🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10 Kerja Sampingan Online Mudah dan Bisa Lewat HP

Kerja sampingan online menjadi pilihan banyak orang untuk menambah penghasilan. simak selengkapnya di artikel ini!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 31 May 2023

Kerja sampingan online menjadi pilihan banyak orang untuk menambah penghasilan. Selain fleksibel, kerja sampingan online juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Namun, dengan banyaknya pilihan kerja sampingan online, seringkali membuat kita bingung memilih yang mana yang cocok untuk kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi kerja sampingan online yang bisa menjadi pilihan untuk Anda:

Rekomendasi Kerja Sampingan Online Menguntungkan

Berikut ini deretan kerja sampingan yang bisa dikerjakan secara online:

1. Kerja Sampingan Online Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer adalah salah satu pilihan kerja sampingan online yang paling populer. Sebagai freelancer, Anda bisa menawarkan jasa Anda dalam berbagai bidang seperti penulisan, desain grafis, penerjemahan, dan lain sebagainya.

Freelancer Online

Ilustrasi meeting sebagai freelancer online (Credit: Freepik/tirachardz)

Anda bisa mencari pekerjaan melalui platform freelancer seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr. Keuntungan menjadi freelancer adalah Anda bisa menentukan sendiri jadwal kerja Anda dan bisa bekerja dari mana saja.

2. Menjadi Penulis Konten

Jika Anda suka menulis, menjadi penulis konten bisa menjadi pilihan kerja sampingan online yang cocok untuk Anda. Banyak perusahaan atau website yang membutuhkan penulis konten untuk mengisi website mereka dengan artikel yang berkualitas. Anda bisa mencari pekerjaan sebagai penulis konten melalui platform seperti iWriter, Textbroker, atau Contentmart.

3. Menjadi Affiliate Marketer

Rekomendasi kerja sampingan online berikutnya adalah affiliate marketing adalah cara untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk orang lain. Anda bisa bergabung dengan program afiliasi dari perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon, Lazada, atau Tokopedia.

Setelah bergabung, Anda akan diberikan link afiliasi yang bisa Anda bagikan ke teman atau di media sosial. Jika ada orang yang membeli produk melalui link afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

4. Youtuber

Menjadi Youtuber bisa menjadi pilihan kerja sampingan online yang menarik. Anda bisa membuat video tentang topik yang Anda sukai dan mengunggahnya ke Youtube. Jika video Anda mendapatkan banyak view dan subscriber, maka Anda bisa menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di video Anda.

5. Kerja Sampingan Online Menjadi Dropshipper

Dropshipping adalah cara untuk menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain tanpa harus menyimpan stok barang. Anda bisa mencari supplier yang menyediakan produk yang Anda ingin jual.

Apa Itu Dropship

dropshipper menjadi opsi bagus untuk pekerjaan sampingan (Credit: Freepik)

Kemudian Anda bisa menjual produk tersebut di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Ketika ada pembeli yang membeli produk dari Anda, Anda bisa memesan produk tersebut dari supplier dan mengirimkannya langsung ke pembeli.

6. Menjadi Online Tutor

Jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu seperti matematika, bahasa Inggris, atau musik, Anda bisa menjadi online tutor. Anda bisa mengajar siswa secara online melalui platform seperti Skype atau Zoom. Anda bisa mencari siswa melalui platform seperti Preply atau TutorMe.

7. Reseller

Selanjutnya menjadi Reseller adalah orang yang membeli produk dari supplier dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Anda bisa mencari supplier yang menyediakan produk yang Anda ingin jual.

Kemudian menjual produk tersebut di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Keuntungan menjadi reseller adalah Anda bisa menghasilkan uang dengan modal yang kecil.

8. Jualan Produk di Marketplace

Ide Kerja sampingan online berikutnya, Anda dapat memulai dengan membuka toko online di platform marketplace populer seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada. Pilihlah produk yang sesuai dengan minat dan pengetahuan Anda.

Kemudian cari supplier atau produsen yang bisa menyediakan barang tersebut dengan harga yang kompetitif. Selanjutnya, unggah foto dan deskripsi produk Anda serta atur strategi promosi untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda.

9. Jualan di Media Sosial

Manfaatkan kehadiran Anda di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk mempromosikan produk yang ingin Anda jual. Buat konten menarik yang menggambarkan produk dengan baik dan gunakan hashtag relevan agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur belanja yang disediakan oleh beberapa platform media sosial untuk memudahkan proses transaksi.

10. Jualan Produk Digital

Jika Anda memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus dalam bidang tertentu, Anda bisa menjual produk digital seperti e-book, panduan, atau kursus online. Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan pendapatan tanpa harus menyimpan stok fisik.

produk digital dalam kerja sampingan online

produk digital kian marak digunakan pasca pandemi covid

Platform seperti Amazon Kindle Direct Publishing, Udemy, atau Teachable dapat menjadi tempat yang baik untuk memasarkan dan menjual produk digital Anda.

Kelebihan Bekerja Secara Online

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kerja online:

1. Fleksibilitas waktu

Salah satu keuntungan utama kerja online adalah fleksibilitas waktu yang lebih besar. Anda dapat mengatur jadwal kerja sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari Anda.

2. Lokasi bebas

Dengan kerja online, Anda tidak terikat pada lokasi fisik tertentu. Anda bisa bekerja dari rumah, kafe, atau bahkan saat bepergian, selama Anda memiliki akses internet yang memadai.

3. Otonomi

Ketiga adalah Otonomi, dimana Anda memiliki otonomi yang lebih besar dalam mengatur pekerjaan Anda. Anda dapat mengambil proyek yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, serta menentukan metode kerja yang paling efektif bagi Anda sendiri.

4. Potensi Pendapatan Tambahan

Selanjutnya, kerja online bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang baik. Anda dapat mengambil pekerjaan sampingan online atau mengembangkan bisnis online yang menghasilkan pendapatan pasif.

5. Kesempatan Global

Berikutnya, tidak menutup kemungkinan dengan kerja online, Anda dapat bekerja dengan klien atau rekan kerja dari berbagai negara di seluruh dunia. Ini memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan profesional dan mendapatkan wawasan lintas budaya.

Kekurangan Kerja Secara Online

Berikut ini beberapa kekurangan bekerja secara online:

1. Keterbatasan Interaksi Sosial

Pertama, salah satu kekurangan kerja online adalah kurangnya interaksi sosial secara langsung. Bekerja sendiri di depan komputer dapat membuat Anda merasa terisolasi dan kurangnya hubungan tim.

2. Disiplin dan Motivasi Diri

Dalam kerja online, Anda perlu memiliki tingkat disiplin yang tinggi dan kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Tanpa pengawasan langsung, Anda harus dapat mengatur jadwal dan memenuhi tenggat waktu dengan efisien.

3. Keterbatasan Aksesibilitas

Meskipun teknologi internet semakin berkembang, masih ada beberapa wilayah yang mungkin mengalami keterbatasan aksesibilitas internet yang dapat mempengaruhi pekerjaan online Anda.

4. Ketidakpastian Pendapatan

Pekerjaan online seringkali memiliki tingkat ketidakpastian pendapatan yang lebih tinggi daripada pekerjaan tradisional. Fluktuasi dalam aliran pekerjaan atau perubahan kebijakan platform dapat mempengaruhi pendapatan Anda.

5. Overload Informasi

Kerja online sering melibatkan bekerja dengan berbagai alat digital dan platform komunikasi. Terkadang, jumlah informasi yang perlu diolah dan dikelola dapat menjadi overloading dan menimbulkan stres.

Tips Memulai dan mengelola Bisnis Online untuk Pemula

Mengelola bisnis online membutuhkan strategi yang efektif dan pemahaman yang baik tentang pasar online. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis online:

1. Tentukan Tujuan dan Rencana Bisnis yang Jelas

Tetapkan tujuan yang spesifik dan rencana tindakan yang jelas untuk bisnis online Anda. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan mengukur kemajuan bisnis Anda seiring waktu. Selain itu tujuan yang jelas juga akan membantu meringankan proses pembangunan hingga perjalanan bisnis di masa yang akan datang.

2. Kenali Target Pasar Anda

Segmentasi Target Pasar

target pasar merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis

Tips berikutnya adalah mengenali target pasar, dimana Anda perlu mempelajari dengan baik siapa target pasar Anda dan apa kebutuhan serta preferensi mereka. Dengan pemahaman yang baik tentang audiens Anda, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran dan pengembangan produk yang lebih efektif.

3. Buat Kehadiran Online yang Kuat

Pastikan bisnis Anda memiliki kehadiran online yang kuat dan profesional. Ini termasuk memiliki situs web yang menarik, tampilan yang responsif pada perangkat mobile, dan kehadiran di platform sosial yang relevan.

Pahami dan gunakan strategi pemasaran digital: Manfaatkan strategi pemasaran digital seperti optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, iklan online, dan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

Pelajari teknik-teknik ini atau pertimbangkan untuk bekerja sama dengan ahli pemasaran digital untuk membantu Anda mendapatkan eksposur yang lebih luas.

5. Berikan Layanan Pelanggan yang Unggul

Selanjutnya, prioritaskan layanan pelanggan yang baik dan responsif. Tanggapi pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan profesional. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dan mendapatkan ulasan positif.

6. Gunakan Analitik dan Data

Manfaatkan alat analitik web untuk memahami kinerja bisnis online Anda. Analisis data dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku pengunjung, konversi penjualan, dan tren pasar yang dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis Anda.

7. Pertahankan Kualitas Produk dan Layanan

Selanjutnya jaga kualitas produk dan layanan Anda. Berikan nilai tambah kepada pelanggan Anda dan pastikan mereka puas dengan pembelian mereka. Ulasan positif dan rekomendasi dari pelanggan adalah aset berharga untuk bisnis online Anda.

Dunia online terus berkembang dan berubah dengan cepat. Tetapkan mentalitas yang selalu ingin belajar dan beradaptasi dengan tren baru, teknologi, dan kebutuhan pasar. Terus eksplorasi inovasi untuk meningkatkan bisnis Anda.

8. Kelola Inventaris dan Pengiriman dengan Efisien

Terakhir, Jika Anda menjual produk fisik, pastikan Anda memiliki sistem manajemen inventaris yang efisien dan memilih mitra pengiriman yang handal. Pastikan pengiriman tepat waktu dan produk tiba dalam kondisi baik.

Selain itu, jaga keamanan dan privasi data dengan melindungi data pelanggan dengan mengadopsi langkah-langkah keamanan yang tepat. Pastikan situs web Anda aman, terenkripsi, dan patuhi kebijakan privasi yang berlaku.

Untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola inventaris gudang perusahaan bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud dengan salah satu fiturnya bisa memudahkan Anda dalam mengelola stok barang. Sesuai dengan tujuannya mengurangi resiko human error saat penginputan data dan juga pengawasan.

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Selain itu, Anda bisa memantau gudang dimana saja dan kapan saja tanpa perlu pergi ke gudangnya langsung dengan menggunakan Beecloud. Sehingga, pekerjaan akan lebih mudah dan lebih efisien.

Itulah beberapa rekomendasi kerja sampingan online yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Lengkap dengan tips dan informasi pendukung lainnya. Sebelum memilih kerja sampingan online, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Contoh Bukti Kas Keluar, Pengertian dan Fungsinya
Bukti kas keluar adalah catatan pengeluaran sejumlah uang yang dikeluarkan perusahaan. Bukti ini memiliki peran yang penting dalam pencatatan transaksi
Baca Juga
Panduan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan yang Sukses
Anda yang sedang merencanakan untuk membuka usaha makanan tentunya ingin meraih kesuksesan, bukan? Nah, untuk mencapai itu, salah satu hal
Baca Juga
Diversifikasi: Pengertian, fungsi, Jenis dan Strateginya
Dalam dunia bisnis istilah diversifikasi adalah bukan hal asing lagi, yang mana merupakan sebuah strategi optimasi yang digunakan untuk menekan
Baca Juga
Mengenal Convenience Store: Konsep, Keunikan, dan Contohnya
Convenience store atau minimarket telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak muda yang mencari tempat berkumpul dengan
Baca Juga
10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda dengan Bisnis
Apakah Anda ingin tahu cara menjadi orang sukses di usia muda dengan berbisnis? Tentu saja, siapa yang tidak ingin sukses?
Baca Juga
Mengenal CSR Perusahaan, Jenis, Tujuan, Hukum & Contohnya
CSR adalah singkatan dari corporate social responsibility atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tanggung jawab sosial, biasanya dilakukan oleh organisasi
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu