Promo SERBU - Tambah Dongle Diskon 12% 
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Penulis: Rizal Arisona

Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 15 August 2019

Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing, sangat penting untuk mengetahui secara rinci apa saja pekerjaan yang harus dilakukan dan perlengkapannya sehingga modal tidak menjadi masalah dalam perkembangan bisnis Anda.

Anda bisa menggali informasi dari buku dan majalah terkait untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa saja yang dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha digital printing. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan gambaran yang akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha digital printing.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?

Modal dan Persiapan yang Dibutuhkan untuk Usaha Digital Printing

1. Komputer dan Software

modal usaha digital printing
Gambar 1. Persiapkan Komputer dan Software (Sumber: Freepik.com)

Komputer dan software untuk desain grafis merupakan tiga unsur paling penting dalam usaha digital printing. Meskipun desain grafis biasanya disediakan oleh pelanggan, biasanya proses printing membutuhkan beberapa penyesuaian menggunakan software ini dan menyediakannya akan membantu Anda serta konsumen mengerjakan semuanya dengan lebih efisien. Software desain grafis yang umum digunakan adalah Adobe Creative Suite dan Quark Express.

2. Scanner

Jika pelanggan membawa hasil pekerjaan yang akan dicetak dalam bentuk hard copy dan bukan file, tentunya diperlukan sebuah scanner untuk mengubah pekerjaan tersebut ke dalam bentuk digital. Pilihlah scanner yang berkualitas tinggi sehingga hasil scan akan sangat mendekati aslinya.

3. Mesin Offset Printing

Proses offset printing sering menjadi pilihan karena tingginya kualitas yang dihasilkan. Biasanya, usaha digital printing yang tidak memproduksi dalam skala komersial menggunakan mesin offset printing karena tidak terlalu rumit serta lebih mudah digunakan.

4. Printer Digital

Jika mesin offset printing tidak menjadi pilihan Anda karena kurang familiar, mungkin Anda bisa memanfaatkan printer digital biasa untuk usaha digital printing Anda. Saat ini, sudah banyak printer digital berkualitas tinggi yang mampu mencetak dokumen maupun foto dengan hasil yang sangat memuaskan.

Namun, perlu diingat bahwa printer digital lebih cocok untuk usaha digital printing yang hanya melayani dalam skala kecil.

5. Peralatan Penjilidan

Pelanggan biasanya akan membutuhkan satu tahap terakhir setelah mencetak apa yang mereka butuhkan, yaitu penjilidan. Dalam usaha digital printing Anda, sebaiknya sediakan perlengkapan untuk penjilidan yang beragam sehingga bisa dipilih oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meskipun tambahan pendapatan dari penjilidan tidak sebesar penghasilan dari printing, jumlahnya akan besar jika diakumulasikan.

Beberapa perlengkapan dasar yang penting untuk Anda sediakan adalah:

  • Map dan Binder. Bagi pelanggan yang mencetak dokumen atau brosur dalam jumlah banyak.
  • Alat Pemotong Kertas. Tak jarang kertas untuk printing perlu dipotong sesuai dengan keinginan pelanggan sebelum maupun setelah mencetak. Saat ini, tersedia pemotong kertas manual, semi-otomatis, dan otomatis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.
  • Pelubang Kertas. Sebaiknya ada dalam usaha digital printing Anda adalah yang bisa melubangi kertas dengan berbagai diameter, serta memiliki kapasitas besar. Biasanya, pelanggan membutuhkan layanan ini jika dokumen yang mereka cetak akan disusun dalam folder atau ditambahkan tali.
  • Mesin Jilid. Banyak jenis mesin jilid yang tersedia saat ini, misalnya kawat, lem, dan spiral. Ada juga mesin jilid yang menggunakan benang sebagai bahan untuk menjilid. Jilid spiral dari besi maupun plastik biasanya menjadi pilihan pelanggan yang mencetak buku atau dokumen tidak resmi, sedangkan klien yang mencetak dokumen resmi biasanya akan memilih strip binding karena hasilnya yang terlihat lebih profesional.

Itulah dia beberapa rincian modal dan persiapan sebelum membuka dan menjalankan bisnis Digital printing.

Semoga Bermanfaat.

Tips Mudah dalam Mengelola Hutang Usaha Agar Keuangan Tetap Terjaga
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam […]
Baca Juga
Pelajari 5 Tips Ini Jika Mau Sukses Bisnis BarberShop
Tips sukses bisnis barbershop - Saat ini, bukan hanya kaum hawa saja yang peduli dengan penampilan mereka, namun kaum adam […]
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home
Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil […]
Baca Juga
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Waktu Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu