Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Aplikasi Pembukuan Rental Mobil: Bisnis Rental Semakin Efektif

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 July 2022

Dalam menjalankan bisnis sewa mobil, pemilik harus memastikan pengelolaan pembukuan hingga laporan keuangan dijalankan dengan tertata dan optimal. Tapi, pembukuan secara manual tentu kurang efektif. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi pembukuan rental mobil untuk membantu menjalankan bisnis rental.

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan kendaraan roda empat yang mumpuni pun meningkat. Hal ini membuat peluang bisnis rental mobil semakin menjanjikan. Untuk mengimbangi permintaan pasar yang tinggi, keberadaan aplikasi pembukuan sewa mobil menjadi solusi pembukuan keuangan terbaik.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Pembukuan Rental Mobil?

Aplikasi Pembukuan Rental Mobil

Ilustrasi Menyerakan Kunci Rental Mobil (Sumber: Freepik.com)

Sampai saat ini, masih sering dijumpai di lapangan perusahaan rental mobil yang menggunakan cara manual dalam menjalankan aktivitas mengelola pencatatan transaksi dan ketersediaan kendaraan. Hal ini tentu menimbulkan banyak masalah. Berikut alasan mengapa harus beralih menggunakan aplikasi:

1. Mengetahui Ketersediaan Mobil Secara Detail

Salah satu alasan terbesar mengapa aplikasi pembukuan rental mobil sangat dibutuhkan oleh para pemilik usaha mobil sewa adalah untuk mengetahui secara real time, ketersediaan mobil untuk disewakan. 

Salah satu kelemahan pencatatan secara manual adalah sulitnya petugas untuk mengecek mobil apa saja yang ada di garasi dan mobil yang sedang disewakan. Apalagi jika jumlah mobil yang dimiliki sudah puluhan atau bahkan ratusan, tentu cara manual akan sangat merepotkan dan memakan waktu lama.

2. Mencegah Data Tumpang Tindih

Banyak miskomunikasi terjadi di perusahaan rental mobil hanya karena pencatatan kalender booking yang dilakukan secara manual. Umumnya kalender booking dicatat di papan besar ataupun pada buku. Hal ini sering kali membuat pegawai kesulitan mengetahui kapan mobil tertentu tersedia atau sudah dibooking.

Alhasil, bisa jadi mobil yang sudah dibooking untuk tanggal tertentu justru disewakan lagi ke pihak lain di waktu yang sama. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan bagi perusahaan untuk jangka panjang. 

3. Pembukuan Mudah dan Efisien

Kelebihan menggunakan aplikasi pembukuan rental kendaraan adalah proses pembukuan yang mudah dan efisien. Karyawan hanya perlu memasukkan data penyewa, detail jaminan, data transaksi seperti pembayaran seperti DP hingga pelunasan dalam satu halaman aplikasi saja.

Selanjutnya data akan tersusun dengan rapi sehingga kapanpun Anda membutuhkan informasi terkait mobil tertentu atau nama detail penyewa, maka Anda cukup mengetikkan namanya di kolom Pencarian. Informasi detail akan tampil di layar Anda.

4. Sistem Reminder

Kelebihan penggunaan aplikasi rental mobil selain untuk pembukuan secara umum namun juga memiliki fitur sistem reminder service. Sistem ini akan membantu mengingatkan pemilik bisnis mengenai kapan saja waktu untuk melakukan service kendaraan. 

Baca Jaga: 5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses

Gunakan Aplikasi Pembukuan Rental Mobil dari Beeaccounting

Aplikasi Pembukuan Rental Kendaraan Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Memilih aplikasi untuk bisnis jangan sembarangan karena akan mempengaruhi keberlangsungan usaha Anda. Untuk itu hadir aplikasi pembukuan rental mobil motor dari Beeaccounting yang akan memudahkan proses pembukuan kendaraan dan pencatatan transaksi. Berikut kelebihan Beeaccounting:

1. Fitur Cek Riwayat Rental Kendaraan

Salah satu kelebihan aplikasi rental Beeaccounting adalah memudahkan pemilik kendaraan untuk melihat riwayat sewa setiap mobil. Pemilik bisa mengecek sudah berapa kali mobil disewakan dalam rentang waktu tertentu dan sudah berapa kali diperbaiki hanya dari satu sistem saja. 

Hal ini akan memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola data kendaraan dan mengetahui history pemakaiannya. Dengan aplikasi rental mobil maka risiko nota dan data hilang dapat dihindari.

2. Fitur Rekuring Maintenance Mobil

Seringkali pemilik lupa kendaraan mana saja yang sudah dilakukan service dan yang belum. Padahal, service secara berkala sangat penting untuk menjaga kualitas kendaraan. Oleh karena itu aplikasi Beeaccounting menyediakan fitur rekuring yang berfungsi sebagai fitur penjadwalan rutin maintenance. 

Anda bisa menjadwalkan rekuring dengan periode pengulangan tahunan, bulanan, mingguan hingga harian.

3. Fitur Buat Laporan Analisa Lebih Lengkap dan Cepat

11 Beeaccounting Software Rental Laporan Rekap Rental per Kendaraan

Ilustrasi Rekap Rental per Item (Sumber: Bee.id)

Kelebihan penggunaan aplikasi pembukuan rental mobil dari Beeaccounting adalah seluruh data transaksi akan secara otomatis tersimpan di dalam database komputer. Data transaksi tersebut akan diintegrasikan oleh sistem sehingga proses analisa laporan akan lebih mudah dan detail. 

4. Perhitungan Depresiasi Aset Secara Otomatis

Setiap kendaraan bahkan mesin apapun itu tentu akan mengalami yang namanya depresiasi. Depresiasi adalah penyusutan yang terjadi pada barang karena faktor penggunaan dan faktor waktu. 

Penyusutan aset harus dihitung besarnya secara rutin. Untuk itu aplikasi rental Beeaccounting akan melakukan perhitungan susut aset secara otomatis. 

5. Rekap Transaksi Secara Otomatis

Seluruh transaksi meliputi pembayaran DP, jaminan hingga denda akan dilakukan rekap secara otomatis untuk memudahkan proses pembukuan keuangan. Invoice dapat langsung dibuat dengan sekali klik saja dan seluruh data akan tersimpan di dalam database sehingga tidak takut tercecer. 

Anda juga bisa dengan mudah mengecek apakah tagihan dari pelanggan sudah lunas atau belum dengan mengecek status pembayarannya.

6. Manajemen Order Rental

Ada order sewa mobil baru yang masuk namun bingung mengecek mobil mana yang tersedia? Masalah seperti ini dijamin dapat Anda hindari jika Anda menggunakan aplikasi pembukuan rental mobil dari Beeaccounting. 

Aplikasi Beeaccounting memiliki layanan cek status mobil yang tersedia, sedang disewa, sudah dibooking serta sudah dikembalikan customer. Tanggal pesan juga langsung tampil dalam bentuk kalender booking sehingga mencegah kemungkinan tumpeng tindih jadwal sewa. 

7. Terintegrasi dengan Laporan Akuntansi

Kelebihan aplikasi Beeaccounting dibandingkan aplikasi pembukuan lainnya adalah terdapat fitur integrase langsung dengan pembuatan laporan akuntansi. Anda dapat dengan mudah menghitung neraca perdagangan, laporan laba rugi, dan cash flow dana. 

Baca Juga: 5 Keunggulan Aplikasi Rental Mobil Berbasis Web

Pilihan Aplikasi Beeaccounting Rental Mobil Sesuai Kebutuhan

Beeaccounting rental mobil mengetahui bahwa setiap usaha tentu mempunyai kebutuhan berbeda dalam proses pembukuannya. Oleh karena itu aplikasi rental Beeaccounting menawarkan dua pilihan aplikasi dengan layanan berbeda sebagai berikut:

1. Aplikasi Rental Mobil Beeaccounting Jenis Silver

Software Beeaccounting jenis silver memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk booking dan sewa (selain kendaraan)
  • Pencatatan transaksi pembayaran DP dan pelunasan
  • Hitung depresiasi aset
  • Perhitungan laba dan rugi
  • Detail history sewa barang
  • Catatan waktu pengembalian barang rental
  • Tanpa PID
  • Lisensi untuk 1 komputer

2. Aplikasi Rental Mobil Beeaccounting Jenis Gold

Software Beeaccounting jenis gold memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan jenis silver. Secara harga, software Beeaccounting jenis gold sedikit lebih mahal dibanding silver. Berikut fitur Beeaccounting jenis gold: 

  • Fitur booking dan rental multi cabang
  • Perhitungan depresiasi aset secara otomatis
  • Catat transaksi pembayaran uang muka hingga pelunasan
  • Catatan waktu pengembalian barang rental
  • Detail riwayat rental barang
  • Sudah bisa PID
  • Lisensi untuk 1 komputer
  • Pembuatan laporan analisis laba dan rugi

Segera gunakan aplikasi pembukuan rental mobil dari Beeaccounting yang akan memudahkan manajemen kelola usaha rental kendaraan Anda. Anda juga bisa mengakses trial aplikasi pembukuan renta mobil Beeaccounting secara gratis selama 30 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Beeaccounting Rental Web

Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit
Contoh laporan kas excel detail yang perlu diketahui adalah kondisi perusahaan apakah untung atau rugi, apakah ada pertambahan modal, apakah […]
Baca Juga
Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!
Ketika Anda adalah pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki aplikasi pembukuan bengkel yang tepat akan membantu manajemen service antrian […]
Baca Juga
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Keuangan bisa diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan, sehingga sifatnya sangat krusial khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya akuntansi dapat memberikan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu