Cari Aplikasi Rumah Makan, Bisa Terima Pembayaran GoPay?

Monday, 23 March 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi Rumah Makan – Sudah menjadi sangat ramai dibicarakan saat ini terkait beberapa usaha baru yang memanfaatkan fasilitas ojek online. Tentu saja bisnis seperti rumah makan akan sangat mudah untuk dijalankan di era saat ini karena adanya platform ojek online sebagai pengantar pesanan pelanggan.

Kenapa bisnis seperti ini bisa dikatakan mudah untuk dijalankan? Benar saja Anda tidak perlu memiliki pegawai yang bertugas sebagai pengantar apalagi sekarang banyak orang yang lebih suka untuk menyantap hidangan bersama keluarga dirumah.

Baca Juga: 4 Kelebihan Aplikasi Stok Barang, Salah Satunya untuk Stock Opname

Apa itu Usaha Rumah Makan?

aplikasi rumah makan

Rumah Makan Ramai Pengunjung (Sumber: Freepik.com)

Usaha rumah makan merupakan salah satu jenis usaha yang menyediakan jasa kuliner untuk memenuhi kebutuhan pangan. Bisnis usaha makan termasuk dalam bisnis yang tak ada matinya. Karena semua orang pasti membutuhkan makanan untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk menjadi pembeda banyak pengusaha yang tidak sembarangan dalam menjalankan usaha rumah makan. Mereka mengonsep dan mendesain rumah makannya untuk memberikan nuansa berbeda ketika pelanggan sedang berkunjung. Ada yang mengonsep rumah makan prasmanan, rumah makan lesehan, rumah makan sederhana, dan lain-lain. Anda bisa menjadikan ini inspirasi bila ingin menjalankan usaha rumah makan.

Jenis-Jenis Rumah Makan

Jika sebelumnya sudah membahas tentang apa itu usaha rumah makan sekaligus beberapa konsep yang bisa dijadikan inspirasi, namun ada hal lain yang perlu Anda ketahui. Selain tentang konsep, terdapat beberapa jenis-jenis rumah makan yang bisa Anda pilih diantaranya:

  1. Fast Food merupakan jenis usaha rumah makan yang paling akrab bagi banyak orang. Rumah makan cepat saji menarik para pelanggan dari segi kecepatan penyajian dan kenyamanan tempat yang disediakan. Rumah makan/restoran fast food terkadang menawarkan menu yang terbatas. Biasanya makanan sudah disiapkan terlebih dulu, kemudian dimasak dalam jumlah besar dan disimpan panas.
  2. Fast Casual merupakan sebuah konsep baru namun sedang naik daun saat ini. Rumah makan kasual cepat menawarkan kualitas harga, menu, dan suasana yang terkesan lebih mewah daripada resto cepat saji. Umumnya, resto fast casual memungkinkan pelanggan bisa melihat bagaimana proses makanan mereka dibuat.
  3. Rumah Makan Keluarga, Jenis bisnis rumah makan ini merupakan salah satu pasar terbesar di Indonesia akhir-akhir ini. Rumah makan keluarga terdapat beberapa pilihan menu makanan yang beragam, mulai dari masakan klasik, menu individual dengan saus-saus spesial, hingga berbagai pilihan saus celupan dan topping ekstra. Karena target marketnya keluarga, semua harga yang ditawarkan cukup terjangkau.
  4. Kafe atau Bistro merupakan salah satu jenis rumah makan yang terbilang hits bagi remaja sekarang. Berbeda dengan rumah makan lainnya, kafe dan bistro tidak memberikan layanan meja. Pelanggan bisa memesan makanan sendiri dari konter kasir dan membawa pesanannya ke meja masing-masing dari konter pengambilan makanan.

Yang Perlu Anda Baca: Alternatif Software Resto, untuk Resto Ramai & Banyak Meja

Masalah yang Sering Dihadapi Usaha Rumah Makan

Setiap bisnis pasti memiliki rintangan atau masalah tersendiri. Sama halnya dengan bisnis lain, usaha rumah makan juga ada beberapa masalah yang sering dihadapi pengusaha yang menjalankannya. Beberapa masalah yang harus Anda antisipasi adalah sebagai berikut:

1. Menu Makanan Kurang Menarik

Pernahkan Anda mendapat kritik dan saran dari pelanggan bisnis rumah makan Anda? Jika iya, masalah ini merupakan hal yang wajar. Banyak pelanggan di luar sana yang sering mengkomplain terkait menu makanan yang dirasa kurang menarik. Namun seharusnya komplain tersebut bisa Anda jadikan sebuah pelajaran.

Sebelum menjalankan bisnis ini pastinya Anda sudah melakukan riset menu makanan yang pas untuk para pelanggan Anda. Terlebih banyak yang suka dan menikmati, selain itu perlu dilakukan antisipasi seperti memberikan opsional menu lain agar semua pelanggan selalu menikmati hidangan usaha rumah makan Anda.

2. Pelayan yang Tidak Memuaskan

Pelanggan Kecewa

Pelayanan Kecewa Tidak Memuaskan Gambar Cafe (Sumber: Freepik.com)

Untuk masalah yang ini sebenarnya merupakan persoalan internal yang perlu Anda perbaiki. Memang banyak yang komplain masalah pelayanan yang diberikan sama sekali tidak memuaskan banyak pelanggan. Alhasil usaha yang Anda jalankan mengalami penurunan penjualan.

3. Tidak Bisa Menerima Pembayaran GoPay

Nah jika Anda menerapkan sebuah konsep dan jenis usaha rumah makan yang kekinian, Anda pasti tidak asing dengan salah satu platform pembayaran kekinian di Indonesia. Yup, tentu saja GoPay, sebuah platform yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pembayaran secara virtual.

Namun beda cerita jika di rumah makan Anda belum menerapkan konsep kekinian yaitu pembayaran melalui GoPay. Karena jika Anda perhatikan banyak orang yang sudah beralih ke pembayaran virtual yaitu GoPay.

4. Harga Terlalu Mahal

Yang satu ini juga merupakan kesalahan internal jika tidak dilakukan riset terlebih dahulu. Setiap orang memiliki ekonomi yang bervariasi sehingga pasti akan lebih memilih sebuah resto yang sesuai dengan isi dompet. Sebelum memberi harga, pastikan Anda sudah riset terlebih dahulu.

5. Operasional Membengkak

Bukan hanya terjadi di usaha rumah makan, tetapi juga dialami oleh usaha lain. Operasional membengkak dan kacau sering menjadi sebuah rintangan berat bagi setiap usaha. Seperti contoh keuangan tidak terkontrol, stok barang kosong saat dibutuhkan, marketing tidak jalan, dan masih banyak lagi.

Solusi Permasalahan Usaha Rumah Makan

Setelah membeberkan beberapa masalah yang sering dialami usaha rumah makan, kami juga akan memberikan solusi yang cocok untuk Anda. Diharapkan solusi ini bisa Anda terapkan dan bermanfaat bagi kelangsungan usaha yang Anda jalankan.

1. Harus Ikuti Trend Makanan Kekinian

Gambar Trend Makanan Kekinian

Makanan Kekinian di Restoran (Sumber: Freepik.com)

Terkait masalah menu yang dirasa tidak cocok bagi beberapa pelanggan, salah satu solusi terbaiknya adalah mengikuti trend makanan kekinian. Umumnya menu makanan kekinian akan lebih banyak diminati oleh banyak orang.

Anda bisa mengikuti beberapa makan kekinian agar menu makanan usaha Anda lebih menarik. Seperti salah satu trend makanan kekinian adalah seperti ayam geprek, mie super pedas, nugget pisang, dan masih banyak lagi.

2. SOP Diperketat

Berikutnya terkait masalah pelayanan yang tidak memuaskan, Anda bisa menerapkan sebuah SOP dengan disertai pengawasan yang ketat. Lakukan training yang tepat untuk karyawan yang bertugas sebagai pelayan di resto Anda. Selain itu perlakukan juga manajemen yang baik agar pelanggan bisa puas dengan pelayanan usaha rumah makan Anda.

3. Pakai Beepos Resto

apliaksi rumah makan

Beepos Resto Aplikasi Rumah Makan Terbaik (Sumber: Bee.id)

Pakai Beepos Resto bisa terima pembayaran Gopay. Rekomendasi terbaik ketika Anda belum bisa menerapkan pembayaran virtual, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi rumah makan terbaik buatan Indonesia.

Beepos Resto merupakan salah satu aplikasi rumah makan dengan fitur pembayaran via GoPay sehingga memudahkan Anda untuk menerima pembayaran secara virtual. Selain itu aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pencatatan keuangan Anda. Sehingga keluar masuknya uang operasional usaha Anda akan terlihat dan dampaknya usaha Anda akan lebih terkontrol.

4. Adain Promosi (Diskon, Membership, Cashback)

Salah satu strategi pemasaran terbaik adalah dengan memberikan sebuah potongan harga. Anda bisa memberikan diskon agar menu makanan Anda terbilang tidak mahal. Selain itu Anda juga bisa memberikan cashback untuk memberikan kesan baik untuk pelanggan Anda.

Strategi pemasaran lain adalah Anda bisa menerapkan sistem membership. Untuk pelanggan yang sering mampir ke rumah makan Anda, berikan dia membership agar pelanggan tersebut happy dan bakal balik lagi ke rumah makan Anda.

Catatan: Anda juga bisa menggunakan Aplikasi Rumah Makan Beepos Resto untuk menerapkan promosi seperti diskon, membership, dan juga cashback)

5. Analisa Biaya pakai Software

Aplikasi rumah makan

Contoh laporan keuangan Laba Rugi (Sumber: Bee.id)

Rekomendasi terbaik agar usaha operasional Anda berjalan baik yaitu menggunakan aplikasi. Sebab, aplikasi rumah makan yang kami rekomendasikan bisa membantu Anda menganalisa kegiatan operasioal usaha Anda.

Software ini akan membantu Anda dalam mengontrol keuangan, menganalisa keuangan, pencatatan keluar masuk stok sekaligus stock opname, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Lebih efisien pakai Software Beepos Resto karena semua bisa dikontrol dan diaudit secara cepat.

Software Beepos Resto memberikan banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan bisnis yang Anda lakukan di usaha Anda. Kontrol keuangan lebih mudaj, proses audit cepat, melakukan sistem promosi dengan cepat, menerima pembayaran virtual via GoPay, dan masih banyak lagi.

Info lengkap dan fitur serba guna bisa Anda cek melalui halaman: Beepos Resto

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :