Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Kasir Alfamidi Memakai POS untuk Kasirnya. Apa Kabar Bisnis Lain?

Dipublish Tgl: Tuesday, 31 May 2022

Toko ritel besar biasanya menggunakan sistem POS berbasis online untuk menunjang urusan meja kasir termasuk kasir Alfamidi. Mereka memiliki sistem transaksi jual beli yang mengutamakan pelayanan yang cepat dan efisien. Karena itulah, mereka mencoba mempraktekan kemajuan teknologi yang telah dikembangkan.

Namun, selain Alfamidi ada banyak usaha lain yang juga ternyata kini sudah memanfaatkan adanya POS untuk membantu aktivitas transaksi jual dan beli di gerai mereka. Usaha apa saja selain Alfamidi yang telah memakai software kasir online di meja kasir mereka? Yuk, simak selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Mengapa Alfamidi Memakai POS Online Untuk Kasirnya?

Kasir Alfamidi

Ilustrasi Transaksi Kasir Alfamidi (Sumber: Alfamidiku)

Sebelum merambah ke pembahasan utama mengenai bisnis apa saja yang sudah memakai POS, Anda juga perlu mengerti alasan dari penggunaan POS ini di gerai-gerai bisnis ritel besar seperti Alfamidi.

Tentu saja, penggunaan aplikasi di meja kasir bisnis retail seperti yang ada di Alfamidi ada alasannya. Tidak asal memasangnya saja tanpa mengetahui manfaat lebih dari aplikasi tersebut. Berikut ini adalah alasan dari penggunaan POS di gerai Alfamidi.

  • Mempermudah Kasir Alfamidi dalam Melakukan Transaksi

Pertama, salah satu alasan dari sebuah bisnis ritel besar seperti Alfamidi pasti memakai POS adalah karena mempermudah transaksi. Selain itu juga mempercepat proses pencatatan penjualan, stok barang dan lain sebagainya.

  • Mempermudah Pengawasan Gerai

Kedua, memudahkan kasir Alfamidi untuk meningkatkan pengawasan dari aktivitas gerai dengan adanya POS yang terpasang di meja kasir. Beberapa tugas bisa para karyawan lakukan dengan lebih efektif seperti pembukuan kode barang, melakukan standarisasi harga, rekonsiliasi secara otomatis stok barang dengan penjualan yang telah karyawan lakukan sinkronisasi jumlah pembayaran dan pendapatan, dan imbasnya nanti bisa mengurangi adanya human error saat pencatatan dan saat pengoperasian gerai Alfamidi.

  • Memaksimalkan Pelayanan oleh Kasir Alfamidi

Maksimalkan Penjualan Kasir Alfamidi

Ilustrasi Pembayaran di Meja Kasir Alfamidi (Sumber: Freepik.com)

Dengan adanya POS pada kasir Alfamidi pastinya ada hal-hal yang meningkat dari pelayanan gerainya. Penipuan yang berakibat pada daya beli pelanggan bisa terminimalisir. Terlebih lagi, POS dapat merekam riwayat transaksi yang telah terjadi sehingga menjadi batu loncatan membangun dan mengukur loyalitas pelanggan.

  • Mempercepat Analisis Gerai

Keuntungan dari sebuah pemakaian POS pada gerai ritel adalah data transaksi bisa segera diolah menjadi sebuah hasil yang bisa Anda analisis. Hal ini sangat penting mengingat analisis terhadap gerai sangatlah penting untuk pengambilan keputusan dan kebijakan. Dengan data yang baik dan analisis yang lebih cepat, maka nantinya keputusan akan bisa didasarkan pada waktu dan hasil yang tepat. Bisnis ritel sangatlah bergantung pada hal-hal tersebut.

  • Meningkatkan Penjualan

Bagaimanapun, tujuan dari seseorang membangun sebuah bisnis adalah demi keuntungan. Keempat faktor alasan mengapa sebuah ritel besar seperti Alfamidi memasang POS di kasirnya memiliki tujuan agar bisa meningkatkan profit atau pemasukan. Dengan adanya efisiensi dalam pekerjaan yang terbantu oleh POS ini keuntungan bagi para pemilik ritel bisa meningkat.

Pengguna POS Selain di Kasir Alfamidi

Penjelasan pengantar tentu saja juga menjadi dasar bagi penggunaan POS di bidang usaha berikut ini. Bidang usaha apa saja selain kasir Alfamidi yang memakai POS? Berikut adalah ulasannya.

  • Warung Kelontong dan Minimarket

Warung Kelontong

Ilustrasi Warung Kelontong (Sumber: xframe.io)

Ya, selain supermarket atau usaha ritel besar seperti Alfamidi,  ternyata penggunaan POS ini juga bisa Anda temui di minimarket atau bahkan warung-warung kelontong. Meskipun bidang usahanya berskala kecil, tetapi penggunaan POS tentu saja akan lebih berdampak positif untuk usaha kecil tersebut.

Pasalnya, jumlah barang yang tersaji di toko kelontong biasanya juga kuantitasnya besar. Sering kali pencatatannya kurang rapi karena masih menggunakan metode manual atau konvensional. Dengan begitu, di masa era digital ini yang pelayanan harus lebih cepat dan efisien pastinya mendorong para pengusaha warung kelontong untuk ikut memakai kemudahan teknologi yang satu ini. Pelayanan yang cepat dan efisien akan membuat para pembeli di toko kelontong lebih kerasan.

  • Bidang Food and Beverage

Bisnis kuliner sekarang ini amatlah menjamur dimana-mana. Tentu saja pangan sebagai kebutuhan dasar dari manusia selalu menjadi sesuatu yang tidak akan pernah mati sebagai peluang usaha.

Bidang Food And Beverage

Ilustrasi Kasir Coffee Shop (Sumber: Freepik.com)

Salah satu kuliner yang selalu tidak sepi peminat adalah minuman kopi. Karena itulah banyak warung kopi ini buka dan mulai bersaing untuk menarik pembeli. Untuk meningkatkan pelayanannya, bisnis ini memerlukan sebuah sistem yang lebih efisien dan cepat terutama untuk manajemennya. Semua perhitungan seperti jumlah penjualan, perhitungan persediaan stok, perhitungan laba dan rugi, serta grafik apakah warung kopi tersebut mengalami kemajuan bisa terlihat dengan memasang POS di kasirnya seperti kasir yang ada pada supermarket Alfamidi.

Kesimpulan

Adanya data yang terolah dengan baik bisa membuat keputusan segera bisa pemilik ambil untuk meningkatkan hasil hingga titik yang maksimal atau lebih baik dari waktu sebelumnya. Apabila toko tidak menunjukkan hasil yang lebih baik makan perlu juga tindakan dengan memanfaatkan data dari POS tersebut.

Apalagi jika bisnis ini memiliki waralaba di berbagai tempat. Maka perlu sekali monitoring terhadap waralaba guna memberikan saran pada para pemilik franchise yang telah memakai suatu brand. Ini akan meningkatkan nilai brand dan peluang suksesnya para pemilik waralaba tersebut.

Dibalik itu, kesuksesan alfamidi didasari atas sistem yang mereka miliki dari awal hingga saat ini. Yaitu sebuah mesin kasir alfamidi canggih, yang dapat mengatasi ratusan transaksi per harinya. Tanpa ada pelanggan yang antri, mesin kasir adalah alat yang dapat diandalkan.

Berkembangnya mesin kasir yang kini menjadi sebuah perangkat lunak atau aplikasi komputer dan smartphone. Aplikasi ini membuka segala fitur yang tidak dimiliki mesin kasir seperti laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi beepos mobile dan beepos desktop yang sistemnya mirip dengan mesin kasir alfamart. Coba gratis sekarang!

Beepos Desktop Minimarket web

Klik Gambar untuk Info Kasi Alfamidi Beepos

Cara Membuat Rekapan Penjualan dan Contoh Rekap Penjualan Harian
Cara membuat rekapan penjualan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi apakah penjualan dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan, sehingga […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Rental dan Tips Bisnis Rental
Aplikasi kasir rental sering menjadi kebutuhan orang yang menjalankan bisnis penyewaan atau yang bisa disebut juga sebagai rental. Bisnis rental […]
Baca Juga
Kasir Supermarket Pakai Ini Saat Melayani Transaksi Para Customer
Setiap belanja ke supermarket, Anda pasti sering menjumpai alat pembantu transaksi yang ada di meja kasir. Setiap barang yang Anda […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu