Software Kasir Barcode; Fungsi, Manfaat dan Sasaran Penggunanya

Tuesday, 26 October 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
pengertian-fungsi-software-kasir-barcode

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Perkembangan teknologi telah membawa banyak kemudahan bagi manusia. Ini dibuktikan dengan banyaknya produk teknologi dengan segala kecanggihannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saja software kasir barcode yang punya manfaat baik untuk beragam jenis usaha ritel.

Sebelumnya, apakah Anda tahu apa itu software kasir? Pernah melihat, atau bahkan memakainya? Bersama ulasan ini, kami merangkum pengertian, fungsi, manfaat dan juga sasaran pengguna aplikasi kasir barcode.

Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Sasaran Pengguna Software Kasir Barcode

pengertian-fungsi-software-kasir-barcode

Memahami Pengertian dan Fungsi Software Kasir Barcode (Sumber: Pexels.com)

Pada saat berbelanja ke supermarket atau pusat perbelanjaan lain, tentu Anda pernah melihat mesin yang ada pada meja kasir. Mesin ini punya kemampuan untuk membaca barcode, menampilkan jumlah tagihan, menghitung sisa kembalian, dan banyak hal lain yang berkaitan dengan transaksi pelanggan. Mesin inilah yang dinamakan dengan mesin kasir.

Sekarang, mesin ini hadir dalam bentuk yang lebih canggih, dan kemudian kita kenal sebagai software kasir barcode atau aplikasi POS (Point of Sale). Lalu, apa bedanya aplikasi kasir dengan mesin kasir biasa? Tentu saja berbeda. Dengan software, perhitungan bisa dilakukan secara otomatis. Dan juga ada banyak fitur lain yang tidak ada dalam mesin kasir biasa.

Misalkan saja fitur untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, menghitung keuangan per item yang terjual, menghitung stok gudang dan banyak fungsi lainnya. Selain itu, aplikasi kasir ini punya kemampuan untuk costumize. Artinya, aplikasi ini bisa Anda setting sesuai dengan kebutuhan usaha. Menarik kan?

Lebih jelasnya, ada beberapa fungsi dan juga manfaat software kasir barcode. Antara lain sebagai berikut.

Fungsi dan Manfaat Software Kasir Barcode

fungsi-dan-manfaat-software-kasir-barcode

Mengetahui Fungsi dan Manfaat Software Kasir Barcode (Sumber: Freepik.com)

Apabila sesuatu produk diciptakan, tentu ada fungsi dan juga manfaat yang membarenginya. Sama halnya dengan software kasir. Secara umum, aplikasi ini punya beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut :

  • Mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam toko. Dan mencetak struk atau faktur penjualan.
  • Mencatat transaksi yang berkaitan dengan keluar masuk barang dengan cermat.
  • Membuat laporan secara otomatis. Mulai dari laporan penjualan per item, menghitung keuntungan, dan membuat laporan keuangan bulanan atau tahunan.

Itu tadi beberapa fungsi software akuntansi barcode. Sedangkan manfaatnya adalah :

  • Memberikan kemudahan dalam transaksi.
  • Memberikan akses lebih mudah kepada pemilik toko untuk melakukan pengawasan meja kasir. Ada beberapa jenis software akuntansi barcode, salah satunya teintegrasi dengan banyak perangkat terhubung dengan perangkat dekstop dan mobile sekaligus.
  • Meminimalisir adanya kesalahan dalam catatan transaksi sehari-hari.
  • Menyajikan riwayat transaksi yang lengkap sehingga memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan, dan pemantauan perkembangan toko.
  • Punya kemampuan untuk menghitung sisa stok barang secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik gudang untuk cek manual.
  • Meningkatkan cash flow perusahaan.

Itu tadi beberapa manfaat yang software kasir tawarkan kepada Anda sebagai pemilik usaha atau toko ritel. Sekarang, muncul pertanyaan baru, kira-kira software ini cocok untuk jenis usaha apa saja ya? Apakah mungkin digunakan untuk toko kelontong atau hanya bisa dipakai dalam usaha berskala besar saja?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kami telah merangkum daftar usaha atau jenis toko apa saja yang support terhadap software kasir.

Software Kasir Barcode Cocok Untuk Jenis Usaha Apa?

software-kasir-barcode-untuk-jenis-usaha-apa

Software Kasir Barcode Cocok Untuk Usaha Retail (Sumber: Freepik.com)

Sekarang kita sudah tahu apa saja fungsi dan manfaat aplikasi POS. Mengetahui informasi ini, siapa saja dari kita pasti tertarik untuk mencobanya. Tetapi, muncul lagi pertanyaan baru, seperti software ini cocok untuk jenis usaha apa saja? Atau, saya punya usaha kecil, apakah software kasir barcode support terhadap jenis usaha saya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak ragam toko ritel yang cocok pakai aplikasi kasir berikut ini.

a)      Minimarket dan Toko Kelontong

Melihat software kasir terpasang di mesin kasir minimarket adalah sesuatu yang wajar. Bahkan aneh jika minimarket masing menggunakan cara konvensional dalam hal transaksi penjualan barang. Lalu bagaimana dengan toko kelontong? Apakah jenis usaha ini juga bisa menggunakan aplikasi kasir?

Tentu saja bisa. Untuk toko kelontong bisa menggunakan software yang dilengkapi dengan alat pembaca barcode sehingga proses transaksi bisa lebih cepat.

b)      Usaha Kuliner dan Restoran Cepat Saji

Aneh rasanya apabila kita tidak menemukan aplikasi kasir pada restoran cepat saji. Begitu pula pada kedai kopi, toko roti dan jenis usaha kuliner lain. Tak cuma memberikan kemudahan dalam transaksi, ada alasan lain mengapa jenis usaha ini perlu software POS barcode. Yakni kemudahan dalam hal pengawasan.

Toko roti, kedai kopi dan restoran cepat saji adalah jenis usaha yang cenderung memiliki banyak cabang toko. Biasanya, masing-masing cabang terletak pada daerah berbeda. Karena jaraknya yang tidak dekat, muncul masalah baru dalam hal pengawasan dan kontrol keuangan kantor pusat terhadap kantor cabang.

Kabar baiknya, masalah ini tak perlu Anda khawatirkan lagi. Karena software kasir bisa memberikan solusinya. Salah satu fitur unik yang ada pada aplikasi POS kasir adalah kemampuan melakukan pengawasan dengan mudah. Sistem kasir mampu melakukan konsolidasi semua laporan transaksi, memantau pertumbuhan masing-masing toko, memonitor stok bahan baku, dan juga menghitung keuntungan penjualan per hari.

Jika seperti ini, Anda bisa mengurangi laju mobilitas, dan fokus menyelesaikan pekerjaan lainnya. Install software kasir barcodepada toko cabang, lakukan pemantauan dari kantor pusat melalui software yang sama. Jauh lebih mudah dan efisien.

c)      Toko Fashion

bisa-digunakan-bisnis-retail-pakaian

Salah Satu Jenis Usaha yang Bisa Menggunakan Software Kasir Barcode adalah Toko Baju (Sumber: Freepik.com)

Jenis usaha lain yang memerlukan aplikasi POS kasir adalah toko fashion. Usaha fashion banyak macamnya, mulai dari toko pakaian, sepatu, tas, kacamata, ataupun perlengkapan olahraga. Apabila transaksi penjualan dilakukan dengan cara manual, pastinya merepotkan. Sebab karyawan toko khususnya kasir harus menghapal harga dari setiap barang yang jenisnya tidak sedikit.

Cara paling efektif untuk kasus toko fashion adalah memilih mesin kasir yang punya alat pembaca barcode, lengkap dengan aplikasi kasirnya. Dengan begini, pekerjaan kasir jauh lebih mudah dan kecil kemungkinan ada barang yang salah jual. Alat pembaca barcode mengizinkan kasir untuk tidak menghapalkan masing-masing harga pakaian, dan juga tidak membuat pelanggan menunggu lama untuk proses transaksi.

Pada dasarnya, aplikasi kasir ini cocok untuk jenis usaha apa saja. Karena tujuannya memberikan kemudahan dan membantu Anda meningkatkan pendapatan toko atau waung kelontong. Tetapi, apakah semua jenis usaha wajib pakai aplikasi ini? Tentu saja tidak.

Apabila dirasa proses transaksi masih mampu dilakukan secara manual, Anda bisa mengabaikan aplikasi kasir. Tetapi, bagi usaha atau toko yang arus transaksinya padat, software ini sangat dianjurkan.

Sebagai langkah awal untuk memulai, Anda bisa pakai Bee POS, software kasir online milik Bee.id yang sudah berpengalaman dan menjadi kepercayaan banyak perusahaan. Harganya terbilang murah daripada software kasir barcode milik vendor sejenis. Ada pilihan paket lite, gold dan platinum yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan toko. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi laman https://bee.id/. Semoga bermanfaat!

Kontrol-Bisnis-Retail-Realtime-Beepos

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :