Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi

Monday, 16 March 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Laporan Neraca – Akuntansi merupakan hal yang sangat perlu diperlajari bagi semua orang, khususnya untuk yang sedang menjalankan usaha. Tidak heran setiap perusahaan selalu membutuhkan pegawai dengan lulusan akuntansi sebagai konsultan keuangan mereka. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi yang sedang sekolah akuntansi ataupun yang berprofesi sebagai akuntansi. Karena kalian akan sangat dibutuhkan perusahaan untuk membuat neraca.

Neraca merupakan sebuah laporan inti yang sangat dibutuhkan owner. Dengan laporan tersebut, owner akan membaca dan memahami perputaran uang yang terjadi di perusahaan yang dia kelola. Inilah yang dilakukan seorang akuntan, karena akuntan wajib membuatkan laporan keuangan untuk owner.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan

Apa itu Laporan Neraca?

laporan neraca

Gambar Pebisnis Monitor Laporan dari Tablet (Sumber : Freepik.com)

Bagi seorang akuntan tentu tau banget yang namanya neraca. Namun perlu kami bahas arti dari neraca itu sendiri untuk pembaca yang belum atau sedang belajar akuntansi.

Manurut wikipedia.org, dalam akuntansi keuangan neraca merupakan bagian dari laporan keuangan dari suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode (Sumber: Wikipedia.org)

Nah jika dipelajari lebih jauh tentang laporan keuangan, neraca merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan karena akan sangat memudahkan manajemen dalam mengambil sebuah keputusan untuk rencana bisnis yang akan datang.

Siapa Saja yang Butuh Laporan Neraca?

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua yang menjalankan usaha pasti membutuhkan yang namanya laporan keuangan neraca. Semua usaha pasti sangat membutuhkan laporan keuangan karena fungsinya yang amat sangat penting bagi berlangsungnya sebuah usaha.

Namun tentu saja pasti ada beberapa pihak yang membutuhkan laporan keuangan neraca. Nah siapa aja sih yang butuh neraca? Berikut ini beberapa pihak-pihak yang membutuhkan laporan keuangan:

1. Pihak Internal

Pihak internal yang membutuhkan laporan keuangan disini terbagi dari 3 bagian, yaitu

  • Pemilik Perusahaan. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, owner atau pemilik perusahaan membutuhkan laporan keuangan ini untuk mengetahui kinerja perusahaan. Sehingga pemilik perusahaan bisa mengambil langkah dan kebijakan yang harus dilakukan.
  • Manajer dan Para Pemimpin Perusahaan. Bagi manajer, neraca merupakan alat untuk mempertanggungjawabkan kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan. Manajer juga bisa menggunakan laporan keuangan ini untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat biaya yang telah dibutuhkan perusahaan.
  • Karyawan. Karyawan juga membutuhkan laporan keuangan neraca untuk menganalisa prospek perusahaan, guna mengetahui apakah tempat mereka belanja stabil atau tidak.

2. Pihak Eksternal

Sama seperti pihak internal, pihak eksternal juga terdapat beberapa pihak yaitu

  • Investor. Investor juga harus mengetahui laporan keuangan neraca karena merekalah yang akan menginvestasikan asetnya untuk perusahaan. Sebelum investor memutuskan untuk berinvestasi, investor harus menganalisa performa kinerja keuangan perusahaan
  • Kreditur. Kreditur membutuhkan laporan keuangan neraca untuk mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan. Karena kreditur bertugas memberikan pinjaman untuk perusahaan.

Komponen Laporan Neraca

Dalam kaporan neraca juga terdapat beberapa komponen yang perlu Anda ketahui. Karena nantinya Anda akan bisa membuat laporan neraca dengan cepat bahkan Anda tidak perlu jago akuntansi sekaligus.

Komponen Neraca terdiri dari:

  1. Aset/Aktiva. Merupakan sebuah kekayaan perusahaan yang terdiri dari 2 jenis, yaitu aset berwujud dan tidak berwujud. Aset berwujud terdiri dari aset lancar dan aset tetap. Sedangkan aset tidak berwujud terdiri dari hak dan sumber daya non-fisik lainnya.
  2. Kewajiban/Liabilitas. Merupakan hutang atau kewajiban perusahaan yang bisa saja timbul selama aktivitas operasional perusahaan. Kewajiban terdiri dari hutang lancar, hutang jangka panjang, gaji, biaya bunga, dan lainnya.
  3. Modal/Ekuitas. Ekuitas merupakan modal yang tersedia untuk dibagikan kepada pemegang saham. Modal juga meliputi saham disetor, dan laba ditahan.

Bentuk dan Contoh Laporan Neraca

Terkadang dalam belajar laporan keuangan seperti neraca, kita hanya mengetahui bentuknya saja. Padahal sebenarnya masih ada bentuk yang lainnya. Laporan keuangan yang lain juga memiliki bentuk yang beraneka ragam.

Neraca memiliki dua bentuk yaitu Scontro dan Staffel, supaya lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Neraca Bentuk Scontro

Neraca ini bisa disebut juga neraca bentu T. Neraca ini memiliki susunan yang berbentuk sebelah menyebelah dengan kelompok harta/aktiva sebelah kiri dan hutang beserta modal disebelah kanan. Berikut ini adalah contoh neraca scontro atau neraca bentuk T.

laporan neraca

Contoh Laporan Neraca CV Maju Jaya bentuk Scontro (Sumber. : Bee.id)

2. Laporan Neraca bentuk Staffel

Neraca bentuk staffel bisa disebut juga sebagai neraca bentuk laporan karena bentuk susunanna berurutan dari atas ke bawah secara berurutan. Berikut ini adalah contoh laporan keuangan neraca bentuk staffel.

Laporan Neraca

Contoh laporan Neraca CV Maju Jaya Bentuk Staffel (Sumber : Bee.id

Cara Membuat Laporan Neraca

Pada langkah dan cara membuat laporan keuangan neraca ini Anda harus menemukan angka-angka yang akan dimasukkan ke dalam pos-pos pada neraca nantinya. Angka tersebut berasal dari nilai transaksi atau nilai dari aktivitas ekonomi perusahaan. Cara menemukan angka tersebut, Anda harus melewati beberapa proses seperti:

Setelah Anda menyelesaikan tahap-tahap di atas, barulah Anda bisa membuat neracanya. Dalam menentukan angka, Anda bisa mengambil angka dari buku besar, lalu menyusun laba rugi dan perubahan modal. Sebab untuk mengetahui laba yang didapat dan nantinya laba itu akan masuk dalam ekuitas dalam neraca.

Susahnya Bikin Neraca

Dalam segala kegiatan akan selalu didampingi dengan tantangan. Sama halnya dengan membuat laporan keuangan neraca. Jika di atas sudah kami jelaskan cara membuat laporan keuangan neraca, namun sebenarnya hal itu masih terbilang tidak mudah.

Anda perlu membuat jurnal terlebih dahulu, setelah itu membuat dan memposting dalam buku besar, menyusun laba rugi, menyusun laporan modal dan masih banyak lagi yang perlu Anda kerjakan.

Pekerjaan seperti ini akan teraca cepat bila dikerjakan oleh seorang akuntan. Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena sebenarnya untuk cara membuat laporan keuangan neraca bisa dikerjakan oleh Anda sendiri hanya dalam waktu 5 menit dan tanpa pula Anda jago akuntansi.

Solusi, 5 Menit Bikin Neraca

Kalaupun Anda tidak jago akuntansi atau malah gak ngerti sama sekali tentan akuntansi, maka kami punya solusinya. Seperti yang sudah kami singgung di atas, solusi ini begitu ampuh karena Anda akan hanya butuh waktu 5 menit saja untuk membuat laporan keuangan neraca.

Pakai Software Akuntansi

Yup inilah rekomendasi dari kami untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan neraca. Karena software akuntansi akan sangat memudahkan bisnis Anda dalam segala operasional usaha.

Beberapa kelebihan jika Anda menggunakan software akuntansi:

  • Gak Harus Jago Akunting. Dalam software ini Anda akan dimanja dalam segala laporan keuangan yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu ribet untuk membuat beberapa laporan lain-lain karena cukup dengan Anda input kegiatan operasional usaha Anda dalam software akuntansi, maka secara otomatis laporan keuangan yang Anda butuhkan akan terbuat. Mudah kan?
  • Revisi Mudah, Gak Perlu Koreksi Satu per Satu. Pernahkah Anda sebal karena ada beberapa kesahalan dalam membuat laporan keuangan namun Anda harus mengoreksi satu per satu? Hal itu akan menyulitkan Anda. Jika Anda menggunakan software akuntansi, maka Anda tidak perlu melakukan itu lagi karena sistem akan mencarikan otomatis kesahalan yang sedang dialami.
  • Gampang Diaudit. Pernah panik karena Anda belum siap diaudit? Tenang, sekarang tidak lagi karena segala laporan keuangan kebutuhan audit sudah siap secara otomatis dengan bantuan software akuntansi.
  • Bisa dibutuhkan kapan saja, data realtime. Salah satu kelebihan yang lain, jika Anda dalam kondisi di luar kota, Anda hanya tinggal telp karyawan Anda untuk minta laporan keuangan dan secara otomatis data bisa tersaji secara cepat.

Kesimpulan

Untuk Anda yang ingin belajar akuntansi, maka cara di atas bisa Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan untuk usaha Anda. Namun jika Anda membutuhkan cara cepat dan gak ribet untuk membuat laporan keuangan, maka Anda bisa menggunakan Software Akuntansi.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Info Lengkap silahkan Anda kunjungi halaman berikut: Software Akuntansi

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :