Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan

Monday, 30 November 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
contoh jurnal umum

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui fungsi dan bagaimana melakukannya. Namun, bagi pemula yang tidak tahu, penting untuk memahami langkah-langkah untuk membuat jurnal ini. Seperti halnya contoh jurnal umum di berbagai usaha.

Dengan langkah-langkah yang benar, maka jurnal umum dapat menampilkan nomor yang valid untuk kontinuitas bisnis. Di sini akan ditinjau secara penuh cara dan contoh majalah akuntansi umum.

Definisi Jurnal Umum dalam Akuntansi

definisi-jurnal-umum-dalam-akuntansi

Definisi Jurnal Umum Dalam Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Definisi jurnal umum adalah jurnal yang memiliki tujuan untuk mencatat semua jenis transaksi keuangan yang timbul dari semua transaksi keuangan perusahaan dalam periode tertentu.

Asal-usul kata jurnal berasal dari Prancis, yaitu, Jour, yang berarti hari. Jurnal umum ini digunakan untuk mencatat beberapa kegiatan transaksi keuangan secara kronologis menurut tanggal termasuk nama transaksi, akun grup dan akun nominal di kolom kredit debit.

Oleh karena itu, definisi jurnal secara singkat adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi pada periode tertentu guna memfasilitasi manajemen keuangan untuk organisasi internal maupun pihak eksternal.

Tujuan Jurnal Umum Dibuat

Setelah memahami definisi, tentu saja, kita juga harus memahami apa tujuan dari jurnal umum utama. Adanya jurnal umum, kita dapat mengetahui dan melaksanakan hal-hal yang memiliki hubungan dengan transaksi keuangan, termasuk:

  • Identifikasi transaksi yang terjadi
  • Evaluasi transaksi
  • Dampak ekonomi dari pencatatan transaksi di perusahaan

Selain itu, membuat jurnal umum juga bertujuan untuk memfasilitasi proses transaksi transaksi yang terjadi pada akun sesuai dengan transaksi.

Fungsi Jurnal umum

Dalam praktiknya, jurnal umum punya 5 fungsi penting bagi perusahaan, terpenting untuk perusahaan jasa. Ini penjelasannya:

1. Fungsi Historis

Dalam buku jurnal umum, semua transaksi yang terjadi dicatat tergantung pada tanggal transaksi. Dengan demikian, jurnal umum menginformasikan kegiatan perusahaan setiap hari secara berurutan dan terus menerus. Dengan kata lain, jurnal umum dinyatakan sebagai fungsi historis karena dilakukan secara kronologis dan sistematis.

2. Fungsi Pencatatan

Fungsi Jurnal Umum (Sumber: Freepik.com)

Semua transaksi yang terjadi pada perusahaan dicatat di jurnal umum. Dengan cara ini, maka perubahan modal, biaya, kekayaan dan pendapatan pertama-tama harus mendaftar di buku jurnal umum sehingga laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan secara memadai.

3. Fungsi Analisis

Semua catatan transaksi yang dibuat dalam jurnal umum adalah hasil dari analisis transaksi dalam bentuk pinjaman dan debit yang terpengaruh. Proses analisis ini mencakup klasifikasi nama-nama akun, perekaman kredit atau debit, dan jumlah transaksi / besar.

4. Fungsi Instruksi

Jurnal umum memiliki fungsi instruktif dalam proses memasuki data ke buku utama. Proses perekaman dalam buku besar, tidak hanya terbatas pada dokumen transaksi, tetapi merupakan instruksi untuk perintah atau kredit atau debit.

5. Fungsi informatif

Pada jurnal umum menampilkan informasi dan penjelasan terkait bukti catatan transaksi yang telah dilakukan pada sebuah perusahaan

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Jurnal Penyesuaian Bisnis

Manfaat Jurnal Umum

Berdasarkan fungsinya, ada beberapa manfaat jurnal umum yang dapat diperoleh oleh perusahaan, yang meliputi:

  • Untuk informasi tentang penampilan peningkatan atau pengurangan estimasi.
  • Untuk mengetahui jumlah yang akan direkam dalam satu perkiraan atau lebih.
  • Ketahui jumlah yang diperdebatkan atau kredit yang harus seimbang.
  • Bertujuan untuk mengetahui jumlah yang sudah terbit dalam perkiraan yang benar di buku besar sesuai dengan pekerjaan Anda membuat tanda (referensi)
  • Guna mengetahui jumlah yang telah dipublikasikan dalam perkiraan yang benar di buku besar sesuai dengan perkiraan angka yang membuat tanda atau referensi.

Cara Membuat Jurnal Umum Akuntansi

Untuk membuat akuntansi jurnal umum, perlu memahami langkah-langkah berikut:

1. Memahami Persamaan Akuntansi

Sebelum melakukannya, pastikan untuk memahami persamaan akuntansi. Pemahaman ini penting untuk mengetahui cara melakukan pencatatan transaksi di jurnal, akun apa yang harus digunakan untuk posisi debit-kredit yang benar. Dengan pemahaman ini, nanti akan menjadi lebih cepat dan benar.

2. Kumpulkan dan Identifikasi Bukti Transaksi

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bukti transaksi, seperti faktur, catatan, faktur atau bahkan tanda terima. Kemudian, lanjutkan dengan identifikasi transaksi. Ingat, hanya transaksi yang mengakibatkan perubahan posisi keuangan dapat didaftarkan dalam jurnal. Dalam transaksi, setidaknya ada dua akun yang tentu terpengaruh.

3. Pencatatan Jurnal Umum

contoh jurnal umum

Contoh Jurnal Umum (sumber: Beeaccounting.com)

Setelah itu, Anda dapat mencatat segala transaksi yang telah diidentifikasi dalam jurnal. Sistem pencatatan ini akan menggunakan sistem input ganda, setiap transaksi terdaftar akan berdampak pada dua posisi keuangan (debit dan kredit) dalam jumlah yang sama.

Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan Beserta Fungsi, Rumus dan Contohnya

Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar

Setelah mengetahui segala tentang jurnal umum, adakalanya Anda juga mengetahui tentang penataan atau contoh jurnal umum buku besar dan neraca saldo. Berikut ini salah satu contoh dari jurnal umum.

contoh jurnal umum

Contoh Jurnal umum (Sumber: Beeaccounting.com)

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Untuk jurnal umum perusahaan dagang merupakan jurnal yang mencatat segala transaksi yang terjadi karena kegiatan perdagangan seperti:

  • Pembelian barang dagang
  • Penjualan barang dagang
  • Retur barang dagang yang dijual atau dibeli
  • Pemotongan atas penjualan atau pembelian
contoh jurnal umum

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang (Sumber: Beecloud.id)

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Jurnal umum di perusahaan jasa, pada umumnya hampir sama dengan perusahaan dagang. Tapi ada jenis transaksi tertentu yang hanya ada di perusahaan jasa. Agar semakin mudah dalam memahami jurnal umum di perusahaan jasa, berikut ini adalah contoh pencatatan jurnal umum transaksi-transaksi yang terjadi di perusahaan jasa.

Contoh Jurnal Umum

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa (Sumber: Beecloud.id)

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur umumnya adalah perusahaan yang terdapat operasional pengelolaan beberapa barang menjadi satu barang yang siap dijual. Sama halnya perusahaan lain, untuk jurnal umum perusahaan manufaktur bedanya pada akun. Yakni ada tambahan akun barang dalam proses, yang dimana akun tersebut berguna untuk mengetahui nilai dari aset barang yang sedang dikelola.

contoh jurnal umum

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur (sumber: Beecloud.id)

Contoh Jurnal Umum dan Jurnal Khusus

Jurnal umum adalah majalah yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan di perusahaan berdasarkan urutan kejadian, yang terdiri dari 2 jalur, yaitu debit dan kredit.

Sementara itu, jurnal khusus setiap hari digunakan untuk mencatat transaksi serupa atau yang sama dan sering terjadi. Yaitu, transaksi ssama atau serupa dikelompokkan ke jurnal, meskipun tanggalnya berbeda. Ada 4 jenis pengelompokan jurnal khusus, yaitu:

  • Jurnal pembelian
  • Jurnal penjualan
  • Jurnal penerimaan
  • dan jurnal pengeluaran

Jurnal khusus digunakan untuk membantu mencatat jurnal umum di mana transaksi yang sering terjadi, lebih lengkap dan berulang. Karena jika Anda hanya menggunakan jurnal umum, perusahaan akan merasa kewalahan dalam mengidentifikasi jumlah transaksi serupa, seperti penjualan dan pembelian.

Kesimpulan

Dasarnya jurnal umum secara keseluruhan memang hampir sama yang dimana terdapat segala pencatatan terhadap semua transaksi-transaksi dari perusahaan yang berjalan. Seperti contoh jurnal umum transaksi yang mana isinya terdapat segala transaksi penjualan dan pembelian dari sebuah perusahaan. Contoh jurnal umum ke buku besar juga termasuk sama pada intinya yang dimana menampilkan informasi segala akun yang memiliki beberapa transaksi.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan dan seluruh jurnal pada bisnis. Tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak itu Anda bisa menggunakan software akuntansi. Keuntungan lain menggunakan software akuntansi selain hemat juga bisa meminimilasir kesalahan pencatatan pembukuan dan tindakan fraud yang bisa saja dilakukan oleh karyawan.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Salah satu software akuntansi online terbaik di indonesia adalah Beecloud. Selain fiturnya yang sangat lengkap. Untuk harga dari Beecloud sendiri sangatlah terjangkau Anda juga bisa bayar perbulan. Beecloud juga menyediakan free trial selama 30 hari.

Jadi langsung saja deh Anda coba dulu dengan cara klik disini. Agar Anda bisa tahu manfaatnya terlebih dahulu bagaimana manfaatnya membuat jurnal penyesuaian hanya dengan sekali klik.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :