocok untuk pemula yaitu Candy Crepes. Nantinya ketika Anda bergabung ke dalam Mitra Candy Crepes ini bisa mendapatkan keuntungan tidak dikenai biaya loyalitas. Dengan begitu 100% hasil penjualan milik Anda.

5. Franchise Magu Magu

Magu-magu merupakan salah satu usaha franchise terbaik di Indonesia yang menawarkan produk berupa ayam goreng dengan berbagai pilihan rasa. Untuk bisa bergabung menjadi Mitra dari waralaba ini Anda hanya perlu menyediakan budget sebesar 4,6 - 11,3 juta saja.

Perlu diketahui bahwa pada saat Anda memilih paket paling dasar yang dibanderol dengan harga 4,6 juta itu nantinya sudah mendapatkan berbagai macam fasilitas. Adapun beberapa fasilitas yang bisa didapatkan ketika memilih paket dasar waralaba itu seperti berikut.

  • Gerobak untuk berjualan.
  • Peralatan penunjang lainnya.
  • Bahan baku dari awal.
  • Kemasan produk yang jumlahnya sebanyak 50.
  • Media promosi dan seragam karyawan.

6. Shizuka Takoyaki

 Bisnis Franchise Makanan Murah

Potret Franchise Shizuka Takoyaki (Sumber: Instagram/ @shizukatakoyaki.bukittinggi)

Hanya dengan modal sebesar 2, 2 juta saja Anda sudah bisa bergabung menjadi Mitra Shizuka Takoyaki. Pada saat sudah bergabung nantinya para Mitra akan mendapatkan berbagai macam fasilitas berupa peralatan. Adapun beberapa peralatan yang bisa didapatkan seperti.

  • Booth Portable.
  • Peralatan X Banner.
  • Alat masak berupa kompor gas satu tungku beserta regulator dan selang.
  • Peralatan untuk memasak serta bahan baku lengkap takoyaki.

7. Taw Taw Tahu

Bisnis Franchise murah berikutnya yang bisa Anda pilih dengan modal tidak terlalu besar yaitu Taw Taw Tahu. Waralaba yang menjual makanan berupa tahu dengan cita rasa gurih itu juga akan membantu para mitranya untuk melakukan promosi darling dalam penjualannya.

Baca Juga: Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya

8. Pisang Nugget Kece

Diketahui Franchise ini menawarkan promo berupa paket waralaba yang dibanderol mulai dari angka 5,8 juta saja. Dengan modal segitu nantinya para Mitra sudah bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas mulai dari seragam, buku panduan resep hingga tips berbisnis.

9. Lima Warna

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari franchise minuman murah Lima Warna ini bisa dijadikan pilihannya. Sebab untuk memulai bisnis itu hanya membutuhkan modal sebesar 5,9 juta saja. Modal itu digunakan untuk membeli paket waralaba dari Lima Warna.

Kriteria Bisnis Franchise Di Indonesia

Bisnis

Menjadi Unik adalah Kuci Bisnis Franchise Mudah Dikenali (Sumber: Freepik.com)

Menurut peraturan perundang-undangan nomor 42 tahun 2007 bisnis Franchise di tanah air itu wajib memenuhi berbagai kriteria. Adapun beberapa kriteria dalam bisnis Franchise yang terdapat di tanah air itu seperti berikut ini.

1. Bisnis Mempunyai Ciri Khas Tersendiri

Karakteristik pertama dari bisnis Franchise Di Indonesia yang harus dipenuhi yaitu usaha tersebut wajib mempunyai keunggulan dan berbeda dengan lainnya. Dengan demikian nantinya tidak akan mudah ditiru oleh para pelaku bisnis lainnya.

Contohnya dengan memberikan pelayanan yang berbeda kepada konsumen atau penataan tempat menjadi lebih unik. Selain tidak mudah ditiru, dengan mempunyai ciri khas tersendiri juga akan mempermudah konsumen dalam mengenali bisnis tersebut.

2. Terbukti Telah Berhasil Memberikan Keuntungan

Untuk kriteria bisnis Franchise satu ini ditujukan kepada pemberi waralaba yang sudah menjalani usahanya dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun. Tidak hanya itu saja namun waralaba itu juga sudah memiliki kiat-kiat bisnis dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Bukti yang menyatakan jika waralaba itu sudah mempunyai kiat-kiat dalam mengatasi berbagai masalah ini bisa dilihat dari masih bertahan dan berkembangnya usaha tersebut hingga saat ini. Dengan begitu keuntungan dari bisnis ini tidak perlu diragukan lagi.

3. Bisnis Mudah untuk Diajarkan

Pada Franchise murah itu juga harus memenuhi kriteria dimana usaha tersebut harus mudah diajarkan kepada mitranya. Hal itu bertujuan agar nantinya paramitra yang belum mempunyai pengalaman dalam berbisnis bisa menjalankannya dengan mudah.

Diharapkan juga dengan bisnis yang mudah diajarkan ini nantinya para mitra bisa melaksanakannya secara baik sesuai bimbingan operasional dari pemilik waralaba. Untuk mengajarkan cara berbisnis itu para pemilik waralaba bisa mengadakan bimbingan pelatihan.

Tips Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Bisnis Franchise Makanan Food Truck

Tips Sukses Jalani Bisnis Franchise Laris Manis (Sumber: Freepik.com)

Agar nantinya bisnis Franchise yang Anda geluti itu bisa menghasilkan keuntungan besar, maka sebelum memulainya alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa tipsnya. Adapun beberapa tips sebelum memulai mendirikan bisnis Franchise seperti berikut.

1. Pahami Peraturan yang Ditetapkan

Tips pertama di dalam menjalani bisnis Franchise murah yaitu Anda perlu pahami terlebih dahulu Semua peraturan yang sudah ditetapkan. Biasanya peraturan itu meliputi izin kerja dan pendaftaran pajak.

Nantinya ketidakpatuhan dalam peraturan tersebut bisa mengakibatkan Anda dikenai denda. Tidak hanya itu saja bahkan yang lebih parahnya kerjasama akan diberhentikan.

Oleh karena itu pastikan sebelum memulainya telah membaca semua peraturannya dengan baik dan benar. Jika dirasa masih ragu dengan peraturan tersebut bisa langsung menanyakan kepada pihak waralaba.

2. Memahami Semua Resiko yang Kemungkinan Dihadapi

Memilih untuk mendirikan bisnis Franchise bukan berarti Anda akan terhindar dengan berbagai macam kerugian. Di mana tidak sedikit juga resiko yang kemungkinan bisa dihadapi misalnya terganggunya proses pemasokan barang dari pihak supplier.

Maka dari itu untuk meminimalisir agar hal itu tidak terjadi yakin Anda perlu memahami resiko yang kemungkinan terjadi. Selain itu penting juga untuk Anda memikirkan secara baik-baik mengenai kewajiban apa yang harus dipenuhi guna menangani permasalahan tersebut.

3. Memiliki Manajemen yang Matang

Tips selanjutnya adalah memiliki manajemen yang matang. Memulai bisnis franchise bisa diakatakan tidak sekomples merintis bisnis dari nol, namun masih perlu menajemen yang matang untuk menunjang keberhasilan dari bisnsis yang Anda jalankan.

Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik bahkan pelayanan yang efisien. Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi dengan software akuntansi sebagai pengelolaan menejemen. Mudah, murah dan akurat bisa jadikan bisnis lebih maju dan mudah dikelola.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas apakah Anda mulai tertarik untuk menggeluti usaha Franchise itu? Jika Iya pastikan telah memilih bisnis franchise murah yang sesuai dengan kondisi budget saat ini agar tidak mengganggu sistem keuangan di kemudian hari.

Kesimpulan:

Meskipun budget yang dibutuhkan untuk membeli Franchise murah itu tidak terlalu banyak, tetapi jika usaha ini dilakukan secara sungguh-sungguh dengan tekad yang kuat kemungkinan mendapatkan keuntungan besar sangatlah mudah didapat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa itu Afiliasi? Kesalahan Awam dan Cara Menyebarkan
Anda mungkin pernah mendengar istilah apa itu afiliasi dan mungkin bertanya-tanya apa arti sebenarnya dan bagaimana bisnis affiliate marketing bisa
Baca Juga
5 Cara Menghitung Rata-rata. Mana yang Lebih Mudah?
Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung rata-rata tabel menggunakan fungsi AVERAGE di Excel. Ada beberapa cara
Baca Juga
Tips Mengelola Keuangan dengan Software Bengkel Mobil Bagus
Ketika Anda mencari software bengkel mobil bagus, maka akan bermunculan banyak sekali pilihan software. Tetapi dari semua software itu, sudahkah
Baca Juga
Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing
Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing,
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu