Rekomendasi software akuntansi distributor menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari oleh para pelaku usaha distribusi.
Terutama ketika bisnis memasuki fase pertumbuhan dan membutuhkan sistem pencatatan yang lebih rapi dan efisien.
Yuk, cek daftar rekomendasi software akuntansi distributor berikut ini dan temukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan usaha Anda.
Berikut adalah beberapa rekomendasi software akuntansi distributor pilihan pengusaha yang bisa Anda pertimbangkan.
Pertama ada Kledo, software akuntansi distributor yang cukup populer di kalangan pelaku bisnis UMKM.
Dikembangkan oleh PT Kledo Berhati Nyaman, Kledo hadir sebagai solusi pembukuan modern untuk bisnis skala kecil hingga menengah.
BACA JUGA: 7+ Rekomendasi Aplikasi Penjualan Bantu Tingkatkan Omset Bisnis
Kedua ada Beeaccounting, rekomendasi software akuntansi distributor yang dikembangkan oleh PT BITS Miliartha atau yang lebih dikenal dengan bee.id.
Berbasis desktop, sekali bayar dan offline cocok untuk investasi bisnis jangka panjang, karena tidak perlu biaya langganan.
Rekomendasi software akuntansi distributor berikutnya adalah Beecloud, software akuntansi online berbasis cloud, yang juga dikembangkan oleh PT BITS Miliartha.
Beecloud sudah terintegrasi dengan aplikasi Sales Order Mobile (SOM), tim sales kanvas dapat mencatat order langsung via HP lengkap dengan GPS tracking, serta memastikan data outlet dan transaksi terpusat aman di cloud
Cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan efisiensi penjualan di lapangan dan mempercepat alur input data tanpa ribet.
Selanjutnya ada MASERP, software ERP dan akuntansi yang banyak digunakan oleh perusahaan distributor maupun manufaktur skala menengah ke atas di Indonesia.
Dikembangkan oleh PT Hashmicro Indonesia, MASERP dirancang sebagai sistem terintegrasi yang membantu mengelola keuangan, stok, pembelian, penjualan, hingga produksi dalam satu platform.
BACA JUGA: 7 Rekomendasi Software Akuntansi Terintegrasi Terbaik
Rekomendasi software akuntansi distributor terakhir ada Ukirama ERP, solusi cloud-based ERP buatan PT Ukirama Solusi Indonesia.
Mengintegrasikan akuntansi, inventory, penjualan, pembelian, manajemen proyek, manufaktur, hingga HR & payroll dalam satu sistem yang mudah digunakan.
Berapa Harga Ukirama ERP?
Harga Ukirama ERP mulai dari Rp800.000 hingga Rp1.000.000 per bulan, di mana biaya akhir disesuaikan dengan kebutuhan modul, jumlah pengguna, dan konfigurasi sistem yang diinginkan klien.
Dengan menggunakan software akuntansi distributor, Anda akan mendapatkan segudang manfaat yang akan memudahkan dan melancarkan bisnis Anda. yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan.
Manfaat yang pertama jika sebuah perusahaan distributor menggunakan software akuntansi distributor adalah sisa piutang customer dan vendor bisa tercatat secara otomatis. Hal ini tentu memudahkan perusahaan dalam memonitor sisa piutang tersebut tanppa harus menghitung secara manual. Tidak hanya itu, software ini juga bisa mengingatkan Anda jika ada hutang piutang yang sudah jatuh tempo.
Selain bisa mencatat sisa piutang secara otomatis, software akuntansi pabrik ini juga bisa menghitung jumlah laba dan rugi setiap bulannya secara otomatis. Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengetahui keuntungan atau kerugian tanpa harus menghitung manual.
Bukan hanya bisa menghitung laba/rugi dan piutang secara otomatis, software akuntansi distributor juga bisa menghitung sisa stok barang di gudang serta mencatat posisi stok tersebut secara otomatis. Tidak hanya itu, software pabrik ini juga bisa mencatat data pemindahan stok barang dari satu gudang ke gudang lainnya.
Manfaat software akuntansi yang selanjutnya yaitu sebagai pencatat transaksi. Sebuah perusahaan distributor yang baik adalah perusahaan yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.
Nah, dengan menggunakan software ini, maka pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, dan transaksi biaya-biaya lainnya. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.
Selain bermanfaat untuk pencatatan transaksi, software akuntansi juga bermanfaat untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.
Namun, jika Anda menggunakan software akuntansi distributor, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.
Manfaat yang selanjutnya adalah meminimalisir kesalahan saat melakukan proses akuntansi secara manual. Jika terjadi kesalahan dalam proses input data, maka tidak jarang hal tersebut dapat mengambil waktu yang lama untuk memperbaiki.
Selain itu, bahkan kesalahan terkecil dapat menambah biaya perusahaan. Oleh karena itu, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang hanya mempekerjakan tenaga profesional dalam menggunakan software akuntansi distributor tersebut.
Manfaat yang selanjutnya adalah mampu menghasilkan laporan secara rinci hanya dengan satu kali klik tombol. Tingkat aksesibilitas yang tinggi ini membuat perusahaan tidak harus menunggu lama untuk membuat laporan keuangan. Dengan demikian, laporan keuangan menjadi mudah, cepat, dan akurat untuk dibuat.
Tidak hanya laporan keuangan, software ini juga bisa membuat semua laporan yang dibutuhkan untuk masalah perpajakan secara otomatis.
Kebanyakan software akuntansi distributor mudah untuk disesuaikan. Hal ini sangat berguna ketika pengguna ingin melihat semua data mereka dalam berbagai format. Sebagai contoh, jika seorang akuntan bertanggung jawab terhadap klien penagihan, maka ia bisa dengan mudah membangun template faktur sesuai masing-masing klien.
Selain itu, akuntan juga bisa laporan keuangan ke berbagai tata letak atau format yang berbeda-beda untuk dikirim ke berbagai departemen.
Dengan menggunakan software akuntansi manufaktur ini, maka perusahaan bisa menghilangkan banyak pekerjaan manual yang biasa dilakukan saat melakukan akuntansi tradisional.
Oleh karena itu, mempekerjakan seorang ahli komputerisasi software akuntansi, maka akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi SDM dan pengurangan biaya untuk menggaji SDM. Dengan demikian, perusahaan hanya perlu satu karyawan untuk membuat laporan, melakukan pengajuan, dan menangani catatan keuangan.
Penjualan lagi banyak tapi persediaan stok barangnya kurang? Perasaan minggu lalu sudah re-stok barang ke vendor, tapi kok udah habis? Masak iya salah order barangnya?
Itu tandanya Anda belum menerapkan manajemen kontrol stok barang dengan benar.
Di ebook ini akan dibahas 3 solusi SIMPLE mengatur stok barang agar selalu ready dan Anda tidak kehilangan omset lagi.