Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property

Thursday, 9 September 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-perusahaan-kontraktor

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan kontraktor mempunyai peran penting dalam pembangunan suatu negara. Oleh sebab itu, semakin baik pengelolaan bidang kontruksi, berdampak pula pada kelancaran program.

Sayangnya, belum banyak orang mengetahui seluk beluk dunia akuntansi di perusahaan kontraktor. Keberadaan perangkat lunak akuntansi membuat beban administrasi perusahaan menjadi lebih efisien sehingga lebih mudah dalam meningkatkan kualitas kerja.

Mengenal Apa Itu Software Akuntansi untuk Perusahaan Kontraktor

software-akuntansi-perusahaan-kontraktor

Software Akuntansi Untuk Kebutuhan Perusahan Konstruksi (Sumber: Pexels.com)

Software akuntansi untuk perusahaan kontraktor adalah perangkat lunak khusus yang didesain sebagai mesin pengolah data administrasi dalam bidang kontraktor. Pekerjaan-pekerjaan tersebut meliputi data persediaan barang, laporan keuangan, hingga mencatat perkembangan kerja proyek.

Sebab kegunaan yang tidak hanya mencakup dunia keuangan, tidak berlebihan jika software ini juga sering disebut dengan software pengendalian proyek. Dunia kontraktor dikenal sebagai bidang yang sangat ketat dalam menerapkan aturan kerja maupun administrasi.

Alasannya, perusahaan kontraktor adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangunan atau penyelenggaraan program dari pihak lain yaitu pemilik proyek (owner). Dengan demikian, setiap langkah perusahaan harus tercatat dan terdokumentasikan dengan baik sehingga dapat memuaskan pihak yang mempekerjakan mereka.

software-akuntansi-membantu-menghindari-kesalahan-perhitungan

Software Akuntansi Membantu Masalah Kesalahan Perhitungan (Sumber: Freepik.com)

Kesalahan perhitungan atau laporan yang tidak lengkap atas kontruksi menjadi kesalahan yang sulit ditolerir. Oleh karenanya, software akuntansi untuk perusahaan kontraktor berperan sebagai sistem yang meminimalisir adanya kesalahan manusiawi pada laporan administrasi.

Di Indonesia, bidang kontruksi terdiri dari banyak jenis seperti kontruksi pembangunan, kontruksi elektrikal, mekanikal, dan lain sebagainya. oleh karena itu, jenis sofware akuntansi kontraktor juga beraneka ragam menyesuaikan kepada kebutuhan-kebutuhan diatas.

Baca Juga: Software Akuntansi yang Sering Digunakan di Perusahaan

Fungsi Software Akuntasi untuk Perusahaan Kontraktor

Fungsi-Software Akuntansi-untuk Perusahaan Konstruksi

Setelah mendapatkan gambaran secara umum mengenai software akuntansi untuk perusahaan kontraktor, kini kita akan mengetahui secara lebih detail terkait apa saja fungsi software tersebut. ternyata, software ini bahkan bisa menyelesaikan hampir keseluruhan dari kerja akuntansi perusahaan.

Berikut pembahasannya:

1.      Mengontrol Progress Pekerjaan

Dalam mengerjakan sebuah proyek, tim kontraktor terikat oleh jangka waktu penyelesaian proyek tersebut. Hal ini menuntut perusahaan melakukan pembagian kerja se-efisien mungkin dengan cara memantau progress pengerjaan program.

Laporan pencapaian program ini harus tersusun dengan rapi dan lengkap untuk disampaikan kepada pemilik proyek. Dengan menggunakan software akuntasi, penyusunan laporan ini bisa Anda buat hanya dalam hitungan menit karena tugas pengguna hanyalah menginput data saja.

2.      Mencatat Pengelolaan Keuangan

mengelola-keuangan-perusahaan-konstruksi

Fungsi Utama Software Akuntansi Untuk Mencatat Pembukuan Perusahaan Konstruksi (Sumber: Unsplash.com)

Fungsi utama selanjutnya yaitu sebagai aplikasi laporan keuangan proyek. Aspek ini meliputi pemasukan, anggaran belanja, anggaran operasional, gaji pekerja, dan seluruh penggunaan uang lainnya di perusahaan. Sebagaimana laporan progres kerja, catatan keuangan yang perlu Anda pertanggung jawabkan secara rutin kepada pihak owner.

3.      Mengontrol Persediaan Barang

Sebagai badan usaha yang menangani sebuah proyek, dapat kita pastikan kebutuhan belanja juga pasti besar. Sudah menjadi hal umum jika setiap perusahaan memiliki gudang tempat menyimpan barang-barang dalam jumlah besar. Jika untuk mengontrol persediaan barang harus mengecek langsung ke gudang, tentu akan sangat merepotkan.

Dengan menggunakan software akuntansi, kru perusahaan tidak perlu setiap saat datang langsung ke gudang. Sistem software secara otomatis akan mengupdate data stok begitu Anda menginput data baru terkait pengeluaran dan pemasukan barang.

4.      Mengintegrasikan Data dengan Pihak Owner

Fungsi software akuntansi dalam perusahaan kontraktor yang terakhir adalah mengintegrasikan data secara otomatis dari perusahaan kepada pihak lain. Software akuntansi terhubung dengan jaringan internet yang memungkinkan perangkat lain mengakses data tersebut secara aktual.

Baca Juga: Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi untuk Perusahaan Kontraktor

keuntungan-menggunakan-software-akuntansi-untuk-perusahaan-konstruktor

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi (Sumber: Pexels.com)

Dengan empat fungsi utama tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan software akuntansi untuk perusahaan kontraktor. Tidak hanya memudahkan pengerjaan tugas akuntansi, manfaat-manfaat lainnya yaitu:

1.      Meminimalisir Human Error

Kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi. Kesalahan menghitung atau menulis angka adalah fenomena yang bisa muncul kapan saja ketika seseorang sedang tidak fokus atau kelelahan.

Dengan menggunakan software akuntansi otomatis, kesalahan-kesalahan tersebut tidak akan terjadi lagi. Sistem bekerja dengan kecerdasan buatan yang tidak mengenal kata lelah maupun teledor. Inilah mengapa Anda sangat perlu mengadopsi software akuntansi untuk meningkatkan kinerja analisa perusahaan.

2.      Menghemat Waktu dan Tenaga

lebih-hemat-waktu-dan-uang-perusahaan-konstruksi

Software Akuntansi Membuat Waktu dan Biaya Lebih Efisien (Sumber: Pexels.com)

Tujuan utama manusia menciptakan mesin tentu untuk meringankan beban pekerjaan mereka. Dengan perangkat mesin, baik keras maupun lunak, manusia tidak perlu lagi menghitung data satu per-satu kemudian merangkumnya dalam sebuah laporan.

Perangkat lunak bekerja secara otomatis dalam mengolah angka-angka, tidak seperti manusia yang harus mengejanya terlebih dahulu. Di tangan software, seorang akuntan bisa menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan tugas lain sehingga pekerjaan bisa selesai lebih cepat.

3.      Pengecekan Data Lebih Efisien

Aplikasi kontraktor android memungkinkan perangkat lain mengakses data tersebut setelah mendapatkan persetujuan dari pihak perusahaan. Jadi, tanpa harus sering    bertatap muka secara langsung, kedua belah pihak bisa mendapatkan transparansi  data kapanpun.

Kemudahan ini secara langsung membuat hubungan kerja sama terjalin dengan sangat baik. Tidak lagi ada keributan sebab penyetoran laporan telat karena kendala transportasi atau sebagainya. Selain itu, anggaran operasional juga lebih ringan  karena tidak lagi membutuhkan banyak tinta dan kertas untuk laporan rutin.

4.      Data Lengkap dan Valid

data-konstruksi-lengkap-dan-akurat

Dengan Adanya Software Akuntansi Data Lengkap dan Akurat (Sumber: Freepik.com)

Software akuntansi untuk perusahaan kontraktor menyediakan kolom-kolom data sesuai kebutuhan perusahaan. Kolom ini wajib Anda isi secara lengkap ketika menginput data agar sistem evaluasi oleh sistem dapat berjalan. Dengan kebijakan tersebut, mau tak mau pengguna harus mengisi data secara keseluruhan.

Dampaknya, laporan Anda menjadi lengkap tanpa satu kolompun yang terlewat. Jangan tanya lagi tentang validnya laporan tersebut, karena sistem bekerja secara penuh untuk menganalisa data-data didalamnya.

5.      Tampilan Data yang Cantik

Software akuntansi memiliki banyak desain yang bisa Anda pilih sesuai selera. Tak hanya itu, tampilan perangkat lunak tersebut juga bisa Anda custom seperti logo perusahaan maupun data-data perusahaan yang tersedia dalam sebuah kolom khusus.

Meskipun nampaknya hal sepele, tampilan dari data akuntansi dapat mencerminkan kualitas perusahaan. Template laporan dengan desain simple, elegan, dan nyaman dipandang mata bisa membuat Anda betah mengurus laporan akuntansi sekaligus juga bersemangat untuk menginput data.

6.      Memudahkan Evaluasi

Evaluasi adalah tindakan wajib bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Agenda ini umumnya terlaksana secara rutin sebagai momen untuk mengembangkan kualitas perusahaan. Mudahnya, dalam evaluasi, tim memperbaiki kesalahan sebelumnya atau meningkatkan pencapaian yang sudah berhasil dicapai.

Syarat penting dari evaluasi adalah adanya data yang konkrit dan detail. Data tersebut menjadi pertimbangan sedemikian rupa untuk menganalisa masalah. Bayangkan jika data tersebut tidak lengkap atau valid, evaluasi tidak akan mendapatkan hasil maksimal bukan?

Demikian ulasan lengkap mengenai software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang masih belum banyak orang sadari. Informasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menerapkan perangkat lunak akuntansi di perusahaan atau badan usaha, meskipun bukan bidang kontraktor.

Software-Akuntansi-Untuk-kontraktor-dan-Developer-Property

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :